Iwanbanaran.com – Cakkk…. Walaupun ditinggalkan oleh Repsol di musim 2024, ternyata bukan hal yang sulit bagi tim Honda racing untuk mendapatkan penggantinya. Beberapa rumor mengatakan bahkan saat ini isunya Castrol sudah masuk untuk menggantikan posisi Repsol tahun depan. Bahkan rumor mengatakan Castrol menggelontorkan dana yang luar biasa besar untuk menjadi sponsor di tim factory HRC. Wowww…. Seperti apa?

Di Honda, hal-hal tidak hanya terjadi di arena pacuan kuda dalam beberapa bulan terakhir. Pada akhir musim 2023, produsen minuman energi Red Bull meninggalkan kemitraan. Dengan berakhirnya musim 2024, raksasa minyak Spanyol Repsol juga mencari jarak. Orang Spanyol dilaporkan ingin lebih terlibat dalam Formula 1 di masa depan.

Repsol resmi meninggalkan Honda setelah selama tiga dekade memiliki kemitraan yang sangat kuat. Saking lamanya kerja sama tersebut membuat Honda identik dengan Repsol dan sebaliknya. Tidak berlebihan sebab saat menjadi sponsor mereka mampu mengoleksi 15 gelar juara dunia di kelas utama balap roda dua. Mulai dari Mick Doohan di atas mesin NSR 500. Dari tahun 1995 hingga 1998 dia memenangkan empat dari lima gelar 500-nya dalam warna Repsol Honda…

iklan iwb

Pada tahun 1999, rekan setimnya Alex Crivillé menjadi juara dunia Spanyol pertama di kelas utama. Valentino Rossi memenangkan dua gelar dengan Repsol Honda, Nicky Hayden satu, dengan Marc Marquez mengoleksi enam gelar juara dunia. Dan karena kepergian Marquez dari Hondalah pada akhir tahun 2023, Repsol mengurangi komitmen kepada tim, serta puncaknya tahun ini akan menjadi tahun pungkasan kerja sama mereka setelah tiga dekade…..

Yang mengejutkan cak…..Menurut laporan, HRC tidak perlu menunggu lama untuk mencari penggantinya. Tim Jepang tsb sepertinya akan tampil di MotoGP dengan logo Castrol pada tahun 2025. Konon isunya Castrol rela menggelontorkan dana jutaan dolar untuk menjadi sponsor Honda di MotoGP. Walau tidak disebutkan nominal sepertinya Castrol juga akan tetap jalan di tubuh LCR Honda. Prediksi sementara oleh asal Inggris ini tidak akan menjadi sponsor utama seperti hanya Repsol. Namun mereka lebih condong menjadi sponsor teknis yang meliputi penyediaan BBM, oli serta lainnya…

Last…Castrol bukan hal baru masuk di ajang MotoGP. Mereka jadi sponsor tim LCR Honda bersama Lucio Cecchinello. Castrol juga bergabung dengan Ten Kate Honda di masa lalu yang digawangi oleh Jonathan Rea. Jadi kita tunggu saja apakah isu ini benar tidak akan seperti apa Livery terbaru Castrol Honda nanti ? bakal menarik untuk kita pantau cak…(iwb)

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here