Banyak yang penasaran akan keakuratan speedometer motor pabrikan dibanding GPS. Maklum mzbro, teknologi ini bisa dikatakan sebagai tolak ukur kecepatan sesungguhnya sebab tidak bisa direkayasa atau didongkrak angkanya oleh campur tangan manufacture. Lawong musuhe satelit 😆 . Global positioning system dari satelit pemindai sekaligus mengukur kecepatan dari obyek bergerak. Nah….menyambung artikel komparasi speed GPS Yamaha Byson kapan hari, alhamdullilah kali ini IWB dapat melakukan pengetesan terhadap produk lain yakni sang raja kecepatan…..Kawasaki Ninja 150L!!
Berbekal aplikasi Runtastic yang diintegrasikan keGPS BB, seperti sebelumnya IWb menjalani pengetesan didaerah Tanah Abang. Igun..siempu motor berbaik hati meminjamkan motornya yang masih kinclong (keluaran 2011). Rasa capek pulang kerja langsung hilang, ketika melihat Ninja merah yang sudah siap ditunggangi. Kali ini kita tidak membicarakan top speed sebab kondisi tidak memungkinkan untuk itu. Pengetesan hanya seputar keakuratan speedometer sang Ninin disandingkan GPS. Singkat cerita….setelah mengenakan peralatan secukupnya….testing dimulai….
Menuju jalan besar IWB berputar mengambil rute aman. Setelah jalan lurus baru motor digenjot secara berurutan. Gigi satu, dua dan tiga…..wow terasa enteng bener putaran atasnya. Khas…engine 2 stroke. Tahap awal, IWB sengaja panteng speed diangka 80km/jam. Konstan tidak kurang tidak lebih. Setelah dirasa cukup, IWB segera berhenti dan? meraih BB untuk mengintip hasil recording GPS. Terlihat sebuah angka yang cukup mengejutkan yakni….62 km/jam.? Yup…speed 80km/jam yang baru IWB jalani, tercatat hanya 62km/jam diGPS. Artinya penyimpangan speedo Ninja 150l pada speed 80km/jam adalah 80-62 = 18…….beda 18km/jam. “Walah… koq terpaut jauh ya”.….batin IWB. Merasa kurang yakin…IWB kembali berputar melewati rute yang sama untuk testing yang kedua kali….
Kali ini IWB mencoba speed atas. Pada kondisi jalan sore….angka 120 km/jam sudah cukup mewakili gambaran real speed siNinin. Gigi pergigi IWB betot. Dan tidak butuh lama…sekali mendengus mesin Superkips racikan Kawasaki ini menggapai 120km/jam. Dipanteng 120km/jam…..jalanan mulus hingga satu kilometer mendukung proses testing. Akhirnya….rute habis, IWB berhenti. Suksessss. Dipinggir jalan, merogoh BB kembali…..recording stop dan nongollah hasil speed GPS.? Untuk kedua kalinya IWB dibuat bengong tak percaya….
Runtastic menunjukkan top speed record 91,8km/jam. Jadi ketika speedometer Ninja 150L manteng pada angka 120km/jam….kecepatan asli GPS hanya 91,8km/jam. Dengan kalkulasi sederhana 120 – 91,8 = 28,2. Artinya terjadi penyimpangan hingga 28,2 km/jam untuk speed 120km/jam.? Hhmm…semakin kencang, penyimpangan speedo makin besar. Sebenarnya IWB sendiri secara feeling sudah merasa bahwa kalibrasi speedo Ninja 150 bawaan pabrikan memang lebih kencang dari normalnya terutama hempasan efek angin dari depan yang tidak sedasyat motor lain pada speed yang sama. Tapi diblog-kan nggak berlaku kalau hanya mengandalkan feeling. Ya nggak . Oh iya….persentase penyimpangan monggo dihitung sendiri mzbro biar lebih enak…..
