iklan iwb

Kencang Mana sih…???

Pertanyaan ini tiba-tiba muncul begitu saja. Dua motorsport berbeda generasi tapi sama-sama 150cc. Siapa yang tidak kenal Suzuki RGR. Pada zaman keemasannya, motor sport keluaran Suzuki ini sempat menjadi idola para speed freak di era 90an sebelum Honda NSR? dan Kawasaki Ninja menggeser dominasinya. Di luncurkan pertama kali oleh Suzuki sekitar tahun 1990/1991. Motor berdaya kuda 26, 5ps dengan berat kosong sangat ringan 99,8kg dalam kondisi standart kecepatan puncak dengan mudah bisa mencapai 176km/jam (Pengalaman pribadi).? Cuma sayang RGR hanya mengandalkan mesin tekhnologi bisa di bilang jadul. Mengandalkan pendingin udara, tanpa fitur-fitur istimewa didalamnya, RGR konsumsi bensin lumayan boros.

Lambat tapi pasti era RGR semakin tergeser oleh eksistensi kompetitornya (Honda NSR dan Kawasaki Ninja). Sparepart yang lumayan mahal serta melemahnya tingkat penjualan memaksa Suzuki menghentikan produksi RGR pada tahun 1999.? Nasib sama menimpa Honda NSR. Kelemahan dari statusnya yg BU membikin puyeng para pemakai motor sport ini kalau terjadi kerusakan dan penggantian part. Praktis hanya Kawasaki Ninja yang menjadi favorit para rider penyuka kecepatan. Sparepartnya yang? terjangkau, serta dukungan penuh dari KMI menjadikan Ninja eksis sampai sekarang.

Kencang manakah sebenarnya Ninja dibandingkan RGR…??? berdasarkan data tehnis ke-2 pabrikan di pastikan Ninja menang dari segi power yang mencapai 30PS sementara RGR hanya 26,5PS. Tapi ternyata tidak ketika di coba di lapangan. Ketika mencoba Ninja L keluaran 2009 sensasi tarikan yang di dapat tidak sedahsyat RGR. Sejujurnya sedikit kecewa karena saya pribadi berharap lebih terhadap si Ninja ini. Kelemahan yang paling mendasar adalah kurangnya tarikan bawah. Tenaga baru terasa nendang ketika rpm menggapai 7000 keatas. Inilah kelebihan superkips yang nyata-nyata sangat membantu Ninja dalam power? & Fuel Efficiency. Kalo di fleshback jaman 90an dulu,? RGR dari tarikan bawah? sampai atas powernya sangat terasa. Hentakan? tolakan gravitasinya mampu memberikan sensasi yg luar biasa, tubuh rider serasa di lempar kebelakang. Banyak segi yang mempengaruhi hal ini. Kemungkinan besar dengan berat kosong RGR yang hanya? 99,8kg output tenaga 26,5ps mampu secara murni direalisasikan di lapangan. Bandingkan dengan Ninja-L? yang mencapai 124,5kg. Memang susah untuk membuktikan secara hitam putih karena tidak ada data atau alat? ukur yang bisa di jadikan bukti konkret untuk mendukung pendapat ini. Hanya feeling saja yang di jadikan patokan. Apalagi informasi kencang terdengar bahwa speedometer Ninja versi L/M tidak actual alias maju 5-10 km/jam dari sebenarnya (Pernah di coba dengan speedometer Honda Megapro). Bandingkan dengan RGR yang tidak ada keluhan mengenai hal tsb. Entahlah….

iklan iwb

Tapi di balik itu semua, saat ini Ninja adalah rajanya. Tidak bisa di pungkiri. Fitur yang komplit dengan kecanggihan tehknologi mesin yang di benamkan di dalamnya menjadikan produk yang tidak terkalahkan dalam hal kecepatan. Bandingkan dengan RGR, tentunya jauh dan tidak fair rasanya jika membandingkan dengan Ninja dalam hal fitur. Bagaimana menurut brothers semua……monggo dishare(Iw/4/12/09)

