Iwanbanaran.com – Cakkkk…akhirnya Yamaha memiliki tim satelit baru. Setelah mereka kesulitan mencari pengganti RNF, Pramac yang begitu identik dengan Ducati menanggalkan semuanya bergabung ke tim Iwata. Yesss…pabrikan Iwata tersenyum lega cak. Bagian penting dari teka-teki MotoGP 2025 telah terkonfirmasi bahwa tim Pramac yang memimpin gelar akan meninggalkan Ducati dan menjadi tim satelit baru Yamaha. Ducati Kecewa !!??

Masa depan Pramac bersama Ducati sempat diselimuti keraguan karena kepergian Jorge Martin, Marc Marquez menyatakan bahwa Pramac bukanlah pilihan baginya. Marquez kemudian dipilih ditim factory Ducati, membuat Martin hengkang ke Aprilia. Diperparah nama-nama besar lainnya seperti Enea Bastianini (Tech3), Maverick Vinales (Tech3 KTM) dan Marco Bezzecchi (Aprilia) yang juga telah menandatangani kesepakatan di 2025, spekulasi Pramac-Yamaha kembali meningkat…..

Meskipun M1 belum pernah memenangkan balapan sejak pertengahan 2022, peningkatan investasi Yamaha dalam proyek MotoGP dan stabilitas jangka panjangnya (di tengah rumor masa depan VR46-Ducati yang semakin akrab) dipandang biang Pramac menjadi makin jauh dari Ducati. Ditambah Pemilik tim Paolo Campinoti yang mengatakan kepada GPone.com bahwa reaksi gembira manajemen Ducati ketika Enea Bastianini menyalip Martin di tikungan terakhir di Mugello juga menjadi salah satu faktornya. Ya…Pramac kesal cak. Sementara kontrak dengan Yamaha tidak main-main, mereka langsung menawarkan kontrak berdurasi tujuh tahun….

iklan iwb

Itu belum termasuk Kesepakatan Pramac-Yamaha, yang akan memasok M1 spek pabrikan, yang secara resmi dikonfirmasi oleh Yamaha pada Jumat sore di Assen….

‘Yamaha Motor Co., Ltd. dengan bangga mengumumkan perjanjian multi-tahun dengan Prima Pramac Racing yang akan menambah dua motor Yamaha spec factory YZR-M1 di grid MotoGP mulai tahun 2025. Tim satelit akan tetap dimiliki secara independen dan mempertahankan basis mereka di Rugby (Inggris). Susunan pebalap Prima Pramac Racing 2025 akan diumumkan pada waktunya. Dengan kehadiran satelit Yamaha di grid MotoGP tahun depan, Yamaha bertekad untuk kembali ke jalur kemenangan dalam waktu dekat.” seru YMR….

Tak lama kemudian, sebuah pernyataan dikeluarkan oleh Pramac:

” Prima Pramac Racing sangat senang bisa bergabung dengan Yamaha sebagai Tim Pabrikan kedua di musim MotoGP 2025. Babak bersama Yamaha membuka era baru bagi Prima Pramac Racing, menjanjikan peluang menarik dan ambisi baru. Yamaha, dengan kekayaan warisan dan rekam jejaknya yang terbukti di MotoGP, sangat sejalan dengan visi Prima Pramac Racing untuk masa depan.

“Selama 20 musim terakhir, Pramac Racing telah menikmati kolaborasi yang sukses dengan Ducati, menjadikan dirinya sebagai kekuatan tangguh di paddock MotoGP™. Keputusan untuk berpisah dengan Ducati tidak diambil dengan mudah dan kami berterima kasih kepada mereka atas karir yang panjang dan sukses bersama.

“Untuk sisa musim ini, Prima Pramac Racing berkomitmen untuk menjaga momentumnya saat ini di kejuaraan dan semangat tim bersama Ducati. Prima Pramac Racing dan Yamaha Motor Co., Ltd. berharap dapat memulai perjalanan baru yang menarik ini bersama-sama, dengan tujuan yang sama dan visi yang bersatu untuk sukses di MotoGP.’..seru Pramac Racing. Wahhh resmi sudah cak…Ducati ditinggalkan….

Sekilas tentang Pramac cak…Pramac melakukan debut MotoGP pada tahun 2002, meraih podium pertama dengan ban Bridgestone dan memenangkan balapan dengan Makoto Tamada diatas mesin Honda. Pramac kemudian bergabung dengan tim d’Antin yang telah menjalankan Ducati sejak 2004. Mereka sukses mengantarkan beberapa pembalap ke podium seperti Alex Barros, Toni Elias, Scott Redding, Danilo Petrucci, Jack Miller, Francesco Bagnaia dan Johann Zarco, Martin akhirnya memberi Pramac kemenangan Ducati pertamanya, sebagai rookie, pada tahun 2021…

Tahun lalu merupakan pencapaian baru bagi Pramac dimana Martin bertarung melawan Bagnaia di kejuaraan dunia hingga putaran final. Martin, yang sekali lagi berusaha menjadi rider satelit pertama yang meraih mahkota ‘MotoGP. Martin saat ini memimpin klasemen dengan selisih 18 poin dari Bagnaia. Dengan bergabungnya Pramac ke Yamaha maka seat di Motogp akan kosong dengan posisi yang rada berubah cak. Morbidelli diperkirakan tidak ingin kembali ke Yamaha, doi diperkirakan akan bergabung dengan VR46 menggantikan Bezzecchi…

Sedang Pramac Yamaha kemungkinan akan merekrut Alex Rins…tandem dengan Miguel Oliveira ? (Trackhouse), Joan Mir (Repsol Honda), Fabio di Giannantonio (VR46), ditambah mantan pebalap Pramac Jack Miller (Red Bull KTM) dan Andrea Iannone (saat ini di WorldSBK). Atau bahkan Toprak ? belum ada kejelasan. Jadi mari kita tunggu saja sepak terjang Pramac di Yamaha nanti. Seruuu ikii…(iwb)

4 COMMENTS

  1. MotoGP memang bisnis olahraga. Dimana duit di atas segalanya. Pramac tau kalo jurdun di Yamaha jauh lebih susah dibandingkan di Ducati. Tapi secara duit lebih cerah…..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here