Last…KMI pasti punya alasan tersendiri kenapa hal? itu dilakukan. Tentu supaya para biker lebih awas dengan keselamatan nyawanya. Sebab sudah bawaan psikologis biker jika speedo diangka yang rendah, maka puntiran gas makin dalam dibetot. Tapi jika konsol didepan mata telah menunjuk angka 100km/jam…sikap hati-hati bakal keluar dengan sendirinya. Apapun itu…saat ini Ninja 150L tak diragukan masih merupakan motor tak tertandingi untuk urusan betot-membetot. Jambakan setannya itu lho bro……mautttt!!!. Yo wis…yang penting janji IWB kedua sudah ditepati. Dan kalau ada kesempatan….kuda besi lain akan menjadi korban testing berikutnya. Ditunggu saja……(iwb)
Mas IWB, New CBR ku kayaknya ketuker mesinnya sama RC 212V deh, masa dipantengin di 120 km/jam, di Runtastic ketulis 325 km/jam 😀
Apa daerah BSD satelitnya ngaco yak..:D
@ cemara
Waladah…motornya ajaib tuh bro wkwkwkwk…(Pastinya ada yg salah mzbro, bisa lokasi atau aplikasinya sendiri. Monggo dicek ulang)
@cemara
hallo kang dani pedrosa…
pinjem RCV nya donk…
mungkin pas ngacirrr banyak pohon di pinggir jalan bro, jadi ketutup tuh sinyal gps nya… ato cuaca lagi mendung… bisa ngaco tuh gps
98. Virus – September 18, 2011
@wong ndeso?capeee deee
lagi-lagi bawa2 ane?dah jelas jg dr td ente nyinggung2 pohon mulu?kenapa??? kangen ya??? gak perlu bawa2 ane?ane gak tau apa2 kok diseret2?heheheheh?
======
tuh kan pura-pura lupa… 2 tahun di atas pohon masa lupa… wkkkk
sekarang mending ente sudah mau pake kolor, dulu pas pertama ane lihat masih pake daun nangka yang dilipet… hehehehehe
speedo kebo gw : 37km/jam
speedo Honda Nmp : 43km/jam
tetep ga meragukan larinya, udh jamak malah penggila speed, speedonya dicopot.
wahh artikel bagus om.. jadi tau simpangan masing2x speedo meter motor, kalo bisa test motor lain menggunakan GPS yang sama jadi adil karena alat ukur cuman 1 untuk banyak motor. terserah gps tersebut kurang akurat di banding GPS militer USA yang penting alat ukur yang dipake sama2x milik kang IWB. ditunggu test komparasi motor lainya.. 🙂
kecewa nihhh. .
coba di test aja sama byson sampeyan mas. .
podo@ mlaku 120 jejer, banter endi. .
anoman ku (ninin ptih) br jalan 400km-an aq betot nympe 170an (lum mentok)
Saat kejar2an sama bus sumber kencono, di spido terlihat 130kpj, posisiku masih dblakang bus. Saya kget masa busnya tmbus 130,.. Pdahal jalanan jalur ngawi bnyak tkungan. Ksimpulane SPEEDOMETER ANOMAN KETHEK PUTIH INI “NGACO”
.: kecewa :/ :.
Biar gak pada GP dijalanan mungkin mas iwan, toh keselamatan lebih penting.
fncounter.wordpress.com/2011/09/18/moto2-aragon-mental-juara-marquez-menjadikannya-podium-pertama/
semua motor atpm sama aja larinya mas, beda dikit kira2 5 – 10 kph, cuma sensasi jambakanya doank yg beda, sy pake blade udah sering kejar2an sama p200, scorpio, vixi, f150, krr, udah sering ngasepin mereka bahkan n250. cuma kalo udah ketemu cbu diatas 600 lebih baik ksh jalan. peace buat bikers diatas
ada yang tau ga aplikasi android yang mirip runtastic ?
biar bagaimana motor ini tetep idola…. test satria FU dong…..
Kalo yang dikomparasi kawasaki gak ada yang bakar bakaran…Xixixi….malah pada legowo nerima kenyataan…karena mo dibilang ngawurnya gede tetep aja kuenceng larinya…
@115
Bener bro bakar2 ran gak ad untungnya sama sekali, toh motor ini msh tetap kenceng, mending bersikap legowo aj lebih baik. Dan yg penting sebaik apapun motornya tetap Safety & sopan santun di Jalan. Setuju!! 😀
Bener motor ini ttp yg terkencang.cuma aneh ada yg komentar blade bisa kalahin ninin 250 ngakak gue.
