jump to navigation

Ediannn…uang muka motor koq cuma 600ribu!! May 22, 2012

Posted by iwanbanaran in : Otomotif , trackback

Bro dan sis sekalian, brojolnya peraturan pemerintah yang mengatur uang muka (DP) menjadi 25-30% dari harga kendaraan ternyata membuat para leasing lumayan kalang kabut. Selain mengurangi potensial customer yang menggunakan jasa mereka, langkah ini disinyalir juga akan memicu menurunnya pendapatan dari sisi bunga….

Rencana peraturan baru akan diberlakukan pada bulan Juni 2012. Namun kegelisahan nampaknya dirasakan oleh para perusahaan leasing yang dipastikan menerima dampak langsung kebijakan tersebut. Makanya segala cara digunakan untuk menjaring konsumen sebelum ketuk palu dikumandangkan. Salah satunya iming-iming uang muka super gila rendahnya. Seperti yang IWB lihat didealer Honda kawasan Depok Jawa Barat….

Hanya dengan DP 600ribu rupiah sampeyan sudah bisa membawa pulang satu Honda Spacy, Scoopy 800ribu serta Beat 850ribu. Mulai dari tipe bebek hingga skutik saingan tidak ada perbedaan. Revo Fit DP paling rendah 750ribu. Gendengnya…sales mengatakan, UM 2,5juta Vario 125 PGM FI satu hari langsung dikirim tanpa survei. Sebuah bentuk kekalutan leasing atas peraturan yang digelontorkan pemerintah?. Jelas brosis, mereka ingin menjaring sebanyak mungkin konsumen. Hal ini diakui oleh sales dealer…. ” Iya mz, digenjot sebelum Juni”…serunya. Kenapa??

Dengan tingginya DP praktis cicilan lebih rendah. Ujung-ujungnya pendapatan leasing dari bunga perbulan juga berkurang. Selain itu kemampuan konsumen untuk meminang kuda besi juga dipastikan turun. Lawong minimal 2,5juta….opo ora mumet. So, sebelum Juni…geber habis-habisan agar dana yang ngendap dikas perusahaan digelontorkan. Makin banyak yang kena perangkap profit-pun terdongkrak. Tapi uang muka 600ribu?? Jiann ora umum lek iki, tuku motor koq koyok tuku HP :mrgreen: !!!…(iwb)

Comments»

1. Eyod - May 22, 2012

Wow

2. jack miko - May 22, 2012

nyimak dl

3. hi hi hi - May 22, 2012

syarat DP itu untuk motor baru?

4. EXYBAND - May 22, 2012

klo dealer2 lain gmn bro iwan?

5. alez - May 22, 2012

telat bayar cicilan , motor langsung ditarik.

6. Marsinusitis - May 22, 2012

Poduim

7. gaplek mania - May 22, 2012

biasa aja mas.udah lama kok.bahkan disini ada yg cuma bayar angsuran pertama aja lo.sekitar 500rb an

8. justmyimage - May 22, 2012

salam hangat mas IWB

justmyimage
begitulah mzbro, mereka yg bekerja keras untuk menghadapi situasi sperti ini. Apalagi bila jdi peraturan pemerintah u/dp 25% – 30%, pastinya mereka benar2 harus kerja keras lebih.
Klo sy berharap para APM dpt membuat strategi yg bagus untuk membantu meringankan kerja mereka selain training2, bila PP jdi di berlakukan. :-)

9. mang bono 58 - May 22, 2012

dari dulu itumah kang???
coba deh di liat liat lagi

10. ipy - May 22, 2012

salah 1 faktor pnjualan beat lbih byk dibnding mio j & nex…krna DP nya kecil…ada mlah tnpa dp lngsung bayar cicilan pertama bisa bawa pulang…

11. bysoner - May 22, 2012

setuju banget tuh, lising mah ga mikirin dampak , cuman ke untungan saja. Dp murah 3 tahun lunas bosen jual, terus Dp lagi, yah kalo buat operasional kerja! buat gaya sama status sosial,…. jakarta dah macet , masyarakat nya konsumtif , akhir nya kita ga berfikir efisiensi fungsi dari kendaraan yg kita miliki. mudah mudahan pemerintah bisa memperhitungkan dampak nya di masa mendatang, jadi bisa lebih tegas lagi terhadap kepentingan swasta yg cuman mencari ke untungan saja

12. penthol - May 22, 2012

Subsidi ? ?

13. demungan - May 22, 2012

Motor langsung dikirim sehari tanpa survey dulu? Ckckckck…wedyyaaaaannnnn…
Beli motor sama bikin kopi sama2 instan. Ckckckck…

14. demungan - May 22, 2012

Gak heran pangkalan ojek deket rumah ane banyak motornya yang masih kinyis2 gan. Entah belinya cash atau kridit…

15. juraganneon - May 22, 2012

wow pantesan MS paling tinggi jual murah toh..

16. mzjoe - May 22, 2012

lbh enak nabung dlu..trs bli cash…g mkr lg cicilan tiap bln.

17. sinbe - May 22, 2012

Wong cuma bwa KTP n KK aja alias DP Rp.0 aja ada koq mas iwan, malah makelarnya dpt 100rb dr pihak dealer.

18. absoluterevo - May 22, 2012

Wik wik aturan tidak berlaku

19. frkun - May 22, 2012

dulu dideler suzuki deket rumah ane , kalo mau beli titan pake DP Rp 0,00 malah bisa, mas..

http://frkun.wordpress.com/2012/05/22/ask-mohon-pencerahannya-tentang-jupiter-mx/

20. Randy Rhoads - May 22, 2012

biasa aja om, yang DP gopek juga banyak

21. aam sbb rr - May 22, 2012

d sini yg gk pke depe jugj ada kok mas.

22. Loyn - May 22, 2012

mungkin ini yang jadi salah satu banyaknya motor2 di jalanan, lha wong DP kayak mao beli kacang goreng gitu..orang2 gak mikir dampak kedepannya jikalau dipertengahan proses nyicil ada kendala gak bisa bayar, (biasanya enak nyicilnya di awal2 aza kerasa ringan trus slanjutnya baru kerasa deh beratnya), walhasil motor ditarik…MLONGOOOO
yg masih pelajar bawa motor mentereng kinyis2 sih enjoy aza coz gak mikirin cicilan, uang bensin kadang masih malak ke ortu, udah gitu ngendarainnya model alay pula’ berrgghhh…inget cuy ibarat tuh motor masih status “menyewa” slama masih bayar cicilan en BPKB msh blm ditangan…

23. kangkunk - May 22, 2012

disinyalir byk yg ga byr cicilan pertama jd anggap aj sewa motor br 2 bln, mtr di tarik lg masalah. yg penting dah nyobain mtr baru… nah lho..

