iklan iwb

111816-2018-suzuki-gsx250ral8_action_3

Iwanbanaran.com – Kangbro…..setelah IWB ketemu dengan petinggi Suzuki, materi tentang pabrikan ini banyak banget. Mulai dari diskusi serius hingga guyonan membahas tentang motor secara umum. Keberhasilan Honda, kondisi Yamaha, kuatnya image Kawasaki Ninja 250 hingga isu tentang ekpestasi biker tanah air terhadap Suzuki. Satu hal yang cukup menarik saat ngobrol ringan tersebut adalah informasi bahwah Suzuki Indonesia akan banyak libatkan R & D Indonesia. Yang menggembirakan….pihak prinsipel Suzuki Jepang sudah setuju tentang ini. Wah….ini baru kabar menarik….

Pernyataan tersebut dilontarkan bos besar PT SIS yakni Seiji Itayama saat diskusi dengan IWB. Sebagai orang nomer dua Jepang di Suzuki Indonesia….Itayama san begitu semangat. Kuatnya keinginan untuk bangkit terlihat dari cara bicara, tatapan mata serta nada bicaranya. Seringkali doi manggut-manggut dan mengatakan..”saya setuju itu…”. Lalu tanpa sungkan doipun meminta pendapat IWB dan teman-teman Blogger lain yang banyak berinteraksi dengan berbagai brand motor tanpa terkotak-kotak oleh merk…..

iklan iwb

IWB : Sebenarnya gampang koq Itayama san supaya brand Suzuki dilirik kembali.?Berikan sebuah produk yang membuat biker berkata “Wooowwww…”. Jangan nanggung dan racik produk yang selangkah lebih maju dari lainnya. Dan untuk melakukan itu Suzuki harus fokus menggedor disegmen sport dahulu. Karena kalau matic akan sulit menarik perhatian. Contoh simpelnya….FXR150. Di eranya…motor Suzuki tersebut membuat semua berdecak kagum….

Speedo full digital, swing arm banana…power besar, desain keren. Nah…sekarang Suzuki menurut saya malah cenderung agak telat. Contoh GSX-250R. Swing arm masih kotak disaat brand lain model banana, mesin SOHC disaat brand lain sudah DOHC, lampu bohlam biasa bukan LED. Suspensi teleskopik padahal kedepan tren model up side down (inverted teleskopik). Hal-hal tersebut mungkin simpel tapi untuk segmen ini sangat mempengaruhi orang untuk beli (doi mendengarkan dengan seksama). Rasanya berat bersaing dengan mereka jika dibawa ketanah air. Kecuali pricing (GSX-250R) dibuat jauh dari kompetitor….

Itayama san : Hhhmm…begitu ya. Tapi matic kita akan tetap harus fokus pak Iwan. Sebab bagaimanapun volume penting. Tentang desain dan produk sebenarnya saya sudah dipercaya penuh dapat mandat untuk mengalihkan perhatian dan fokus diroda dua. Kita ingin bangkit. Suzuki roda dua ingin bangkit dan kita serius. GSX 150 ini baru awal sebab proyeksi kita akan memberikan banyak line up diIndonesia kedepan. Apalagi GSX ini sangat bagus…produknya bagus. R & D memang harus banyak melibatkan orang Indonesia karena mereka lebih tahu taste biker Indonesia. Dan menurut saya memang harus begitu. Pusat sudah setuju?soal ini….

iwb-suzuki

Wahhhh….bungah cak, IWB ikut gembira mendengarkan penuturan Itayama san. Walau desain akhir harus masuk ke Jepang, namun jika R & D akan banyak melibatkan orang Indonesia IWB yakin rasanya juga berbeda. Seperti yang kita tahu, Honda dan Yamaha saat ini sudah banyak menjadikan Indonesia sebagai benchmark untuk urusan desain. Dan yang menarik IWB pernah ngobrol dengan salah satu R & D salah satu pabrikan bahwa selera orang Indonesia lebih maju dibandingkan dengan negara lain di Asia. Maksude??….

Jadi gini cak….taste biker Indonesia mampu mewakili selera pasar dibelahan negara lain. Jadi menurut mereka, ketika produk diracik menggunakan sample survei Indonesia dan dijadikan produk sukses dipasar lokal…biasanya produk tersebut juga direspon positif oleh negara lain. Tidak heran Indonesia sudah menjadi patokan soal desain. Selera yang dianggap mampu mewakili overseas taste. So…kita gembira ditangan Itayama san, Suzuki sudah memiliki mindset tersebut. Tidak instan memang alias butuh waktu. Namun ketika petinggi Jepang sudah aware soal ini…lambat atau cepat seharusnya perubahan akan terasa. Semoga saja…...(iwb)

spatbor-belakang-suzuki-gsx150-8

97 COMMENTS

    • Akhirnya petinggi suzuki sadar kalo bisnisnya makin tergerus dan terjepit .di R4 terhimpit duo toyota – daihatsu + honda.. di R 2 juga hampir habis. semoga kepercayaan konsumen masih bisa didapatkan . sayangkan susah susah bangun perusahaan diurusin setengah hati sekian lama.. biar gak tutup kaya dimalay. pasar r2 diindonesia itu sangat besar..kalo serius mau berbenah & mendengar masukan dr konsumen bisa lah dr sekian juta orang yg membeli . good luck

