iklan iwb

460x110 (2)(2)
460x110_rev

CBR150R 2015 (2)

Bro dan sis sekalian…..akhirnya kelar juga menggarap artikel test ride CBR150R dual keen eyes. Menjadi motor yang diracik untuk melawan eksistensi R15….AHM berusaha merombak karaker CBR150R CBU. Berbagai pembenahan dilakukan. Seperti sektor handling serta accelerasi. Nah….kira-kira bagaimana impressi nyemplak diatasnya?. Bagaimana jika dibandingkan YZF R15?. Akan coba IWB kupas sedetil mungkin sebagai gambaran sampeyan semua. Langsung aja mzbro….
GT125Garuda_460x140

iklan iwb

Desain

IMG_9004

Secara garis besar Honda tidak banyak merombak gen baru. Hanya revisi disektor depan khususnya fairing dan headlamp yang dikatakan terinspirasi CBR1000RR. So….jangan heran jika kesan pertama memandangnya tidak terlalu “wow”. Kesannya flat. Namun entah kenapa…motor ini semakin rupawan dipandang. Makin lama diamati…charming atau daya tariknya makin kuat. Ibarat anak muda…berkarisma mzbro. Dan inilah yang terjadi pada new CBR150R. Seperti layaknya corporate karakter Honda…..CBR tidak lepas dari nyawa elegan tidak terlalu agresif. Biasanya desain seperti ini bakal lebih kekal alias everlasting. Terus gimana dibanding dengan new CBR250R??…

Bak kembar dibelah dua. Sudah berkali-kali IWB katakan jauh hari sebelum produk rilis….K45 95 persen identik dengan new CBR250R dual keen eyes.? Lima persen perbedaannya hanya pada desain knalpot plus piringan rem depan. Bahkan dilihat sekilas…dimensinya begitu mirip. Makanya sampeyan akan terkecoh jika motor ini melintas dijalanan tanpa mengamati knalpot yang ditempelkan….

Material

Honda new CBR150R 2015 (37)

Honda sepertinya berusaha memberikan yang terbaik untuk konsumen. Dengan banderol cukup murah yakni 28jutaan….mereka dituntut menyuguhkan produk mumpuni disegala sisi. Dan ini tidak mudah mzbro. Terbukti dibeberapa part seperti cover jok masih terkesan tipis. Selain itu…..karet pada fuel cap entah kenapa masih terasa kurang solid. So…pada saat menutup, tutup tanki bisa digeser kiri kanan. Begitu juga ketebalan material casing. Sisi ini untuk versi CBU dalam pandangan IWB masih menang. Tapi jangan kuatir brosis…..

Pada rentang harga 28-30jutaan…..beberapa hal diatas bukan masalah berarti. Karena pastinya kualitas menjadi jaminan seluruh produk Honda yang dipasarkan ditanah air. Ketebalan casing secara paket keseluruhan masuk dalam kategori wajar. Selain itu kualitas painting, coating, serta detil lain cukup melegakan. Melebihi ekspetasi menilik banderol yang termasuk murah. Makanya IWB yakin…..pricing diatas hanyalah sementara. Dan analisa dikuatkan beberapa kasak-kusuk yang mampir kenewsroom IWB….

Ergonomi

Honda new CBR150R 2015 (28)

Oke…sekarang kita melangkah kebagian ergonomi. Jangan terkejut jika sampeyan langsung merasa nyaman duduk diatas K45. Dibanding CBR150R CBU….jok gen anyar sedikit lebih pendek dan ramping. IWB yang bertinggi 170cm bisa menapakkan kaki dengan sempurna. Posisi stang juga diseting secara pintar mengedepankan kenyamanan tanpa mengorbankan handling. Honda menyebutnya sebagai smart riding comfort. Didukung posisi foot step yang tidak terlalu kebelakang. Yup….pendekatan karakter berkendara CBR150R dual keen eyes tetaplah semi turing alias tidak sport murni yang racy. Memang sih mengurangi kegagahan sisi visual. Namun secara fungsi…..inilah yang membuat gen CBR cocok dan bersahabat digunakan untuk harian. Selain itu satu yang IWB rasakan saat duduk diatas new? CBR150R….