Bisa aja, tp ninjanya lg keabisan bensin..
Hahaha
@wong ndeso
waladalah…ane kutip ya
“tuh kan pura-pura lupa? 2 tahun di atas pohon masa lupa? wkkkk
sekarang mending ente sudah mau pake kolor, dulu pas pertama ane lihat masih pake daun nangka yang dilipet? hehehehehe”
fitnah nih…ck…ck…ck…
mas, saya pake runtastic juga di onyx saya, kadang kalo naek motor sy coba, malah runtasticnya yg error, pernah kerecord max speed 120 kmh, padahal waktu itu ke kantor doang yang rasanya max cuma 80 kmh.
jadi mungkin mending ngetest pake GPS yang kalibrasinya lebih baik. 🙂
dulu ane pernah ngetes ninja rr pake gps..pake aplikasi gps GPSed di samsung c6625..aplikasinya lumayan fix bro..soalnya pernah ane komparasi ama gps marine..disini ulasanya
http://www.babad150f.wordpress.com/2010/03/
dulu ane pernah ngetes ninja rr pake gps..pake aplikasi gps GPSed di samsung c6625..aplikasinya lumayan fix bro..soalnya pernah ane komparasi ama gps marine..disini ulasanya
http://www.babad150f.wordpress.com/2010/03/11/ninja-150-rr-on-d-way/
Sori td kurang hurup link
bro, tny ya. speedometer ninja 150r L yg baru 2011 dgn yg sebelumnya beda ya? yg skarng knp ga ada feul meternya ya? cm lampu indikator aja. apa bner bgt??
mhn pencerahannya. tks.
mantab tuh! Ninin tuh jambakan maut nya yg bkin jantung copot…
http://www.jheren.wordpress.com/2011/09/18/brake-lamp-yang-paling-menyebalkan/
asli gw ngakak kl liat komen di topik ban ninja 150r max 150 km/jam… Udh ditunjukin bukti di majalah r2 msh ngeyel, skrng bloger dah membuktikan sendiri kl msh ad yg ngotot jg..terlalu….
jadi inget dulu awal 2006 pake MX lama buntutin Ninja 150L di kecepatan konstan 100kpj, begitu mampir di pom bensin (kebetulan barengan) si empunya Ninja nanyain ane, “itu berapa cc mas motornya?” ane jawab 135cc lalu dia jawab “oo..pantes..”
nah yang ane tangkep mungkin rider Ninja gak nyadar penyimpangan di speedonya, mungkin dia mikir busyeet gw lari 130 kok ada bebek yang bisa ngikutin sih, itu bebek apaan sih..hehehe
minta saran oli yang bagus apaan ya?
http://www.sejutaumat.com/2011/09/18/pilih-pilih-oli-buat-jupiter-mx/
Mas IWB, ma’af kalau boleh saran, alangkah baiknya menggunakan real gps device, yang dipasang berdekatan dengan speedometer, dan direcord dengan video. Kalau cuma menampilkan screenshot hasil gpsnya aja, serasa menjadi kurang valid.
Kemudian alangkah baiknya dilakukan di tempat yang sama waktu pengetesan byson, karena sensitivitas gps dipengaruhi sama kondisi sekitarnya seperti gedung2 tinggi yg dpt menghalangi transmisi data antara gps dan satelit.
Satu lagi waktu pengetesan byson dilakukan saat pagi hari, sedangkan ninja sore hari, setahu saya sensitivitas gps sangat bagus dipagi hari karena efek lapisan ionosfer tidak terlalu berpengaruh dibanding siang atau sore hari. Maksudnya Saat mas IWB menahan dispeed tertentu supaya data terekam sempurna di gps hanya berdasarkan feeling, nah kalo kondisi ionosfer sedang sangat berpengaruh, maka gps untuk menunjukkan real datanya butuh waktu yg lebih lama. Makanya saat kendaraan sedang berakselerasi data speed yang terbaca, akan berbeda ketika saat menahan di speed tertentu. Walaupun kenyataannya speedometer ninja lebay, tapikan bakalan lebih afdol kalau ada video saat tes byson & ninja.