    • walaupun rada telat, ane salut dah sama petinggi suzuki japan ?, moga suzuki indo bisa menggeliat dan menjadi rival duo japan saat ini ekekeke

    • Itu blogger oncom KOBAYOGAS si blogger kaum dhuafa ngapain sih ada di situ juga,ngrusak suasana ajh,,, harusnya sijuki memilah lagi buat mngundang blogger,mana yg blogger papan atas(yg punya warung ini) n mana yg blogger papan triplek(kobayogas oncom).

    • Nunggu facelift gsx150r sm gsx150s ajalah..desain skrg klh keren dari yg lainya..desain yg gsx250r klh saing untuk klas 250cc klo dpkai untuk 150cc mngkin ada harapn..suzuki suzuki

    • Konsumen pada pinter,bisa membedakan desain dan mesin terbaik(dohc).lain sama fby dikasih sport mesin sohc 5 speed dah girang???setara thunder 125 dan verza dong???

    • Mungkin suzuki harus kasih model yg bisa diterima konsumen dulu,itu poin utama.mesin suzuki dah bagus,lihat yamaha dulu,walau mesin pas pasan sohc 5 speed dg model yg lebih diterima konsumen vixion bisa sukses,walau harus tergusur dg cb150r yg punya desain yg bagus dg mesin superior dohc 6 speed yg power dan top speed lebih unggul dg bbm yg lebih irit??????

        • Oh ngga, kalo urusan mesin dari jaman generasi dohc cbr old sampe generasi dohc sekarang, masih tetep di atas sohc yamaha, tes speed aja coba(mesin standar). Cuma sempet kurang laku karna masalah design aja, jadi fby masih anggep sohc masih unggul dari dohc.

      • Kalo keluar belakangan tpi lebih lemot, itu baru aneh….. vixion selama bertahun2 vroh babat abis sport honda,ni cb baru mampu gak menang terus dari lawan2nya.. boro2 lah,pling d kasi 1 tahun doank,coz tahun depan vixion juga mau rubah total d semua sektor,trus.. apa nnti cb msih bisa menang lawan vixi… ngimpiii…. paling nnti klo cb facelift lgi,,n ujung2nya pngguna cb yg sekarang kuciwa krna cb150 baru setaun udh keliatan jadul krna honda kluarin cb baru…

        Wkwkwk… cRooottt

    • Heran kenapa suzuki desainya gitu amat yaa kyk nggk minat jualan..jauh dri keren klo mesin sih oke. desain Gsx250r itu bagusnya buat desain mtr 150cc baru wahh bkn 250cc..orng sini kn klo dh ngluarin duit myn gede pgnnya dpt yg nggak tanggung.

  1. ekekek ..

    ati2 karo oonda ..
    senenge njiplak ..
    tapi oraa gelem ngaku
    kek kambing2 disini

    opo maneh ngasih royalti …

    ????

  2. ekekek ..

    ojo sungkan2 bergurulah dgn yamaha ..
    onnda jepang ae pabrike nggabung karo yamaha..
    walau kambing2 disini pd gengsi oraa gelem ngaku …

    ????

  3. ekekek ..

    yimmii nglibatke R & D Indonesia ..
    sijuki nglibatke R & D Indonesia ..
    lha oonda kok malah nglibatke R & D dari timor esteh ..

    nah piye kuwi ..

    ????

  4. apakah kata kata diatas emang bener atau cuman basa basi biar orang indonesia besar kepala.
    cz orang kita kan gampang puas. dipuji orang luar dikit langsung besar kepala

  5. Bener..sijuki harus belajar dr yamahmud..kasus r25 jgn sampe terulang lg, brojol terakhir nyungsep duluan

  6. aku koq gk demen dkit-dkit dari thailand….ayo suzuki kyk yamaha,honda dh mulai wlw masih agak thailand….

  7. ekekek ..

    kambing2 pada bangga dgn dohc bengek ..
    dohc kok dikamplengi sohc 7 turunan ..

    dohc ne yg inferior atau sohc ne yg superior ..

    ????

  8. Gimana nasibnya mantan rajja sport vixion sohc 5 speed kini ya..bisakah bangkit ngalahin raja sport cb150r dohc 6 speed???

