iklan iwb

Bro dan sis sekalian……tweet pic dikirim oleh bro “sepeda motor” sebuah penampakan kuda besi berwarna putih. Sebagai Blogger yang pernah nyicipin langsung Apache, jelas IWB langsung tahu bahwa potongan image merupakan gen RTR. Berwarna putih tapi…..tunggu dulu, ada yang beda disana. Emblemnya bro….bukanlah stiker yang biasa ditempelkan. Melainkan model timbul nongol dari tanki. Yup…..tidak salah lagi, inilah Apache 180 RTR versi ABS….

Dalam penggalan kalimat yang dituturkan doi …..terdapat kata-kata ” sudah siap dipamerkan bro”. Sebuah sinyal yang sebenarnya sinkron dengan bocoran dari internal TVS bahwa setelah rilis Apache 160/180 2013, maka versi ABS juga bakal menyusul secepatnya. So…kabar gembira bagi yang mendambakan teknologi canggih dengan harga terjangkau. Maklum bro….untuk mendapatkan fitur antilock brake system setidaknya kita kudu merogoh dana hingga 46-56 jutaan. Saat ini hanya bisa kita jumpai pada Ninja 250 FI serta CBR250R. Angka yang terlalu berat bagi sebagian besar biker tanah air….

ABS sendiri awalnya adalah teknologi mahal yang dicangkokkan pada roda pesawat terbang. Seiring berjalannya jaman, maka lambat laun diaplikasikan untuk kendaraan roda empat serta roda dua. Khusus motor, ABS hanya bisa dijumpai pada big cc bike hingga Honda membuat gebrakan menyuntik C-ABS pada CBR250. Tidak lama Kawasaki mengikuti lewat Ninja 250 FI. ABS sendiri dipercaya mampu meminimize resiko kecelakaan sebab sensor secara pintar akan mendeteksi jika terjadi lock atau ngunci kala panic brake. Kaliper melepas dan mencengkram piringan secara simultan dengan kecepatan mencapai 25 kali perdetik. So mau licin atau jalanan berpasir….ABS dipercaya menjadi solusi jitu menghindari roda ngesot akibat braking…..

iklan iwb

Last….agresifitas TVS patut diacungin jempol. Keputusan TMCI memboyong Apache ABS menjadi bukti keseriusan mereka untuk menghadirkan produk berkualitas. Yah…memang belum resmi brosis. Tapi berdasarkan sinyal yang tertangkap radar, Apache 180 ABS tidak lama lagi. Sayang banderol belum teraba. Lawong nanya sama mbak Mieke/TVS malah dijawab gurauan ” pantesnya berapa mz?”….jiahhhh, kalau kita mah pengennya semurah mungkin, ya nggak bro :mrgreen: …..(Iwb)

72 COMMENTS

  1. pengen nih,…. soalnya ane sering kecelakaan sendiri akibat ban NJMX ane sering ngesot,.. hehe,….
    salah ane sendiri sih, sering panic braking,…

  2. @ asdroid
    pengen nih,?. soalnya ane
    sering kecelakaan sendiri
    akibat ban NJMX ane
    sering ngesot,.. hehe,?.
    salah ane sendiri sih, sering
    panic braking,?
    ..
    Sama mas tp saya yang old
    Solusinya gampang jaga jarak dan berkendara lebih halus

  3. Saya baru lihat “kesaktian” ABS di sepeda motor di you tube (norak yach). Sebenarnya tiap rider juga bisa supaya motornya bisa di kontrol (terutama pada waktu brake di jalan licin). Cuma klo lagi panik pasti tuas rem di tekan “sembarangan”. Nah, ABS-lah yg ambil perannya. CMIIW
    Dua jempol buat TVS, jika harga sang RTR 180 ABS cma beda beberapa ratus ribu dari versi biasa, makin ketahuan klo sang macan bikinan pabrikan sebelah kemahalan jualnya.
    Moga2 pas Mas IWB dapat unit testnya lagi musim hujan, biar bisa di coba kesaktian ABS-nya

  4. Jiahh potone mbak mieke mana boss..??
    Kang iwan usul ma tvs dong klo bikin montor mbok yao jangan nanggung ccnya…!!!
    150cc, 250cc, gitukan ajib..!!!

  5. @Dwitri akta nikah
    Podo yameki klingon montor yg ente puja jg sami mawon..!!!
    Pagi2 dah bc pantesan
    ENTE NORAAKKK….!!!!
    NORAK kok diomongin..cuapek dehhh…

  6. good job tvs ,biar pabrik an jepang makin keliatan operpresss,motor tekhnologi se ada nya d banderol gila gila an,padahal negeri ini memberikan keuntungan yg besar bwt ke 4 pabrikan jepang,tpi ya gitu lah . . . . 👿

  7. TVS emang ok dengan ABS karena didukung suspensi untuk handling manteb dan khas tarikan kontannya, ABS akan jadi fitur yang buat ni motor makin jadi sempoa “sempurna” 🙂 orderdesign.wordpress.com

  8. well, menurut rekan2 ai yg “smart”, lebih canggihan rem tromol yamaka. why? krn lebih pakem dari rem keramik karbon brembo… oke? yes dong…. scouzy shock ambles keren? yes banget dong.

    sambal yamahurt

  9. sayang TVS… coba Honda… pasti bisa memberangus piksen nih motor…

    yang Tormax aja lebih bagus dari pada pabrikan jepang punya…
    spakbor di tendang di injek kagak patah… kalo jepang punya?

    u know lah…

    😉

    eniwei mas Iwan, kalo ane beli TVS ama mas Iwan kira2 bisa dapet harga pabrik gak nih? pengen Tormax neh mas Iwan…

Comments are closed.