Suzuki akui bangun tim R & D baru…..desain jadi fokus utama ??…

96
itayama-suzuki
“Itayama san (tengah) terjun langsung bertemu para blogger”

Iwanbanaran.com – Wisss…pokoke semua uneg-uneg IWB keluarin kangbro terhadap Suzuki. Uneg-uneg titipan dari pembaca serta apa yang ada didalam otak. Termasuk desain Suzuki yang dalam opini pribadi IWB masih sedikit ketinggalan. Dari sinilah Suzuki mengakui bahwa mereka sudah bentuk R & D baru yang akan mantengin tren desain keinginan biker tanah air. Seperti apa percakapan IWB dengan bos besar Jepang dari PT SIS Seiji Itayama?. Berikut detilnya kangbro….

IWB : Itayama san, Suzuki soal mesin tidak diragukan. Saya sendiri adalah fans Suzuki ditahun 1990an dan Suzuki termasuk menjadi produk pilihan di era itu. Gebrakan saat itu juga luar biasa sering menjadi 1st mover. Sebut saja RGR150, Crystal, Tornado, Satria 120 dan terakhir Satria FU generasi pertama. Siapa yang tidak suka. Belum lagi Shogun….bebek yang terkenal kencang dan tangguh…

Tapi setelah itu perputaran produk lambat. Mengeluarkan produk juga masih terasa kurang menggigit khususnya desain. Di Indonesia….selama desain ganteng, pasti laku (Itayama san mendengarkan dengan seksama). Mesin superior tapi desain kurang, biasanya respon juga adem. Desain sekarangpun sudah bergeser. Untuk sport fairing kedepan akan menggunakan USD. Swing arm juga menganut model banana. Lampu sudah LED. Lalu biker disini suka model lancip dan agresif. Jadi menurut saya desain menjadi kunci utama….

Itayama san : (Tersenyum) Kami sudah mengerti dan kami sebenarnya baru aja bangun tim R & D anyar. Kita akan bekerja untuk itu. Saya sendiri mendapatkan mandat dari Suzuki Jepang bahwa kami akan serius bangkit di Indonesia. Memang tidak mudah dan butuh waktu. Tapi produk baru akan banyak kami keluarkan baik dalam waktu dekat atau dimasa depan termasuk maxi skuter yang saat ini sedang kami pikirkan juga…..

IWB : Shogun juga Itayama san. Mungkin bisa dihidupkan lagi karena nama Shogun sudah terbentuk menjadi bebek tangguh Suzuki. Mungkin bebek super 150cc dengan mesin Satria bagus tuh. Segmen masuk dikelas moped 150cc bersama MX King dan Supra GTR…

Itayama : (tertawa) Shogun ya….ya ya. Bebek 150cc DOHC, idenya menarik kayaknya (kembali tertawa). Ya ya ya…(sambil tersenyum manggut-manggut). Segala masukan kami tampung…..

iwb-suzuki-2016
“Mendengarkan penuturan Itayama san (PT SIS)…sampe domblong” (foto yogas)

Itulah sebagian dari percakapan kita dalam gathering dan saling mengenal antara Blogger nasional dengan PT SIS. Proses diskusi tanda tedeng aling-aling yang buanyak banget. IWB sendiri sudah garis bawahi…kritikan mungkin kadang menyakitkan. Namun justru tanpa kita sadari kritikan akan membuat siapapun maju. Hanya saja cilakanya kangbro….

Masukan pedas jika diterima oleh sosok pemimpin yang tidak bijak biasanya berefek sebaliknya. Berang, marah, baper, menggunakan kekuasannya sambit kiri kanan. Padahal tanpa disadari, tindakannya bak racun yang setiap saat malah akan membunuh jaringannya pelan-pelan. Untunglah…..hal itu tidak terlihat pada pejabat tinggi Jepang Suzuki Itayama san yang justru mendengarkan celotehan para Blogger secara seksama. Salut kangbro…

Last…pengalaman masa lalu sebenarnya bisa dijadikan pembelajaran. Kondisi yang juga pernah terjadi pada market leader Honda dibawah tahun 2007. Enggan mendengarkan dan merasa tidak perlu masukan. Namun setelah pasar berubah…mereka hebatnya pulih dengan cepat. Strategipun berubah total. Sering mengajak diskusi para Blogger sebagai pelaku langsung….pecinta motor sejati. Bukan cinta karena tuntutan kerjaan. Yamaha pun dulu juga demikian. Kuncinya cak….adalah “listening” (mendengarkan). Dan ketika proses listening ini diabaikan…siap-siap kehancuran pasti akan datang…lambat atau cepat !. Suzuki??. Sinyal ingin bangkit benar-benar sangat kuat kangbro…..serius tenan lek iki koyone rek!!! (iwb)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
  • udinsastro

