Gendeng…maling makin canggih!!! satu Byson kembali melayang….

183
52

Warning nih buat para penunggang sikebo…serta biker motor lain. Baru kemarin IWB membuka email dan lumayan terkejut atas penuturan bro kita….Krishna Nugraha yang kehilangan Byson kesayangan pada tanggal 7 April lalu. Bukan karena kejadian hilangnya sikuda besi…namun bagaimana modus operandi yang semakin canggih dan misterius….

Atas email yang doi kirim, kita sekarang kudu ekstra waspada. Kenapa?? jebule gembok pada cakram kini bukan jaminan. Terbukti kebo bro Krishna tetap raih digondol maling. Berikut kutipan surel yang dikirim doi keIWB….

Halo mas Iwan,
Masih ingat dengan email pertama saya tentang modifikasi si kebo? Kali ini saya ingin bertanya bagaimana cara mengamankan motor yang baik dan benar sebab kemarin malam kebo saya baru kemalingan sekitar pukul 20.00 WIB 7 April. Kebo saya tinggalkan di depan kos dalam keadaan stang terkunci dan disk brake digembok dengan gembok anti gergaji. Namun dalam kurun waktu satu jam saja si kebo sudah raib tanpa jejak. Kiranya mas Iwan bisa kasih tips trik nya dan kejadian ini bisa jadi pelajaran bagi kita semua untuk dapat mengamankan kendaraan kesayangan lebih baik lagi. Jika mas Iwan tidak keberatan mungkin bisa di pasang di Blog mas Iwan data si kebo dengan nomor polisi B 3295 SDM dan nomor mesin 45P084825 berikut dengan gambar dilampirkan. Walaupun sudah diasuransikan masih besar harapan saya untuk siapa saja dapat menemukan si kebo karena udah terlanjur sayang.
Sekian email saya, terimakasih untuk bantuannya mas.

Fakta yang cukup mengejutkan mzbro. Dari keterangan bro Krishna, gembok yang diikatkan pada cakram sikebo kesayangan bukanlah kualitas abal-abal. Hal ini dibenarkan oleh siempu bahwa gembok berbahan baja anti gergaji. Jika benar apa yang apa yang diungkapkan, dipastikan para biker seperti kita bakal menepuk jidat berkali-kali. Lha piye ora…wis dobel proteksi koq masih masih ditaklukkan ki piye. Duwe ilmu lampah lumpuh opo serat jiwa kali ya bro penjahate?? (halah…kakehan ngrungokne Saur Sepuh ki :mrgreen: ). Oke….untuk mengetahui modus operandi, mari kita menganalisa sama-sama atas bobolnya kebo bro Krishna…

Pertama, maling dipastikan sudah profesional. Artinya doi bisa jadi ahli kunci yang  mahir melakukan utak-atik gembok. Tapi…dugaan ini kurang kuat sebab menurut bro Krishna, dudukan rumah kunci tertinggal dilokasi yang artinya gembok dibuka secara paksa. Yang kedua…mungkin saja penjahat tersebut membawa gunting baja. Dalam beberapa kasus…gunting yang didesain untuk memotong baja ini cukup ampuh menghancurkan lembaran baja. Namun apakah iya…kait yang berbentuk tebal membulat bisa diputus?? selain itu alat ini biasanya berukuran besar dan berat yang dipastikan akan merepotkan jika ditenteng kemana-mana. Dugaan ini juga gugur dengan sendirinya….

Byson inilah yang hilang diembat paling (owner Krishna)

Yang ketiga…gembok baja gagal melakukan tugasnya. Maksudnya?? IWB pernah ngobrol dengan salah satu aparat polisi. Menurut beliau, material bagus kadangkala tidak menjamin kekuatan mekanisme didalamnya. Sebagai informasi, dengan memanaskan bagian lubang kunci….sering ditemui gembok jepret/membuka dengan sendirinya. Memang butuh keahlian serta akurasi suhu yang diinginkan. Tapi cara tersebut kerap dilakukan oleh para pencuri yang sudah mahir dan berpengalaman. Weleh…serem tenan kalau kayak gitu. Terus…kira-kira cara apa yang paling efektif untuk membuat maling keder?

