Screenshot

Iwanbanaran.com – Cakkk….seperti dimasa depan akan semakin hot karena baru-baru ini muncul kembali isu dimana Yamaha akan merombak total mesin andalan mereka selama 3 dekade dengan konfigurasi mesin berbeda. Informasinya sekarang mesin Inline 4 sudah tidak lagi relevan akibat perkembangan elektronik dan teknologi. Mesin Inline 4 dianggap akan sulit mengail power besar tanpa mengorbankan karakter lembutnya. Dan inilah yang mendasari dimana Yamaha M1 akan ganti mesin V-4 pada Era 850cc ??! Wowww…seriusan ikiii ???

Isu ini muncul seiring dengan test Misano kemarin. Yamah memang belum secara terbuka mengakui bahwa mereka sedang berupaya mengubah konsep mesin M1. Satu-satunya referensi dalam hal ini adalah jawaban samar yang diberikan oleh pembalap Yamaha yakni Fabio Quartararo dan Alex Rins…

“Yamaha harus mempertimbangkan semua konsep mesin,” serunya saat diwawancari para media kemarin tanpa memberikan rincian lebih lanjut tentang topik yang tampaknya tabu di kalangan anggota pabrikan Iwata. Namun isu ini semakin menguat sebab dikatakan mesin V4 tidak hanya wacana tetapi juga sudah bergerak maju dengan pesat. Woww seriusann kiiii ?? sebenarnya terbuka cak sebab Beberapa tahun lalu Yamaha mempekerjakan Luca Marmorini, seorang insinyur yang sebelumnya bekerja di Formula 1 bersama Ferrari dan Toyota….

iklan iwb

Ditahun 2022 kemarin Marmorini sudah memperingatkan secara internal tentang perlunya mempertimbangkan untuk meninggalkan empat silinder segaris, untuk beralih ke konfigurasi V, opsi mayoritas di grid. Apalagi Yamaha di tahun 1980-an era GP500 sempat membalap dengan V-4, dan sekarang menjadi satu-satunya tim yang tetap mempertahankan profil in-line four…..

Dengan kedatangan direktur teknis Max Bartolini, mantan tangan kanan Gigi Dall’Igna di Ducati, di awal tahun, Yamaha terlibat dalam tahap transformasi yang berupaya memulihkan daya saing Yamaha. Pada tahun 2025 Yamaha juga akan memiliki tim satelit lewat Pramac. Apalagi Andrea Dovizioso juga ditarik Yamaha untuk membantu mereka. Seorang rider yang banyak nunggang V-4 sehingga rasanya terbuka jika Yamaha memang sedang mengerjakan mesin konsep V4 tersebut. So…Yamaha M1 akan ganti mesin V-4 pada Era 850cc ??! kayaknya kalau 2027 sih masih logis mereka akan ngepush….kita tunggu saja….(iwb)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here