Yamaha Byson…..nasibmu kini……

165
28188

Iwanbanaran.com – Tujuh tahun lalu…..sosok Byson warna biru nongkrong disebuah dealer merenggut pendirian IWB. Tidak perduli spesifikasi mesin atau tetek bengek power….IWB gelisah ora iso turu. “Wedhusss, motor koq ganteng mennnn…”batin IWB berulang-ulang. Kala itu IWB masih nunggang Megapro lansiran 2002. Tapi tidak tahu…seperti kena sihir, IWB gelisah ora iso turu cak. Bak orang jatuh cinta…IWB pun bertekad menjual si Megy yang sudah menemani selama 8 tahun. Ediann nggak….

Gayung bersambut. Nyonya finance dirumah memberikan acc. Wissss budal sumringah tenan kangbro. IWB ngacir kembali kedealer Yamaha sambil tersenyum gembira. Langkah kaki super ringan kayak terbang. Membayangkan nongkrong diatas motor yang moge look…sopo ora jingkrak kegirangan. IWB sendiri dirumah sudah ada JupiterZ. Jadi bukan yang pertama memiliki produk Yamaha….

Tiba disana….IWB langsung menyelesaikan administrasi. Disela itu…..mata masih enggan beralih pada sikebo. Detil…ditahun itu IWB merasakan desain Byson ini memang super detail. Tanki kondom tidak masalah bagi IWB karena memang materialnya termasuk sangat baik. Nggak ada suara-suara saat IWB tekan disisi kiri kanan. Bahkan ketika diberikan beban tetap anteng. Mantaappp!!….

Di luar sisi desain, IWB lumayan terkejut saat jajal betot-betot gas. Weleh…koq rada telat ya. Hmm…kayaknya banyak penyekat nih. Tapi ora po-po, yang penting keren. Dan ditahun 2010 tersebut akhirnya IWB memboyong Byson karbu warna biru. Kekaguman atas desain menutupi semua performa yang tergolong standar. Ajaib ki cak padahal IWB saat muda termasuk speed freak lover. Bukti bahwa desain sangat penting??. 1000 % yesss !!!….

Waktu terus berjalan. Hingga pada akhirnya di India, Yamaha merilis new Byson FI. Demen cak…..sumringah karena IWB membayangkan mesin yang lebih efisien namun powerfull. Tinggal menunggu kedatangannya dan pasti di Indonesia akan masuk. Sayang….kegembiraan tersebut hanya sebentar. Mata, panca indera dan rasa menangkap sebuah desain yang tidak seperti Byson karbu…

Keanggunan, kegagahan serta feel big bike look seperti dirusak oleh gen kedua ini. Sebagai rider Byson….IWB merasa tiap jengkal desain tidak mampu meneruskan daya pikat gen karbu. Sulit digambarkan cak….sangat sulit sebab yang berbicara adalah rasa. Kala itu IWB sendiri sudah pernah memberikan sinyal lewat artikel agar YIMM mempertimbangkan secara serius jika desain tersebut dibawa ketanah air. Karena feeling IWB akan sulit diterima biker tanah air….

Mungkin akan lebih baik desain tetap seperti Byson karbu namun ditambahi pemanis lampu LED misalnya?. Atau fitur lain?. Plus mesin tentunya. Sayang….pabrikan memiliki strategi berbeda. Dan akhirnya disekitar tahun 2015….Byson FI lahir ketanah air. Untuk mesin….karena kebutuhan emisi gas buang standart Euro 3, Yamaha melakukan efisiensi dengan menurunkan kubikasi dari 153cc menjadi 149,3cc….

Namun secara feel torsi….Byson FI diklaim lebih bertenaga dibanding karbu akibat pengurangan bobot hingga 3 kg yang disumbang sasis, AC magneto serta perangkat karbu. Dan ini IWB buktikan sendiri emang lebih ngacir. Selain itu pabrikan juga mengoptimalkan valve duration dan pembakaran. Tidak heran ketika test drag 0-400m…new Byson FI bisa lebih kencang 1 detik dibanding old gen….

Membuang karbu, perangkat injeksi juga nggak kacangan cak. Sistem FI terbagi atas sensor grup seperti crankshaft position & generator sensor, oil temperatur sensor, o2 sensor, lean angle sensor, fuel pump (pressure 250 kpa), 6 hole injector, TPS, IAPS, IATS serta ECU 33 pin. Yamaha mengklaim bahwa frame terbaru lebih rigid 12 %. Selain itu……ground clearance juga dinaikkan hingga 10mm plus wheelbase lebih pendek 4mm agar motor makin aman dan lincah diajak melibas kondisi jalan apapun….

Tapi semua kelebihan tersebut seperti tidak dipandang. Ilmu pelet yang dimiliki versi karbu seperti tidak menurun pada versi FI. Diawal peluncuran, respon new Byson FI terasa anyep. Waktu terus berjalan. Dan dari waktu ke waktu akhirnya eksistensi Byson tidak seramai dulu. Bahkan kini penjualan Byson konon jauh dari harapan. Dari bulan Januari 2016 masih tembus 1273 unit….terus menyusut dibulan Oktober 2016 hanya kisaran 186 unit. Kondisi tidak jauh berbeda dibandingkan sekarang kalau nggak malah makin buruk. Sebagai contoh di Februari 2017 yang hanya terjual 57 unit….