Yup….satu yang paling IWB sukai yakni shape tankinya mzbro. Yup…..tanki fairing Honda ini lumayan besar dan sedikit menjulang keatas tapi mengecil dibagian bawah. Jadi….sampeyan bisa menjepit sempurna ketika melibas jalanan pada kecepatan tinggi. Begitu juga sisi atas. Dengan desain yang rada gambot…..posisi badan nunduk seperti menyatu memeluk tanki. Dan inilah yang membuatnya istimewa ketika digunakan melibas kecepatan ataupun cornering….

Engine

Honda new CBR150R 2015 (23)

Saat distarter…..suara new CBR150R termasuk padat dan rada ngebas. Kemudian ketika digeber dalam posisi netral…..IWB tidak menjumpai vibrasi berarti diarea stang. Hhhmm…cukup bagus nih peredaman getaran. Honda memang sudah banyak berbenah disektor ini. Nilai plus lain adalah…..koplingnya kangbro. Weleh…empuk tenan. Menggunakan basis engine yang sama dengan CBR/CBSF…..tuas kopling ringan tidak menguras tenaga. Asyik nih jika dipakai bermacet ria. Nggak bikin pening botak sariawan pastinya….

Dalam spek resmi AHM…motor ini diklaim tembus 17,1ps@10,500RPM dengan torsi meningkat menjadi 13NM@7500RPM. Hasilnya??. Ledakan accelerasi lebih yahud mzbro. Tendangan tenaga bawah lebih nampol dibanding versi CBU. Karakternya mirip CBSF namun dengan nafas yang lebih berisi. Pergerakan jarum RPM juga sangat ringan. Saking cepatnya IWB sering telat oper gigi. Lawong tiba-tiba udah red line. Hanya menggunakan gear 3 disirkuit pasar senggol IWB belum menemukan kelemahan keputusan menaikkan ukuran gear belakang dari 43 ke 46…

Yang ada malah “strength point” karena tarikan pergigi yang terus berisi. Wah….puyeng nih kalau disuruh milih antara CBR vs R15. Lawong 11:12 kangbro accelerasinya. Walau bobot melar menjadi 143kg…new CBR150R mempunyai accelerasi layaknya SOHC engine. Cukup nampol. Kini tinggal adu top speed nih. Maklum…..tangguh dibawah kadang atasnya kurang. Perlu ditest secara head to head disirkuit pastinya….

Handling

CBR150R 2015 (1)? IMG_9135CBR150R 2015 (3)

Wisss….nggak usah dibahas perkara satu ini. Nyaris seluruh Blogger atau media yang jajal dibuat tercengang atas kelincahan generasi baru CBR. Tekukannya begitu nurut dan stabil. Keputusan menggunakan truss frame tidak membuatnya inferior. justru lewat kalkulasi ulang geometri serta revisi whellbase plus monoshock Pro-Link….gen anyar jauh lebih nurut. Tikungan melengkung patah rolling 180 derajat ciri khas sirkuit dadakan ditaklukkan dengan gampang. Monggo intip saja lampiran video dibawah sebagai bukti. Tinggal geser bok*ng sedikit….tight corner pun dilibas dengan cing cai. Yang asyik……walau menggunakan ban standart (IRC Road winner), traksi atau grip ban depan tetap terjaga. Sayang akibat kontur tanki….kamera Gopro tidak bisa ditempel dekat speedometer. Alhasil speed pergigi tidak terbaca dengan jelas…

Braking

Honda new CBR150R 2015 (47)

Desain piringan cakram gen baru memang beda dibanding sebelumnya. Lebar dan simpel mirip Suzuki SatriaFU. Awalnya sih terkesan ngirit. Tapi sebenarnya nggak juga. Sebab dari sisi cooling system…..justru hal ini menguntungkan karena mudah melepas panas. Maklum mzbro…..gesekan kampas serta permukaan metal bisa menaikkan suhu piringan cukup siknifikan sehingga menjadi biang berkurangnya kepakeman. Overall sisi pengeraman….bisa IWB katakan jempolan….

