iklan iwb

Iwanbanaran.com – Winglet ko opoooo?. Nah….kalau sampeyan termasuk salah satu reader yang baru bergabung dan kurang ngeh dengan winglet, winglet ki sayap tambahan pada fairing Motogp. Kuwi lho cak….katanya sih mirip dengan sayap ikan lele. Tapi tahun depan karena alasan safety, FIM melarang dengan regulasi baru. Mumet jelas kangbro dan yang paling santer Ducati. Tapi bukannya tidak kena efek. Yamaha pun saat ini berpikir keras dengan meracik sebuah fairing anyar atas hilangnya komponen penambah down force. Emang seperti apa sih??….

Ducati mencak-mencak karena pelarangan Winglet tahun depan. Namun karena klausal yang digunakan adalah bodywork yang tidak terintegrasi dengan dengan body streamlining. Detilnya sebagai berikut…

iklan iwb

“It is not permitted to add any device or shape to the fairing or bodywork that is not integrated in the body streamlining (eg. wings, fins, bulges, etc.), that may provide an aerodynamic effect (eg. providing downforce, disrupting aerodynamic wake, etc.). The Technical Director will be the sole judge of whether a device or fairing design falls into the above definition.”

Nah…..dari sana, sepertinya beberapa pabrikan sedang cari solusi. Salah satunya adalah Yamaha yang ternyata sedang mencari beberapa opsi fairing ditahun depan. Fairing tersebut diajukan?ke MotoGP Technical Director Danny Aldridge untuk mendapatkan review legalitasnya….

Aku pastikan Yamaha sudah menunjukkan beberapa macam desain fairing untuk mengetahui legalitasnya berkompetisi ditahun 2017. Aku tidak bisa katakan seperti apa desainnya. Namun pada dasarnya kami informasikan model seperti apa yang kami setujui dan tidak. Sebenarnya tidak hanya Yamaha yang menyerahkan alternatif desain karena hampir semua pabrikan melakukannya...”seru?Aldridge tanpa merinci pabrikan?yang mana…

Last…Ducati sendiri saat testing juga masih menggunakan winglet sehingga beredar rumor bahwa mereka kemungkinan akan meracik fairing setidaknya menyerupai bentuk winglet sekarang namun dengan modifikasi. Bisa lebih kecil atau kompak. Isunya sih akan dibuat menyatu dengan desain fairing alias tidak knock down seperti sekarang. Tapi hingga detik ini Ducati membantah dan mengaku hanya sebagai komparasi. Kita tunggu saja sepang terjang masing-masing tim. Menarik ki……(iwb)

 

 

119 COMMENTS

      • Kasihan rossi,dulu dihonda gampang bgt jurdun,4 tahun dihonda 3x jurdun.Di yamaha 10 tahun jurdun 4x???efek mesin inline mirip angkot carry 1000 kah??

      • untuk nglawan mesin v honda cukup mesin inline 4???.itupun honda tak selalu menang padahal mesin sudah v ?????

      • pengetik nick matteo org terbego, mesin motogp disamain mobil angkutan umum, aduh ini orang mungkin hidup dari jaman batu langsung ke era modern, liat mobil carry bagi dia udah “wah” bgt mungkin, aduh2 malunya kalo punya teman atau sanak sodara kyk lu

  1. WINGLET DILARANG yahama disinyalir pasang Wingko babat
    buat ditempel dijidat rosikin

    ekekkekekekekekekekekkkk

Comments are closed.