24. kangkunk - May 22, 2012

disinyalir byk yg ga byr cicilan
pertama jd anggap aj sewa
motor br 2 bln, mtr di tarik lg ga
masalah. yg penting dah nyobain
mtr baru… nah lho..

25. thole - May 22, 2012

drpd jadi rongsokan di gudang, mending kasi harga murah

*membalikkan omongan fbh bersama kroco-kroconya

26. daniel - May 22, 2012

uang muka 600ribu?? Jiann ora umum lek iki, tuku motor koq koyok tuku HP…..
mungkin maksud IWB HP cina, lek samsul galaxy s3 berarti DP 50% buat vertec 125 xixixi,,

27. diki285 - May 22, 2012

angsurannya pasti gede bgt tu mas Iwan perbulannya hihihi…

http://www.kaozdiztro.wordpress.com

28. Endel - May 22, 2012

# Jiann ora umum lek iki, tuku motor koq koyok tuku HP # lek DP 600ewu kuwi cicilane sampe motore di Discontinu ra bakalan lunas_lunas hahahaha…. Ora Umum!!!!

29. iwanbanaran - May 22, 2012

@ 3. hi hi hi
He eh bener bro…
@ 4. EXYBAND
Lainnya belum survei bro….
@ 7. gaplek mania, 9. mang bono 58
Indikasine bedol desa kayak gini saya baru liat bro. Dulu ada cuma satu dua produk. Lha ini…rataaaaa :mrgreen:
@ 8. justmyimage
Lam hangat juga.
@ 13. demungan
Nah itu salah satunya contohnya bro…
@ 17. sinbe
Byuh…sadis tenan
@ 26. daniel
Ora bro, Samsung juga ada yg 200ribuan. Dual SIM malahan xixixi….
@ 27. diki285
Pasti…
@ 28. Endel
Sampe tuwek elek yo mz wkwkwk…

30. culun - May 22, 2012

efek nya makin hari makin macet jalanan :mrgreen:

31. Ujang lele - May 22, 2012

Kalo tmpat ane pernah nyampe 500 rb…
Waktu hari raya,orang pd ngambil, habis hari raya dibalikin lagi tu motor ke dealer(maksudnya gak dibayar cicilan nya,.,)

32. Aa Ikhwan - May 22, 2012
33. Imouto - May 22, 2012

lha itu yang bikin jalan tambah penuh, ngajari ga tepak, ngajari koq ngajari ngutang.

34. abah shafa - May 22, 2012

Yang penting kebo bisa dibawa pulang

35. Underbone - May 22, 2012

Part Marketing strategy hehe, betul kata bro diki285.. kalo diitung2 mah bunga tempo 3 thn berkisar 60%-an.

36. Motoroda - May 22, 2012
37. jaos_one heart - May 22, 2012

wow…….gak heran merk ini benar2 sampah di INA.

salam one heart

38. jaos_one heart - May 22, 2012

apa sih arti dp 600rb? ini memang trik membuang sampah secara efisien sebelum regulasi nanti. Bukti produk murahan buat orang2 yg rata2 (bukan seluruhnya) tidak menghargai nilai suatu produk.

salam one heart

39. siti_jenar - May 22, 2012

lebih lagi ditempat ane den,suzuki nex cukup 450rebu aja,opo tumon!!

40. Gareng - May 22, 2012

DPnya mungkin bikin ngiler….tp “CICILane” dijamin bikin klengerr…..

41. EXYBAND - May 22, 2012

hahaha..
thole jaos kegirangan…
kang iwan besok survey dealer yamha ya, terus nanya berapa DP buat minang MIo J, Fino, Soul GT, dll.
pengen tau komen jaos sama Thole…
wkwkkkk

42. a12g4p5 - May 22, 2012

Wah…mas iwan ki mesti liat2 tempat lain jg…lah yg DP 300rb di daerah jakarta timur banyak mas…bahkan tanpa DP pun bs bawa pulang motor…ni namanya tebar jaring pukat harimau :)

43. ninja250 - May 22, 2012

waduh,perlu gw photo yamaha vega r dp 400rb apa??..di dealer sumatra jaya ..paling dp buat mio J cuma 500rb..wkwkwkwk…thole pura2 bego..padahal dia sales yamaha yg lagi galau jualannya ga laku..

44. Rudy Sou1 - May 22, 2012

banyak lah yang begitu’hampir tiap hari pun dapat sms motor DP murah.

45. achmad sya'roni blog - May 22, 2012

sepertinya ada juga yang sampai DP<angsuran

46. Aditya O'Conner - May 22, 2012

Dp super gila ni bro..

47. Mercon C gak Mretelli - May 22, 2012

buset, honda aja segini,,, gimana yamaho ya

48. Hendra Super - May 22, 2012

ini kan bahas harga dari leasing yah???kenapa komentnya pada ke merk motor??

49. Mercon C gak Mretelli - May 22, 2012

katanya om jaos yang beli mottor merek “sampah” ini adalah sampah… kasian juga tuh orang susah payah nabung beli motor malah dikatain sampah, padahal cuma orang tertipu yang beli motor minim fitur,, wkwkwk
*kaboorr

50. mas wahyu - May 22, 2012

kasihan yg ngambil,pasti repot belakangnya

51. Zahid Fakhruddin 2 - May 22, 2012

walaa, di madiun diobral gede-gedean kang IWB, DP cuma 500rb doang !!! xixixi

52. ungeex - May 22, 2012

loooh jo kageet tho mazz…
woong nang madiun waee enek sing dp cuma 250ribu took kok…
motor dianter langsuung…

53. shinju2 - May 22, 2012

ane tahun kemaren aja masih sempet tebus vario dengan dp cuma Rp 300 rb jan edan tenan treus cicilan cuma 8ratusan. tapi menurut leasingnya dengan dp yang rendah akhirnya banyak konsumen yang melarikan motornya. untung pemerintah mengeluarkan undang-undang yang melindungi dari hal-hal yang kaya gini..

54. arc the land - May 22, 2012

mercon
wakakakaka……

55. Cah_Angon - May 22, 2012

semua dealer kayaknya seperti itu. ya anggap aja sewa motor :-)
kl mau ditarik kucing-kucingan ma penagih..