Fitur

Honda new CBR150R 2015 (39)

Dibalik segala kelebihan yang ditawarkan…..soal fitur Honda memang sedikit rada ngirit. Karena mereka dituntut meracik produk mumpuni dengan banderol semurah mungkin. Bisa kita lihat dari hilangnya saklar “engine kill” serta “pass switch” yakni short cut untuk melakukan high beam atau ngedim ketika mendahului. Satu lagi adalah sensor kecepatan yang masih mengambil dari ban depan. Dibanding sang rival yang integrated dengan sensor engine….CBR150R dual keen eyes sedikit rada kovensional. Tapi patut diingat…Honda memberikan kompensasi dengan display speedometer yang lebih informatif seperti jam digital contohnya. Fitur ini tidak kita jumpai pada R15…

Kesimpulan

Diluar beberapa kelemahan yang IWB jabarkan diatas….cukup sulit mencari celah kekurangan generasi baru CBR150R. Paket komplit dari sisi handling dan power khususnya accelerasi membuatnya jadi lawan tangguh rival dekatnya…Yamaha R15. Apalagi Honda berani membanderol dengan angka yang cukup menggiurkan. Kalau sudah begini tinggal selera pribadi untuk menjatuhkan pilihan….

Last…..dengan desain fresh ala moge CBR1000RR plus ergonomi santai dan nyaman…..potensi K45 memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Apalagi kekuatan produksi AHM saat ini adalah yang terbaik dibanding lainnya. Terbukti belum genap seminggu meluncur…beberapa konsumen melaporkan sudah menerima unit idaman. So…..new CBR150R dua keen eyes??. Monggo intip proses penggalian impressi saat sesi test ride video berikut ini. Juozzzzz mumet wis :mrgreen: !! (iwb)

Video test ride Honda new CBR150R 2015 Kemayoran

Link HP atau Youtube klik disini

120 COMMENTS

    • Pasti bakal rame lagi nih… testing is believing dah…
      BTW wah fotokuh dipajang, makasih lek 😀
      ————–
      Start waiting, hold up your cash, New Vario 125 is on the way
      kobayogas.com/2014/09/11/hot-all-new-vario-125-sedang-di-test-dan-akan-lebih-dahulu-meluncur/

    • Tes motor sport di sirkuit pasar senggol tenaga mesin gak bisa keluar secara maksimal, nunggu tes di sentul besar nih biar ketahuan berapa top speednya. Klo akselerasi sudah menyamai R15 jangan sampai top speed kalah sama R15.

    • until on September 12, 2014 at 10:42 am
      Masa top speed dibabat abis?
      Race logic r15 otomotif top speed 126 kpj
      tong..
      Cbr 150 racelogic 131 tong..
      Ngoahahaa..
      Bukan gps ya tergantung sinyal..
      Tunggu aja otomotif test kedepan..
      Oh ya dr dulu ahm cek top speed real pake
      racelogic bukan gps sinyal seperti yg
      sebagaian Blog sampaikan..
      Dan satu lagi..
      Akselerasi r15 kalah dibanding cbr .. Klo di
      hitung berlap lap udah brpa tuh.. belom lagi
      rpm cbr lebih gede 10500? r15 cm 9000..
      Ngoahaha..

  1. setelah membaca reviewnya lek iwb, akhirnya aku milih….
    #rahasia
    pertamax7.com/2014/09/11/video-product-profile-yamaha-yzf-r25-kebebasan-memilih-berbeda-dari-kawasaki-ninja-250-dan-honda-cbr250r/

  2. Mas iwan, apakah CBR lokal ini bisa saklek menggunakan bbm premium? Seperti halnya produk lokal terdahulu mereka yang downgrade kompresi demi bbm premium?