    Semoga bangkit lg

    • arvi

      Menjepangkan indonesia

  • Lotnok

    Semangat suzuki!!
    Ayo lawan meng hondakan indonesia

  • rifkiplick

    mantap lik…

  • Prorider

    Mantap ayo keluarin gsxr-250

  • taqie

    Lek gimana mau bangkit, dealer keburu banyak yang tutup.
    Di kota ane cuma tinggal 1 dealer aja yang masih bertahan.
    Jadi bahan pertimbangan juga nih.

    • Eeng

      Brisik patokan lu cuma di dealer dealer mulu! Tuh liat diler kawasaki ada berapa?? Dikit asal pelayanan memuaskan no problem , ahass banyak kaya indomaret aja ga ngejamin

    • cilok

      Biasa bro kaum marginal ,…yg biasa beli motor buat ke pasar atau bawa Aqua galon…. Nnti klo dealer banyak jg ga bakal beli selain yg itu tuh ,karna katanya klo motor ya itu tuh

    • Wong cilik

      Iyo yo….

    • taqie

      Yakin ente ane kaum marginal?

    • H Arap Sabar

      di sini juga dealer suzuki malah jadi Happy motor..memang jumlah dealer gak jd jaminan tp tetep jadi pertimbangan ..kalo mau servis atau cari sparepart saja harus menempuh jarak puluhan kilo ya buat kebanyakan orang pilih opsi yg lebih mudah dgn pilih merk yg lebih banyak dealernya..kecuali buat orang yg fanatik sama suzuki.kalo masih karbu sih mau servis jg bengkel umum bisa.dealer kawasaki memang dikit tp penjualnnya jg gak jauh jauh dr suzuki beberapa tahun lalu..cuma kawasaki jualannya menyasar segmen sport yg barangkali bisa ambil untung lebih gede + konsumennya lebih mapan.

    • mbahmu

      Baru kali ini setuju ama ente. Emang si eeng tuh ngomong gak pake otak. Kaya dia paling benar di sini.

    • taqie

      Bener bro, saya menyampaikan unek2 saya sebagai konsumen, bukan saya mau jelekin brand Suzuki
      Saya gak fansboy brand apa2, saya cuma konsumen

    • cilok

      Sip setuju ,cm perlu diinget part Suzuki terkenal awet itu yg jadi senjata sekaligus kelemahan ,beres banyak part ga rusak2 ya lama2 ya tutup jg,…perlu ada Humas yg urus strategi dan edukasi di sini….Ya tinggal gmn team Suzuki yg ngeramu soal ini mah,….

    • Eeng

      Yeh mbahmu !
      Pertimbangan yg macem apaa?? Nih lu buka tuh web suzuki lu cari alamat beres disitu lengkap berikut bengkel biasa yg nyediain part suzuki , trus disitu juga bisa beli lewat online, masih kurang apa?? Jauh nya sejauh apa dulu, ga mungkin lah dalem satu kota itu ga ada satu pun .

      Kan lagian 2017 suzuki berbenah cuy bakalan buka diler lagi dan yg udh tutup bakal buka lagi , yg udh ganti ke merk lain sih ya biarin toh masih ada yg lainnya kok.

      Ahass banyaknya doang ngejamur kaya indomaret pelayanan prett, tuh liat dipojokan ahass biasanya ada motor yg mangkrak kaga selese selese gegara nunggu partnya inden, why???

    • baru komen

      Wkwk eeng si sales emosi..
      Sabar cung..
      Kalau pengen liat suzuki berubah jadi baik nggak usah jelek”in brand lain..
      Keliatan banget butuh perhatian..wkwk

    • taqie

      Maaf ya saya juga pengguna brand Kawasaki, saya sangat tidak puas pelayanan nya.
      Honda lumayan.
      Yamaha yang saya rasa paling Ok.
      Itu menurut saya

  • aji topik

    Maxi Scooter 180cc dengan garis desain Burgman

    dan.. itu di 2018

    CATAT OMONGAN SAYA MAS IWANBANARAN …!!!