Last…..mendapatkan desain yang bisa masuk keseluruh lapisan memang sangat sulit. Oleh karena itu pabrikan dituntut untuk pintar dan teliti melakukan survei. Yamaha sendiri dalam catatan IWB sudah dua kali melakukan blunder terhadap desain. Pertama New Scorpio Z lalu Byson FI. Tidak hanya Yamaha, Honda-pun pernah melakukannya pada New Megapro aka Dazzler di India. Bukti bahwa desain India belum tentu cocok ditanah air?. Sepertinya demikian. Bagi IWB sendiri….”blue angel” akan menjadi legend yang tak tergantikan. Walau kini usianya sudah tak lagi muda. Yamaha Byson…..nasibmu kini…(iwb)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
31434

165 COMMENTS

    • Dulu beli bison nunggu 6bln atau diuping sampai 2jt…coba skrng diuping….kebiasaan Yamaha kalo produk baru begitu makanya jualan nyungsep

    • mosok lek? sungguh terlalu kebacut nek sampe 6 bulan / 2 juta.. samlvluk semvak wae sales e..

    • Bukan hanya byson,vixion,r15,dan r25 jg nasibmu kini digebukin sport honda diawal 2017.

      😂😂😂😂

    • Dan sebentar lagi kejadian yg sama akan kembali terulang di new vixion vva yg desainnya ancur. Yamaha seperti tidak mendengar akan masukkan konsumen.

    • ekekekek…

      dari tampang byson lebih macho
      dari NMP ..
      dengan kaki2 yg kekar dikelaznya .

      moge look .

      😂😂😂😂

    • Betul, harusnya cukup Byson karbu rubah ke FI dan tambahkan disc brake belakang. Dijamin masih laku. Kalo desain sekarang paling gagal adalah diburitan, dan terlalu banyak pernik2 aneh yang menjadi murahan seperti mainan. Dan kesalahan ini diulang ke new Vixion!
      Buat petinggi Yamaha yang baca, catat omongan saya ini.
      ” NEW VIXION BAKALAN GAGAL KARENA DESAIN BURITAN YANG MAKSA” kalo saja buritan seperti MX King ato R25 mungkin akan lain. Selamat meninggalkan tahta sport dan jagalah maxi skutik, belajarlah dari AHM yang mendengarkan kritik dari Mbah Darmo. Janganlah jadi pabrikan yang BUDeg, benahilah sales yang maksa kredit, saya sarankan buatlah pembelian online ditoko2 online itu bisa untuk seluruh Indonesia. Jangan Jabodetabek serta aja.

    • Pernah pinjam punya teman pas ngajar di pedalaman,suspensinya ajib kang jalan gak diaspal trabas ae cak

    • Artikel ini sebenarnya hanya kamuflase aja buat njewer kuping yimm untuk new vixion, cm ga mau frontal bilangnya, pakai buffer dulu dgn produk lain (yg sejarahnya bau2nya akan ditiru oleh vixion [baca nyungsep])

      sangat setuju dengan @iwb dan & @harjono
      scorpio z memang jelek banget, masih bagus tiger terakhir.
      byson juga parah desainnya lebih bagus perubahan NMP fi dari karbu.
      banyak lekuk2 ga penting yg menghilangkan kesan otot & machonya

      dulu waktu byson fi masih launching di india, sy juga merasa aneh..semoga ga dibawa ke indo, dilihat dr histori apa aja yg di riset & dikembangkan di india pasti desainnya aneh (bukan kualitas ya) karena selera desain india & indo memang beda…
      lhadalah malah diboyong ke indo

      sekarang gejala2nya merembet ke ALL NEW VIXION SPBU (new tapi part2nya basi)
      buritan, headlamp, shroud, spakbor belakang hadeh ga banget, masih bagus bebeknya mx king
      haloo… apa kabar kuping…tolong dibersihin tuh, biar peka

      “VIXION IS OUR BABY” <<<< PREKETEKKK
      makan lah tahtamu yg hilang

      btw sy bukan haters yamaha, krn sy pengguna nvl

    • tergantung marketing sebenernya, krn sejak dipimpin dyonisius bety beliau kayanya ga mentingin penjualan. Liat aja produk marterpiece beliau kaya lexam sm aerox 125 dan force. Jd wajar anjlok selama dipimpin beliau. Kayanya setelah kaya suzuki baru diganti pimpinannya. Telat rapopo kata yamaha jepang.

    • byson ku juga nasibnya gimana ini.. udah 2.5 tahun menemani.. touring dari jakarta sampai bali, lancar jaya, tanpa kendala.. tgl 26 feb 17, ditabrak mobil all new y*r*s di lampu merah bogor.. motor hanya kelipet sepatbor belakangnya, gak ada yg patah atau rusak.. mobil all new y*r*s, hancur bemper dan lampu depan nya pecah.. itu lah cerita dari si biru, byson ku.. 🙂

    • Dho seneng nek dodolan yamehek kalah sana honda, terus untung nggo koe opo, sepeda wae dibangain… aku numpak honda mulai tiger. Megi,suprit,revo,pario yo gak seenak numpak king ato nvl… braking dan handling top. Numpak megi ato tiger… blas tarikan abot, braking kaya tai… terus opo ne sing di bangain… sik penak numpak libom

    • @bocah ingusan sebenarnya ini bentuk kritik yang justru karena nggak pinging honda melenggang sendiri. biar kompetisi semakin seru yang ujung2nya menguntungkan konsumen. sebenernya dari kemarin banyak produk yamaha yang blunder, dan mungkin nbanyak yang gak koar2 adalah FINo, retro yang dipaksa modern dengan berubahnya headlamp. Semua orang juga tahu kalau skutik retro itu berkiblat ke piagio VESPA. dan yang bikin vespa keren adalah bentuk sing koyo NDOK(baca: Telur) bantet kayak bokong tawon. Scoppy aja mengarah kesana tapi FINO diarahkan ke Ramping.

