Banyak sekali informasi dan kejadian tentang pembuktian lemahnya keawetan tanki simacan terutama seri Revo. Namun sejauh ini….kita sebagai konsumen seolah-olah diposisikan sebagai biang masalah hal itu terjadi. Maklum mzbro…rendahnya kualitas bensin juga bisa menjadi suspect utama selain kualitas material. Namun bagaimana kalau sudah secara rutin pengisian diSPBU resmi umur tanki tetap pendek??….

Dalam sebuah pabrikan terdapat puluhan vendor yang menyuplai part dari yang terkecil hingga terbesar. Contohnya blok silinder mesin, suspensi, ban, pelk, kaliper, piringan cakram, knalpot, foot step, seal, bohlam, cover lamp, casing dan banyak lagi lainnya yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Pada saat pemesanan….tentu semua berdasarkan order atau permintaan pabrikan mulai dari ketebalan hingga persentase bahan racikan. Semuanya diolah untuk mendapatkan keseimbangan durability dan cost. Artinya tetap memperhatikan kualitas serta keawetan sesuai quality control, akan tetapi pabrikan juga kudu bijak dalam mengatur finansial jangan sampai jor-joran sebab kalau sudah menyangkut ribuan unit kendaraan, beda 20-30ribu saja bisa sangat berpengaruh terhadap profit. Terus….apakah artinya kualitas tanki yang cepat bocor berarti tidak lulus uji??…

Tidak juga bisa begitu!. Sebab sulit untuk mendapatkan tolak ukur baku dalam menentukan keawetan tanki. Apakah 1 tahun sudah bisa kita sebut awet??…atau 2, 3 , 5 hingga sepuluh tahun??. Tidak ada benchmark pasti. Paling kita hanya bisa membandingkan dengan produk pabrikan sebelah. Dan….apesnya, dalam data yang IWB kantongi sejauh ini kasus bocornya tanki lebih sering terjadi pada produk motorsport sayap mengepak.? Gejala nyaris sama yakni dari area bawah tempat kran bensin…timbul gelembung dan kalau kita korek….bensin langsung ngocor keluar. Uniknya…..penyakit tersebut dominan menjangkiti Honda Tiger atau Megapro keluaran 2007 keatas. Terbukti…Megy lawas IWB lansiran 2002 dulu mampu bertahan hingga 8 tahun sebelum akhirnya menyerah.? Fakta berbanding terbalik dengan generasi baru. Seperti yang dituturkan bro Rhino via email…….

iklan iwb

Mas iwan, saya punya foto honda tiger tahun 2009. Tangkinya bocor padahal motor umurnya belum lama. Sepeda motor punya saya sendiri. Bukan maksud mau BC cuma sekadar kasih informasi bagaimana mutu tangki honda tiger.

Yup sepenggal kalimat singkat namun sangat dalam artinya karena mengandung keluhan tapi juga permintaan supaya hal ini diperhatikan oleh AHM. Mzbro Rhino hanyalah salah satu dari sekian banyak yang mengeluh kepada IWB. Bedanya…..doi memberikan sebuah bukti foto, sedang biker lain hanya informasi tanpa materi pendukung. Seyogyanya hal ini menjadi masukan buat Honda untuk lebih memperhatikan masalah tersebut. Kalau perlu jewer vendor peracik tanki kuda besi mereka jika? material tidak sesuai kualitas yang disyaratkan. Jangan sampai gara-gara nila setitik rusak susu sebelangga. Mesin juozzz, fitur gandozzz tapi tanki keropozzz….kecewa pastinya.Ya nggak bro….

Untung sejauh ini IWB belum menjumpai keluhan yang sama pada gen Dazzler aka New Megapro. Bisa jadi Honda sudah memperbaiki kualitas tanki motorsport mereka. Semoga saja. Last...buat mzbro semua, monggo perhatikan konsumsi bahan bakar jangan sembarangan mampir dipinggir jalan. Kemudian usahakan setiap pengisian lebih baik full tanki untuk mencegah terjadi pengembunan atau kondensasi yang bisa menimbulkan partikel air pada area yang tidak tertutup bensin. Buat pabrikan….keluhan konsumen adalah suatu input berguna untuk menjadi lebih baik lagi. Walau pepatah pernah bilang…tidak ada yang sempurna didunia ini, tapi why-not kalau kita bisa memposisikan diri menjadi sesuatu yang? mendekati sempurna…….(iwb)

Megy lansiran 2002. Tanki bensin bisa bertahan hingga 8 tahun....

