Iwanbanaran.com – Cakkkk….seperti yang sampeyan tahu Kawasaki resmi meluncurkan matic bertampang mirip Vario dengan label Kawasaki Brusky. Peluncuran ini membuat kita bertanya….mungkinkan skutik Kawasaki terbaru ini juga akan diluncurkan di Indonesia ?? mumpung ketemu pejabat tinggi PT KMI, IWB langsung merapat dan menanyakan. Dan inilah jawaban yang IWB dapatkan…

Kawasaki Fililipina resmi meluncurkan skutik berlabel Kawasaki Brusky. Mengusung mesin 125cc, sampeyan akan kaget karena desainnya sama plek dengan Modenas Malaysia. Yess…dan memang cak, kalau digali lebih dalam sebenarnay ini adalah skutik Modenas. Mulai dari depan, samping hingga belakang adalah skutik buatan Malaysia. Lampu sudah LED dengan garis desain yang Vario banget. Terus gimana soal mesin dll ??

Untuk engine Kawasaki Brusky dijejali mesin 125cc atau tepatnya 124,8cc SOHC 4 tak air cooled (jadi belum radiator cak) dengan ledakan tenaga mencapai 9.38HP dan torsi 10Nm. Wowww ternyata cukup baik cak muntahan tenaganya. Apalagi kompresi mesin termasuk aman yakni bermain diangka 10:1….oktan 90 sudah sangat cukup kiii. Beberapa poin lain adalah suspensi depan teleskopik, rem depan cakram tapi belakang tromol dengan kapasitas BBM 5.1 liter jadi emang gede cak. Terus pertanyaannya….apakah Kawasaki Brusky akan masuk Indonesia ??

iklan iwb

Untuk mendapatkan jawaban tersebut, IWB langsung tempel pak Michael C. Tanadhi saat peluncuran ATV dan UV Kawasaki di BSD. Pertanyaannya simpel…apakah Kawasaki Brusky akan masuk Indonesia ?? jawabannya adalah…

” Nggak….sepertinya sih nggak…” serunya menggeleng sambil tersenyum. Yess, jawaban yang singkat, padat dan jelas. Dan jawabannya ini sebenarnya sudah IWB tebak. Kenapa ?

Matic tersebut bukanlah buatan Kawasaki ataupun berhubungan dengan RND Kawasaki. Di Filipina Kawasaki hanya bertugas untuk membantu distribusi semata…tidak ada yang lain. Dengan desain mengcopy dari Vario 125, tentu keputusan Kawasaki Indonesia adalah tepat untuk tidak memasarkannya. Yess…betul cak, Kawasaki disana hanya mendistribusikan tidak ada hubungan apapun dengan produk. Disanalah ditempel brand Kawasaki sebab di Malaysia…Modenas menjadi garda terdepan untuk membantu distribusi dan penjualan Kawasaki. Yahhh…ibaratnya win win solution, balas budilah pakde….

Model kerjasama ini mirip dengan yang dilakukan Kawasaki terhadap Bajaj ditahun 2014. Masih ingat Pulsar 200NS yang dijual oleh PT KMI dimasa lalu ? karena kebijakan pusat yang memerintahkan mengingat di India, Kawasaki under distribusi Bajaj….dan semua terpaksa dilakukan dan akhirnyapun tidak berjalan. Itulah kesimpulan yang bisa IWB share bahwa fix…PT KMI tidak akan pernah memasarkan Brusky di Indonesia sebab skutik tersebut 100% buatan Modenas Malaysia, bukan Kawasaki….(iwb)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here