    • lagian.., kalo memang model india bisa diterima di indonesia. Pulsar udh sukses di indonesia. dulu yamaha sgt diminati bayak kalangn krn desain motornya sgt tajam menarik dan memikat, posisi duduk yg nyamn bisa disesuaikan untuk tinggi bdn 160cm. tp sekarang idian he, tinggi tdk terjangkau byk pernik pernik yg mirip robot-robotan, kdg gak hbs pikir, ini mau bikin motor ap mau bikin displai motor robot robotan. petinggi yamaha ga tau ap org indo pendek pendek. sepertinya yamaha akan mengikuti jejak Bajaj Pulsar. nyungsep dan lenyap.. Maaf ini masukan. Aku bukan fans boy dri merek manapun. tapi aku pengguna motor harian yg bisa mimilih merek manapun. tp secaranya aku pernh punya motor sport yamaha yg menurutku nyaman dan bisa membangkitakan kepercayaan diri pengndaranya. Tp skrg mulai sirnah krn sudh tdk sesuai dgn selera. YMH terkesan pelit dengan berbagai hal yg berhubungn dgn tknologi dn seolah olh mengikuti Merek lain dn suka menambah pernak pernik yg tdk penting, sprti robot robotan.Conto: Dulu sy punya motor Soch masa skrg pake motor SOCH lagi. DAn seprtinya SUZUKI yang akn jd prioritas biker saat ini. bukti sudh byk GSXR150 BERTEBARAN di jalanan.. “SALAM PENGGUNA HARIAN”

    • Jujur kalo liat Yamaha Indonesia gen terdahulu itu keren2 dan enak dilihat kayak Byson dan Vixion Old. Tapi makin kesini makin jelek motor2nya Yamaha, kesannya (maaf) indihe sekali. Masih lebih baik desain2 Yamaha Thailand yang desainnya masih bisa diterima masyarakat Indonesia kayak MX King, Xabre, dan Aerox 155. Mungkin Yamaha Indonesia harus berbenah di divisi R & D terutama masalah desain.

      #NoFansboy #JustComment

    • ini bukan soal KEBENCIAN tp Ini Soal KEPEDULIAN pecinta roda dua.. ayo YAMAHA seurius dikitlah!!!!!!!!! Boelh Mikirin Untung gede (costdown, commont part, dll) tapi ya jangan keterlaluan lah..
      Our Baby Vixion tp lampu buritan aja pnp sama XABRE, parah!!!!!!

    • Yamaha tahun ini katanya mau bangkit,2 bulan MS nya masih jauh sama honda.jadi bangkit g sih.

      😂😂😂😂

    • Lek Webehh.. Klo mw ngebut.. Tarik gas nya jauh2 hari biar Fix LELET..

      Kabehh Monstor Y*M lelet.. Kaya Bekicot melayuu.. Kencenge cuma Dimulut FBY zamba city…

    • desain byson memang jd kurang enak dipandang jadi ancur yg sekarang lebih berotot yang duluu menurut saya desain yang bagus yang baru ya desain fz25 coba aza FZ25 di india dikasih mesin 150cc dijadiin byson mungkin ketolong penjualanya..byson sekarang jelek di headlamp tangki sma shroudsamping…desain FZ25 lebih di terima kenapa banyak vixion lover pgn facelift vixion headlampnya pake headlamp fz itu karena emang bangus bulat meruncing…nggak seperti byson sekarang mirip genting rumah

    • Indiheee aca aca.. Nehi nehii..

      Monstor Bollywood.. Pantess Punya Fiturr.. Geal-geol.. Ky goyang.. indiane aca aca nehinee.. Huahahahaa…

      YAMAHA Monstor BuoSOHC..

  1. YIMM masih terlalu pongah dan sombong.terusin aja membusungkan dada dan mendongak ke atas.mereka lupa klo kakinya masih di bumi.

  2. Ekekekek

    Kyknya ane gk perlu ba bi bu panjang lebar

    Nick ane sudah cukup buat ngewakili semuanya

    😂😂😂

  3. Bukan tidak mungkin kang new vixion 2017 ttp jalan bklan snasib sm byson ini,klo z yimm mw dgr suara tmn2 kmunitas yg sudah eksis dulu
    Trlalu fokus sama big skutik kaya y yimm skrg

  4. Bentar lagi new vixion 2017 akan nyusul lek..jangan khawatir ada temennya..mungkin akan jadi blunder kesekian kalinya yg dilakukan yimm..yakin 1000% vixion 2017 bakal terjun bebas

    • Kritik juga harus berdasar terutama faham maksud dan tujuan dari sebuah disainnya Pengetahuan kalian yg suka jelek jelekin produk orang tuh payah sangat payah.. Masalah model selera ga musti seragam dgn yg kalian suka, suka model aham silahkan beli yang suka model Yamaha juga silakan beli ga perlu menjelek2an. Sederhana sajah utk test kemampuan kalian coba bikin oret2an sketsa motor dan utk harga mau di hargai brapa… Jujur lah pd hati kecil nilai sendiri hasilnya baru kalian bkl tau kerja keras insinyur pabrikan dalam mendisain sebuah motor

    • Bro @Roarr…harap maklum namanya aja SALES dan FB AKUT, saya yakin dalam hati kecil mereka menjerit karena merk sesembahannya ternyata masih banyak kekurangannya juga, Yakinlah secanggih2nya buatan manusia ga akan ada yg sempurna… ngeBC dengan menjelek jelekan merk saingannya adalah salah satu pelampiasan kekecewaan tersebut… saya setuju, coba aja disuruh bikin oret2an sketsa motor pasti tidak semuanya mampu

      semua kembali lagi ke sifat dasar manusianya…tidak ada rasa puas ! ngoahahahahahaaa….

