” Yamaha R25 gen 2….”

Iwanbanaran.com – Cakkkk……asli cak, kalau kita membahas perihal project R25 rasanya kayak basi super. Lhaa piyee….sejak 2 tahun lalu kita membahas R25 facelift tapi dari bulan purnama hingga tenggelam dan purnama lagi sampe tuwek…new R25 facelift tidak juga nongol. Hingga perkemarin IWB sampe mengedip-ngedipkan mata ketika melototin layar…..yesss ada sebuah kode misterius under progress dengan akselerasi yang cukup mengejutkan. Kode project ini milik Yamaha dan saat IWB ubek-ubek…ediannnn, kok banyak part R25 ??!

Kisah tentang R25 ini memang sangat panjang cak. IWB selaku Blogger lawas tahu betul gimana sejarah lahirnya R25. Ketika Ninja 250 FI begitu booming dengan penjualan fantastis. Ninja baik 2Tak dan 4Tak bahu membahu saling melengkapi. Bahkan penjualan Ninja saat itu mampu tembus 7000 unit perbulan…ini kenthirrr cak. Itu adalah Era dibawah 2013 ketika para bikers masih luar biasa menyukai motorsport yang dianggap identitas keberhasilan mereka sebagai biker. Nggak heran Yamaha dan Honda saat itu gatal untuk nyemplung dikelas 2 silinder sport fairing…

Namun Yamaha yang paling agresif cak. IWB saat itu salah satu Blogger terpilih diajak Yamaha bahkan sampai diajak ke Jepang menghadiri Tokyo Motorshow 2013. Bersama pejabat tinggi PT YMKI saat itu yakni Eko Prabowo dan Terada san…IWB menjadi saksi bentuk konsep New R25 yang ketika itu langsung geger. Kenapa ? sebab desainnya Motogp YZR M1 banget. Garang dan cakep tenan cak. Sayang…ternyata saat peluncuran desainnya berubah total dari versi konsep. Mengusung kode project 1WD…R25 dirilis ditahun 2014 dengan power 36PS…ini lebih tinggi dibandingkan dengan Ninja 250 FI yang ketika itu bermain dikisaran 32PS. Pasarpun bergerak….

iklan iwb

Desain R25 gen awal ini ternyata belum mampu mendongkel kedigdayaan Ninja 250. Semua makin runyam sebab raksasa roda 2 Honda menggebrak pasar dengan CBR250RR ditahun 2016. CBR ini memiliki desain super sangar. Nggak desainnya nggak powernya sangat mengerikan cak. CBR250RR menggunakan new engine terbaru dengan power diangka 39PS. Alhasil Pasar R25 makin tertunduk lesu. Mereka masih mencoba menusuk dengan R25 gen 2 yang menggunakan kode project BR-5 ditahun 2018. Namun tidak banyak menolong kalau nggak makin terpuruk. Kenapa ?

Selain ketatnya persaingan sebab pasar sport 250cc menurun drastis. R25 gen 2 ini juga dianggap nanggung sebab desainnya yang hanya berubah dibagian depan. Padahal Yamaha sudah menjejali suspensi USD KYB, ASC serta speedometer digital…namun tidak banyak membantu. BR-5 ini diproduksi sampai sekarang….hingga kalau kita kalkulasi umur R25 gen 2 sudah masuk tahun yang ke 6 jalan. Sebuah waktu yang sangat panjang. Disinilah kita sempat berpikir Yamaha tidak akan lagi bermain ke 250cc. Lawong life cycle-nya edian tenan cak. Maklum banget sebenarnya karena market yang berhenti dijalan. Kelas 250cc sport fairing seperti terpasung akibat lahirnya ZX25R 4 silinder. Tapi ternyata tidak…

Perkemarin IWB lumayan kaget sebab mengendus pergerakan sebuah kode baru R25. Kode ini memiliki kemiripan dengan gen 2 yakni BR namun beda belakang. Yesss…sampeyan tahu sendiri R25 1st gen menggunakan kode project 1WD…..yang kemudian dilanjutkan dengan gen 2 dengan kode project berubah total yakni BR-5. Nahhh yang terbaru..kode misterius ini mengusung kode BR-A…sekali lagi ini kalau nggak salah menerawang cak. Namun seharusnya akurat. Dan pada kode BR-A ini IWB menemukan hampir semua sisi dudukan casing berubah. Mulai dari depan samping hingga belakang betul-betul berubah total. Wihhh ediannn kieee..

Artinya desain Gen yang kita duga sebagai generasi ke 3 ini tidak lagi sama dengan Gen 2. Bahkan di bagian stoplamp yang kita rada benci pada gen 2 karena terkesan nanggung identik gen 1, pada gen 3 dilengserkan Yamaha. Desainnya serba tajam dengan perombakan yang cukup signifikan. Seperti apa detilnya ? tunggu next artikel biar terawangan desainnya lebih akurat. Stay tune dan tunggu penjabaran terawangan IWB terhadap R25 gen 3 BR-A….iki baruu seruuu, Yamaha ngamukkk cakkkk !! (iwb)

6 COMMENTS

  1. Salah satu yang terpenting itu design…
    Harus mengikuti selera konsumen…
    Kebanyakan model motor yamaha setelah facelift makin ga memuaskan…

  2. Aku udah tau lek, udah liat prototipe nya, g cuman R25 aja, tspi MT25, dan MT07 juga akan berubah bentuk, kalo mesin g tau berubah ato g.

Comments are closed.