Iwanbanaran.com – Cakkk…..akhirnya sebuah bocoran dilemparkan Alex Rins yang mengatakan bahwa Yamaha tahun depan akan memiliki tim satelit baru. Dan tahu nggak sampeyan tim satelit tersebut diduga adalah Pramac. Yup…Pramac akan meninggalkan Ducati untuk musim MotoGP 2025 dan menjadi tim satelit Yamaha. Kabarnya pengumuman resminya diharapkan akan diumumkan akhir pekan ini. Ducati Bubarrrr cakkk…!!

Akhirnya cak…setelah sempat terkatung-katung dikabarkan dengan akurasi cukup tinggi bahwa Pramac akan mengakhiri hubungan dengan Ducati selama hampir dua dekade bersama tim Bologna. Pramac menerima tawaran yang diberikan oleh Yamaha, sebuah kemungkinan yang telah dipersiapkan dengan sangat serius selama berbulan-bulan. Dapat dikonfirmasio bahwa keputusan telah diambil dan pengumuman resminya akan dilakukan akhir pekan ini di Assen, GP Belanda. Ini edian cakk….

Pramac sendiri sudah bersama Ducati hampir 2 dekade. Mereka mendapatkan status motor mengindikasikan kontrak Pramac saja saja tidak diperpanjang setelah 2026. Itulah yang menjadi cikal bakal perselisihan antara Ducati dan pemilik tim Paolo Campinoti, yang akhirnya berujung pada perpisahan dini. Berita ini juga muncul setelah keputusan Ducati untuk tidak mempromosikan Jorge Martin ke tim pabrikannya pada tahun 2025 demi Marc Marquez, yang memaksa pemimpin klasemen saat ini bergabung dengan Aprilia….

iklan iwb

Sejarah Ducati dan Pramac sendiri sebenarnya sangat panjang cak. Pramac memasuki MotoGP pada tahun 2002 dengan mensponsori Honda Racing Team, dan pada tahun 2005 bermitra dengan Tim D’Antin, yang menggunakan mesin Ducati. Sejak saat itu hubungan pabrikan dan Campinoti mengalami pasang surut, hingga pada tahun 2020 Pramac menjadi tim partner menikmati material terbaik dari pabrikan…

Tahun lalu kedua belah pihak mencapai kesepakatan untuk melanjutkan kerjasama hingga tahun 2025 dan 2026, dengan syarat dan materi yang sama. Namun tahun ini, Campinoti mendeteksi meningkatnya minat Ducati terhadap struktur VR46, dan Ducati bahkan meningkatkan kemungkinan Pramac ‘menyerahkan’ motor resminya kepada tim Valentino Rossi, yang memicu perang antara kedua pihak…

Pilihan pertama Yamaha untuk mendapatkan tim satelit yang hilang dua musim lalu adalah skuad VR46 Rossi, mengingat ikatan bersejarah antara keduanya dan fakta bahwa juara dunia sembilan kali itu kini menjadi duta merk. Namun jawabannya negatif sehingga Pramac masuk “rencana B”. Sebelum Grand Prix Italia, semua tanda dari tim menunjukkan bahwa mereka akan melanjutkan hubungan dengan Ducati. Namun di Mugello, penolakan Marquez untuk bergabung dengan Pramac akhirnya menjadi faktor penentu….

Betul cak…skenario awal informasinya Ducati telah mencapai kesepakatan dengan Martin untuk membawanya ke tim pabrikan lalu mengusulkan kepada Pramac untuk membuat struktur resmi kedua guna memberikan tempat kepada Marquez. Namun rencana ini ditolak oleh Marc sehingga mengubah segalanya. Ducati mundur dari kesepakatannya dengan Martin, mengontrak Marquez dan Pramac mengambil keputusan untuk hengkang. “Kami sudah 20 tahun di MotoGP tanpa Marquez, kami bisa tanpa dia musim depan,” kata Campinoti di Mugello yang nampak kesal dengan penolakan Marc…

Last….Akhir pekan ini di Assen, adalah momentum semakin dekatnya tanggal 30 Juni, yang merupakan batas waktu Pramac harus membatalkan perjanjian dengan Ducati untuk tahun 2025 dan 2026 tanpa penalti. Mereka dipastikan akan secara resmi mengumumkan bahwa mereka akan meninggalkan Ducati pada akhir musim. Yamaha kemudian akan mengumumkan kesepakatan dengan Pramac dan kerjasama ini bersifat multiyear. Pramac akan menikmati kontrak jangka panjang dengan perlengkapan resmi Yamaha, yang akan memberikan potongan harga untuk M1 serta membayar pembalapnya. Hmm….pantes Pramac yakin ke Yamaha cak…(iwb)

11 COMMENTS

  1. Gak ada yang nafsu untuk bikin artikel jadi yang pertama di dunia tes ride si TURun BerOk….
    😂
    Lek Wueebeh dkk aja bisa sewa Sentul gede , ini TURun BerOk cuman dites di Sentul kecil
    Tanya kenapa 😂

  2. keluaRRR ninggalin Ducati cakkk ???
    Walahhhh…..Monzrod tenan nek gini ini caranya budhey hey hey heyyy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here