  5. Dulu referensi desain byson kan niru ducati streetfighter, tapi ducati streetfighter kan belum ada perubahan desain sampai sekarang karena desainnya ok banget sementara desainer yamaha untuk byson sepertinya kehilangan arah. Nasib yang sama mungkin juga akan menimpa vixion terbaru lek…

    • Emang bener bro byson itu perpaduan fz800 dan fz1000
      Yg bilang desain mirip duc streetfight mah org cuma modal denger katanya doang. Pernah ketemu juga kagak sama motor nya. Jadi asal ucap biar di bilang pinter.
      Kl ga percaya liat tuh motor FZ pengawal nya jokowi. Yg warna nya item dan selalu boncengan yg naik. Tuh byson di miripin sama gen fz cc gede nya.

    • Amitt-amit Dachh… Hutang banyak NVA sama CB1000R.. Fix.. Ga Semprot150 cc g metik..

      Smw niru Honda global..

      NMX Hutang banyak ma PCX.. copy paste.. Doang.

      Bentar lg Montor Super Lelet.. Ngerox Headlamp aj Nyontek VARIO.

      Fix Disain Ori Yamaha yhh.. Indihee nehine..

      Weess ngunu..

  6. Sebenarnya kalo menurut sy desain byson fi juga keren mas..
    Awalnya sy liat di foto, seperti sangat jelek, tapi ketika diliat aslinya, ganteng juga.. cuma salah satu yang sangat disayangkan, adalah gk adanya rem cakram belakang. Motor sport tanpa cakram belakang, bagaikan sayur tanpa garam lek.. hehe..
    Desain big bike look nya dicederai oleh rem tromolnya..

    Waktu fz25 keluar spyshootnya, sy sempat berpikir, wah ini nih yang diidam idamkan pengguna byson disini.
    – mesin lebih powerfull..
    – disk brake blkg..
    – lampu rem di body (gk terpisah)
    – design tetap big bike look

    Tapi blm ada kabar apakah yimm berniat masukan di indonesia apa tdk..
    Mas iwb ada info apakah fz25 akan dijual di indonesia kah?
    Ini motor lumayan menarik kalo harganya disetting tepat..

    Dan apakah yimm ada agenda utk minor facelift byson?
    Ditambah rear disk brake?
    Secara byson br ganti stripping kmren..

    • … ‘ mbok, yo ? Ngopi – ngopi diseh … kang bro ? Renungin ucapanmu kuwi, ya ? Sesama manusia sing punya : usus … paru – paru … jantung … darah … nanah … lendir … hati … kulit … aroma bau … dst !

  7. Saya nangkepnya lek iwan sebenernya mau kasih alert ke yimm bahwa desain new vixion akan berbuah kegagalan sebagaimana kegagalan byson fi tapi ga mau langsung nembak vixion jd pake pengalihan isu yg sudah nyata kebukti ya byson fi ini,biar gak dibipang penggiringan opini…cmiiw lek…

  8. Motor2 sport naked desain terbaik indonesia (versi ane):
    1. Old vixion
    2. All new cb150r
    3. Old byson
    4. Nva
    5. Tiger
    Yg lainnya biasa aja…
    Versi anda?

    • Kalo menurut saya yg terbaik itu emang bener old vixion, tapi nva masih enak dipandang dari pada ncb. Ya namanya juga selera orang pasti beda. Malah menurut saya byson fi lebih keren dari yang karbu kalo mau jujur 😂

  9. Filano. R15. Vixion.R25. Xabre. Xeon.. GT.. Mio soul.. Aerox 125… Tricity.. Vega.. Force. JupiterZ… Nasibmu kini???????

    Ada yang mau nambahain?????

  10. Setuju sama lek iwebeh. Dulu sempat bingung mau ngambil byson Fi atau yang karbu.
    Setelah melihat langsung yang FI hati ini langsung luluh sama gen karbu. Wes, bekas hora popo. Karna sudah bertahun tahun kepelet sihir byson karbu. Kala itu sudah ditawari vixion atau malah r15. Hora sreg babar blas. Cebong opo maneh,nglirik ae emoh.
    Dan sekarang tiga tahun berlalu engine yamehek emang juooz. Buat menempuh jarak 350 km (jombang jepara) ngacir tenan tanpa pernah trobel atau brebet sekalipun.
    Justru malah matic (yang dulu) kesayangan (v125) yang notabene lebih canggih secara teknologi harus turun mesin dan ganti part2 yang harganya .. byiuh… sekarang si matic udah hilang ganti sigambot 155 vva… heuheuheu…
    Jujur , dulu kepelet byson yo gara2 artikelmu lek. Aku nyimak artikelmu sejak sampean galau milih byson atau pulsar.
    Terus minang aerox yo goro2 artikele smpean.
    Smpe sesok kok ngiler sepeda gara2 artikel smpean, smpean sing kudu bayari angsurane lek. Tapi ojo merk H yo lek. Kecuali H sing CBU aku jek doyan. Yen H LOKAL hora sudi due.

    • Duluk Lek iwebehh.. Masih kacung Yahanam.. Bro.

      Fix ENTE ITU FBY Beruk.

      Saless Y*MH..

      Nohh sesembahan Ente..

      Miong Geal-geol.. G ad harganya..
      Pajak sama harga jual tinggian pajak.. Makanya pd bodong..

    • Kalo CBR250RR sudi gag Mas-Bero,,???
      Tapi kayaknya gag mungkin kamu tertarik Mas-Bero,, soalnya harga CBR250RR mending buat beli LCGC,,
      Pasti itu yg ada di-benak sampeyan Mas-Bero,,
      iyo pora’__???

      eeeekkkkeeeekkkk

    • Kalo cbr250rr buatan thailand ane sudi broo.. kalo buatan ngoahahahahhaem… tetep hora sudi bro. Mobil LCGC juga hora sudi. Nabrak spons aja bodynya penyok gimana mau disebut safety. Mobil tuh yang berkualitas dikit. Minimal body tebel lah. Tuh didepan rumah ada blazer . Biar tua dikit nyang penting kualitas!!!