Kalau menurut IWB, jalan terbaik dan sepertinya ampuh adalah pemasangan alarm. Bunyi raungan yang kencang akan membuat maling lari tunggang langgang. Opo ora kalut kalau motor yang baru akan dipegang sudah protes teriak-teriak. Pasti ciut nyali mzbro. So…kesimpulan terakhir, monggo lengkapi kunci stang…gembok cakram plus alarm. Wis….kalau tiga komponen tersebut sudah dipasang tetap bobol juga, kayaknya kita bisa kategorikan sipencuri masuk kategori siluman. Jian sakti mandraguna tenan :mrgreen: ……..

Apa yang menimpa sobat kita, bro Krishna patut dijadikan warning agar semua lebih waspada. Khususnya para pemilik Byson serta biker lain pada umumnya. Monggo hati-hati sebab penjahat selalu mengintai setiap saat. Dan,…buat brosis dimanapun sampeyan berada, mohon bantuan informasinya jika terindikasi Yamaha Byson dengan  nopol B 3295 SDM serta nomer mesin 45P084825 luntang-luntung disekitar area daerah. Dipastikan motor tersebut adalah hasil colongan dan hendaknya segera menghubungi kantor polisi terdekat atau bisa keIWB via surel agar langsung diteruskan kebro Krishna…...(iwb)

About these ads

183 COMMENTS

  1. Liat di fb 2 menit yg lalu lngsg tak pencet link nya eeh udah ada yg dpet pertmax
    Warng ni memang jos
    Wkwkwkwk

  2. harusnya absen dulu, baru baca…kentjang2 bener :mrgreen:
    Turut prihatin, maling makin nekat, jgn2 pakai cairan setan utk merontokkan logam…seremm

  3. turut sedh atas hlgny byson bro krisna
    emang yg lebh safety pasang alarm..stju ama pndapat mas iwan..
    gembok baja,selain masi bsa jebol..jg kurang praktis..n rawan malah ngrusak piringan cakram kalo kelupaan
    alarm juga bsa dbungkam,dngan cara mendkatkan magnet dngan sirine..namun stidakny ud berikhtiar..
    yg ampuh n murah menrt sy antara lain ad membuat kunci rahasia dngan memotong dr kabel yg aman sesuai spek motor
    untk mtor batangan,selain pasang alarm,bkin saklar rahasia,ato pasang gmbok..jika parkir d t4 rawan biasany sy copot busi juga..hehe..btw,sy jg pernah kcolongan megapro jg..so akhrny lbh ati2
    smg ktmu bysonnya..

  4. iya mas iwan pasang kunci rahasia aja d bawah bagasi..ato gunakan lampu sein sebagai saklar (maksudnya klo lampu sein gk dinyalain ke kiri ato ke kanan maka mesin gk mau nyala seperti mtr om ane mas) pasti kbingungan maling’a..

  5. iya pake saklar khusus/rahasia pemutus arus dibawah jok…
    tapi gimana ya kalo malingnya niat bawa mobil box trus motornya diangkat gitu…
    hadeh….

  6. Dipasang immoblizer mz yg bgs,klw cuman bunyi doank msh saja d colong tu oleh maling,klw mw lebh aman lg psng GPS terjamin mtr sampean klw ilang tw tu mtr dmn dan d cek oleh polisi utk lebih lanjut…

  7. @bro aditya corner
    oiya it jg bgus bro..kalo g salah ud ad immobilizer produkny brt ya bro?
    lbh safety tp y lbh mahal tntunya..hehe

  8. gemboknya 4 bro, pasti kesulitan, terus kebiasaan parkir harus pindah pindah, kalo motor gembokan di curi pasti uda di incer dari awal, paling aman sih cabut businya, di gembok, rantainpula ke pohon, pemasangan senalpot berisik itu juga perlu, gear di masukin ke posisi akhir, kalo bisa di ganti rotasi gearnya biar si maling binggung, dan yang paling aman, roda 2 di gembosin, terus kita bawa pompa sendiri,