Spesifikasi Suzuki RG-R (150)ss :

MODEL RG-V (SS)
DIMENSION AND DRY MASS L x H x W 680 x 1,970 x 1,120 m.m.
WEIGHT 99.8 kg.
PERFORMANCE
—MAXIMUM H.P. 26.5 PS. at 9,500 RPM.
—MAXIMUM TORQUE 2.1 kg.m. at 8,000 RPM.
ENGINE TYPE 2 stroke, forced air-cooled
FUEL SYSTEM SSS and SIPC
PISTON DISPLACEMENT 147 C.C.
BORE x STROKE 59.0 x 54.0 m.m.
INTAKE SYSTEM Piston and reed valve
STARTET SYSTEM Primary kick
LUBRICATION SYSTEM SUZUKI “CCIS”
TRANSMISSION CLUTCH SYSTEM Wet multi-plate type
TRANSMISSION 6 speed constant mesh
CHASSIS
—FRONT SUSPENSION Telescopic, coil Spring, oil dampened
—REAR SUSPENSION Swinging arm, oil dampened
FRONT TIRE SIZE 2.75 – 18 4PR
REAR TIRE SIZE 3.00 – 18 4PR
FUEL TANK INCLUDING RESERVE 11 liters
CCI ENGINE OIL TANK 1.2 liters

Spesifikasi kawasaki Ninja 150 L/M :

Type : 2-tak,crankcase reedvalve,SuperKIPS,HSAS
Diameter x Langkah : 59,0 x 54,4mm
Sistem Pendinginan : Pendinginan dengan air
Jumlah & Isi Silinder : Satu buah & 148cc
Perbandingan Kompresi : 6,8 : 1
Daya Maksimum : 30,1 KW ( 30,1 PS ) / 10.500 RPM
Torsi Maksimum : 20,5 Nm / 9.500 RPM
Karburator : Keihin PWL 26
Sistem Starter : Kick
Jumlah Transmisi : 6 speed, constant mesh, return shift
Sistem Pelumasan Oli : Oil Injection
Kapasitas Oli Samping : 1 liter
Kapasitas Oli Transmisi/Mesin : 0,87 liter
Knalpot / Muffler : Catalic Converter
Kapasitas Coolant : 1,3 liter
Suspensi Depan : Telescopic Fork Suspension
Suspensi Belakang : Monoshock Suspension
Rem Depan : Twin Pot Disc Brake
Rem Belakang : Twin Pot Disc Brake ( CW ) & Drum Brake ( SW )
Ban Depan : 2,75-17 4PR Tube-type
Ban Belakang : 3,0-18 4PR Tube-type
PanjangxlebarxTinggi : 1955mm x 705mm x 1070mm ( Cast Wheel ) 1955mm x 740mm x 1035mm ( Spoke Wheel )
Tinggi Tempat Duduk : 780mm
Jarak Poros Roda : 1.305mm
Jarak ke tanah : 145mm
Berat : 124,5 kg
Isi tangki bensin : 10,8 liter
Baterai : 12 V 4 Ah

243 COMMENTS

  1. jadi inget dulu pas smp dibonceng paman pake rgr. wushhh gak tau deh lari berapa tuh cuman bisa pegengan kenceng aja. suaranya di rpm tinggi keras banget daah gak nahan…

  2. Ya bro, mang ajib tuh RGR. Palagi dlu klo dah pake RGR cewek gampang nempel hehe….Sayang kgk bertahan lama. Gimana nih Suzuki. Tunjukan taringmu dong. Keluarin motor sport yg mumpuni kyk jaman RGR. Jng loyo trs…

  3. Kalo ninja sm nsr ‘kotak’ gmna?
    Trus Ninja RR vs NSR150 RR/SP vs TZM 150 kr2 mana yg plg knceng?

    • Kalo setahu saya di atas kertas tetep NSR150 SP rajanya power output mencapai 39,5ps di ikuti oleh Yamaha TZM150 berkisar 38ps baru Ninja 150 output 30ps. Entahlah kalo di lapangan secara belum pernah nyoba…….ada yg pernah nyoba?? monggo di share…