56. hazzu - May 22, 2012

Sebenernya melindungi konsumen dengan cara pencegahan… kalo gak siap bayar cicilan ya mending tunda dulu kredit motornya. Gak kuat bayar DP ya indikasi kesulitan bayar cicilan :)

57. peyek - May 22, 2012

lho,,, bukannya dulu juga ada DP 0 % dari harga jual…..???

58. whitesmilee - May 22, 2012

ada dp ninin 250 di tempat 500rb langsung bisa bawa pulang klo stock ada

eit tunggu dulu tp bayarnya sisanya cash ya wokwokwok :mrgreen:

59. Masterxeon - May 22, 2012

biasa aja kalo honda seperti itu …semua itu belajar dari yamaho lha si RAJA KRIDIT ….semua juga mengalami yang namanya mau beli motor yamaha pasti di paksa KRIDIT kan ???? kalo ngak KRIDIT ngak dapet motor kan ??? iklannya aja di TV sudah jelas RAJA KRIDIT ” dengan mas kawin yamaho mio di bayar KRIDIT :mrgreen:

nah sekarang untuk menegaskan si yamaho RAJA KRIDIT berikut rengekan petingginya ke mass media , katanya kalo ngak ada KRIDIT karyawannya mau di phk :D :

DP Kredit Naik, Penjualan Motor Anjlok 2 Juta Unit Lebih
Berdasarkan catatan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), target 8,6 juta unit tahun ini tidak akan tercapai bahkan bakal merosot tajam ke angka 6,3 juta unit atau turun sekitar 30 persen.

Hal itu diungkapkan oleh GM Promotion and Motorsport YMKI, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Eko Prabowo di Yamaha DDS Jakarta, Sabtu (5/5/2012).

“Kemarin AISI mengadakan rapat, kenaikan DP motor mengkoreksi target penjualan motor nasional. Kita memprediksi dari 8 juta unit lebih turun ke 6,3 juta unit atau turun sekitar 30 persen,” kata Eko.

Yamaha pun menyesalkan kebijakan tersebut dan meminta pemerintah meninjau kembali kebijakan tersebut sebelum diterapkan di Indonesia. Ia menilai angka penjualan motor nasional tahun ini akan mengalami penurunan drastis bahkan kurang dari torehan penjualan motor tahun lalu.

AISI sendiri seperti yang dijelaskan Eko sudah melayangkan surat kepada pihak pemerintah sekitar 1 bulan yang lalu untuk mengurungkan niat tersebut, namun hingga saat ini belum ada jawaban dari pemerintah.

“Ini kemunduran dari tahun lalu. Tindakan AISI sudah kirim surat peninjauan kembali. Surat 1 bulan yang lalu tapi belum ada tanggapan sampai sekarang,” papar Eko.

Saat ini lanjut Eko, produsen motor nasional pun ketar-ketir akibat kebijakan tersebut. Dampak terparah adalah karyawan yang bekerja di pabrik bisa menganggur akibat aktivitas pabrik yang tidak maksimal.

“Dampaknya cukup besar. Bisa mengurangi aktivitas karyawan, fendor komponen juga tidak tersuplai dan hal lainnya. Maka dari itu seharusnya kenaikan DP ini tidak harus terjadi,” tegas Eko

60. Masterxeon - May 22, 2012

^^^ Any Questiong Entong2 FBY ??? :mrgreen:

61. Masterxeon - May 22, 2012

tambahan lagi buat entong2 FBY :

“Lebih dari separuh pembelian sepeda motor dilakukan dengan uang muka kurang dari 20 persen,” kata General Manager Pemasaran dan Komunikasi PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Eko Prabowo, kepada Beritasatu.com, hari ini.

Dia mengatakan, penjualan motor Yamaha tahun ini akan tergerus lebih dari 30 persen dari target awal sebesar 3,6 juta unit. Selain terpangkasnya penjualan, kebijakan tersebut juga akan mematikan industri pendukungnya termasuk industri komponan.

Dampak lebih lanjut, lebih dari 300.000 pekerja Yamaha terancam pemutusan hubungan kerja (PHK). “Ini kan industri daru hulu ke hilir, tidak bisa dilihat hanya penjualannya saja yang terkena dampaknya,” kata Eko.

Kelihatan banget si yamaho sangat tergantung pada Kridit DP Rendah …..karyawannya sampe mau di PHK segala :mrgreen: …. mang Kridit DP Rendah jadi tulang punggung Yamaho :D …. ANY QUESTIONG ??

62. kampret .SH - May 22, 2012

ada yg IQ dewa, komen banyak :mrgreen:

63. Yanda - May 22, 2012

Lebih baik DP nya tinggi deh biar cicilannya kecil gk memberatkan, drpd DP kecil cicilan tinggi, GK Y gk H gk S dah pnh ditawarin dgn DP murah. bahkan diantara 3 pabrikan itu ada yg no DP. ada tmn kerja di leasing ternama, DP itu permainan marketing aja untuk mencari fee diluar salary yg mereka dptin, sbnrnya pun harga DP yg tertera “masih bisa di nego” loh, dulu masih jamannya mio sporty masih ajdi primadona skutik, DP nya minimal tuh 1,2, tapi setelah diksh tau bahwa klo dari leasing itu marketing pny minimum price tuk setiap varian mio cw DPnya 500rb berarti ada selisih 700rb, nah itulah yg akan jadi keuntungan si marketing dan teamnya, dan Vega R dlu ditawarin 750-900rb(minimum pricenya 300rb) ya pinter2 konsumen juga klo mau ambil motor cara kredit, sebisa mungkin nego algi harga Dpnya dari patokan brosur..apalagi klo mmg bnr juni byk marketing yg bakal ngejar2 konsumen.IMHO

64. jaos_one heart - May 22, 2012

Wow…biar ai kasi jelas yah.
Kalo apapun γάπĝ yamaka juelek atau sampah, maka berdasarkan logika ala fbhongkong, hendi dua kali lipatnya. That’Š why the true sampah is hendi. Please, don’t ask any questions nah. But think for yourself.

Salam one heart

65. Yanda - May 22, 2012

biasa aja kalo honda seperti itu …semua itu belajar dari yamaho lha si RAJA KRIDIT ….semua juga mengalami yang namanya mau beli motor yamaha pasti di paksa KRIDIT kan ???? kalo ngak KRIDIT ngak dapet motor kan ??? iklannya aja di TV sudah jelas RAJA KRIDIT ” dengan mas kawin yamaho mio di bayar KRIDIT :mrgreen:
======================================================

bukannya itu iklan TVC nya BAF selaku leasing resmi Yamaha…CMIIW

Kelihatan banget si yamaho sangat tergantung pada Kridit DP Rendah …..karyawannya sampe mau di PHK segala :mrgreen: …. mang Kridit DP Rendah jadi tulang punggung Yamaho :D …. ANY QUESTIONG ??