  3. Cbr dohc vs r15 sohc

    Performa 11-12

    Fitur bagai bumi dan langit

    Pantes inden gk laku2

    Ngoahahahahahahaha

  4. sebenernya yang membedakan akselerasinya dibandingkan gen CBU bukan semata-mata hanya penambahan mata gear belakang tok…

    perubahan spesifikasi noken juga sangat pengaruh disini…kalo cbsf memang di gigi 1-4 tenaga terasa ngisi terus dari bawah sampe atas…tapi masuk gigi 5 mulai terasa berat naik…gigi 6 overdrive…masih perlu pembuktian buat cbr k45 ini buat di jajal di gear 5-6 nya

    • saya setuju, penasaran gigi 5 dan 6 nya…kemaren gak kepake…
      ————-
      Start waiting, hold up your cash, New Vario 125 is on the way
      kobayogas.com/2014/09/11/hot-all-new-vario-125-sedang-di-test-dan-akan-lebih-dahulu-meluncur/

      • @tolet teblum

        dari komentarmu sudah ketahuan kualitas pengetahuanmu tentang mesin

        ayo belajar lagi bro,biar komentarmu cerdas dan tidak murahan

    • Masa top speed dibabat abis?
      Race logic r15 otomotif top speed 126 kpj tong..
      Cbr 150 racelogic 131 tong..
      Ngoahahaa..
      Bukan gps ya tergantung sinyal..
      Tunggu aja otomotif test kedepan..
      Oh ya dr dulu ahm cek top speed real pake racelogic bukan gps sinyal seperti yg sebagaian Blog sampaikan..

      Dan satu lagi..
      Akselerasi r15 kalah dibanding cbr .. Klo di hitung berlap lap udah brpa tuh.. belom lagi rpm cbr lebih gede 10500… r15 cm 9000..

      Ngoahaha..

  5. Suwun reviewnya lik..wes nonton neng yuntrub lagian. Jozz muantabb!!! Smpe kecp brp kuwi mas gigi 3?
    Btw, sampeyan yen mnelurkan artikel kok kerap mumet, botak sariawan knp y kang? Ojo lali yen sakit brlanjut hub.i dealer..
    Wehehehe…

  6. Gk terlalu tinggi

    Wjar cebong terpalan

    Gk kebayang amblesnya klo bonceng

    Siap2 dangak2

    Ngoahaha

    • Loh.. Kmren fby tulen sama loh bilang ambles
      Tpi di sekak mati oleh tmc Blog.. ada video kata tmc Klo gk ambles..
      Lu mah mirip momok.. gk coba tpi membuat kesimpulan..
      Kata momok akselerasi r15 lebih gede dr cbr..Tpi bukti race logic cbr lebih gede.. ngoahah..
      Sblom coba jgn buat kesimpulan.. bikin malu fby aja..

      • Klo saya pribadi sih berpendapat netral, ini kan baru review dari satu motor. Klo orang lain yang test belum tentu bisa dapat hasil segitu bisa jadi lebih kencang atau malah lebih lambat. Lagian tes akselerasi hanya sampai 60km/jam lho dengan jarak hanya beberapa puluh meter….klo itung2an diatas kertas sepertinya di atas 100mtr bisa jadi kalah sama R15. Contoh CBR250R banding ninja 250, di bawah 100mtr menang CBR250 tapi diatas 100mtr diasapi sama ninja 250R. Yg jelas, motor udah sama kencang jgn dipakai show off dijalanan karena pabrikan gak ada yg nanggung biaya berobat klau situ gubrak kerena ngerasa bawa motor kencang.

  7. Udah gk sbr nunggu cebong terpalan ?? adu sm muka lele disentul

    Kmrn cbr thai ?? babat muka lele

    Klo nanti ini dilibas muka lele jg,siap2 fbh make rok

    Ngoahahahahaahah

    • Nanti meledak mesin sohc mu bro..
      Lawan cb aja megap megap..

      Akselerasi cb lebih yahud pula dr r15..
      Otomotif net.
      Apa perlu gw copy?
      Ngaoahahahha..

  8. ora minat blas…mesin 150cc 4 tak pling gtu2 aja..
    ini motor keren lo?..tnp mtor keren..ane dah keren dr sononya..ngoahahaaa..:-)

  9. Itu yang bc terus sales miskin yang takut jualanya gak laku… hahaha… salesnya yamaho ada yang ayan di mari

  10. Ngisin-ngisini…
    kuarepmu meh nganggo motor opo…
    seng penting ojo dumeh neng sumeleh ae nek neng ndalan…

Comments are closed.