NO VIDEO = HOAX
gw ga terkejut blas bc artikelnya..emang dr setaun gw dah baca di majalah jg gt akurasinya 77-78%. Yg fanatik ninja 150r aja yg tutup mata, yg terkencanglah… Saat brojol artikel kec ban ninja 150r mak 150 km/jam, gw ngakak juga baca komenya yg sok tau n cm b****t doang..
– Kalo bisa dites menggunakan ‘dedicated GPS’ (GPS beneran spt Garmin/Magellan) bukan HP dengan fasilitas GPS
– Respon GPS tidak instan sebagaimana halnya dengan spidometer, harus manteng beberapa saat dulu dalam kecepatan konstan.
– keep safety..
😀
Akhirnya membungkam para alayers yg bilang ninja standar bisa lari 190kpj
mantab, tapi…
pengetesan pake GPS, itu tergantung lokasi, dan kondisi , soale klo jaringan lagi bagus, akurat, klo ngak yach kacoo..kita lagi deselerasi..gps baru record.kan brabe..:)
btw klo motorgp die pake apaan yach..?kok bisa akurat ..?
TQ
gw ga terkejut blas bc artikelnya..emang dr setaun gw dah baca di majalah jg gt akurasinya 77-78%. Yg fanatik ninja 150r aja yg tutup mata, yg terkencanglah… Saat brojol artikel kec ban ninja 150r mak 150 km/jam, gw ngakak juga baca komenya yg sok tau n cm bacot doang..
coba pakai GPS yang benar-benar GPS..
bukan GPS yang sekedar nempel di handphone…
misalnya garmin 60csx atau Oregon atau dakota
GPS di handphone itu lemah sinyal nembak kesatelit di atas langit
otomatis tek-tok sinyal nya banyak telat nya….banyak error nya
maklum fungsi utamanya kan HP bukan GPS
lain dengan GPS beneran, punya antena besar yang sinyalnya real time tek-tok darat dan langit
salam pakai GPS
@ 117. smart
pernah tau kan pepatah “the man behin the Gun”? so yg bw ninin250nya ga jago bro, wong ane balap di jalan raya, ga mungkin lah ane make blade di sentul
ini ada artikel lamaaa yang di bahas ama saft7 tentang akurasi speedometer bawaan dari motor2 n mobil2….di tes di jalan n kondisi cuaca yang sama
paling kecil simpangannya dari 2 gps (yg diambil rata2nya) itu pulsar dengan 4,4% n terbesar satria FU n Scorpio sampe 17-18% dari GPS khusus
link nyaa.
saft7.com/?p=270
numpang kritik mas Iwan,, dgn tdk mngurangi rs hrmat wat mas Iwan,, mngukur kcepatan dgn gps pstiny mnjd topik yg mnarik,, tp kbetulan bkap w puny alat gps tracking prfesional utk mngukur navigasi udara dn laut, jd w ckup thu daya akurasi alat gps bhkn yg trkini dlm mngukur kcepatan kndaraan digroundspeed, nauticalspeed, dn aerospeed, yg mana angka mlesetnya rata2 hingga 30 METER,, itu trjd krn gps receiver mngandalkn sinyal lbh dr 3 satelit yg mmungkinkn delay wktu diantara satelit dn kpd gps receiver,, dn diantara alat gps pun bs saling tdk akurat hingga 8 KM/JAM,, jd klw trbaca 140km/jam faktany kcepatan sgt mngkn mncapai 150 smp dgn 160km/jam,,
ada syarat dmn gps ground speed bs mnjd sdikit akurat, asalkan alat tsb puny 12 channel/12 satelit receiver,, *kbnyakan dgunakan gps militer* dn kndaraan yg diukur HARUS mmiliki KECEPATAN KONSTAN smp 10 MENIT!,,sperti yg bs dlakukan psawat udara dn kapal dilaut,,, krn syarat2 tsb,, kcepatan groundspeed sgt sulit dipastikan dan jarang diukur scr profesional mlalui alat gps,, motogp pun tdk mlakukan pngukuran kcepatan akurat mngandalkan gps mlainkan hnya dgunain wat mngetahui posisi pmbalapny, kcepatan ktika ban depan terangkat,, dn kcepatan rata2 dlm bbrp lap,,, ttp pngukuran kcepatan mlalui ban yg diandalkn dlm motogp,,
alat yg dgunain oleh mas iwan itu namanya Runtastic,, tagline komersialnya: Running, biking, walking, skating, you name it, we track it,,,, jd itu jelas wat tracking posisi,, bukan wat mngukur groundspeed dlm olahraga RACING,,, 😉
dah ketauan top speed ninjanya real cm dikisaran 140 km/jam, cari rasionalitas yg pernah naik ninja dg real 160 km/jam.. Bisa ta motor ente lari 210 km/jam??