    • @sontoloyo.
      Gak perlu menjilat untuk bisa makan
      Gak perlu menggonggong untuk mentertawakan orang
      Gak perlu mengendus juga untuk mencari kebusukan
      Hidup tak se ‘ASU’ itu cung.!!!

  11. … ‘ aku ora ngerti … 9 X ? Harus nulis opo, yo … lek ? Hiks hiks hiks … kepedihanku di hari ikiii … ‘ sungguh berat ‘ ? Jadi terharu jinggaaa … ungu … orange … coklat … biru … dst ? Wwaaa … tolonglaaahhh … si Byson besi … 87 X ! Ng … sedih aku !

  12. sekitar 7 tahun lalu kala mio jaya YAMAHA seperti hearing market…info di buka selebar2nya..namum kini yamaha mencoba memasarkan desain india…dan kali ini gak cuma mio yg ambruk..all produck semakin nyungsep dan Yamaha tetaplah seperti ini…

    • HEE PARA MUNYUKK AKA BERUK ZAMBAN CITY..

      HEEE… Saya tegaskan.. Y*MH monstor BuoSOHC.. Lemot.. Rewel.. Klo masih baru emang Enak..

      1-2 tahun udh ngemposs g ad tenaganya..

      CAT DITEBELIN. MESIN.. SAMPAH..

      JUPE MX135 AJA SUNGKEM SAMA SUPRA125 2007..

      CC Digedein.. Boross ia Kenceng kaga..

      Mesin BuoSOHC..

      motor baru digeber 300-400 km.. Aj bangga.. Jombang Jepara..

      Matik sekelas BeAT.. Vario.. Bisa JAKARTA-JOMBANG.

    • YAMAHA Payahh… MESIN&SASIS itu-itu aja.. G ADA INOVASI..
      Mentok Naikin CC udah.

      Beda Klo HONDA.. All New yaa smw BARU.
      mesin dari DOHC..OverBore.
      Ganti DOHC Squre.

      Casis biar masih tralis Modelnya Diganti…

      YAMAHA mahh KOSTUMNYA AJ YG DIGANTI.

      naikin CC DIKIT BUAT PEMANIS BUATAN.. TETAP ZAAAJA..

      buoSOOOHHCC ANJIRR..

    • @sontoloyo. Daripada sesembahan elu. Digeber ke komplek sebelah aja pada protol semua tuh mesin

  13. Seperti vega dan jupiter z bang iwan..padahal dulu desain sangat bagus..sy sampai tidak mau berpaling.sy beli vega r..sampai sekarang masih.enggan buat jual.kemudian harapan beli motor baru..ada revisi pada vega dan jupiter.sy kira desain bakalan bagus..ternyata desain diluar harapan..akhirnya sy urungkan beli dan beralih ke matic..blunder ke sxan kalinya

    • Fix ENTE FBY MENTOK VEGA.. Or MATIK Terlemot ter BUSUK.. Merek Y.

      RAJANYA MATIK.. HONDA GAN.
      RAJANYA BEBEK HONDA.. JUGA.

      RAJANYA SPORT150CC MASIH HONDA

      APA YG MW DIBANGGAI FBY.

      Nyemplak aja msih VEGA… PANTES G TW MESIN..

      FIX MOTOR GP ITU.. DOHC.
      FIX G ADA DOHC ABAL2.. Karna DOHC itu mekanikal.. Sistem buka tutup katup.. Bukan MEREK..

      FIX..

      YG BILANG DOHC ABAL2 ITU CUMA ORANG PEKOK.. G TAU MESIN.

  14. Habis ini vixion kyag nya lek ,headlamp nya jelek bnget ,di tmbah casing yg sbenar nya ngk perlu ,apa yamaha ingin mengulang tragedi mio part 2 ya lek ??
    Ingat listening sangat penting bner ora lek ?

  15. Ditengah2 motor2 naked yg lebih barupun byson karbu masih slh satu yg terbaik secara desain, semua garis & kurva serba pas, pantes & proporsional, sangat enak dilihat.

    Blm lagi semua fungsi & kenyamanan masih tersedia utuh, jok tandem yg keren, behel belakang yg unik itu juga pas bgt sama tampangnya.

    Klo saja ga usah usil ngerombak apa yg udh bener, ckup sentuh mesinnya aja, mngkin nasibnya ga bgini.

    Masih berharap bentuk byson karbu bakal dkluarin lagi + mesin 250 cc

  16. gw beli kebo juga gara-gara warung IWB wkwkwk… sekarang udah pasang macem macem..dari box, projie, cakram, ganti karbu..

  17. Kyknya kejadian yg sama akan menimpa vixion fi 2017, designnya sungguh mengecewakan. Model hmpir sama kyk vixion 2016, selebor belakang itu jg amit2 kok jelek ya. Skr masalah design yamaha kalah sama honda, meskipun g semua model honda bagus. Tapi ini kan menyangkut BRAND IMAGE. Kl dulu pernah berjaya seharusnya yamaha hrs sangat2 berhati2 dalam memperbarui produknya. Kesannya asal2an saat facelift vixion, padahal penggemar vixion sdh mengidam2kan bakalan sangar jg kyk cb150. Kl design kyk gtu mana org tau kl sdh facelift, dari selebor belakang mkn org taunya itu aja mengecewakan.Trs terang designnya mengecewakan, bkn jelek hmpir g ada yg beda sm vixion fi lama jd kesannya kurang WAOOOWW….. Beda dgn R15 disini yamaha msh bs berbangga hati, itu sl design lohh ya tdk sl mesin YG TTP SETIAP SM SOHC, kl mesin saya pilih suzuki gsx 150. Kl vixion 2017 mau ngalahin cb150 saya pribadi ttp cb150 susah untuk dijatuhkan. Kejadian antara matik beat dan mio jg blm jd pelajaran buat yamaha.

