Motogp : Cal Cruthlow akui Honda RC213V 2017 kurang top speed….handling sulit ?

71
9421

Iwanbanaran.com – Kangbro….pasca berhasil menempati posisi podium 3 dibalap Argentina,ย Cal Crutchlow blak-blakan mengungkapkan 4 poin kekurangan RC213V versi 2017. Motor yang bisa dibilang baru netes ini menurutnya cukup sulit dikendarai saat race Argentina. bahkan doi mengaku harus bertarung dengan motor untuk menaklukkan 14 tikungan dalam tiap lap nya. Welehh…

Di Argentina, Repsol Honda Team mengalami hasil pahit karena kedua rider mereka yakni Marc dan Dani tidak bisa mendulang poin karena crash. Sedang rider satelit yakniย Cal Crutchlow berhasil masuk podium 3. Namun siapa menyangka menurutnya tidak mudah untuk meraih posisi tersebut sebab doi harus bertarung habis-habisan melawan motor sendiri. Mengambil segala resiko karena semua on limit….

Masalah utama pada bagian depan yang terasa seperti tertahan, banyak bergerak dan juga selip dibagian belakang. Selain itu top speed RC213V sekarang masih kurang. Alhasil rider harus bekerja keras mengatasi masalah saat race. Btw Honda masih bekerja untuk ini. Memang tidak mudah memiliki 3 model mesin berbeda dalam 3 tahun…” keluh Cal via speedweek. Tapi koq dengan kondisi yang dijabarkan doi tetap bisa masuk podium 3 ??…

“Tidak mudah. Kita harus bertarung disemua tikungan….14 tikungan. Mungkin kita bagus hanya saat masuk pitlane…saat limiter bekerja (tertawa). Ini pekerjaan berat sebab kita harus bertarung melawan motor dibagian belakang, depan dan juga traksi. Saat traksi rendah semua berpikir Honda kuat. Namun tidak semuanya benar. Rider banyak kesulitan dengan motor khususnya untuk mendapatkan racing line ideal. Tidak banyak yang bisa kita lakukan saat ini. Honda masih terus bekerja….” tutupย Cal Crutchlow….

Last…..posisi Honda saat ini memang cukup sulit. Marc Marquez sebagai rider utama harus kehilanganย poin akibat crash di Argentina sehingga gap 37 poin dari Vinales. Begitu juga Dani Pedrosa. Dengan mengganti mesin screamer ke big bang jelas harus diikuti perombakan sasis secara keduanya beda karakter. Kita lihat saja perjuangan tim Honda untuk mengejar ketertinggalannya melawan Yamaha. New RC213V ?. Jebule ngono cak, top speed dan handling jadi PR…(iwb)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
131

71 COMMENTS

    • Hemm.. yang penting cc udah bisa ngasepin tim satelit yamehek. Podium 1 dan 2 itu hibah.
      (Fkutang keblinger tapi sok bijak).

    • ku bilang juga apa waktu itu saat prosesi wawancara cruthlow mandangin terus yamaha m1, dalem lubuk hatinya berkata “gila nih motor selain cepat tapi motor ini stabil terutama di tikungan, yamaha memang mantap sy jadi pengen coba” “beda dengan honda udah lemot, handling buruk susah untuk belok, apalagi mm dan dp yg gampang ndlosor, benar2 motor yg tidak bisa diandalkan” sambungnya

    • Bukannya top speed rcv di argentina lebih unggul dari m1.2 putaran unggul 2 detik marquez,performa rcv dah ok.tunggu race selanjutnya.

      ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    • Tim satelite honda pakai RC213V keluaran 2017 persis punya Marc sama Dani. Adil kah bila menang lawan Tim satelit yamaha pakai M1 lungsuran versi 2016? ๐Ÿ˜Ž Mikir

    • Skrg markes mulai bingung…tahun lalu kena tebas di mugello. Skrg tambah lemot plus gampang sliding…

      Di seri Austria sirkit full lempeng thn lalu udah mencolok perbedaan top speed Ducati, yamaha n honda…
      1, 2 Ducati
      3, 4 yamaha
      5 , 6 honda (dengan gap yg jauh di belakang vale yg menempati posisi 4)