=====================================================

kayanya gk Yamaha aja gan yg memberi sistem DP rendah…pabrikan H, S dan Y juga semua sama,

66. overlap - May 22, 2012

11. bysoner
………..masyarakat nya konsumtif, akhir nya kita ga berfikir efisiensi fungsi dari kendaraan yg kita miliki…….
==================================
Setuju bro, ane nge kos di daerah kumuh di jakarta, orang2 yang tinggal di situ motornya bagus2 n masi kinclong (Tiger, Vixie, FU dll) motor ane (smash jyadul) jadi kelihatan cupu…

67. mariodevan - May 22, 2012

wow…kejar target mungkin kang…sebentar lagi kan DP minimum 20%

http://mariodevan.wordpress.com/2012/05/21/anggel-with-yamaha-soul-gt/

68. jaos_one heart - May 22, 2012

Hanya dengan DP 600ribu rupiah sampeyan sudah bisa membawa pulang satu Honda Spacy, Scoopy 800ribu serta Beat 850ribu. Mulai dari tipe bebek hingga skutik saingan tidak ada perbedaan. Revo Fit DP paling rendah 750ribu. Gendengnya…sales mengatakan, UM 2,5juta Vario 125 PGM FI satu hari langsung dikirim tanpa survei. Sebuah bentuk kekalutan leasing atas peraturan yang digelontorkan pemerintah?. Jelas brosis, mereka ingin menjaring sebanyak mungkin konsumen. Hal ini diakui oleh sales dealer…. ” Iya mz, digenjot sebelum Juni”…serunya. Kenapa??…
===
Wow, sangat jelas dan vulgar…Any questions? No questions? Good, u pintar krn tau ini gǟƙ perlu dibantah lg.

Salam one heart

69. briptu - May 22, 2012

wew

70. sugiedane - May 22, 2012

wakakakaka 600 rebu ini yang bikin jalanan maceet :D
otak bisnis : andai kata gaji gw kira2 3-4jtaan yang 2.4jt gw jadiin dp buat ngambil tuh motor dapet 4 biji, gw sewain buat ngojek setoran sehari 20-30an rebu buat ngangsur tuh motor kurang lebih 2 tahunan lunas tuh motor :D, itu baru bulan pertama bulan berikutnya nambah lagi 4 biji motor dalam 1th jika berjalan terus bisa ngebeli 48 biji motor………………………..kayak ternak :D

71. briptu - May 22, 2012

yang mau beli motor sekarang aza…dp naik juni

72. k!ng_julien.. - May 22, 2012

di kunciran srpong,ada jupi mX dp600ribu bisa “nego”..
masi tuh di pajang mpe sekarang di depan indomaret..
segitunya perjuangan penjualnya..

73. k!ng_julien.. - May 22, 2012

70. sugiedane – Mei 22, 2012

wakakakaka 600 rebu ini yang bikin jalanan maceet :D
otak bisnis : andai kata gaji gw kira2 3-4jtaan yang 2.4jt gw jadiin dp buat ngambil tuh motor dapet 4 biji, gw sewain buat ngojek setoran sehari 20-30an rebu buat ngangsur tuh motor kurang lebih 2 tahunan lunas tuh motor :D , itu baru bulan pertama bulan berikutnya nambah lagi 4 biji motor dalam 1th jika berjalan terus bisa ngebeli 48 biji motor………………………..kayak ternak :D
————————————————————————
pajak progresipe bonyok kang..

74. briptu - May 22, 2012

jongos..yamaho juga sampah berarti..tuh liat yamaho sama sales2nya jualan panasan di emperan2 supermarket…tawar aja dpnya juga bisa

ga percaya..tanya aja thole

75. Arday - May 22, 2012

tambah macet nih JKT!!!

76. toro - May 22, 2012

Bukan cuma DP yang bisa ditawar, cicilan per bulan pun juga bisa ditawar, bisa turun 50rbuan , lumayan kalikan berapa tahun angsuran.

77. harisxyz - May 22, 2012
78. Kurma - May 22, 2012

waahhh.. gpp 600ribu, angsurannya gimana? trus bln angsurannya brp lama? ntar bisa dpnya, eh angsurannya malah nunggak. ngambil motor dp murah bisa bayar awal nah giliran perbulannya stop.. nambah banyak motor secon di Indonesia. Finance mesti ngambil motor yang nunggak pembayarannya.

79. sapida - May 22, 2012

Nantinya ada skema kayak gini….

uang muka 2,5 juta tapi kemudian 6 bulan gratis cicilan…… Kwkekeke….

Ato uang muka 2,5 juta tapi juga boleh dicicil……. Hohohoho…..

80. Masterxeon - May 22, 2012

lihat si yamaho saking sangat tergantungnya sama DP rendah sampe2 merengek demikian :

Dampak lebih lanjut, lebih dari 300.000 pekerja Yamaha terancam pemutusan hubungan kerja (PHK). “Ini kan industri daru hulu ke hilir, tidak bisa dilihat hanya penjualannya saja yang terkena dampaknya,” kata Eko.

wkwkwk … si Raja KRIDIT …. udah jadi rahasia umum dari dulu kalo orang mau beli yamaho di paksa kridit :mrgreen:

kasihan si yamaho even DP minimum belum di berlakukan jualannya retail ke konsumennya udah merosot jauh paling mentok 175.000 /bulan …apalagi DP minimum di berlakukan makin kelelep :mrgreen:

81. peyek - May 22, 2012

74. briptu – Mei 22, 2012

jongos..yamaho juga sampah berarti..tuh liat yamaho sama sales2nya jualan panasan di emperan2 supermarket…tawar aja dpnya juga bisa
============================
sama aja om,, Honda juga kayak gitu,,, ntar deh tak potoin kalo om pengen bukti,,,,, ;)

82. freddy_one - May 22, 2012

jangan bilang kalo yang bayar dp rendah trus dikatakan kere…noway, pengalaman hidupku; aku selalu kredit dengan dp paling murah; dan kulunasi dalam 1 tahun…. daripada dp 5juta dicicil 3 taon…kayak beli vixson contohnya…

83. briptu - May 22, 2012

Dampak lebih lanjut, lebih dari 300.000 pekerja Yamaha terancam pemutusan hubungan kerja (PHK). “Ini kan industri daru hulu ke hilir, tidak bisa dilihat hanya penjualannya saja yang terkena dampaknya,” kata Eko.

