iklan iwb

460x110 (1)460x110_ok

YZF_R25

Bro dan sis sekalian……dalam event singkat bertajuk ” bedah teknology YZF R25″ di Rolling Stones coffe Kemang, IWB mendapatkan gambaran detil tentang teknology yang dijejalkan pada sang fairing. Mulai dari fuel injection systemnya….dapur pacu hingga distribution weigh yang memungkin handling sang kuda besi sangat stabil dan nurut khususnya dalam melibas tikungan. Semuanya disajikan secara sederhana namun detil. Berikut presentasi yang IWB share untuk para pengunjung setia Iwanbanaran.com….440x110(1)

iklan iwb

1. Yamaha menggunakan filosofi “fastest-lightest-advance” dalam meracik R25. Bisa diartikan sebagai terkencang…paling ringan serta canggih….

Yamaha YZF R25 (2)

2. Filosofi kedua dan dijadikan acuan insinyur Yamaha pada R25 adalah “Superbike you can ride everyday”…motor super yang bisa digunakan sebagai harian

Yamaha YZF R25 (3)

Yamaha YZF R25 (9)

3. Dalam desain Yamaha R25 ada 4 poin yang ditonjolkan yakni mass forward silhouette, two eye headlight, center positioned air duct, aerodynamic with muscular looks like a trained athlete, dan up cutting tail section. Untuk detil penjabaran monggo intip lampiran dibawah..

Screenshot_3

4. Kubikasi murni R25 adalah 249,6cc….4 tak 8 katup, dua silinder Double cam. Diameter x langkah yaitu 60 x 44,1 mm.Screenshot_4

5. Soal engine R25 dibekali teknologi terkini kelas 250cc. Sebut saja intake manifold dengan desain downdraft yang membuat pembakaran lebih cepat, throttle body besar (32mm), injektor 12 lubang, forged piston dan diasil silinder, deep bottom oil pan (posisi oli dibawah membantu center gravity) dan masih banyak lagi lainnya yang bisa mzbro intip dari gambar terlampir. Tidak heran power melonjak hingga 36PS (klik untuk zooming)….

Screenshot_12

Yamaha YZF R25 (4)?? Yamaha YZF R25 (6)Yamaha YZF R25 (7)Yamaha YZF R25 (5) Screenshot_11 Screenshot_8 Screenshot_7

6. Soal desain dan ergonomi juga dihitung secara detil untuk memastikan kenyamanan berkendara harian sekalipun. Radius putar paling lebar untuk motor fairing yakni 34 derajat. Jadi mau nyelip-nyelip dikemacetan bukan masalah berart buat R25…

Yamaha YZF R25 (10)

7. FI system pada R25 terbilang sangat komplit. Dalam perangkat ECU yang dibenamkan pada sang fairing, ada sensor TPS, IAPS, IATS, Crankshaft position sensor, coolant temperature sensor, Oxygen sensor, lean angle sensor, speed sensor, dan oil pressure switch. Yang terakhir adalah sensor khusus untuk membaca tekanan oli yang akan mendeteksi sejak dini jika tekanan lemah untuk menghindari kerusakan silinder head ataupun jerohan lain akibar low pressure oil. Sinyal akan diteruskan dalam bentuk informasi via speedometer…

Yamaha YZF R25 (8)Yamaha YZF R25 (12)

8. Progressive-shape pulley adalah semacam pulley khusus yang ditanamkan pada THB. Fungsinya adalah untuk mengontrol bukaan gas agar lebih lembut dan tidak mengejutkan. Yamaha menyebutnya “control power as you like”. Semua makin sempurna dengan adanya setingan kopling yang diklaim paling presisi sehingga secara feeling akan lembut namun agresif…Yamaha YZF R25 (11)

9. Long Assymetric rear arm. Desain arm R25 sebelah kanan tidak sama dengan kiri (lebih melengkung). Hal ini disengaja untuk menahan tekanan tenaga atau pressure sebelah kiri. Efeknya kendati dibetot kencang….handling motor tetap anteng. Yang kedua adalah panjang swing arm yang mencapai 573mm dengan wheel travel 125mm. Karena alasan wheel travel inilah maka R25 diklaim tidak perlu menggunakan link cushion….

Screenshot_19

10. Para rangka atau sasis penopang engine, R25 dibekali rubber mounting untuk mengurangi getaran. Tidak heran kendati mesin besar, saat digeber vibrasi R25 tetap halus….

Screenshot_16

11. Yamaha menyebutnya excellent weight balance karena hanya R25 yang mempunyai keseimbangan nyaris sempurna yakni 50 : 50. Distribusi berat seimbang ini menjadikan R25 gampang melibas rute dan model jalanan apapun. Cornering oke….straightpun tetap senyum..