  18. Ga cuma byson lek, ingat new jupie z (bukan z1), vega zr, vega force, scorpio z, aerox125, hingga mio j
    Blunder desainer yimm

    • Setuju
      Padahal waktu itu
      Jupiter burung hantu masih terlalu keren dengan striping barungnya.
      Di samping itu downgrade habis2san pada new jupiter z hingga ke kampas koplingnya tinggal 3biji

  19. ” Tanki kondom tidak masalah bagi IWB ” (Faktanya “tersirat” sejatinya cuma menghibur diri kang?”) dari kalimat ini saya kog menangkap kegalauan dan firasat kang Iwan jangan – jangan nanti R15 V3 akan bernasib sama seperti sang legend Byson? 😛

  20. kenapa yamaha kebanyakan seperti ini ya? tiap pertama x produk baru pasti laris, klo udah revisi-revisi jadi model baru malah nyungsep …
    aneh …

  21. Di samping itu lampu sein depan new byson terlalu kebawah lek,india style banget.
    Naahh itulahh KEBODOHAN YAMAHA
    Minta RDB aja gk di kasih,padahal harga byson tergolong mahal untul ukuran rem tromol.
    .Boleh saja membawa produk import ke tanah air TAPI bok ya di sesuaikan selera di sini.
    Bentar lagi VIXION MENYUSUL
    VIXION MASA DEPANMU SURAM,akan jadi legenda tk tergantikan

  22. Aku prtama ngerti warung IWB iki dari Byson birumu om iwan hehehe thn 2010, podo byson birune soal e, saiki wes payu… 😆😆😆

  23. Byson .. Body badak dewasa.
    Tenaga anakan burung gereja.
    Apa daya ,,, Sohc nya masih d pertahankan.

    Upping pricenya aja yg dahsyat.

    • Lah emang nama burung nya “burung gereja” kan?? Itu yg familiar di masyarakat.
      Nyuruh orang dewasa tp situ sendiri yg jelas baperan.
      Itu cuma perumpamaan bung. Justru kalimat situ yg sengaja menimbulkan perpecahan.
      Disini bahas motor bukan agama. Situ yg sengaja melintir untuk beralih debat agama.

  24. Sebenere cak, body Byson fi itu lumayan lho, coba swap engine dengan scorpio, rangka dibuat frame kaya scorpio, mantep cak. Tp entah kenapa kok yamaha kaya hobby banget matiin brand imagenya sendiri untuk yg kelas cc dibawah 250cc. Seperti belum ada brand image yg everlasting.

  25. Ane juga Demikian om rela ga jadi Ngambil ninin 150rr, karna kepincut si Kebo,, usianya kini udah 6thn,, gatau udah dmna dia skrang.. kkkk

  26. “Betul, harusnya cukup Byson karbu rubah ke FI dan tambahkan disc brake belakang. Dijamin masih laku. Kalo desain sekarang paling gagal adalah diburitan, dan terlalu banyak pernik2 aneh yang menjadi murahan seperti mainan. Dan kesalahan ini diulang ke new Vixion!Buat petinggi Yamaha yang baca, catat omongan saya ini.” NEW VIXION BAKALAN GAGAL KARENA DESAIN BURITAN YANG MAKSA” kalo saja buritan seperti MX King ato R25 mungkin akan lain. Selamat meninggalkan tahta sport dan jagalah maxi skutik, belajarlah dari AHM yang mendengarkan kritik dari Mbah Darmo. Janganlah jadi pabrikan yang BUDeg, benahilah salesyang maksa kredit, saya sarankan buatlah pembelian online ditoko2 online itu bisa untuk seluruh Indonesia. Jangan Jabodetabek serta aja.”

    Tambahan :
    1). Desain Lampu depan kalo dari Samping jelek mirip Verza (motor yg jadi rujukan bullyan kaum FB)
    2). Desain Shroud yg memanjang kebelakang (jadi kayak cewek yang kembenan selendang)
    3). Kalau masih 5 Speed bersiap2lah makin terbelakang vixion.

    (TOLONG DIPERHATIKAN PAK ABIDIN ATAU PRESIDEN YAMAHA MOTOR CORP. HIROYUKI YANAGI SEKALIAN)

    • Kritik juga harus berdasar terutama faham maksud dan tujuan dari sebuah disainnya Pengetahuan kalian yg suka jelek jelekin produk orang tuh payah sangat payah.. Masalah model selera ga musti seragam dgn yg kalian suka, suka model aham silahkan beli yang suka model Yamaha juga silakan beli ga perlu menjelek2an. Sederhana sajah utk test kemampuan kalian coba bikin oret2an sketsa motor dan utk harga mau di hargai brapa… Jujur lah pd hati kecil nilai sendiri hasilnya baru kalian bkl tau kerja keras insinyur pabrikan dalam mendisain sebuah motor

    • Waduh bro Roarr . Situ knp yg sensi ada yg kritik disain new Vixion .. kritik itu bukan haram asal tujuan nya baik dan penyampain nya baik .. jadi Sah sah aja konsumen kritik .. jadi u jgn sensi gt sama kritikan , kan kritikan nya masik wajar n sopan ., gak maki2 pakai bahasa kotor .

      Pahammmmm anda !!