===============================

nobitol deg deg an banget nih

84. budaxleasing - May 22, 2012

didaerah ane dg modal 1jt+KTP+KK buat motor yg ready stock bisa langsung di gondol pulang kagax pke d anter sama survey..

85. Hendra Super - May 22, 2012

klo mau yang agak adem..coba deh kredit syariah..jauh lebih kecil…ane dah kalkulasi antara leasing cekek kantong dengan leasing syariah..jauh bro bedanya.. klo ane bilang leasing itu kaya lintah darat bukan sih?????habis bunganya bisa setinggi gunung salak…

86. Ari CX Rider - May 22, 2012

weleh,, ntar coba cek ah di daerah semarang :D

http://areeya2.wordpress.com/2012/05/22/gak-nyangka-bangeeettttt/

87. Hendra Super - May 22, 2012

kalo mau cicilan yang ringan, sebaiknya mengambil uang muka yang besar. Ingat!!!!, semakin besar uang muka, semakin kecil cicilannya saya pikir ini lebih bagus…semakin lama ngambil bulanan semakin untung leasingnya..contoh supra x 125 dengan harga 15,6juta bisa kelar jadi 20 jutaan itu yang 23 bulan…edaaaaan…bener2 gila….apa lagi yang 3 thn..

88. penikmat otomotif - May 22, 2012

yaaaa klo gini kelihatan yang bodoh sapa?? xixixixixixii konsumen banyak produsen juga banyak rata-rata tiap perusahaan juga menerapakan rumusan seperti itu. hitung-hitungan udah dikalkulasi..;

nikmatin aja..

89. hi hi hi - May 22, 2012

kredit will kill you, mending cari seken kalo duitnya kurang, atau nabung duluan, gw dulu biasa riwa riwi dg motor umur 10th an.
sebenernya kenaikan kredit ini menguntungkan pedege motor seken.

90. fafa - May 22, 2012

mONTOR honda ORA payu mangkane di OBRAL

91. manSar - May 22, 2012

mungkin penjualan montor2 bulan april-mei akan mengalami trend kenaikan yg lumayan signifikan akibat obral2 dari dealer2, bulan selanjutnya akan meluncur lumayan tajam penurunannya.. CMIIW

92. Yellowwwww - May 22, 2012

uhm, meski DP dinaikin, tetep dah Honda yang jadi Juara Motor…secara dilihat dari kualitas yang ok banget dan harga purna jual yang memuaskan, konsumen juga akan terpuaskan….
:-)
Honda forever

93. Mareline - May 22, 2012

Ga kaget kang iwb
Di t4 gue DP nya mlh Rp. 0 jg bnyk..tuh brosur penawarannya mpe numpuk drumah..

94. budi - May 22, 2012

saya aja cuma ngasi 200rb pada 28 feb 2008 motor langsng keluar pas besok harinya mas iwan… tapi alhamdulillah tahun 2010 sdh lunas (motornya revo 100cc CW) bahkan tanpa dp pun masih ada jika mau ngubek2 setiap dealer or pameran2 kecil

95. stealth - May 22, 2012

mas IWB maaf oot! saya baca di vivanews.com honda sukses membuat pesawat dan telah mengujinya!! Tolong buatkan artikelnya ya trims mas…

96. no - May 22, 2012

@yeloww

yakin klo honda tanpa kredit bisa banyak jualan?

coba saja survei, berapa persen antara kredit dan kontan,
gw yakin 10% kontan, 90% kredit.

jika 1juta jualan honda dari perbandingan diatas,
berarti jika honda ga ada kredit berarti jualan cuma 100rebu unit..

lah wong rata rata pembeli motor di mari itu kredit..

yakin honda laku klo kredit dihapuskan/dihilangkan..?

tanya saja dari 10 temanmu pemilik motor honda, yakin ane bilang semua kredit, wong tetangga ane yg kaya saja juga kredit..(beli kontan ga dilayani)

xixixi

97. EXYBAND - May 22, 2012

ditunggu brosurnya yamaha ya kang..
xixixiii…
pengen denger komennya jaos, thole, cs.
xixiiiii

98. Masterxeon - May 22, 2012

^^^ jangan lha , kasihan ….udah jualanya makin mengkerut …di tambah lagi dibuka aib DP ( lihat di iklan TV aja mio J yang baru udah ada subsidi DP :D) … biarlah honda di jelek2an toh honda walaupun turun tapi ngak sehancur yamaho :D

tapi tenang aja honda vario125 yang masuk segement kelas atas jualan bisa sampe 80 ribu/bulan ……. yang beli menggunakan dp 20% sangat kecil sekali …. di dominasi cash …. sisanya DP 40-60%…… dan yang pastinya profitnya gemuk.

99. sapida - May 22, 2012

fakta tentang kredit…..
Yang ngasih kredit adalah perusahaan leasing yg gag ada sangkut pautnya scr langsung dgn atpm….. itu artinya kita beli maka atpm telah menerima lunas…. So… Bila ada di delear tertentu gag boleh kontan maka leasing menghitung ni motor laku banget tapi barang dikit… So turun dealer langsung diduitin sama dia….
Kalo dp murah… Leasing menghitung ni motor stoknya banyak ato estimasi laku di daerah tsb kurang….
Jadi kalo masih tengkar masalah merk dihubungkan kredit… Sama aja bodoh… La yg pegang strategi kredit kan leasing (dgn strategi pemasaran yg bisa beda di dua dealer satu kota)… Bahkan ada leasing yg sebar sales di dua merk…. Atpm cma ketawa barang laku… Gag usah bayar sales…..

100. RS - May 22, 2012

cara paling mudah mengetahui banyak yang terkena Kredit Macet lihat harga jual kembali dari motor2 terutama motor yang tahunnya masih2 baru ….nah motor merk apa tuh yang harganya paling jatuh ??? :mrgreen:

101. Pulau Tidung-aja - May 22, 2012

Banyak kok yang gak ke angsur, trus orang lain yang nerusin dengan cuma mengembalikan uang DPnya kepada si pengeridit.

102. Roy Gracie - May 22, 2012

@RS

Suzuki, Kawasaki, TVS, Minerva, Bajaj, Viar, Kaisar, Happy, selain dari Honda dan Yamaha

:D

103. Abdi suhamdi - May 22, 2012

Laris manis.