  4. Kalo di blogx mas babad150f, trnyata rajanya 150cc 2 tak tuh kawasaki krr 150 se
    Powerx mpe 41hp, manteb g tuh?

  5. Wah krr 41hp? Ane pikir dah nggak standart kali itu bro. Secara temen ane pernah nyoba pake dyno standart hanya 28hp kgk nyampe 30 malahan

  6. KRR beda sama RR bro. Dia generasi awal. Temen pernah pnya tuh. Doi jg kaget koq hasil dari dynotest cm segitu. Tahu dah…

  7. krr sama krr se beda bro, kalo yang se itu ada kerja sama dengan rumah ferformance mana gitu (maaf, saya lupa). jadi power yang dihasilkan lebih tinggi dibanding yang standart. (jadi ceritanya kawasaki jualan 2 tipe gitu). bahkan katanya karr dengan ninja rr juga udah beda.

  8. kalo soal spedometer, sepertinya gak cuman ninja aja yang ngaco tapi hampir semua motor disini kayak gitu. gak tau deh itu cacat produksi atau memang disengaja, bahkan disertfikasi kelayakan jalan juga ada dicantumkan penyimpangan spedometernya, coba deh bro2 check.

  9. Kn saya ngmongx KRR 150SE bro..
    KRR 150 SE tuh dalam RnD nya, ada kolaborasi dgn pembuat part racing PDK
    Nha,itulah yg membuat KRR SE lebih kenceng n powerfull dari NSR SP
    Coba ubek2 postingan di babad150f.wordpress.com
    N yg jelas, KRR n Ninja RR tuh beda

    • @ Kentaro
      Emang bener bro dulu pernah ada Ninja 150 KRR SE yang output power mencapai 40PS. Cuma seri tersebut terbatas. Berkolaborasi dgn menggunakan PDK racing kit (Thailand) untuk mendongkrak power dari Ninja itu sendiri seperti halnya FZ16 menggunakan Daytona racing dan Dagrex (Di India). Jadi rasanya tidak fair kalo kita sandingkan dengan Produk lain seperti NSR SP (Pure dari Honda RnD lewat HRCnya) ataupun Yamaha TZM yg officialy di keluarkan masing-masing pabrikan tanpa otak atik oleh pihak ke – 3. Makanya sangat sedikit orang yg tahu dan punya produk ini karena tidak di jual di lintas negara. Monggo di koreksi kalau salah hehehe…..
      @ a’lilin
      Kalau ane pikir bukan ngaco kali bro, cuma memang di sengaja oleh pabrikan dengan tujuan safety??.

  10. @ mas iwan
    Lha emang bener kq bro
    Ada maen sm pihal laen yaitu PDK
    N kalau masalah speedometer yg agk ngaco,emg itu karena safety

  11. wah, benernya gak sepadan..
    benernya tuh bandingin sama RGV150..
    ingat,radiator juga ngaruh,tapi belakangan RGR juara drag karena mesin lebih simpel dan ringan…
    CMIIW…

  12. Yupz betul tuh…w jg msh punya body muluz coz bokap yg sering urusn..w cobain…dalam trex 1 km..c RGR ud bisa lari 193 kpj….sumpah w g bo’ong….pdhl cmn gnti knalpot pake punya fxr doang….peace.

  13. Msak RGR 190an kpj pke knalpot FXR …wkwk …2tak pke knalpot 4tak mlah tmbah kenceng …???wekz …bner2 komen yg gak mendidik …pemahaman km km pke aja sendiri …

  14. klau qw rsa ninja R 150 yg pengeluaran baru ni lebih punya akselerasi yg tangguh, respon pertama tarikan oke oke saja.
    trebukti ma ninja milikku, mampu menembus 170km/jam,
    tapi lw RGR penah coba gak setangguh ninja R 150.