  • arjuna

    lah piye? “serius tenan” kok iseh “koyone” kang
    serius tenan opo ora
    haha

  • hermawan

    Semoga terjadi

  • bescorpio

    sebagai penunggang Shogun FL125 saya terharu baca desakan anda ke petinggi Suzuki hikssss, tapi harus realistis lihat pasar please, seberapa laku bebek super MX King dan Supra GTR?
    BTW itu team RND baru dibangun? jadi selama ini gak ada?

    • Eeng

      Bukan kaga ada tapi ada pembaharuan resufle gitulahh , pinter dikit napa sihh
      Bloon amat tuh yaa

  • Iya dong, buat motor praktis sesuai selera pasar tapi jangan meniru yang lain

  • efbees

    respek suzuki.
    sampe sekarang masih nyemplak shogun sp fd 2006.
    gak rusak-rusak dan tarikan masih mantab.
    semoga beneran bangkit nih suzuki.
    nggak rela kalo sampe merk ini nggak eksis lagi.

    lek iwan, menurut ane suzuki perlu masuk ke pasar beat, vario 125, nmax, mx king-supra gtr.
    tentu dengan desain yang bagus, fitur melimpah, fungsional.
    mesin insyaallah nggak perlu diragukan lagi.

    • Tarmizie

      Makanya gw berharap banget suzuki bikin shogun 150 dohc. Biar gw jual nih jupiter z 2008 (burhan) gw. Kapok bro, banyak banget jajannya. Nyesel gw dulu cm gara2 model, tp ternyata begini lah sekarang. Lain banget sm shogun 110 2004 punya temen, awet banget masih kenceng lagi. Anteng bener di rpm atas

  • ghostrider

    Gak usah pake nama shogun lg dong udah kuno tuh..yg baru dong biar segar gitu jadi jgn nanggung” lagi ah.. hahahha peace bro

    Ingat Tiga Pilar :
    -Design, mempesona
    -engine, dapat membuat ridernya senyum”
    -price, pas

    dah gitu ajah..

    • lucky

      Nama supra aja masih di pake bro sampe sekarang hehe

    • Dennis

      Biar kayak reborn gt kali ya, bawa nama besar shogun

    • Eeng

      Lahh supra gtr itu ada embel embel supra boy! Ga kuno emang??
      Mx king, masih nemplok tuh embel embel mx nya. Cumq ada tambahan KING GTR DOANG, justru itu yg bikin laku aneh ni orang. Jual brand juga woyy!

      Kalo supra gtr diganti namanya jd honda blekok kira kira aneh ga dikuping??
      Kallo mx king diganti jd yamaha entok king, ngejual ga kira kira??
      Think smart before you say bro!

    • riderkampung

      LMFAO….komen capruk gini yg sya suka…hahaha… Honda blekok & yamaha entok king…hahahaha…asli ngakak bro

    • ule

      MX tuh nama series, nama motor nya kan jupiter…

  • Dennis

    Biar makin rame pasar otomotif, konsumen lg yg diuntungkan hehe banyak pilihan

  • lucky

    Shogun memang bandel banget, punya ane fd110 th2000 sampe sekarang masih awet mesinya, ya walau bodi mulai kusam, knalpot velg sdh mulai berkarat. Sekarang jadi teman seber di rumah.. semoga nama shogun di hidupkan kembali.

  • agustok

    Inyong nembe weruh ketemu kambi Supra GTR 150 ning sarawak warna hitem abang mbi warna repsol karyawan bank ( Cimb bank )..yakin gede juga yaa GTR lancip lancip bodine sangar ternyata .

  • Mongtor odong-odong

    Joss

  • H Arap Sabar

    nih ya .Suzuki gak usah terlalu kaku dan konservatif soal desain..kaya desain gsx 150 yg tetep pake single headlamp..realitanya dual keen eyes lebih disukai disini..cbr saja ganti single jd dual .ngandelin mesin bagus doang gak cukup .desain jg jadi pertimbangan konsumen milih motor .yg suka kecepatan & power itu cuma sebagian kecil dr konsumen.

    • Macantau

      Suzuki itu konsisten soal filosofi pada varian sport nya…
      Makanya dia ngikut kakak-kakaknya yg lebih dulu lahir pakek single headlamp…
      Respect suzuki!

