Hindari cuci steam. Lho kenapa?…nih dia alasannya!

35
3108

Siapa tidak risih kalau lihat tunggangan bulukan dan dekil. Apalagi kalau sudah kena hujan didiamkan berhari-hari bakalan keringatan kalau cuci sendiri saking nempelnya kotoran. Solusi jitu dan simpel pasti kita langsung ketukang cuci steam. Selain mengirit tenaga, rasa pede akan kinclongnya tunggangan sudah membayang diangan-angan. Ditambah embel-embel “snow”…..busa berbentuk mirip salju yang dicipratin kebody motor kita makin membikin kita makin rajin melakukan cuci steam. Tapi tahukah brother bahwa cuci steam lebih banyak buruknya ketimbang positifnya…..

Motor didesain sedemikian rupa oleh pabrikan agar bisa dipakai dalam jangka waktu lama (long usage). Quality cotrol yang ketat serta berbagai pengujian sebelum suatu produk dilepas dipasaran. Khususnya menghadapi suhu ekstrim. Mulai dari musim panas hingga hujan. Lazimnya cat yang dipakai pabrikan merupakan cat kualitas nomor satu. Tapi tetap dianjurkan ketika tunggangan terkena hujan deras sebaiknya segera dibilas dengan air tawar biasa karena sifat air hujan yang mengandung asam. Lho terus apa hubungannya dengan cuci steam..?. Ternyata desain motor tidak dirancang tahan akan high pressure air dari steam. Pencucian motor menggunakan kompresor atau diesel ini memang menawarkan sesuatu yang beda dibanding dengan bilas biasa. Dijamin walau motor brothers ditempelin kotoran atau tanah liat kering sekalipun sekalinya disemprot dijamin langsung nyerah tuh kotoran. Daya lontar air yang begitu besar dengan mudah akan menghabisi kotoran yang menbandel bahkan ditempat sempit sekalipun. Tapi ternyata kelebihan dari cuci steam itulah yang menjadi kelemahan. Disinyalir akibat dari kuatnya semprotan air, bisa mengancam umur dari soket-soket kabel body. Padahal oleh pabrikan soket-soket tersebut ditempatkan tersembunyi hingga air hujan diharapkan tak akan mampu menjangkau. Namun tidak bagi air steam. Daya lontar air yang melebihi tingkat toleransi sangat gampang membanjiri soket-soket tersebut. So bisa ditebak…karat serta konsleting akan mengintai motor kita.

Sisi negatif lain, tanpa kita sadari kondisi motor ketika disteam seringkali dalam kondisi mesin masih panas. Ya iyalah paling nggak kita naik motor ketika menuju ketempat pencucian. Tercatat beberapa kali saya menjumpai kasus cat mesin motor ngletek akibat semprotan alat diesel tersebut. Suhu mesin belum dingin, langsung disemprot air bertekanan tinggi….seperti gelas panas langsung disiram air dingin. Cat yang sedang mengembang akibat suhu panas mesin dipaksa mengkerut secara drastis. Alhasil cat akan retak (secara mikro) dan bakal rontok jika dihajar dengan air bertekanan tinggi. Hal ini tidak akan terjadi secara langsung namun bertahap seiring berjalannya waktu. Yang terakhir adalah chemical yang digunakan para tukang steam. Kalau brother perhatikan mayoritas para tukang cuci steam menggunakan sabun colek bahkan Soklin untuk membersihkan mesin, pelek, sasis bawah guna merontokkan kotoran yang ada. Mereka lupa bahwa semua bagian-bagian tersebut juga terdiri dari cat-cat seperti bagian atas motor. Memang dengan mengaplikasikan sabun cuci akan memperingan pekerjaan mereka tanpa harus susah mengeluarkan tenaga. Namun penggunaan deterjent sangat tidak dianjurkan untuk membersihkan bagian apapun pada motor kita. Sifatnya yang keras bakal mengikis coating cat sehingga pelan tapi pasti bagian-bagian tersebut akan cepat buram kehilangan sinarnya. So dari semua itu ternyata mencuci motor ala tradisional lebih dianjurkan. Bilas air pakai gayung secara pelan serta seksama, diyakini tidak akan kalah bersih dengan cuci steam. Cat akan terjaga dan yang pasti interaksi batin kita dengan tunggangan akan makin kuat. Masih sayang sama tunggangan…?? kalau begitu ayo kita ambil ember dan gayung sama-sama. Yuk mariiiii…(iw/10/10/2010)