  9. ekekek ..

    disuguhi dohc hello kucing kok bangga ..
    kambing2 disini memang kaum marjinal ..

    ????

  10. ekekek ..

    yimmii sengaja ngalah utk oonda ..
    karna udah kenyang dikasih dollar amrik ..
    jadi rupiah di hibahkan utk oonda ..

    kalo semua dikuasai yimmi,,, oonda mau makan apa ..
    mosok makan duit monopoli ..

    HAHAHA
    ????

  11. ekekek ..

    motogp juara hibah ..
    marketshare hibah ..

    fix… kutangers lebih suka tangan di bawah ..

    ????

  12. Semoga kolom komentar di baca pihak suzuki

    Berharap suzuki
    Ngeluarin matic bongsor 150cc seukuran NMax dengan dek rata..
    Model nya gak kaku kaya buritan NMax
    Shockbreaker 2
    Lampu led
    Ban gambot
    Harga 20jt jgn lewat dr 21jt
    Mesin 4 klep
    Jok jgn tipis
    Klo bisa jgn ada kesalahan kaya vario125 pertama kali keluar.. Tenaganya ngeden di 60kpj ke 80kpj

  13. ekekek ..

    oonda yo ktinggalan jaman lho lek ..
    arm masih kotak tahu petis ..
    mesin masih dohc nearly wadon ..
    knalpot tumpuk kek hotel melati ..
    tes komparasi oraa fair ngasih amvlup ..
    klaim pabrikan 40dk,,, realnya 30dk

    nah piye kuwi

    ????

  14. Sekedar saran juga kang,
    Bukan cuma masalah desain yang perlu tapi tentang 3S nya juga dan terutama masalah Service nya itu yang masih banyak kekurangan bahkan untuk pabrikan Yamaha dan Honda
    Kemudahan mendapatkan part dan kemampuan sumberdaya manusia dalam hal ini mekanik, masih sangat perlu ditingkatkan
    Terobosan mungkin untuk part bisa mengandalkan online shoping dengan pembayaran dipermudah lewat kerjasama dengan pihak-pihak terkait
    Dan untuk sumberdaya mungkin diperhatikan segi pelatihan dan pengenalan produk yg lebik baik serta menjaga kejujuran dalam bekerja
    Saat desain dan pelayanan terjaga, otomatis konsumen akan loyal

    • Kalau untuk 3s, yg ane heran itu vespa, dilernya lebih sedikit dari suzuki, apalagi partnya yg hrs inden lama, tetapi populasinya tambah banyak, yg pakai pun sekarang ibu2 (yg notabene awam motor), nah itu gimana?..

  15. ekekek ..

    tak kandani yo mbing ..
    mongtor utk test komparasi ..
    sengaja power diupgrade utk memperkuat doktrin ..
    seolah2 cebokerr paling kencang ..
    padahal itu hanya gimmick semata ?

    ujung2e yg dijual ke konsumen jg power di downgrade lagi ..
    lha wong rider ninja zaza sopan ketemu R25 di jalan ..
    karna R25 real kencang,,, gak jual gimmick kek cebokerr

    ????

    • Ceboker ci buruk i50 rusak (cb150r) atau ci buruk 150 rupa,,,,lampu LED hanya 2,2 watt setara sonice dan variem 110cc, malu sama yamaha soulGT 6,2 watt adem dilihat dan terang lampunya ke aspal gk sprti hontha 2,2 watt silau dan gak terang diaspal

  16. Kok gk dari awal kelahiran gsx to suk suzuk..
    Padahal bisa jadi pertimbangan biker
    Semoga saja new R15 gk bau indi
    Wallaahh kuno tenan Orang sana suka yg jadul2 mobil aja banyak yg jadul
    Ada tu film india klo pingen ada efek asap masih pakai areng bukan pkai uap es ????

  17. Gsx-r150 desainnya aneh kang..coba desain gsx250r dipakein ke adiknya kaya cbr 150-250 cbu..ane jamin bkln bs ganggu penjualan cbr150 dan r15..kalo skrng ngeliatnya sijuki bkln blunder lagi..

  18. Itu dsain GSX-R150 GSX-S150 hasil campur tangan R&D indonesia?
    Kok masih wagu terutama bagian headlamp?
    Ya memang ini produk untuk market global juga.. Tpi klo kata biker Indonesia wagu.. Ya sma saja menurut biker luar negri juga wagu..

    Kenpa gak contoh dari moge nya sekalian GSX-R series?