  9. emang edan maling jaman sekarang, mio ane jga hilang d embat maling, walaupun disk brake sama setang dah di kunci kejadiannya hampir sama di tinggal di depan kosan…. sekarang tinggal buat surat kehilangan biar ga kena progresif…
    Turut berduka atas hilangnya tunggangan bro Khrisna

  10. Benar. Memang kita perlu waspada slama ini maling makin canggih. Tapi yg di omongin mas iwan ada benar nya. Bisa jadi emang maling skrg sakti soal nya banyak ilmu sulap dan hipnotis banyak di ajarkan. ini kejadian saya liat sendiri gembok yg di pasang cakram depan dan belakang terbuka dg gampang. Sbenar nya klo ngeliat maling pas di gebukin masa kasihan juga. Tpi kalo inget motor hilang jadi sewot apa lagi motor punya sendiri. Bayangin aja. Motor blom lunas kredit eh udah di gondol maling. Dah nyari duit nya ampe nyungsep2 lagi. Kejadian ini baru empat hari yg lalu. Tapi saya baca di artikel lain ada maling yg menggunakan cairan setan dg cara di teteskan. Besi sklas baja rontok. Waspada waspadalah!!!

  11. hm,
    selain alarm . . mungkin pasang sensor gps bisa jadi merupakan hal yang bagus untuk kasus ini, tapi bagusnya sensor tersebut tidak terhubung ke aki ( punya baterai sendiri, kalau bisa sensornya menggunakan baterai yang tahan seperti alk*line atau sejenisnya yang lebih tahan lebih lama lagi ) tapi saya belum nemu yang beginian, atau mungkin ada teman-teman yang tau tentang sensor yang seperti ini ? kalau adapun pasti harganya lumayan mahal 😀 .

    trus sensor tersebut ditanam di dalam kerangka/frame sepeda motor . . terus sediakan akses buka tutup tempat penanaman sensor gps ini biar bisa ganti baterai kalau habis . . atau sekalian tanam hp andr*id supaya bisa dilacak :mrgreen: ,
    hehe repot juga ya :mrgreen: , tapi sungguh mantap kalau ada yang seperti ini

    sekali lagi jika ada sensor gps yang seperti ini

  12. Ane g heran mas iwan..boleh percaya ato engga.. di kampus ane. ninja RR milik dosen yg selalu nangkring sepanjang malam.. raib.
    padahal ninin nya dah digembok ampe 4 gembok.!!.

    setelah di cek..ternyata..ci maling pake cairan kimia yang di suntikan ke lubang gembok,…

    ampuun….

  13. Itu gembok cuma satu sih, di sekitar ane pernah ninja 150 udah di gembok 3biji, tetep di oprek sama maling edan, untung masih satu yang belum kebuka gemboknya malingnya keburu ketahuan tapi lolos tuh maling… 😡 hati-hati juga maling jaman sekarang pada sadis membawa senjata.

  14. @ 5. zhe
    Saya sendiri yang punya warung aja juga bingung bro xixixi. Pada kenceng2 koneksi internetnya…
    * Misterius bro
    @ 11. Nurk
    Ini saya juga masih celingak-celinguk bro, belum pasang soale :mrgreen:
    @ 12. rony
    O gitu ya bro. Wah…keren share infonya. Baru tahu kalau alarm didekatin magnet jadi budeg
    @ 13. valen
    Bener…bisa dijadikan pertimbangan tuh. Yang punya kebo seperti saya juga ikut was was hehehe….
    @ 14. milky bo
    Modiarr kalau kayak gitu
    @ 18. cusk
    Oalah…koq rekoso tenan to bro
    @ 23. Kupret
    Cairan apa tuh bro. Baru dengar nih..
    @ 27. jiga Aki
    Weleh…maling sekarang dah kayak profesor yak. Tahu aja cairan yang bisa merontokkan kunci

    Administrator
  15. Cairan itu cuma air aki yg botolnya warna merah (H2SO4). Kalau besinya tebal, reaksinya juga lama. Mungkin malingnya dapat yg konsentrasinya lebih tinggi lagi.