    • tujua akhir ya tetap hasil pak
      researrch and dev mahal2 hasilnya cuman ga sberapa kan amsyong aka ga balik modal
      sementara yg kena sorot di moto gp itu kalau ga yg terdepan, leading pack
      rider yg sedang punya tensi rivalitas tinggi atau aksi saling salip yang seru
      entertainment memang
      tapi durasi kena sorot yg cukup banyak ibarat nya semacam ajang ngiklan juga kan
      dan jelas mereka ngga turun ke sirkuit untuk sekedar kalah

  1. Cak.. ada beberapa PR yg kyknya blm di post ya.. yg seingetku.. 1. Review helm kyt kyknya blm kluar smua.. 2. Review GSX 150… 3. Review cbr250rr harian.. comingsoon 4. Review r15 v3.. dr dl nungguin review helmnya cak.. hihi kalo ada yg ketinggalan lg yg lain bs nambahin.. cm itu yg kuingat point 1 – 3 yg point 4 kan blm disedian motor buat dijajal harian haha
    #CMIIW

    • Ane udah langganan cak makane msh inget.. hihi tulung ya cak.. trutama helm kyt ama baby rr buat harian.. soale udah ada rencana pengen ambil baby rr beserta helmnya yg kyt v2 kalo gak c5 race (kalo ada budget lebih) hahaha

      Subscriber
    • Sontoloyo disinyalir emak emak penunggang beat kridit. Ngehujat blogger terus kerjaannya, punya blog sendiri juga kagak. :v

    • @Sontoloyo, halah lu juga cuma bisa bc + nyinyir aja lu sempak tarzan, lu kira bikin artikel/berita dari nol tuh gampang? Udah bagus disuguhin berita update tiap hari. Cuih

  2. kenyamanan sport yamaha emang mantep…
    matic nyaman honda…
    sport kencjang+elegan kawasaki…
    bebek kencjang suzuki….

    • ga isa mas, xeon rc 125 iku matic paling stabil sasisnya..geber 110km/jam tidak ada getar atau goyang limbung, mantab stabil nyaman… metic lain deng kecepatan segitu sdh oleng mas….

  3. Skill terbaik ada di motor honda dan ducati karena butuh tehnik untuk menggunakannya terutama ditikungan berbeda dengan yamaha yang mudah dikendarai terutama saat masuk dan keluar tikungan bermodal kestabilan diatas rata2. Yang bisa juara diantara kedua motor itu apalagi ducati, itu baru warbyazah.!!!

    • Warbyiasssah dari Hongkong???
      Sembalap yg belum jurdun dgn 2-3 motor pabrikan berbeda luar biasanya dari mana tong..???
      Ngah Ngah Ngah..
      Ngen beha gevlekk’ ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

  4. Sekedar peringatan, biarin ga nyambung sama artikel.

    Hati-hati !!!!! Ini motor yg rawan recall:

    Bisoon (dan sodara2nya yg 150an)~~~~~stang sehernya bisa lepas sendiri sama stangnya juga bisa copot sendiri. Karena klemnya satu pabrik sm klem talang air cap panah.Udah kejadian diluar sono.

    Aheroxxx~~~~~shockbreaker belakang mlengkung/bengkok karena pernya kecil dan panjang pnp sama per pulpen fasterr.

    Yang kasus lama tp tetep harus waspada:

    25rr/mt~~~~~gear pompa oli renyah. Karena vendor part tsb sama kayak yg bikin blender kw merk Nazzional.

  5. HRC terlalu banyak melakukan eksperimen dan beberapa kali blunder. Bener2 selalu mencari cara yg sulit.
    Hampir tiap tahun mengeluarkan mesin yg benar2 baru yg harus dipelajari lagi kinerja dan setelannya untuk memperoleh peak performanya, sementara sasis yg mendukung juga belum dpt yg “sempurna”.
    Seolah-olah hampir tiap tahun mengawali musim balap dengan “belajar dr nol kembali” karena kekurangan data. HRC jadi harus sering melakukan Trial-Error untuk mencari setingan motor yg pas. Apalagi 2 ridernya punya gaya riding yg bertolak belakang, Satunya (Pedrosa) halus mirip Lorenzo/Vinalez, satunya (Marquez) unik & beringas mirip Stoner.