    • cilok

      Gsx mah beda soal ,…udah pakem nya pake single headlamp n filosofinya begitu ,…lagian jg product global bukan cm di indo,…apa kata dunia klo pake dual ,… Klo yg dual itu ada yg 1000f cm ya ga nyambung sama filosofi n design gsx secara keseluruhan

    • H Arap Sabar

      pasar memang kejam bro..kadang filosofi dan prinsip harus dikorban utk berhasil..gak sesuai selera konsumen ya siap siap ditinggal konsumen.. contoh kasus perusahaan ponsel Nokia yg keukeuh gak mau pakai OS Android dan pilih pakai WP padahal pasar lebih suka android .akhirnya kolaps juga tuh nokia walau tadinya jd market leader. walau katanya akhirnya ada nokia android.. mungkin kedepan Suzuki bisa menyiasati dgn membuat varian baru

    • Ya tinggal di cari win win nya aja

  • JMC150 008

    RIDE THE WINDS OF CHANGE #mantapjiwa

  • Herik

    Yo ngunu kudune
    juoozzz gandoozz Suzuki !!!

  • komen san

    Vanvan mas webeh, ojo lali, thunder scrambler juga mau wkkkkk

  • komen san

    Pisan maning kang webeh, model scrambler, kalo gak payu tugel guleku wisss

    • Eeng

      Semoga vanvan 200 masuk indo pake basic dr200 dijamin dihajar abis estrellanya kawasaki. Harga yg pasti harus dibawah kawak tentunya

  • Bonjin

    Yg punya dwit banyak,tu ada peluang yaitu daftar jadi dealer,kan kmarin2 dealer suzuki motor banyak yg tutup.
    jangan lupa dealer dan bengkelnya yg bersih dan SDM nya yg jos

    • H Arap Sabar

      semoga masih ada pengusaha yg mau invest jd dealer suzuki..namanya pengusaha pastinya lihat prospek kedepannya..kalo menguntungkan ya lanjut kalo kira kira prospeknya suram ya buat apa invest duit.. atau Suzuki R2 berbagi tempat saja sama Suzuki R 4 utk sementara

  • Augusta

    Contohlah honda yg banyak meniru yamaha pabrik yg mau bangkrut pasti bisa maju!
    Misal karena mio ada beat
    Karena sincan ada cb
    Karena lele ada cebong lokal
    Karena mx ada supra
    Ekekekekek
    Fbh silahkan nyolot

    • hisam samal

      Haha emang kenapa kalo nyontek?
      Nyontek laku itu pinter….
      Lha kalo nyontek masih gak laku itu yang g##lok
      Haha…..

    • Fb

      Nah Supri geter niru mehmeking gak payu socin payu sakcrit

    • amit amit

      Bukan niru… Ondah cuma pingin nonjokin yamamax… Gapapa yamamax itu cuma kecil api cungur nya doang yg gede…

    • Augusta

      Nah kambinger nyolot masak niru yg kecil memang gak ada ide

    • Celeng Bencong

      Kambing tetaplah kambing disuguhi rumput busuk tetap manggut2…………….
      Mbuuuueeeeeeeekkekekek ???

    • topix

      Contohlah yamaha yg banyak meniru honda pabrik yg mau bangkrut pasti bisa maju!
      Misal karena scoopy ada fino
      Karena tiger ada scorpio
      Karena pcx ada nmax
      Karena vario ada aerox
      Karena beat ada mio m3
      Karena megapro ada byson
      Karena esp iss ada sss (belum lg ngomongin lampu led, tanduk wifi, dll)
      Ekekekekek
      Fby silahkan nyungsep

  • gaplek

    orng jpng berprinsip Mimasu, Kikimasu, Kanggaemasu.. Melihat, Mendengar & Berfikir..!!! beda ma orang kita.. kekeuh dng pndpt yg mrka kira udh pling benar, pdhl msh kurang tepat..Kan konyol itu..

  • hisam samal

    Nah harusnya akur gini sama blogger.nggak kaya pabrikan sebelah.malah dimusuhin…
    Haha,bengkrutbangkrut lu….
    Gimanapun juga blogger media yang efektip sekarang.sama kek youtube…

  • Yon

    Yoi benar banget mas iwan. Motor pertama saya adalah suzuki satria 120r, pada saat itu desain bebek yg paling keren ya satria 120 dan juga paling kencang bahkan kalau gk ambil satria rencana ambil shogun karena desain juga yg paling yahud. Mala setelah satria 150 keluar suzuki mala mentpk dengan desain kerennya bahkan thunder250 aja desainnya ketinggalan ma kompetitornya. Ya mudah2an suzuki kedepannya desainnya lebih keren. Gk papa single headlamp untuk sport2nya asal desain keseluruhannya keren dan tajam.