  16. ditambahin tombol on-off pemutus arus juga mas iwan, insya allah sih lebih aman dan murah meriah. ya model klo kunci kontak dlm posisi ON tapi pemutus arus blm di on kan juga tuh motor gk akan bs nyala wlwpun distater mau tapi seperti kaya kehabisan bensin/aki soak, otomatis suara motor akan kedengeran . klo bs posisi saklar pemutus arusnya disembunyiin dibalik jok atau dimana lah…info tmn sih dia bwt sendiri cm modal skitar 15rban, terkecuali tuh maling bawa mobil pickup BOX dan lgsg angkut tuh mobil, btw turut berduka semoga ada hikmahnya bwt bro Krishna Nugraha

  17. dan harus lebih berhati-hati lagi klo sedang parkir malam dan tempat sepi… pernah denger malah ini lebih parah, motor sampe di angkut ke mobil box 😯

    ya akhirnya.. sempurnakan ikhtiar, setelah itu baru tawakal.. 😀

  18. Baca di otomotif edisi pertengahan maret 2012, SKS juga ga jamin aman mas. sekarang maling dah pake sejenis cairan yang bersifat asam kuat. saking kuatnya bisa ngelelehin besi dalam hitungan detik. salah satu zatnya kalo ga salah inget cairan yang biasa buat ngetes tingkat karat di emas. penutup lubang kunci meleleh/bolong, tinggal kunci letter t yang bekerja. 1 lagi, cairan ini ga di jual bebas, belinya mesti pake izin khusus.

  19. @Cecep,

    Asam sulfat,… bisa melelehkan besi emang. but kalo kata gw sih, motor jangan lama2 diluar. tetangga kemaren juga kehilangan si kebo, sore2 lg jam 5 an…. sama kasus nya. mending kalo dah nyampe rumah selang 15 menit masukin aja ke dalem…

  20. Banyak tuh sekarang orang yang kredit terus daripada di cabut leasing mendingan di jual terus laporan ke dealernya motor ilang….selese!!!!!!

  21. Pernah denger juga ada yg pake semprotan nitrogen cair, kayak yg ada di pilem 4fast 4furious buat nyolong gandengan truk tangki.
    Cuma denger” sih ga tau bener apa engga.

  22. 38. cecepgorbacep – April 10, 2012
    Baca di otomotif edisi pertengahan maret 2012, SKS juga ga jamin aman mas. sekarang maling dah pake sejenis cairan yang bersifat asam kuat. saking kuatnya bisa ngelelehin besi dalam hitungan detik. salah satu zatnya kalo ga salah inget cairan yang biasa buat ngetes tingkat karat di emas. penutup lubang kunci meleleh/bolong, tinggal kunci letter t yang bekerja. 1 lagi, cairan ini ga di jual bebas, belinya mesti pake izin khusus.
    ======================================================
    mantaf pencuri indonesia ada ijinnya sekarang, jadi ada lisensi mencopet, menjambret, mencuri dsb sesuai dgn keterampilannya, jadi musti ada kartu anggota dan pendaftarannya mudah cuma foto kopi ktp dan kk juga foto 3×4 wkwkwk

  23. hanya ada 1cara yg ampuh…copot salah satu roda…ato copot pedal perseneling . . hmm (repot juga) :-

  24. pake cairan kimia yang sekarang lagi ngetrend, langsung ngebuka tuh.soalnya bisa meremukan baja. kaya air liurnya alien di film kalo kena besi meleleh

  25. gampang bangetlah untuk mencegah itu semua,,,,, tinggal naek ojek aja,,,, pasti tuh motor si tukang ojek selalu dalam pengawasan si tukang ojek,,,,

Comments are closed.