  27. Kayaknya petinggi yamaha udah jarang baca keluhan konsumen di blog iWB
    Krna MS terus anjlok… jd kagak mampu beli kuota…
    Daannn…. spertinya Desainer honda ama yamaha pada ketuker….
    Honda mkin lama desain semakin oke… yamaha malah kebalikannnya…

    Pdhal buat rider sejati, pasti tahu kalo yamaha itu pabrikan yg paling manjain konsumen…
    Yamaha pabrrikan yg selalu membuat segmen baru speda motor…
    Jgn harap ad cb150,cbr150,cbr250 pcx lokal
    Kalo bukan dr yamaha yg dluan buka pasar…
    Secara teknologi yamaha berimbang dgn honda… kualitas yamaha lebih dr honda…
    Hanya kalah marketing sj…

    • Ga usah dibaca buat apa??? Pengetahuan kalian yg suka jelek jelekin produk orang tuh payah sangat payah.. Masalah model selera ga musti seragam dgn yg kalian suka, suka model aham silahkan beli yang suka model Yamaha juga silakan beli ga perlu menjelek2an. Sederhana sajah utk test selera kalian coba bikin oret2an sketsa motor yg kalian suka dan utk harga mau di hargai brapa… Jujur lah pd ht kecil nilai sendiri hasilnya baru kalian bkl tau kerja keras insinyur pabrikan dalam mendisain sebuah motor

  28. Dari SMA sampe kebawa mimpi lek punya byson karbu.. sampe kuliah alhamdulillah masih bisa bawa motor walaupun bukan byson karbu.. barang akhir kuliah 2015 mau beli byson karbu malah udah ga produksi lek.
    Sedih bukan main.. dilema pilih byson fi atau merk sebelah.. yaudah byson fi aja.. alhamdulillah sampe skrg masih nyaman dan mantap ditambah cakram belakang

  29. Nah itu yang aku maksud..
    Design dari Negara India dan China beda dengan Design dari Thailand dan Jepang..!!

    Pasrahkan design kembali ke Jepang.. 1000% pasti keren..!!

  30. Ganti jajaran personil manajemen, ya pasti beda hasil. Puncak kejayaan Yamaha Indonesia itu di tahun 2014/2015. Dulu ada GM yg namanya Eko Prabowo, sekarang di mana dia?

  31. betul mas iwan… waktu Byson FI launching, liat modelnya dah ga banget, jauuuuhhhh banged sama yang karbu… Nah new scorpio juga, pas liat launchingnya, waaahhh bakalan kalah sama byson karbu, dan ternyata yaaaaa bisa kita liat sekarang gimana nasib new scorpion sama byson FI..

  32. “Saya nangkepnya lek iwan sebenernya mau kasih alert ke yimm bahwa desain new vixion akan berbuah kegagalan sebagaimana kegagalan byson fi tapi ga mau langsung nembak vixion jd pake pengalihan isu yg sudah nyata kebukti ya byson fi ini,biar gak dibipang penggiringan opini…cmiiw lek…”

    Udah ngga perkiraan lagi bro, ini emang betul suatu warning!

    PAK ABIDIN, TOLONG BACA INI!

  33. kalau nanti new vixion gagal, sepertinya bukan masalah karena yamaha punya makrket baru di big skutik, kalau nanti yamaha punya bibit market baru,, big skutik baru di ambil alih oleh *h*.biar bagaimanapun keduanya basic dan acc nya kan dari sono.market akan terus di explor ga mungkin gontok gontokan mentok untuk satu market.

  34. Byson FI bagus lek menurut saya, cuma ya itu emang kebanyakan tempelan dan striping yg menurut saya bikin kesan alay..
    Namanya motor naked desain moge look kayak byson gak seharusnya dikasih tambahan yg aneh”..
    Byson cocoknya harus kekar, elegan, riding position nyaman, itu kuncinya. Syukur” kalo malah dikasih mesin DOHC Overstroke yg lemot biar area mesin agak keliatan besar kayak GSX-S150..
    Kalo Vixion desain harusnya serba runcing, gak elegan gak apa” tapi desain harus se modern/ futuristik mungkin, terutama headlamp harus bener” bentuk baru/ gak boleh sekedar mirip headlamp Verza versi LED kayak yg sekarang..

    • Klu saya kasi nilai new byson dpt nilai 75 . Kesalah di new byson ini , 1 bentuk jok blakang yg ketinggian , 2 rem blakang masik tromol , 3 bentuk tangki kurang gagah seperti old byson , 4 terakhir lampu depan new byson terlalu tajam ,, jadi kelihatan recing gt . Padalan konsep byson gagah n kekar .

  35. Masih Naik motor kah lek iwan?
    Sayang Mitsubishi Pajero nya gak dipakai.
    Pinjami saya Mitsubishi Pajero nya deh kalo gitu
    😀

  36. Saya baca artikel ini kayak puisi lek iwan..
    Gimana pertama byson keluar banyak sodara yg kojel kojel pengen beli
    Walao tenaga gak seganteng desain….
    Tp peran desain 1000% sangat mempengaruhi
    Dan mungkin, kalo uda netes new vixiun 2017 dg desain yg seperti spyshot,
    Mungkin nasibnya akan sama seperti byson karbu

  37. Mending Ganti baju aja, di indonesia gak ada model retro. caferacer, scrambler,tracker, pake mesin byson gak papa kok. biar yamaha yg paling depan ngeluarin mtor retro di indonesia,. penggemar type retro di indonesia banyak lho.
    kenapa pabrikan pura-pura gak tau ya?

  38. Sebenar model scorpio z thn 2009 keren. Body kecil tenaga besar .. eehh malah yamaha rubah total body scorpio z jadi hancur .. body nya kegedean !!
    Klu di Byson old & new Byson . Kesalahan di new Byson , 1 di jok blakang teralalu tinggi , 2 rem blakang masik tromol , 3 bentuk tangki tidak segagah Old byson , 4 lampu depan Byson tdk mencerminkan gagah malah kelihatan tejam !!

    Sekian pendapat saya mas iwb .

