Iwanbanaran.com – Cakkkk…iki hottt cakkk. Sebuah kabar datang dari Honda yang diisukan sedang menyiapkan sebuah produk terbaru generasi CBR400R. Namun berbeda dengan generasi CBR500 yang mengusung mesin 2 Silinder, generasi terbaru nanti akan dibekali mesin terbaru yakni 400CC DOHC 4 silinder. Rumor tersebut dilemparkan Motorcycle yang membuat kita berpikir, apakah ini akan menjadi sinyal kelahiran CBR250RRR 4 Silinder ?? wowww….

Isu perihal Honda sedang menyiapkan generasi terbaru CBR400RR 4 silinder mencuat setelah kemunculan registrasi hak paten di Jepang. Seperti yang kita tahu Kawasaki mengejutkan kita semua saat mengumumkan Ninja ZX-4R dan ZX-4RR. Hingga saat itu, ide tentang sepeda motor sport Inline-Four berkapasitas kecil dengan putaran tinggi seperti mustahil mengingat tren dunia yang sudah bergeser. Namun ternyata responnya sangat baik. Itulah yang sekarang membuat Honda dikatakan tertarik untuk terjun di dalamnya. Yup….tampaknya Ninja tidak akan sendirian karena Honda telah mengajukan permohonan merek dagang untuk “CBR400R Four”.

Permohonan tersebut diajukan pada 27 Agustus ke kantor hak kekayaan intelektual Jepang. Registrasi mencakup  penggunaan merk dagang roda dua dan roda tiga serta suku cadang dan aksesorinya. Indikasinya ini adalah motossport Inline-Four. Apakah logis ? Kalau dari kacamata sejarah bisa saja terjadi. Sebab seperti yang sampeyan semua tau di masa lalu Honda sudah memilikinya. Model seri CBR pertama, CBR400F dirilis tahun 1983. Model CBR400 asli (dan juga Honda CBR pertama) pertama kali diperkenalkan pada tahun 1983, dengan mesin Inline-Four berpendingin udara dan mekanisme katup “REV” yang merupakan pendahulu sistem VTEC Honda…

iklan iwb

CBR400F yang digambarkan di atas adalah salah satu contoh paling awal, tetapi berevolusi menjadi varian seperti CBR400RR. Saat ini, Honda memiliki CBR400R untuk pasar Jepang, tetapi sebenarnya itu adalah CBR500R dua silinder tetapi dengan stroke silinder yang dikurangi dari 66,8 mm menjadi 56,6 mm. Dengan lubang silinder tetap di 67,0 mm, membuat mesin Twin 471cc turun ke 399cc, yang membuat CBR400R masuk ke kelas lisensi yang berbeda untuk pasar Jepang. Dengan menambahkan “Four” ke nama merk dagang, Honda jelas mencoba memisahkannya dari mesin Twin yang sudah ada….

Last… Semua memang masih berupa isu yang belum tentu benar akurasinya. Namun tentu boleh sampeyan Tampung. Apalagi dari rumor yang berkembang mesin ini terbuka akan menjadi mesin global yang diturunkan pada kelas dibawahnya seperti 250 cc. Apakah ini artinya mesin terbaru CBR400RR Four bakal menjadi cikal bakal lahirnya CBR250RRR 4 silinder ?? Jangan terlalu banyak berspekulasi karena semuanya sekali lagi masih berupa rumor. Mari kita Tampung dan bantu seperti apa kelanjutan isu ini…..(iwb)

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here