Udhlah kl faktanya seperti itu yg legowo..jgn merasa sok kencang, msh bny motor ato mobil yg jauh lebih kencang. Berani taruhan ne motor kl diadu sm splas aj klo di tol pasti kalah.
he he,,@pendekar2,, lw ksih thu gw balapan jalan mana yg ngandalin ukur kecepatan pk gps? klw spido mleset itu biasa semua mtor dan mobil bs bgitu krn faktorny mmg banyak,, lw prnah punya ninja rr gak??? ini mmg ngbahas FAKTA bkn bahas siapa tercepat,, gw punya dn bawa mbil jazz, livina, timor, dn juke dirumah,, lw mw bilang gw asal jeplak??? gw bawa ninja rr dari tangerang ke semarang LEWAT JALAN UMUM CUMA BUTUH WAKTU 8 JAM! gw bawa dari surabaya ke bandung CUMA BUTUH 13,5 JAM lewat jalan umum!
mw blng rr cm bs lari 140kpj? lw mw bilang spido ninja rr maen2?? mobil splas lw sini adu top speed ma mtor rr djalan tol wat cari fakta! klw org mw bilang R6, ZX6R atw R1 jauh lbih kencang dr rr percaya gw,, yg pnting bkn pngndara motor komuter yg sok tahu,,sok iye,,
@Trendvictim..santai bro..mungkin pendekar lum pernah ngrasain jambakan setannya superkips..hehehe,,mang splash mobil apaan sih???xixixixi..masak motor dibandingin ma mobil..oot nya kejauhan..piss ah bro
gini lho bro, motor cepat bukan berarti pnya top speed tinggi, begitu sebaliknya mobil yg top speed tinggi bukan berarti lebih cepat, ente pny kan honda jazz, honda jazz top speednya diatas 170 km/jam dan akuratnya nyaris sm dg gps. Tp lu ajak balapn dg rr jarak krng dari 1,5 km ya jelas jazz kalah jauh krn utk meraih top speed diperlukan plng tidak 3 km lebih utk sebuah mobil sedangkan ninja rr paling butuh 1 km. Setelah mobil dpt top speed yg diatas ninja rr ya lama2 kesalip jg. Sm dg splash top speednya bisa digeber lebih dr 160 km/jam.
temen2 gw bny yg pnya ninja r ataupun rr, mereka bilng top speed kl msh std rata2 175-180 utk ninja 150r dan 185 km/jam ninja rr (pny sodara sepupu ane). Lha kl akuratnya 77% kan berarti dpet realnya skitar 140-143 km/jam, msh cukup kenceng kl dibandingkan dg realnya byson ms iwan 107 km/jam atau bebek yg g nyampe 100 km/jam. skrng nggu ms iwan ngetes realnya spedometer ninja 250r, kq denger2 akuratnya 90-92%. Kl bener segitu berarti emang ninja 250r std top speednya lebih tinggi dr n 150rr krn dmna2 yg pny ninja 250r dapet top speed std 160an km/jam.