  • asoy

    berarti selama ini R&D suzuki isinya orang2 tua kolot budeg gak nyambung dgn tren dan arus globalisasi model terkini teroke ( huwelaaah, apalah namanya itu….) GSX150S & R yg skaranag aja tampangnya masih blum sesuai espektasi kbanyakan biker….

  • sapri

    jangan lupa varian matik juga

  • negerikoplakku

    Duh pantes R&D nya bolot, yang punya boloot juga. Kenapa? Apa ga bolot kalo dealer pada tutup baru sadar kalah desain???? Udah keburu males orang beli susuku,,,,

  • send

    vanvan150 mesin fu karbu, yahood..

  • Makasih lek,udah nyampaikan uneg2 tentang shogun 150

  • Bang Herman

    Ayo suz kok gk dari awal gsx 150 aja r n d di betuk untuk desain.
    Sayang banget padahal mesin udah jos gandos

  • Romi cah kudus

    jaan. Yamaha pun dulu juga demikian. Kuncinya cak….adalah “listening”

    Wah tersirat banget om iwb

  • Bang Herman

    Suzuki rubah RnD desain
    Yamaha kapan rubah marketing.
    ???

  • avif

    mbahdukun ngapain disitu

  • uwopo

    Semoga bangkit lagi, desain suzuki sudah mulai bagus kok. untuk pertama kalinya VStorm250 lebih ganteng dari versys250. PERTAMA KALINYA. semoga dilanjut untuk produk2 selanjutnya.

  • Ahmad

    Suzuki mundur sejak shogun axelo muncul,??, sejak kemunculan axelo saya pribadi tidak respek dg ini motor, lebih pilih versi lawasnya,

  • Sugi

    Bang iwan.
    Terima kasih saran saya ditampung dan disampaikan ke suzuki.
    Semoga shogun 110R saya di rumah bisa upgrade jadi shogun 150R.

  • motosik

    Saran buat gsx-s, ini produk yg bakal bertarung di medan perang yg sengit & sulit, baiknya Suzuki cari aman dari soal desain & fungsi, ikuti formula yg udah jelas sukses kaya cb150r, motor sport kecil buat harian buntut jangan split seat, bikin sporty tp tetep fungsional, single seat kya CB, pakailah behel belakang.

    Klo Secara desain & fungsi udah mirip, baru sektor mesin yg istimewa itu bisa bikin ini produk unggul poin overall dr kompetitor.

    Nah Klo dari sisi desain & fungsi udh dianggap minus dibanding kompetitor2nya, akhirnya poin mesin unggul cuma jadi kompensator atas desainnya yg sbnrnya kurang diterima, jd secara overall ga unggul lagi. Sayang kan.

    Ibaratnya klo nilai all new cb150r secara overall tampang, fungsi, dan mesin itu 20poin di mata konsumen.

    Nilai gsx-s150 yang tampang & fungsinya ngeplak all new cb150r itu jadi 25 poin karena mesinnya jauh lbh powerful.

    Nah ini karena gsx-s150 tampang & fungsinya lbh inferior dibanding all new cb maka sektor mesin istimewa ga jd nambah poin lagi tp lebih ke bikin impas sbg kompensasi atas fungsi yg lbh buruk dr CB, akhirnya poinnya jd sama lagi 20 atau bhkan 18 dimata konsumen yg males byangin gimana nanti klo mau servis ini motor.

    Blm lagi klo mempertimbangkan banyaknya calon konsumen yg buta / ga pduli soal teknis mesin, di mata mereka gsx-s jadi ga punya kelebihan apa2 krena dari fungsi & desain dianggap inferior dibanding kompetitor.

    Ingat, AHM dengan modal segaban pas R&D mau bkin all new cb150r pasti udh mateng banget nentuin formula racikan tampang & fungsi yg jitu utk masuk ke selera mayoritas calon pembeli motor sport kelas ini, bisa liat sendiri hasil penjualannya.