  15. RGR mang yahut bro… … gw inget RGR temen th 95′ kl g salah!!! da lama si… motor masih profit..plat belum keluar.. berhubung ygn bawa nya gila…( mnurut saksi mata di tkp ).
    motor nya ampe terbang… dan berakhir nambark gapura.. ygn di bonceng meninggal di t4.. teman ane ygn bawa.. ampe skrng kaki nya cacat!!!!….
    ane jdi berpikir… sebenernya ygn gila motornya apa rider nya!!! hehehhee….. jadi takut.

  16. ninja ygn skarang…. gak setangguh ninja sebelumnya menurtut gw!!! gw ada ninja L keluaran 2009 akhir…. ring pistonnya berisik banget.
    ampe malu kl mau parkir di kntr…. soalnya duluan suara ring nya ygn nyampe dri pada suara knalpotnya!! gw tnya mekanik kawasaki. ktnya mang ninja skrng gitu semua, soalnya da 100% buatan indonesia!!!
    NAH LOHHHHHH…… kok bisa.. apa karena ninja skrng da 100% lokal.. jadi kualitas material ygn di gunakan harus jga kualitas lokal . tolong share ke gw bagi ygn pnya pengalaman ygn sama.. jujur gw sangat terganggu sma berisiknya suara ring pistonnya. mau gw gnti bru kt mekaniknya percuma, soalnya 2-3 bln akan bunyi lgi!!!!! PAYAHHHHHH

  17. @ Bro Bandit
    weleh baru lg nih. tp suatu produk napa ya bro makin lama pasti selalu berkurang kualitasnya. kyk honda skrng mesin nggak setangguh jaman dlu. btw klo ninja jg bgtu dah ketularan honda dong bro. btw ada yg pny pengalaman sama kyk bro bandit nggak ya..?!

  18. gak juga tuh..q pake ninja new R super kips,dah q korek buat harian,suaranya ttp haluz n yg pazti larinya tmbh ngacir..

  19. wah wah…rgr yah?
    boleh lah ngetes ma ninja gw,
    makanya kl pake motor yg bener,elu motor baru nyampe dari dealer langsung lu betot pe 100kpj sih
    malu maluin pengguna ninja aja

  20. @ si black Ninja L
    Wah santai aja bro…koq kayaknya nggak terima nih. Emangnya Ninja loe keluaran thn berapa? sekarang RGR bukan lawannyalah secara usia mesin juga dah tua. Sejujurnya Ninja saat ini sing ada lawan bro……lawong dia doang yg 150cc 2 tak yg masih exist sampai sekarang!!!

  21. gw dah nyoba RGR, RXZ, RX King, Ninja, NSR

    dari segi sensasi berkendara yang dirasa:
    1. RGR manteb, rada ngeri
    2. RXZ manteb, rada ngeri
    3. RX King ngeri (korekan)
    3. Ninja lembut, stabil
    4. NSR lembut, stabil

    Sensasi tok lho ya, bukan top speed.

  22. ninja napa yah susah banget masarin sparepartnya…. di kota eh salah kampung gua mesti nunggu lama klo mo ganti spare part yg berat2…buat + kenceng komponen apa aja yah yg mesti diotak atik plis share di [email protected]

  23. RGR ku berhasil mengalahkan ninja r maupun rr resepnya cdi koil mesti ganti ninja r slm tdk d ganti jgn harap bs kalahkan ninja (riset menghabiskan uang 6jt lebih)lubang exhaust aras 27mm lebar 3x,x mm exhaust bawah 5x mm,bilas&tranfer 4x,x mm(trf pembantu&bilas tirus menghadap keatas),karbu std loss tnp filter udara pj 25 mainjet rojok dgn matabor presisi 1,x mm/pk karbu ninja rr pj 22,5 mj 270,knalpot headernya 36mm perut ori d bedel sarangan dalam 2x mm timming pengapian standard tengah maju 1mm,gear dpn 15mata,membran ori tanpa ganjal/lapis double,squish tiru ninja r,spull kudu rgr ori biar cdi+koilninjanya awet,busi ngk platinum saja udh awet n joss tembus 170kpj g pk lm