137 COMMENTS

  1. @dendy,
    Bodo ama ah, apa kata elu aja dah yg bela mati2an honda.
    elu Mau bc merek lain trserah elu dh, ga ada ngaruh buat gw n ga ada pentingnya. Wkwkwk.
    Bagi gw yg penting kan honda laku.. Wkwkwk..

    Yang pentingkan laku yee..

  2. @all fbh

    gw bilang yg pentingkan honda laku, lah emang gw asal jeplak ya?
    Iya deh, maafin gw ya @fbh..
    tapii.. Emang benerkan? Yg pentingkan laku !
    Wkwkwk..

  3. barusan dialamin temen ane yg make tiger revo tahun 2010, bocor, karatan, ane akui emang kualitas tangkinya “tipis” banget berbeda dg tiger lama. jadi udah ada sebuah pertanyaan wajib bagi rider tiger revo : “Bro Tiger ente tangkinya udah bocor belum ?”, seolah olah suatu saat penyakit tangki bocor pasti akan menghinggap..

  4. @ anti Salesman bc
    sama aja toh ? yamaha ?
    Yang PENTING LAKU ! Biar komstir oblag, segitiga remuk, mesin mati mendadak, fuel pump macet dll.

  5. @Konsumen
    Sabar ya, ntar saya adukan ke atasan saya mengenai tangki bocor. Dalam masa-masa seperti ini saya sarankan para konsumen silahkan beli merk lain saja, masih banyak kok yg kualitasnya lebih bagus dari honda.
    Memang untuk masalah tangki bocor ini tidak bisa kami sembunyikan, pasti akan ketahuan juga. Saya saja yg punya tiger juga mengalaminya. Dan itu memang problem no 1 dari ratusan problem yg ada di merk kami.

  6. @ 127. neo
    Bro Neo…sorry baru buka blog….
    @ All
    Maaf kalau ada komentar sering keluar topik belum didelete soalnya kadangkala sibuk banget mzbro….

  7. Pengalama pribadi, Motor ane Vixion 2008 sekitar bulan Agustus tangki bocor, dah cek ke bengkel sebelah ternyata saat mo di tambal dan di kuras ada air sekitar 1 liter, kata mekaniknya air masuk dari tutup tangki dan lubang kunci saat di Cuci ama saat Hujan.

  8. Motor sayap kepak memang begitu..
    Ga perlu ke motor cc gede..
    CS1 punya ane aja tangkinya bagian dalam aja udah warna warni, padahal belum 2tahun..padahal pertamax plus lho..Dan paling jelek ya premium…
    Mulai males sama Honda klo gigi..Padahal Karisma enak banget..Tapi sportnya kok gini?

  9. meggi ane yang kayak punya bang iwb juga bocorrr
    pertamax7.wordpress.com/2011/12/10/tangki-honda-megapro-bocor/

    kalo megison ane aman,,xixixixx

  10. Jadi inget temen , dulu ia nitipin tiger menginap di stasiun kereta bbrp hari. Saat diambil bensinnya hampir habis. Mulanya curiga dicuri petugas parkir , namun beberapa bulan kemudian baru ketahuan ternyata tankinya bocor.

  11. masalah tengkibocor itu sama kronisnya ama pelgpeyang…ATPMnya sengaja mbudeg.
    baik FBH atopun FBY harusnya bersatu buat nglawan ATPM yang mbudeg…

  12. trims mas iwan.kita beli motor buat dipake kerja.sehari jalan kurang lebih 80 kilometer.dalam waktu kurang lebih 1 jam.diharapkan dengan membeli motor sekelas honda tiger bisa kuat dan nyaman untuk perjalanan panjang setiap hari.tapi kalo sampe tangki bocor dan bensin langsung turun ke mesin yang sedang panas2nya,bisa2 meledak!itu bukan hal sepele,masalah nyawa orang.seharusnya hal ini menjadi perhatian pabrikan supaya menghargai konsumennya.bukan hanya sekadar menjual barang.

