---
title: "Honda ngamuk, Honda ADV150 mesin 4 klep hanya masalah waktu ??"
description: "Iwanbanaran.com – Cakkk….jiannnn seru tenan ki tema mesin 4 klep. Walau spek ini sudah lama digunakan Yamaha untuk produk maxi mereka namun karena Honda baru sekarang ngracik mesin serupa membuat topik perkara mesin 4 katup terus mumbul cak. Apalagi ketika mesin 4 klep pabrikan sayap mengepak ini tanpa embel-embel VTEC dan sudah melejit mengungguli rivalnya…..setidaknya […]"
publishedAt: "2020-12-12T23:17:36.000Z"
modifiedAt: "2020-12-12T23:22:03.000Z"
author: "Iwanbanaran"
category: "Honda"
url: "https://iwanbanaran.com/news/honda-ngamuk-honda-adv150-mesin-4-klep-hanya-masalah-waktu"
image: "https://cdn.iwanbanaran.com/2020/10/honda-adv-150-2021-21.jpg"
---

# Honda ngamuk, Honda ADV150 mesin 4 klep hanya masalah waktu ??

[![](https://cdn.iwanbanaran.com/2020/10/adv150-2.jpg)](https://cdn.iwanbanaran.com/2020/10/adv150-2.jpg)Iwanbanaran.com &#8211; Cakkk&#8230;.jiannnn seru tenan ki tema mesin 4 klep. Walau spek ini sudah lama digunakan Yamaha untuk produk maxi mereka namun karena Honda baru sekarang ngracik mesin serupa membuat topik perkara mesin 4 katup terus mumbul cak. Apalagi ketika mesin 4 klep pabrikan sayap mengepak ini tanpa embel-embel VTEC dan sudah melejit mengungguli rivalnya&#8230;..setidaknya diatas kertas. Nggak heran banyak para folllowers setia IWB melontarkan pertanyaan, apakah mesin ini nantinya akan digunakan juga untuk Honda ADV150? inilah analisa dan prediksi IWB&#8230;..bakal seru kieee cak pokokeee&#8230;.

Seperti yang sampeyan semua tahu Honda menggebrak pasar dunia lewat peluncuran generasi terbaru new PCX 160. Mesin yang berbeda total dibandingkan dengan sebelumnya karena engine baru ini disebut sebagai new development dan Evolution. Kendati tidak dibekali mekanisme VTEC seperti Rivalnya yang sudah menggunakan valve variable actuation (VVA)&#8230;. ternyata performa mesin baru ini sangat menjanjikan setidaknya dilihat dari spesifikasi diatas Kertas&#8230;.

Lhaaa piyee cak, hanya lebih besar 1 cc dibandingkan dengan Rival dekatnya serta konfigurasi 4 katup sudah membuat power melejit hingga 15,8 PS sementara torsinya pun demikian. Mengusung mesin overbore 60 mm x 55,5mm&#8230;. siapa menyangka torsi Honda PCX 150 tetap tangguh dengan berada di angka 15 nm. Bahkan angka ini sekali lagi mengungguli rivalnya yang notabene memiliki stroke lebih panjang namun torsi masih berada di Kisaran 13,9Nm. Tidak heran banyak yang berharap mesin baru ini bakal dicangkokkan Honda pada generasi New ADV150. Pertanyaannya mungkinkah&#8230;. hal itu dilakukan?

[![](https://cdn.iwanbanaran.com/2020/10/honda-adv-150-2021-14.jpg)](https://cdn.iwanbanaran.com/2020/10/honda-adv-150-2021-14.jpg)Untuk menjawab kita harus bedah history serta strategi Astra Honda Motor di masa lalu. Sebenarnya tidak hanya Honda namun nyaris pabrikan Jepang memiliki strategi yang identik. Yakni satu mesin digunakan rame-rame dipecah dalam beberapa produk. Untuk skutik sampeyan intip saja basis engine Honda Beat, Genio ataupun Scoopy yang serupa. Yup&#8230;.engine mereka sama cak. Sementara untuk kelas di atasnya&#8230;.menggunakan basis engine dari PCX 150 Thailand dimasa lalu dan kini sukses digunakan pada Vario 150, PCX150 serta ADV150&#8230;

Engine yang dikembangkan dari PCX 150 Thailand, kemudian dibuat secara lokal. Mesin Honda ini sukses di pasaran karena memiliki kelebihan soal efiensi, mesin yang cukup powerfull menilik spesifikasi yang hanya 149cc 2 katup, minim vibrasi dan juga tangguh. Tapi mesin tentu harus terus berevolusi. Hingga lahir generasi terbaru SH 155 tahun kemarin. Generasi yang sudah IWB prediksi bakal menjadi basis engine mesin skutik Honda 150cc dunia. Termasuk PCX. Dan sekali lagi prediksi IWB terbukti. Di Eropa dan Jepang telah lahir Honda New PCX 160 yang mengusung mesin 156 cc. Mesin yang disinyalir juga akan digunakan Honda pada skutik 150 cc lain. Lhooo kok IWB yakin ?

[![](https://cdn.iwanbanaran.com/2020/10/honda-adv-150-2021-3.jpg)](https://cdn.iwanbanaran.com/2020/10/honda-adv-150-2021-3.jpg)Simple dan sederhana cak&#8230;..wisss to ora usah mumet. Ketika mesin baru lahir maka dibutuhkan investasi besar seperti jig, cetakan dan juga plant baru. Mesin baru ini nanti akan menjadi prioritas soal produksi yang otomatis pelan dan pasti bakal menggeser previous engine. Tidak mungkin pabrikan Sudi secara paralel membuat dua engine berbeda karena costnya justru lebih besar. Apalagi prinsip dagang adalah Semakin besar jumlah produksi maka biaya yang dikeluarkan makin murah. Logis jika pada waktunya kelak standar mesin 150cc Honda semua menggunakan konfigurasi 156 cc 4 katup seperti yang digunakan pada PCX160 sekarang meninggalkan mesin 2 katup 149cc&#8230;

Last&#8230;.. Honda ADV150 4 katup IMHO hanya masalah waktu. Monggo sampeyan catat dan kita buktikan sama-sama prediksi IWB ini. Sekali lagi semua hanyalah hasil prediksi dan belum tentu akurat tapi boleh sampeyan bookmark artikel ini. Namun tentu tidak dalam waktu dekat. Lawong K1Z wae belum rilis lho kok wis mikir ADV150, jiannn tenan sampeyan ki. So&#8230; kita tunggu saja kelahiran PCX 160 versi tanah air baru Setelah itu kita bidik ADV160 serta Vario 160.? Pokoke seru ki cak&#8230;.Honda ngamukkkk !! (Iwb)

[![](https://cdn.iwanbanaran.com/2020/10/honda-adv-150-2021-1.jpg)](https://cdn.iwanbanaran.com/2020/10/honda-adv-150-2021-1.jpg)