Screenshot_15 Screenshot_20

Yup…itulah beberapa kelebihan dari R25. Mungkin IWB tidak menjabarkan seluruhnya secara detil karena jika dijelaskan per-item…weleh banyak bener. Driji iso keriting rekkkk :mrgreen: . So….monggo diklik saja lampiran satu persatu dan dibaca, diresapin kemudian dimengerti. Jika ada yang kurang mudeng silahkan curahkan dikolom komentar untuk dibahas bersama-sama. Piye brosis??….sudah dapat gambarankan??…..(iwb)

118 COMMENTS

  1. komentar anda terlalu cepat, secepat R25 lek
    pertamax7.com/2014/06/18/yamaha-yzf-r15-kena-tilang-di-cirebon-karena-lampu-depan-nyala-sebelah-konyol/

  2. Icik kiwir motor masa depan rasa ngeropah..motor untuk org indonesia irit tapi kenceng..fitur mumpuni…

  3. joosss tenan pit iki.
    kalo buat jalanan jakarta panas mesin bakal ky ninin ga ya?

  4. TEKNOLOGI JADUL YG PERNAH DI GUNAKAN HONDA…? cbr lho yg jadul msh pkai DOHC tempoe duloe hahahaha

  5. wah detil lengkap…. cuma ngowoh….. 😀
    78deka.wordpress.com/2014/06/18/motor-ini-jika-reborn-bisa-menjadi-andalan-suzuki-di-kelas-250cc/

  6. saya pegemar dan penyimak artikel mas iwan,,semua artikelnya bagus bagus…netral gudu fans boy (merk)

    juoosss mas iwan,,tambah pengetahuan nih dari blog mas iwan,,matursuhun

  7. Wow lengkap banget…kok bisa “semurah” itu ya, apa yang lain yang kemahalan? 🙂

    4g92mivec.wordpress.com/2014/06/18/penjualan-chevrolet-spin-cenderung-turun-varian-1-2-liter-malah-distop-penjualannya/

  8. Mantab yamaha all out disain dan teknologi nya

    bikeaddict14.wordpress.com/2014/06/18/bradley-copper-rides-his-173-hp-ktm-sports-bike-after-a-morning-workout/

    • Power yang hasilkan pada crankcase kerantai dan gear belakang sangat besar sehingga tekanan arm disisi kiri lebih berat. Nah…untuk meredam pressure tersebut arm kanan dibuat lebih melengkung untuk mereduksi tekanan dan mambantu kekuatan arm,…

  9. Ankernya tanjakan Emen jalur Subang Ciater, menurut Versi polisi tiap tahunminimal 10 korban meninggal di tanjakan ini. Bahkan sempat beberapa tahun lalu satu bus dengan penumpang para turis dan dubes manca terguling di sini.

    Kini terakhir terjadi kecelakaan Bus Aladin yang membawa 54 siswa SMA Al Huda Cengkareng, Selasa (17/6/2014) malam sekitar pukul 18.00 WIB.
    bonsaibiker.com/2014/06/18/angkernya-tanjakan-emen-subang-ciater-telah-memakan-berpuluh-puluh-korban-jiwaterakhir-kemarin-bus-aladin-terguling/

  10. YIM memang berniat memberikan edukasi untuk konsumennya, sehingga user mengerti dan bisa memilih mana product yg benar2 value…. 😀
    BTW ECU_nya sudah menggunakan standart OBD2 blon yach om Iwan?

  11. walaupun harga nyampek 53 jt an untuk motor lokal.. tp sebandinglah dengan teknologi dan fitur fitur yang ada di motor ini..

  12. Seperti r15 , motor ini semakin dilihat semakin ganteng dan semakin ganteng kalau lihat langsung ,, buntutnya juga lebih tinggi dari r15 , otomatis juga lebih nungging dari ninin fi, karena buntut r15 lebih nungging dari n250 fi, dalam keadaan std ..

  13. Yamaha all out sekali di model R25 ini, mungkin karena produk global

    bikeaddict14.wordpress.com/2014/06/18/honda-merilis-kembali-urban-tiger-fireblade/

  14. ane mau tanya kang soal konsumsi bbm nya kang, karna tester otomotif (kalau nggk salah) menyatakan kalau 1 liter : 22 km an.. itu bila di pakai kencang atau gimana ?

    • Waduh…kalau BBM belum bisa ngomong kang soale belum tes harian. Kemungkinan memang pada kisaran segitu secara Ninja250 juga sana

  15. seharusnya tiap brand memberikan penjelasan seperti ini biar konsumen mubeng..eh mudeng…bukan FB loh ya IMHO aja

  16. Kang, kemarin ane nitip tanya apakah teknologi EXUP system (Exhaust Ultimate Powervalve) pada M1 yang notabene diaplikasikan pada R1 juga diaplikasikan di YZF R25 gak kang?
    dipenjelasan diatas gak ada. . . mohon pencerahannya. . .

  17. yg salut safetynya ne motor, pake kondom tangkinya, kl gak gt bs kn penyakit menular kelamin berbahaya

  18. Mas iwan ngada2 ?????j? nih

    Kata si kobay pekok yg merguru sm si cakil teknologi r25 itu jadul

    Udah ada semua ?? ninja katanya

    Diasil sm forged jg katanya….

    Ngoahahahahahahahahahahaha

  19. Kata makhluk fbh yimm kan gk bisa bikin dohc,lha kok ini malah dua silinder 8 klep 250cc

    Ngoahahahahahahahah

  20. fastest, lightness, and advance keren juga insinyur2 yamaha.. Liat official video mmg cocok tiga sbutan itu.. Cuman blm nyoba langsug… Ngeriii2 sedap.

Comments are closed.