  39. Jadi kangen sama old byson ku si “Red Devil”, moge look dan nyaman di kendarai..untuk VIXION RIWAYAT MU KINI –>> Mbledosss kang

  40. intinya beli yg menurut anda bagus, baik, juara,.. saya sih tetap byson FI….ekkekekekekekekekekekkkkk

  41. Yamaha bosan
    Mungkin katakata yang sangat cocok untuk menggambarkan pembaruan produk utowo facelift beberpa produk yamaha yang menurut pribadi lebih bagus dari generasi sebelumnya..contohnyaa??banyak
    Beda dengan pabrik sebelah (insial HONDA) yang mau mendengarkan dan tau selera biker..contohnya?banyak.
    Sengaja pake inisial agar tidak dikira fb atotpun sales bhahakakakakakkak……

    • Maaf ralat
      Yamaha bosan
      Mungkin katakata yang sangat cocok untuk menggambarkan pembaruan produk utowo facelift beberpa produk yamaha yang menurut pribadi lebih jelek dari generasi sebelumnya..contohnyaa??banyak

  42. Iki motor impian pas jaman kuliah tahun 2010. Desain mirip FZ1 emg bikin saya yg tadinya lebih condong ke roda 4 pun jadi keranjingan dg roda 2. Lulus kuliah dapet kabar kalo Byson mau di update. Waktu itu harapannya cuma perbaikan lampu belakang, injeksi sm spidometer. Ndilalah kok malih kabeh. Luwih ganteng NVA malah. Sampe akhirnya kerja pun ora kepincut blas karo Byson FI. Ndilalahe meneh, Yamaha gawe Xabre. Saya pikir, ini lho R15 streetfighter. Yamaha seolah balik lagi jalan yg benar. Singkat cerita akhirnya kepelet karo Xabre, lsg sikat sebelum desaine malih ora karuan meneh. Semoga Yamaha belajar dr pengalaman. Semoga, kalopun desain Vixion baru ora apik, New Vixion jadi motor terakhir Yamaha sing desaine aneh. 🙂

  43. Yamaha…. you are going down….. mati ente…. jangan SOK…. kalo ditegur SONGONG…..HARUS DENGERIN KONSUMEN, liat tuh honda yg awal desain bapak2, akhirnya berganti ke desain anak muda dan akhirnya laku, NYADAR WOI…. yang beli dan pakai itu konsumen, BUKAN MBAHMU…..kalo dibilang jelek ya jelek…. jangan menghibur diri.. jangan congkak…

  44. sett dah.. cuman sebulan laku 57 unit.. bagi pabrik sebesar yamaha inilah adalah AIBB..!!! Memalukan..!!!

    saya berharap… pak Bambang tidak meng-upgrade byson lawasnya ke byson fi… sumpah beneran pak… lebih baik pak Bambang kembali “numpak jaran” daripada naek byson fi ini pakk…!!!

    #Edisi Pak Bambang Numpak Jaran..dalam kenangan… 😀 😀 😀

  45. Bysonku dimaling neng semarang lek. Wis cash ga entuk kudu kredit inden 6sasi bar entuk nganggo pirang sasi malah dimaling wasssssalam

  46. Ya paling ngga..ada pabrikan anti budeg disini..yg ngga maksa masukin 250 sohc dan 150 sohc dr indihe..dan sekarang lagi menikmati larisnya penjualan

  47. Ehm. Wasalamualaikum bro. Saya kombalikan ya desain acha acha indihe ya.. Bakal terulang ya.. Di pigson berikutnya.. Tragedi meong nada

  48. Surah bagus Bryson karbu, eeeh malah yg FI berantakan abis,Mana power di bawah karbu, padahal karbu tinggal dipermanis tankinya, Belakang kasih cakram, sudah cukup lah, secara soknya juga ok,sayang Kalo disuntik mati, mending permak habis dengan desain Indonesia

  49. Design yang Modern justru di buat oleh SUZUKI
    Suzuki buat mesin Top dan design modern
    Coba kita tengok GSX-R150 itu tampak sederhana namun secara terus menerus memikat, Elegan minim pernak pernik, CBR150 yg banyak pernak pernik siap siap…
    GSX-S150 juga design elegan ga bosenin, walau sepintas sederhana tapi lama kelamaan enak dan keren karena minim pernak pernik.

    Nah gagalnya Suzuki justru di Design Satria, dimana Satria Karbu itu minim pernak pernik jadi ELEGAN, begitu yang Satria Fi aduh ga banget, lampu belakangnya waduh bingungin….

  50. Awal bulan iki tas tuku byson FI warna abang cak, menurutku apik desain e, wes kepelet kat jaman SMA pertama keluar byson karbu, baru so tuku saiki😂

  51. Kualitas suzuki yamaha honda ane suka yamaha ane pernah punya motor megapro grand shogun dan yang terakhir vixion ane lebih puas pake yamaha tapi yamaha terlalu naif dalam penjualan tak perhatikan pada konsumennya kalah sama honda
    honda lebih perhatian pada konsumennya itu knpa yamaha gak laku
    Ada gadis cantik lewat tapi sayang sombongnya minta ampun
    Ada gadis jelek lewat tapi dia sopan murah senyum perhatian
    Pasti orang lebih pilih jelek sopan murah senyum perhatian pake logika aja jgn pake kualitas
    Masih perlu banyak belajar dalam penjualan soal kualitas yamaha jos

  52. Klo mau lihat kualitas lihat sejarah motor 2 tak aja
    Honda nsr
    Suzuki RGR
    yamaha rx king
    Honda Nsr hilang di telan bumi RGR juga hilang di jalan raya
    RX KING dan NINJA 2 tak yg masih banyak pemakainya
    Klo ninja mahal harganya
    Приветик \……(^_^)……/

Leave a Reply