    Soal tampang & fungsi tirulah kompetitor, soal kualitas & mesin jangan kompromi, tetap khas Suzuki

    • Nice, kan ada yg namanya facelift,cb jg dulu budeg sama design tp liat sekarang designnya dah mulai bagus,berharap aja dengan adanya rnd yg baru ini ,soal yg kaya gini bs diatasin

    • SEKARANG tak tanya ke elu kalo nanti ncb ato nvl facelift lagi part kesekian kalinya dia make split seat kira kira lu bakalan manggut manggut apa nolak?? Secara cbr dulu yg punya tanduk sekarang apa?? Udh ga pake kan? Masuk akal ga kalo nanti juga bakalan jd split seat?? Secara motor2 NAKED BIKE dari 250- keatas pada split seat kan?? Walopun ada yg tandem tpi kebanyakan apa split seat toh??
      Lagian yg tandem bukannya motor CRUISER macem tiger scorpio inazuma dkk?? Tau kan NAKEDBIKE AMA CRUISER??

    • Ki Bromo

      Jualan All new cb jga dri dulu segitu-gitu aja 15 ribu per bulan. Ditambah orng jenuh dngn vixioN. Nvl itu sblum nya 35 ribu per bulan.
      Jadi bukn karena keunggulan mutlak ancb, tpi vixion yg tidak ada inovaso lagi.

  • Xclub

    Mantaaap… Saya dukung suzuki Indonesia untuk bangkit kembali. Semoga RnD yg baru bener2 mengerti apa kemauan pasar

  • syaif

    ganbate suzuki ,lek iwb mantep bloger teladan untuk pencinta otomotif indonesia (y)

  • Prasetyo fu

    Alhamdulillah…akhirnya Suzuki merespon.ayo bangkit Suzuki.

  • syaif

    haha coment qw mesti di saring seg jadi ngk kluar” ,,hihi sadis

  • jono

    shogun 150 yang penting ada bagasi bisa buat masukin jas hujan di balik jok.

  • Smash “si gesit irit…hadew…mentog 80 kpj…getar mesinnya pdhl 115 cc

  • Ayo berbenah,,,,suzuki

  • Requel

    Harus bilang wow gituh……weleh weleh weleh…..!!!

  • jimoo

    tlg pk itayama bkin mtr jngn jiplak kek sblh..jngn dengerin deh…bisikan setan..suzuki gk laku gpp..yg pnting ciri khas suzuki ttp ada…..mesin kuat..dll..saya fby tp ngenes klo mtr d jln sm semua…bosen eneg ngleat mtr d jiplak jiplak.

    jngn kek ngondaa demi pasar korbanin dna sportnya…panigalepun garis design d tiru…r15 d tiru jg…parraah deh.

  • jimoo

    tlg pk itayama bkin mtr jngn jiplak kek sblh..jngn dengerin deh…bisikan setan..suzuki gk laku gpp..yg pnting ciri khas suzuki ttp ada…..mesin kuat..dll..saya fby tp ngenes klo mtr d jln sm semua…bosen eneg ngleat mtr d jiplak jiplak.

    jngn kek ngondaa demi pasar korbanin dna sportnya…panigalepun garis design d tiru…r15 d tiru jg…parraah deh….

    • Are wege

      Suzuki is back

  • andri

    Suzuki Address dan Burgman tidak dibahas, Wak?

  • Pengendara Malam

    Honda supra gtr (Honda Blekok) vs Yamaha MX King (Yamaha Entok King) wkwkwkwkwkwkwkwk

  • iwonk

    bagus2!!!!lanjutkan!!!

  • ngalih

    Vote for shogun reborn 155cc… motor praktis, awet, tahan banting

  • Mudah”an kang Iwan shogun reborn di munculin tentunya dgn kualitas suzuki yg sejatinya sya pernah rasakan mantap lah suzuki semoga bangkit

  • Wew, sindiran alus buat pak abidin nih

  • ule

    suzuki tinggal ngikutin desain mau nya zaman, jangan egois… ciri khas udah punya kok, power n qwality…

  • llegimin raharjo

    Lek itu tulung gsx 150S lampu depannya dirombak. Gw dah nanti2 malah begitu modelnya.

  • Damen

    Satria injeksi rame-rame ganti laher kopling gak dibahas pisan Lek??

    Suzuki Satria era 2004-2005 (non electric starter) sangat tangguh, makin kesini makin ambyar..

    • Eeng

      Kaga semua satria fi itu direcal coeg!
      Cuma kalo ada indikasi susah ganti gigi baru langsung bawa ke beres buat di ganti semua , kalo ga ada indikasi susah ya gausah

  • mantap diskusinya