 

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
2

35 COMMENTS

  1. Sodokan terlalu kencang ternyata emang menyakitkan ya bro. Mendingan pelan dengan perasaan…pasti pasangan akan nikmatin jg (mtr maksudnya)

  2. Setuju Mas Bro..
    Dng cuci ndiri akan mempererat ikatan batin dgn motor, utamanya kita akn lebih tau detail motor n yg lebih penting kita dpat mengetahui kondisi pisik secara up date..
    Sperti kmarin sore saya nyuci sipa IJO, en nemuin karat pd batang skipsnya, langsung de tak bongkar skips ny utk di besikan krakny n batang ny sya cat BERGER(anti karat)..
    PISS..

  3. @ shumy27
    Nggak tahu bro..dapet dari mbah google soale
    @ cah japung
    Ide brilian. Btw nyuci setahun sekali? Dah kyk jadwal cuci keris dong bro..tiap malam suro hehehe…

  4. ah relatif juga, ga semurah itu koq pabrikan kasih cat tuk motor…lagian dirumah juga nyuci sendiri emang ga pake sabun ya…kl beli sampoo khusus keluar duit juga…(capeee dech….) sekedar artikel tuk pengetahuan dan opsi boleh lah….

  5. broo kt beli sampo aj uda 2000an tenaga kita …y mendigan kt kasih org 7000 ..broo
    lg pula skrng kan uda ad cuci salju lbh keliatan manjain kendarana kt deh.._^^_

  6. hari gini masih nyuci sendiri, pake gayung lagi… ga ada waktu bos… aplg jdwal kerja padat bgt.. mending bayar 7000 buat cuci motor seminggu sekali. itung-itung sodaqoh/……

  7. kalo steam mobil malah lebih parah… kap dibuka, langsung deh hajar disemprot tuh dalemnya…
    so, kalo masalah konsleting, cat ngletek dll… mau bilang gimana lagi? kan emang gitu caranya…
    kalo ga mau pada steam, bisa bangkrut tuh para pengusaha kecil…
    kasian loh, udah mah cari kerjaan susah

  8. dengan teknik yang tepat serta mengetahui SOP pencucian motor/mobil yang benar akan dipastikan terhindar dari hal-hal yang tidak diingikan seperti yang dijelaskan diatas.

  9. ya relatif bro bagi ane cuci sendiri sama sama ngeluarin duit juga biaya sampo, air, alat pengering/kanebo, bagi ane sehari2 kegiatanya kerja 8 jm, ga ad salahnya meyisihkan rejeki kita bwt usaha kecil2 an yg penti sama sama cari mkn ga perlu sikut sikutan oke broooooo

  10. hehehe pada ribut_ribud..soal cuci tungangan buat apa di ributin ..tiap thn deler ngeluarin prodak baru ..tinggal jual beli yg baru {}
    jaman dah berubah ga ada yg mesti awet walaou pormalin semakin banyak…
    hanya otak bego aza yg masih awet di pormaliN.

  11. Hai kak iwan salam kenal dari randi steam. Pertama kunjungan kesini !
    Saya mau koment ? Jaman sekarang kan serba instan ,tau ya cuci steam pun sudah menjamur ga ada salah nya juga klo penganguran juga di kurangi sebab belum lama ini pengangguran berkurang alasan steakholder lah yg menjadikan steam motor itu ada

  12. Mas mau tanya karena biasa cuci sendiri tapi tanpa semprot bertekanan dengan air keran yang berisi kaporit meskipun sudah dengan shampo setelah kering dioles silikon memang setelahnya jadi kinclong warnanya tetapi lama kelamaan buram tetapi setelah dicuci dioles silikon kinclong lagi jadi ketergantungan dioles silikon apa memang demikian efek pake silikon ? terimakasih

Leave a Reply