  19. Untuk urusan selera design, orang Indonesia emang bagus.
    Janganlah dikasih design ala Cina atau India!

  20. GSX R-150 adalah senjata awal bagi kami untuk mencoba bangkit & berbenah.. Dalam waktu dekat kami juga akan melokalkan matic premium burgman 200, serta mengeluarkan matic 150cc.. Kemudian untuk segmen sport, kami juga berencana merancang GSX R-250… harapan kami di 2018 kami bisa menggebrak pasar dengan banyak produk2 baru yang hebat & disukai, ditunggu saja pak iwan!

  21. -desain matik yg bagus buat referensi Suzuki menurut ane cuma: PCX,Forza, Tmax, XMax250, NMAX155, AEROX/NVX 155, Vespa 946, Vespa Sprint, Piagio Beverly 300. selain dari list ini jangan di jadiin referensi.

    -3S nya di bangkitkan kembali.

    -Motor Bebek/Moped SHogun SP150R di reborn. dengan fisik Gambot!, Mesin Satria FuFi, Dual Shock + Bagasi FullFace Helmet-in. Ban Lebar kaya MXking/ Supra GTR.

    • Nah.. Cocok ini.. Shogun 150 Reborn.
      Moped yg buat adventure gitu.. Bapak2 pengen beli motor bebek suzuki pada bingung, klo naik Satria kok jadi saingan sama anaknya laki. Akhirnya milih Supra.. Jupiter Z udah mulai g dilirik

  22. Taste pasar Indo mmg lbh bagus Lek, plg engga dibanding sama India dan China. Terutama soal desain ya

  23. FXR emang juos kang, tapi volume maker nya Suzuki saat itu bkn FXR tapi Thunder. Walau terkenal sebagai motor lemot, tapi saat itu harga Thunder yg paling realistis dibanding harus beli Tiger atau Scorpio buat masyarakat Indonesia. Yang jelas produk Suzuki yg laku banget itu di masa lampau krn bisa masuk segment yg gak dimasukin sama kompetitor.

    Ketika itu Suzuki jualan TS, Satria 2tak, Satria FU, Thunder, semua laku krn gak ada lawan di segment itu disaat itu. Ketika lahir Vixion dan NMP, selesailah Thunder. Ketika lahir Sonic, ketat ketirlah jualan Satria. TS sama Satria 2T malah udh harus finish duluan krn regulasi emisi gas buang.

  24. Yang dibutuhkan sama Suzuki itu produk yg bs masuk ke segment yg baru. Misalnya Burgman 125. Body gambot, mesin dibawah kompetitor tapi harganya bisa diset seharga matic 125 cc juga. Ini strategi kya Thunder dulu. Dan masuk juga ke segment sport/street 200cc. Biar bagaimanapun jg masyarakat akan menuju titik jenuh dgn mesin 150cc, mereka mau naik ke 250 tapi harganya msh kemahalan. Disini segment kosong yg harus dimasukin Suzuki sama kya waktu Suzuki jualan Ayam Jago Satria 150cc disaat brand lain cuma main ayago dan bebek di kelas 125-135cc. Hayo semangat.

    • setuju dengan pendapat mas Komentator Bola.
      saya pernah komen seperti itu di salah satu artikel tentang Honda PCX lokal.
      waktu itu saya tulis AHM harus berani rilis Honda PCX 125 dan 150 sekaligus untuk melawan Yamaha Nmax. tidak perlu khawatir dengan pasar, karena pasti ada (contohnya Honda Vario 125 dan 150 yg bisa jalan beriringan).
      nah, SIS juga harus berani melakukan hal yg sama dengan merilis skuter maxi entry level (misalnya Suzuki Burgman 125) dengan harga yg masuk akal.

  25. Di sini gk ada berita arrc ya
    Padahal merah putih berkibar di sana walaupun omr sih.. ??
    Padahal juga seru ndlosor berjamaah.
    Ninja kenceng lho R25 gk mampu jabanin trek lurus

  26. Heran gue koq kyknya suzuki itu ya kepayahan bener mau buat motor bagus seperti lg stress beratt, ah entahlah.. nah disini gue salut sama yamaha yg menurut gue yamaha itu easygoing lah.. honda dulu sempat setress jg tuh..hahah peace broh
    Ya gue harap suzuki tambah bersinar kedepannya dan roda dua di indonesia jd makin berkelas..gak kyk dulu motor jelek harga selangit dan kita terpaksa beli juga karna ga ada pilihan lg

    • Bukan easygoing ,wong Yamaha di Eropa sm us pasarannya ancur,…jadi all-out untuk di indo secara harapan nya cm di indo doang,…walaupun ekspor naek lagi karna nmax

  27. berita baik u/ konsumen.. kl produsen makin banyak yg bersaing kompetitif makin bagus pula inovasi thdp produknya.. semoga saja suzuki bisa bersaing lg..

  28. klo susi percaya dah bikin motor pasti pke mesin superior, lain ma Y teknologinya jadul/ ketinggalan zammmban

Comments are closed.