    Sementara pesaingnya bertindak lebih efektif & efisien. Ada yg hanya tinggal mengembangkan mesin yg sdh ada, karena sdh memiliki sasis sempurna (Yamaha) atau sebaliknya pada Ducati yg mesinnya udah powerfull (terlalu powerful malah) jadi tinggal mengembangkan bagian sasis (walau sampai sekarang juga masih belum dpt)

    Barangkali ya (imho) selama ini ….”kartu as” Yamaha pada sasis, Ducati pada mesin, Honda pada paket elektronik. Semenjak Paket elektronik dikebiri/disama-ratakan, HRC bak kelabakan, meraba-raba setelan apa yg cocok untuk motor mereka yg lincah namun sangat liar

    Yah siap2 saja bila title kembali lepas. Walau mungkin terlalu terburu-buru untuk men-judge saat ini karena musim 2017 masih sangat panjang & apapun masih bisa terjadi, tapi raihan 2017 ini mungkin akan mirip dengan / mengulangi kembali hasil raihan 2015. Mengejar ketertinggalan 37 poin (dimana Vinalez dan Rossi stabil & kencang saat race) akan sangat sulit karena (anggap saja) setara dengan raihan menang 7-8 race dlm kondisi “normal”. Walau memang tidak mustahil untuk dikejar tapi ingat…Marquez setidak-tidaknya crash 2-4x saat sunday race dalam satu musim, atau kehilangan setidak-tidaknya 50-100 poin dalam 1 musim karena kesalahan sendiri.

    #sorikepanjangan
    #soktau

    • Sekali tepat komponen dan settingan rcv,maka akan sangat mendominasi.lihat tahun kemaren tim satelit honda aja bisa juara dan rcv paling sering juara race tahun kemaren,gak menutup kemungkinan tahun ini,itu bisa aja terjadi.

      ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

  6. Semoga Bos HRC mengganti dani pedrosa sama yang lebih muda dan agresif, heran sampai saat ini masih aja di pertahanin si daped, padahal kalau tontonan mau seru, ambilah pebalap muda seperti vinales.

    • Pedrosa gajinya murah, seinget ane cuma 2 juta Euro. Wajar dipertahanin, Pedrosa dianggap pelengkap aja sama tim HRC.

  7. “Memang tidak mudah memiliki 3 model mesin berbeda dalam 3 tahun”

    sepertinya akhir2 ini honda berjuang untuk mendekati karakter yamaha, yaitu speed of cornering.
    padahal karakter honda kan powerfull bukan speed of cornering.

    • bukan mass….
      Rcv itu design awalnya powerfull namun handal dalam pengereman.
      tapi skrng spertinya honda memangkas akselerasi dan top speednya untuk mudah dikendalikan ditikungan. ya jadinya kacau balau, akselerasi gak dapet, ditikungan mudah dikendalikan tapi tidak sehebat yzr-m1 ditikungan.

      sepertiny bukan salah hondanya, tpi salah input pembalap kesayangan honda.

      macam rossi ingin mengubah ducati yang lebih jinak ditikungan macam yzr-m1.
      ya harus robah total design secara keseluruhan sperti geometri chassis, body, elektronik, bukan cuma mesinnya aja.

  8. Kang kamaren jalan2 kefactory outlet di cibubur plaza bareng bini? Kok risermya pake jaket iwb sementara boncenger pake helm tulisan i??

  9. Kalo menurut ane, masalah honda itu rumit, dan benar, key point honda tu di elektronik, masi inget isu2 asimo, yaa itu elektronik sebenrnya, skg setelah di samaratakan, honda kehilangan kartu as nya, dan dorna sukses bikin honda hancur, gk tau jg ya, tpi kk kesannya dorna pgen ngancurin honda.
    Honda ngubah engine supaya lebih mudah di kontrol secara natural, krna kalo pke engine lama, udah mentok pngembangannya, dan susah dikontrol. Ditambah lgi sasis ngk mendukung ya wassalam.
    Ane ragu tahun ini MM bisa jurdun, dan kalo MV yg jurdun, sebenarnya dah gk WAW jga, krna didukung motor bagus, dan handling pling sweet.
    Haduhh nyesekk liat MM ndlosor

Leave a Reply