104. thole - May 22, 2012

ditunggu artikel kredit murah dr yamaha, hahaha

yg dr dlu gak terima pabrikan sesembahannya pake strategi DP murah/ dp 0 kan fbh bersama kroco-kroconya , gue tanya, gak ada hujan gak ada yg request pagi2 muncul artikel dp rendah sample nya pabrikan hondut, gue tanya si sales fbh bersama kroco-kroconya panas kuping gak? wkwkwkwk

kmrn yg bilang yamaho kebakaran jenggot dagangan kaga laku, pake judi togel 1milyar, biar cepet laku, kaga malu tuh ama artikel diatas, ternyata si hondut juga sami mawon toh? sok2an sih, dagangan paling laku lah, wkwkwk

105. Pembaca Setia - May 22, 2012

Bagusan DPnya naik mas

Coba Pikir deh…
Ambil Motor 1 bulan di tarik, Penyebabnya Apa ?

ya.. itu dia…. daripada beli suku cadang, mending beli motor dengan kredit.. Dp cuma 600rb-800 rb, trus tu motor di bongkar dan di kembalikan lagi sm leasing. yang akhirnya kenak, ya… leaing tersebut dan yang paling parah Surveyornya harus nombok sampai angsuran ke 3 atau milih di SP3 kan

106. andinugrahalooksfor - May 22, 2012

Rp.0 malah ada mas iwan….
yang penting jumlah total pencairan dari leasing memenuhi margin keuntungan/laba…kalo pake dp…ya makin berlipat total pencairannya…terdiri dari
– DP dari konsumen
-Refund bunga
-Refund asuransi
-kadang dealernya nambah2in provisi segala….

107. satria biru - May 22, 2012

wah udah kayak cuci gudang aja nih honda….

108. dermawancarter - May 22, 2012

hemm

109. frontdiskbrake - May 22, 2012

imho, menurutku bagusan tak ada leasing,
disamping tidak mengajarkan utk hidup konsumtif, jalanan juga tidak macet,
dan kemungkinan besar harga janda motor stabil.
Jadi kalo belum punya cukup uang utk beli baru, ya beli janda.
Alhamdulillah, beberapa kali beli motor, baik 2nd ato baru, belum pernah kredit.

110. namharira - May 22, 2012

24. kangkunk – Mei 22, 2012

disinyalir byk yg ga byr cicilan
pertama jd anggap aj sewa
motor br 2 bln, mtr di tarik lg ga
masalah. yg penting dah nyobain
mtr baru… nah lho..

bener bro, hampir semua begitu, malah onderdilnya di oplos sebelum ditarik delaer

111. peyek - May 22, 2012

kayaknya yang narik leasing deh… bukan dealer…..

112. beckham - May 22, 2012

Sekedar info aja bro..
Contoh dp beat cw 1850.
Dp emank gede.
Tp diskonnya max kalau honda beat kredit via adira 1720.000 (tiap leasing ptongan beraneka ragam)
Jadi kalau mau beat cukup kasih 130.000 sudah dapat!
Dengan catatan ente kenal sm yg punya dealer..
Kebetulan sy kenal bbrp pemilik dealer motor.
Jadi klo kalian kredit dpt potongan 1jt. Dealernya masih dpt 720rb

Itu diatas contoh.. Yg punya dealer jngn marah ya wkwk

Friendship can kongkalikong anything, cmiiw

113. ipanase - May 22, 2012
114. jaos_one heart - May 22, 2012

Ya,kesimpulannya krn buanyaknya produksi hendi γάπĝ blm laku maka dp rendah adalah cara cepat pembuangan sampah2 ini ke konsumen2. So kagak beda dgn undian togel 1M. Hmmm…masuk akal jg.

Sebenarnya ada 1 lg cara jitu hendi dlm distribusi sampah2 td, tp next time aja ai kasitau, ntar oot pula, kan kagak baek.

Salam one heart

115. peyek - May 22, 2012

sombong kali kau bah.. yang bilang suatu produk itu sampah….
macam udah bisa bikin motor aja kau..!!
masih banyak rakyat negara ini yang masih susah beli motor….!!
dasar bujanginam nya kau bah….!!

116. phat-phat - May 22, 2012

ane jg kmaren liat brosur… edann… Dp honda absolut repo fit cuma 100rb saja…. gokil gak tuh

117. wilwil - May 22, 2012

99. sapida
——————————————————————————-

betul gan. klo ada yang kompalin berarti tidak tahu seluk beluk kredit

118. just_ride_it - May 22, 2012

DP 500 rb…..dijamin enak setar ga enak setor………

119. Sinna Mara - May 22, 2012

pantesan laku jualannya………iwak peyek

120. SNTBT - May 22, 2012

115. peyek – Mei 22, 2012
sombong kali kau bah.. yang bilang suatu produk itu sampah….
macam udah bisa bikin motor aja kau..!!
masih banyak rakyat negara ini yang masih susah beli motor….!!
dasar bujanginam nya kau bah….!!

———————————————————————————-
sabar bro, maklumin aja bro, dia itu kan orang cerdas, jd motor dengan value yg bagus pun dibilang sampah

121. RS - May 22, 2012

mau ngomong apa pun faktanya dengan adanya kebijakan DP ini …pabrikan yamaha makin kelelep …tuh udah ada buktinya : si GMnya sudah merengek2 ketakutan sampai ngancem2 PHK segala …kan kasihan nasib karyawannya , apalagi nasib vendor digitalnya si jaos en the ganks … udah di bayar murah eh di phk pula wekekekek

122. SNTBT - May 22, 2012

121. RS – Mei 22, 2012
mau ngomong apa pun faktanya dengan adanya kebijakan DP ini …pabrikan yamaha makin kelelep …tuh udah ada buktinya : si GMnya sudah merengek2 ketakutan sampai ngancem2 PHK segala …kan kasihan nasib karyawannya , apalagi nasib vendor digitalnya si jaos en the ganks … udah di bayar murah eh di phk pula wekekekek

———————————————————————————–
wkwkkkkwk… udah capek2 mantengin blog tiap hari buat BC produk sebelah, ehh ujung2nya malah di PHK sama yamaho. wkwkkwkk…

123. asshidayat - May 22, 2012

bahkan ada yang tanpa uang muka sekalipun mas Iwan..

124. tovavanjava - May 22, 2012
125. ngganden - May 22, 2012

Bukan sok Mampu…emang idealnya untuk motor kisaran 15 jeti DP di rentang 2,5 – 3 jutaan..biar angsuranya ga kegedean..kalo dp segini mah Ngeri angsuranya…IMHO lho ya?!

126. AUTOMOTIVE CONCEPT DESIGN - May 22, 2012

BUKANNYA TERKADANG MALAH ADA YANG DITULIS DP 500 REBU BAWA PULANG MOTOR?