tes ini dah sering kq dibahas, dan daridulu memang ketemu dikisaran itu akuratnya di kisaran 80% kurang dikit. Mas bloger iwan kan udh bela2in ngasih info buat kita, atas usahanya kita sepatutnya berterimakasih. Lha mas iwan ketemunya 76-77%, terserah motor ninja loe sanggup lari berapa tinggal dikalikan toh. Kl ninja loe sanggup lari 250 km/jam ya gpp berarti realnya 190an km/jam, kl ninja loe cm sanggup 180 km/jam yo aslinya skitar 140 km/jam, kl krng kenceng ya beli zx14 aj..
seandainya gw yg pny ninja 2 tak, gw sadar kl top speed standar kl di kisaran 140 km/jam berarti ga ada apa2nya kl dibandingkan dg mobil2 yg jalan di tol, Kl top speed cm 140 km/jam akan gw oprek gmn supaya bisa diatas 150 km/jam, spy msh bejaban dg mobil.
FBH & FBY Ngakak semua……soalnya sering dgr komentar miring FBK jika ada komparasi GPS vs speeometer H&Y, Setuju Mas Sendy, tinggal kalikan top speed speedo ninjamu dgn 76/77% wis gelo dijamin. Buat alayer pasang aja speedometer yg perlu kalibrasi 50%sekalian khan jadi puas, meski real jln 100 km terlihat 200 kpj..top bgt kawasaki
yaya trserah pada2 deh,,klw lw smw percaya ma yg namanya gps,, ni gw kasih linknya hsil tes smua jenis merek kndaraan mobil mtor,, dgn gps yg semi pro,, itupun msih kcepatan overal,, baca baik2 angka pnyimpangan yg kalian gemborkan2 itu,, dsitu pnyimpangan kcepatan ninja R adalah 11,51%,, brarti akurasi spido ninja R adalah 88,5%,,,11/12 dgn honda tiger,, smntara suzuki thunder, honda vario,, yamaha scorpio,, honda supra,, suzuki satria fu,, nissan terano,, isuzu, jauuhh LEBIH KACAU!,, jd jngn smbarang tarik asumsi, apalg mndiskreditkan,, cek baik2 link ini: us.oto.detik.com/read/2011/07/06/141138/1675871/1199/komparasi-speedometer-dan-gps
perlu tahu jg klw KODE BAN STANDAR PABRIK pd ninja RR adalah 57S blkang, dan 47S depan,, dua angka ddpn itu kode beban maksimal ban,,,dn kode S itu artinya BAN hanya dpruntukkan pd KECEPATAN 180 km/jam,, bkn brarti kcepatan mtor tdk bs lbih tnggi dkisaran itu,, mlainkan itu angka standar maksimal bawah yg dhitung standar safety pabrik, dgn kompromi harga material/harga unit,,
jd opini gw adlh tim engineering kawasaki bkn orang2 yg cuma jebolan disiplin ilmu kmaren sore,, bgitu jg pabrikan otomotif lainnya,, kwak gk akn kasih ban dgn spek standar utk lari 180kpj, klw mmg tu mtor gk bs lari sgitu,, lainnya,, gw maklum dgn ktidakakuratan spido dismua kndaraan brmtor,, tp itu lbh baik drpd mngukur topspeed/kcepatan darat dgn mngandalkan alat gps,,
@Buat yg gak suka ama motor 2Tak
Klo Ninja 150R seharga kurang lebih 25jt dgn topspeed cma 140Kpj (Tenan opo ora ya?)padahal power mesin 30Hp dgn berat kosong 124,5kg gak terlalu mahal lah sudah cukup kencang, Dibanding C*R150,R15 Seharga 33 Juta dgn spek mesin berkompresi tinggi (Minimal Pertamax92) tenaga yg dikeluarkan cma 17Hp & bobotnya lebih berat dari NinjaR dikarenakan ada tambahan fairing plus kaki2 lebih besar. Berarti lebih parah dong Speednya heheh 😆 paling banter mentok tok realnya CUMA 114,8Kpj, aplagi klo bicara soal speed bebek “alay” malah tambah “nyungsep”. Speed segitu msh mudah di tempel bus cepat macam SumberKencono,Nusantara dll yg klo di pantura bsa ngebut mpe125kpj ,nekat ngalangin jalan meraka bsa di sruduk tuh. Pilih tampang mahal atau speed terserah Ente lah.. 😀 Yg penting motor 2tak baik Ninja,King dll lebih murah meriah & minim perawatan. Piss..