  24. wkwkwkwk, ngapain sih pada ribut? ane bawa ninin ane jalan 160kmpj jha rasanya dngkul dah mo copot (pingin buru2 ngelorot gas)emang dasar g bakat besut adrenalin kyke..hehehe piss

  25. Saya punya RGR …baru dibuat untuk drage race…tapi mesin uda gw cangkok ama RM 125/250 … Karbunya Pwk 41 magnet Rm 125 set ,valvenya Rm 250 gear ratio Rm 125 set … Gear depan 12 blkg 36 untuk 202 m gear yg ke 6 sudah habis putarannya… Gw mau cari gear blkg yg 31, 32,33, 34 buat Rgr gw tolong yaaaa informasi ….

  26. RGR VS Ninja…
    RG Ga takut Lawan Ninja or sekelasnya…
    Tanpa Radiator or KIPZ(apalah Itu)…Ga Takut!!

  27. nsr tu sering di bilang motor manula tp sebenernya ninja tzm rgr tu nenek monyenge nsr dng rc valve yg pakek komputer berteknologi tinggi yg sampai sekarang sekarang tak terkalahkan diajang adu balap 2 tak [juara asia pasicik]. kalo ada kasus nsr kalah di indonesia ya harap maklum bro karena emang nsr teknologinya terlalu tinggi buat para mekanik yg ndak punya sdm tinggi . lo selama ini cuman beruntung ndak sering ketemu nsr joss seperti nsr di semarang. ndak ada sejarahnya nsr dgn rc valve kalah ama motor laen en terimalah keadaan iani bro.dah takdirnya nsr tu ndak terkalahkan di masing2 kelasnya. kalo ngeyel coba test ama nsr-e smrng kapnpun siap deh. makane banyak baca artikel dunia motor 2 tak siapa yg unggul jangan fakta di baikan. buat nsr rider kalo settingan motormu lebih unggul dr settingan motorku semua biaya perjalanan, akomodasi aku ganti trus aku traktir makan2 plus oleh2 khas semarang hub. adhi 081575044027 ato 02470722201 rc valve pasti menang aku jamin 100%

  28. wah-wah wah…. menurutku RGR blon mati lho… meski umur tuwir tapi tenaga ngacir bro… body emang klh sporty tapi sensasi nggk tertandngi…walau tehnologi sederhana, ngk bsa drmhin gtu aja… makin sedrhana, makin gampang dikorek…. walau mtrq cuman Suzuki A100.. hehe… tapi aq ngefans bert ma si RG… sensasi berkendara inovasi suzuki….. hehe (^_^)

  29. topan kayaknya lempar batu sembunyi tangan. kalo berani cantumin posisinya… ah paling ngumpet di kolong jembatan

  30. Weleh nih ada jagoan smrang no. Btw ini artikel bahas RGR ama Ninja koq jd NSR yg ngamuk ya. Jd bingung xixixi…

  31. @ bro adhi
    Iye bro. Ane percaya. NSR kan emang rajanya. Liat dong ulasannya bro iwan ttg NSR. Tp itu dlu bro. Skrng mah jamannya Ninjaaaaaa hohoho…..

  32. @ bonex jaman gini masih pakai teknologi jadul,kuno,ndak modern, ketinggalan jaman nggak canggih en msh konvensional. semoga TUHAN menunjukan jalan yang lurus

  33. Betul mas Iwan, saya punya RGR 96, pada saat akselerasi terasa banget dorongan gravitasi ke belakang. Kebetulan saya punya ninja RR 2005, hmm… sensai itu tidak ada. Mungkin bagi orang yg belum pernah merasakan RGR nggak akan kecewa… tapi saya yg pernah.. sangat kecewa.

    • Adi tolol . Elu aja pake teknologi jadul. Tolol jgn di piara…. kemakan pelem fulthrottle lu ye….. ku tujak kau…. bocah

  34. @ 250fans
    Syukur bro, ternyata ada yg ngrasain juga. Berarti bukan perasaan saya aja hehehe……..

Comments are closed.