127. erlangga - May 22, 2012

Sama juga bos di Malang yamaha malah memberlakukan cicilan baru dimulai dibulan ke 4.
DP vega ZR 800rb, cicilan pertama mulai di bulan ke empat baru bayar, opo gak tambah gendeng

128. Roy Gracie - May 22, 2012

121. RS – Mei 22, 2012

mau ngomong apa pun faktanya dengan adanya kebijakan DP ini …pabrikan yamaha makin kelelep …tuh udah ada buktinya : si GMnya sudah merengek2 ketakutan sampai ngancem2 PHK segala …kan kasihan nasib karyawannya , apalagi nasib vendor digitalnya si jaos en the ganks … udah di bayar murah eh di phk pula wekekekek
——————————————————————————-
No Pic = Hoax

129. jaos_one heart - May 22, 2012

Wow…bye bye sampah.

Salam one heart

130. Tari - May 22, 2012

Kebijakan pemerintah memang akan berdampak pada ATPM, leasing maupun konsumen. Namun tergantung bagaimana kita menyikapinya secara positif.

131. RS - May 22, 2012

kasihan si operator helpdesk vendor digital , sampe speechless …. dah tak kasih beritanya supaya kalian bisa baca2 :D …moga2 bisa persiapan cari kerjaan lain yang lebih manusiawi ….masa udah di bayar murah , tiap hari tanpa libur /tiap jam pantengin blog Bikin BC kemana2 tapi akhirnya di phk juga … :mrgreen:

nih beritanya ada di viva news:

Kenaikan DP, Honda Paling Siap dari Yamaha
Didukung model bisnis yang terintegrasi mulai dari perakitan, pembiayaan, hingga dealer-dealer yang sudah disiapkan.

Rencana pemerintah menaikan uang muka (down payment/DP) naik menjadi 20 persen dinilai akan menggerus penjualan sepeda motor di Indonesia.

Honda dinilai paling siap dibanding Yamaha.

“Lebih dari separuh pembelian sepeda motor dilakukan dengan uang muka kurang dari 20 persen,” kata General Manager Pemasaran dan Komunikasi PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Eko Prabowo, kepada Beritasatu.com, hari ini.

Dia mengatakan, penjualan motor Yamaha tahun ini akan tergerus lebih dari 30 persen dari target awal sebesar 3,6 juta unit. Selain terpangkasnya penjualan, kebijakan tersebut juga akan mematikan industri pendukungnya termasuk industri komponan.

Dampak lebih lanjut, lebih dari 300.000 pekerja Yamaha terancam pemutusan hubungan kerja (PHK). “Ini kan industri daru hulu ke hilir, tidak bisa dilihat hanya penjualannya saja yang terkena dampaknya,” kata Eko.

Sementara Astra Honda Motor (AHM), pernah menyatakan, sekitar 75 persen-80 persen pembelian Honda melalui kredit. Aturan kenaikan tersebut bisa menekan angka penjualan cukup signifikan.

Riset Mandiri Sekuritas yang diterbitkan, hari ini menyatakan, Honda dinilai lebih siap menghadapi kebijakan tersebut. Bahkan kelompok usaha Astra tersebut bisa meningkatkan pangsa pasarnya di Tanah Air menjadi 56 persen hingga akhir 2012, dibanding 53 persen pada 2011.

Kenaikan pangsa pasar Honda didukung model bisnis yang terintegrasi mulai dari perakitan, pembiayaan, hingga dealer-dealer yang sudah disiapkan untuk menghadapi skenario terburuk.

Apalagi Federal International Finance (FIF), perusahaan pembiayaan grup Astra memiliki unit syariah. Sebagai gambaran, aturan LTV mengecualikan batas rasio agunan 70 persen pada sektor syariah.

Riset tersebut juga menyatakan, Honda dinilai siap untuk mengahdapi skenario terburuk. Selain didukung kuat dari induk usahanya, Astra International, Honda juga memiliki produk yang sangat inovatif yakni 27 model dibanding Yamaha yang hanya memiliki 13 model.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), pada periode Januari-Maret 2012 penjualan motor mencapai 1.931.677 unit, turun dari periode yang sama tahun 2011 sebesar 1.985.800 unit.

Rincian penjualan Januari-Maret 2012 per merek

Honda : 1.063.695
Yamaha : 709.388
Suzuki : 127.061
Kawasaki : 28.603
TVS : 2.930

132. banjar - May 22, 2012

sadis semua oi komenna..

133. jaos_one heart - May 22, 2012

Buka tuh tabloid kontan, lihat pic.sampah apa γάπĝ ditaroh?
Leasing pada bertahap naikkin dp, eh γάπĝ di artikel ini malah penjerumus…

@115peyek
Wow…gǟƙ perlu u sok sosial kalo komen ke ai. Pake otak baca komen ai.

Salam one heart

134. jaos_one heart - May 22, 2012

For your info..
FIF berencana mengalihkan pembiayaan ke kredit elektronik dan memperbesar area ini. Bhkn kalo perlu pengalihan sdm bila permintaan kredit mtr turun signifikan.

So? Jgn ngibul soal siapa γάπĝ siap. Semua udah siap2 koq. Ahahem aja ikut teriak.

Bye bye sampah

Salam one heart

135.   - May 22, 2012

Jiaaahhh…. ini nih biang kredit macet.

136. Sukhoi - May 22, 2012

jaos otaknya sampah

koar-koar ga jelas juntrungannya

137. jaos_one heart - May 22, 2012

Make logika para tkg tipu di atas,maka semua di sini adalah operator helepdesek digital bla bla bla..

Bye bye sampah
Salam one heart

138. Armand Sitanggang - May 22, 2012
139. u2 byzon - May 22, 2012

41.EXYBAND
dealer yamaha dibandung selatan, dah naikin dp jadi 25% brow.hamp[ura jang geus naek, ckckckckk

140. commentator coplax - May 22, 2012

lebih baik penjualan nyungsep dari pada obral dp.