@trenvictim
mgkin sampeyan bisa njelasin kl bener ninja 150 akurasinya 11, sekian%.. 1 bl yg lalu saya tes ninja 250r saya jalan bareng dengan ninja 150 temen dg maksud emang mo mencocokkan spedometer. Emang disengaja dg speed yg agak tinggi biar dtanya makin akurat, metode gw pake ninja 250r dg kec konstan 140 km/jam ternyata di ninja 150 temen gw katanya dah 160 km/jam lebih. Logikanya kalo keakuratan ninja 150 sebesar 88,5% berarti keakuratan ninja 250r ampe 110% dong? Berarti top speed ninja 250r kl 160 km/jam = skitar 175 km/jam realnya??
kesimpulan saya wlpun ninja top speed realnya hanya sekitar 140-145 km/jam, itu udh kenceng kl dibandingkan motor lain, hanya ninja 250r dan cbr 250r yg top speednya sebanding, perkara jambakan setan ya emang bawaan mesin 2 tak begitu bukan berarti jambakan setan lbih hebat trus top speed jg diatas ninja 250r misalnya. Msing2 ada klbihan dan kekurangan, ninja 250r unggul top speednya tp jambakan setanya klh dg ninja 150.
Contoh top speed gp 500cc 2 tak di mugello record 340 km/jam, tp top speed 800cc 4tak 349 km/jam ditempat yg sama.
@sendy,, waduh ngukur keakuratan gk bgitu dong,, angka 100% itu sm dgn 0 atw limit,, jd tdk brgerak,, klw rr dinyatakan 88,5% trhdp 100% y mngkin n250 90an% trhdp 100%. Itupun mngkin. Angka akurasi itu bergerak merapat, bukan bergeser. tp ingat,, sekali lg 88,5% yg gw hitung ITU BUKAN TES GW,, ITU TES GPS DETIK OTO,, trserah mau percaya tes detik.com, atw mau percaya gps nya,, gw gk prcaya dua2nya,,
bagi gw klo ngomongin top speed itu sm dgn bicara power to weight ratio. 30an HP di RR dan di N250 dibagi berat msing2 130kg vs 170kg, sm sj beda berat 1 tabung gas isi 30kg!,, sdh JELAS n250 slisih bnyak, sdh tidak mngkin n250 dpt maksimum top speed yg sama dgn RR. lihat laman2 ttangga donk,, dsentul omr kwak race 2 sj n250 ktinggalan lbh dr 15 detik balapan,, ckckckk,, msh gk prcaya dgn data,?, silahkan tes lngsung topspeed dgn rr dijalan,, gw sndri dkomunitas ninja sdh smp Bosan ngadu rr dn n250,, sdh pd hapal hasilnya,, trsrah prcaya spido atw tdk,,
klw mw ngomong motogp pedrosa bs 349kpj itu thn 2009,,7 TAHUN KEMUDIAN stelah 2 tak tdk dkembangin teknologiny dimotogp,, harusnya pedrosa yg beratnya cm 50kg itu skrg bw motogp 2 tak thun 2011 ini dgn multi kopling sprti rc212v skrg,, sdh ktebak hasilnya,, jd gk perlu percaya gps atw spidometer,, atw kode di ban RR,, silahkan tes langsung head to head wat ngukur brapa kecepatan rr jgn cm tes spido,,;D
yang memang masih ragu sama ninin150 r dicoba aja kalo ketemu di jalan… bilang baik2, mas/om saya mau coba tes akselerasi motor saya dibanding motor ninja situ.. dari stop sampe top… pasti diladeni kok.. 🙂 gampang lah itu.. kalo buat gw sih, dalam drag, top speed memang penting… tapi seberapa cepat lo dapat top speed segitu itu yang lebih penting..!! kalo ada 3 motor dengan topspeed yang sama di jalur yang sama, dijamin yang sampe finish duluan adalah yang paling cepat menggapai topspeednya.