  13. Tiger Revo punya ayah ane msih aman mas bro..maklum belum ada 1thun ..sering ane minjemnya..ya moga aja ga bocor deh tankinya

  14. motor ane tiger 2005 sampai sekarang belum keropos tangkinya. mungkin karena setiap 3bulan sekali ane kuras tangkinya terus ane jemur sampai kering. kalo cuci ane lapisin karet tutup tangkinya

  15. kl lgy touring club pas kumpul di lapangan. sering liat temen rider yg tangki bocor…. termasuk ane yg pernah bocor tangkinya.
    .AHM diem aja si jepang bego diem aja, apa org AHM gg punya penerjemah jepang bagus jelasin donk tuh keatasan nya tangki bensin bocor itu sangat BAHAYA !!!! sekali lagi SANGAT BAHAYA. gimana kl masuk ke busi atau terjadi konsleting di kelistrikan bisa meleduk….. woiii AHM denger !!!

  16. yg sering bocor tangki motornya itu, orang yqang jarang isi full tanggkinya, saya saja punya tiger sdah lama tidak ada tuh masalah d tangkinya……. mungkin isinya malas kali ato nyucinya yg tidak bersihhh wkwkwkw

  17. Gw lgi pusing nih macan gw lgi bcr tangkinya…belum beres…!! pesen tangki baru,,blm ada mesti nunggu dua minggu…!!

  18. seperti teman-teman semua tiger saya tahun 2006 tangkinya sudah dipatri keliling tapi selang berapa bulan timbul lagi kebocoran,kalau beli baru dimana ya? tolong kasih infonya tks..

  19. ini tangki bocor kok pada bingung sih.. lapisin bagian dalem tangki pake plastik kresek item aja.. beres kan.. -_-

  20. NWP juga ada yang keropos,malah baru 1,5 tahun dah gitu kiri kanan lagi keroposnya…
    itu saya lihat sendiri waktu ngelas tangki tiger saya… 🙁
    dan ga mungkin saya salah lihat…

  21. NWP juga ada yang keropos,malah baru 1,5 tahun dah gitu kiri kanan lagi keroposnya?
    itu saya lihat sendiri waktu ngelas tangki tiger saya? 🙁
    dan ga mungkin saya salah lihat?
    ———————————————————————————-
    yg bener bro sharwock nmp juga udah yg bocor ??

  22. kalo menurut gw emang bahannya yg sekualitas ama kaleng krupuk keriting… dan mengapa harga barunya cuman 600rb? berarti emang dirancang utk sering diganti kayak kampas remnya… btw, dgn harga tangki baru yg cuma segitu, gw bisa beli 10 biji tiap bulan… capedes…

  23. waw aku lagi ngalamin nih …tangki mtor tiger gua bocor parah brow..

    sana sini lubang….. katanya stu hati ah.. tangki aja pake di buat dari kaleng susu… apes nih gua…..

  24. Rame rame aja buka tangki pajang di lampu merah dan tulis “Tangki hebat dari HONDA” agar HONDA tau boroknya dan ada perbaikan. Menipu Konsumen dan tidak peduli dengan keselamatan konsumen.
    “Tangki Honda Tiger buat aku menderita, tangki bocor di tengah perjalanan jauh”.
    Mau kujual motornya, takut ngecewai pembelinya. Biarlah rugi sendiri.
    Tangki honda Tiger cocoknya diganti dengan Tangki Apa Ya??

    Bondan Medan

  25. terlalu mengambil banyak keuntungan,,konsumen di rugikan. tapi sayang banyak konsumen yg kurang cerdas,terlalu percaya pada brand

  26. tanki bocor pd kran. krn tipis plat tanki, sll dekat kran tempat endapan bbm dgn kelembaban bbm( kandungan air). pabrikasi kualitas plat tanki prlu diprbaiki.

Comments are closed.