141. white vario - May 22, 2012

masih mending mas iwan dp 600 ribu, 3 bulan lalu om gw beli beat sama cbr kredit beat tanpa dp sepeser pun,ambil jangka 33 bulan ,tapi tetep di survey dulu,abis survey 3 hari langsung dikirim barangnya
Yang cbr 250 milih dp tertinggi jangka waktu 11 bulan biar bunganya ga terlalu mencekik,langsung hari itu juga dikirim

142. white vario - May 22, 2012

masih mending mas iwan dp 600 ribu, 3 bulan lalu om gw beli beat sama cbr, kredit beat tanpa dp sepeser pun,ambil jangka 33 bulan ,tapi tetep di survey dulu,abis survey 3 hari langsung dikirim barangnya
Yang cbr 250 milih dp tertinggi jangka waktu 11 bulan biar bunganya ga terlalu mencekik,langsung hari itu juga dikirim

143. yellowduck - May 22, 2012

katanya maz tri komen fby tu smart, beda sama fbh yang ga smart..
tapi disini liat komen fby koq ga lebih enak dari bau sampah ya…
tanya kenapa???

144. ipunk - May 22, 2012

FBY pada tertawa ngeliat artikel ini! hahahaha…. pda keliatan aslinya!…. yg jdi pertanyaan kenapa cma poto cicilan merk Honda yg ditampilin ko Yamaha engga?… setau ane ni Gan tu smua permainan leasing!… Yamaha jga sma aja make cara yg sama bwt narik konsumen!… malah ga cukup itu Gan, malah Yamaha bsa dpet undian 1 milyar n HP BB LCD TV n lain” lagi dah!… klo artikel kaya gini cma dianggap BC ma FBH, klo bwt FBY ni serangan menarik!… klo bikin artikel cma untuk menarik komen n pngunjung Blog makin banyak cara BC gni yg bagus Gan Tpi apa bakalan bertahan lama lantaran artikel ente dianggap BC ma salah satu pihak?… kasih data yg objektif Gan biar gda yg dirugikan!….

145. briptu - May 22, 2012

yellowduck – Mei 22, 2012

katanya maz tri komen fby tu smart, beda sama fbh yang ga smart..
tapi disini liat komen fby koq ga lebih enak dari bau sampah ya…
tanya kenapa???

==================

smart??

:lol: :lol:

146. jofrin - May 22, 2012

wah yg kayak gini gak usah heran….mo beli motor ya saat ini plg cocok….semua merek en leasing ngelakuin…nanti kalo ditampilin semua merek FB2 diem seribu bahasa….ayo ayo dimari sebelum bulan depan dp jadi minimal 30%…..untung KPR uda disetujui awal bulan wkwkwkwkw

147. ●○ qwerty ○● - May 22, 2012

diobral tanpa dp, kerjaan si itu tuh..

148. kaka - May 22, 2012

ya elah nih sales2x yamaho ga bisa jualan malah curhat disini…

149. Mercon C gak Mretelli - May 23, 2012

bukannya yamaka itu motor togel ya? kasian tu orang beli motor diiming imingi duit 2 M, yang dapet sih seneng, yang gak dapet, motornya ditarik leasing pun dengan senang hati, wkwkwkwk :mrgreen:

Apalagi yamaka kan motornya “Wajib Kredit” :lol:

150. tawassou bil Haq - May 23, 2012

dalam islam
Bunga = Riba = Berzina dengan ibu kandung sendiri = Haram = Ditantang perang oleh Allah SWT dan RasulNya.

151. andi sbm-pwr - May 23, 2012

BAGI ANE KREDIT DP RENDAH TDK BEGITU PENGARUH BAGI KONSUMEN,SOALNYA DIDAERAHKU KONSUMEN LEBIH MEMILIH ANGSURAN RINGAN.BISA NEGO LAGI ANGSURANNYA MESKI DENGAN DP.MINUIMAL 1.5 JT AJA,TINGGAL NAMBAH SUBSDI DARI DEALER YA ITU KESANNYA MURAH ANGSURANNYA.HE HE HE…????bravo…yamaha-rojeer…?

152. I L E M - May 23, 2012

Beli motor bro bukan beli hape, leasing juga pastinya akan kocar kacir sebelum akhirnya benar-benar kebijakan DP 25-30% itu ketok palu, sekarang nyari dulu konsumen yang ingin belli motor, tapi harga motor di Jawa pastinya lebih murah dengan harga motor yang ada di Kalimantan (mahal beuddd)…….

:-( :-( :-(

153. Jhon Speed - May 23, 2012

SMoga bisa dapat Setingan minmal DP yg pas..

154. e4dan - July 9, 2012

tak ajari,ayo jekoq motor seng akeh,trus gadekke wae,trus kaburrrrrrrrr….wkwkwkwk

155. agel nikita vitha - December 12, 2012

dimana bisa ambil dp motor segitu ..?
aku mauambil satu

156. PA.ANWAR - August 16, 2013

NAMA SAYA PA,ANWAR, SAYA HANYA INGIN BERBAGI CERITAH DENGAN KALIAN,PENGGILAH TOGEL, AWALNYA ITU SAYA HANYA KULIT BAGUNANG, ANAK SAYA DUA,ISTRI HANYA PENJUAL NASI BUKUS, EKONOMI KAMI SANGAT PAS-PASAN, HUTAN TAMBAH MENUMPUK, ANAK SAYA JUGA MAU BIAYA SEKOLAH, SAYA AKHIRNYA ADA TEMAN LANSUNG KASIH NOMOR HP MBAH SIGIT KATANYA DIA BISA MEMBANTU ORANG SUSAH JADI SAYA LANSUNG HBU MBAH SIGIT DAN MENCERITAKAN SEMUANYA,TENTENG KELUARGA KAMI AKHIRNYA DI KASIH ANGKA GAIB [4D ,8009] TEMBUS,DENGAN ADANYA MBAH SIGIT ,SAYA SEKELUARGA BERSUKUR SEMUA UTANG SAYA LUNAS BAHKAN SEKARANG SAYA SUDAH BUKA USAHA SILAHKAN ANDA BUKTIKAN. SENDIRI, INSYA ALLAH ANDA TIDAK AKAN KECEWA BAGI YANG BERMINAT HUB MBAH SIGIT DI NOMOR INI ; 0853 2290 3889 TERIMAH KASIH.

157. ian - October 22, 2013

Ah masa.. skrng DP nya mahal2 ga ada tuh yg DP di bwh 1jt.. kalo ia ada… ane Ian dari BDG… serius sangat berminat banget.. KRIDIT motor dengan DP di bwh 1jt. serius Boleh hub sy: 085315331922. tksh

158. gemblong.gunung pati - September 5, 2014

kalau ada info dp mtr vega 2004 .hubungi
089627342045

159. gemblong.gunung pati - September 5, 2014

kalau ad info kredit mtr vega

jupiter z - October 27, 2014

Jare aku siji ndang diterne omah ku

160. pinjaman uang jaminan bpkb motor - December 11, 2014

OK ARTIKELNYA GAN



%d bloggers like this: