Iwanbanaran.com – Cakkk…perhari ini masih banyak yang bertanya ke IWB, Mungkinkan Kawasaki menghidupkan kembali Ninja 150 2 Tak ?? sebuah dorongan karena sensasi 2Tak yang luar biasa. IWB pun sempat menanyakan hal ini kepada Kawasaki Indonesia, dengan tema yang tegas dan lugas….mungkinkah di era yang makin ketat soal emisi gas buang..Ninja 2Tak kembali diproduksi ?

Didunia ini pasti ada masanya. Begitu juga dengan teknologi. Dan ketika sebuah pabrikan berusaha melawan arus….akhirnya mereka harus menyerah terhadap regulasi. Tak terkecuali nasib SKIPS engine. Setelah IWB sempat berikan selentingan tidak lolosnya Ninja 150 2 tak dari Euro 3 di tahun 2014…..ternyata sinyal tersebut benar adanya. Dibocorkan oleh Rulianto Branch Manager Super Sukses Motor Samarinda yang menaungi penjualan Kawasaki disana saat itu…..bisa dipastikan bahwa sang legenda akhirnya pensiun. Waduh…..

Menurut Rulianti, Ninja 150 gagal lolos dari uji emisi Euro 3. “Selain itu, suara mesinnya dianggap sebagai polusi suara. Saat ini hanya menghabiskan sisa stok saja..” ujarnya ketika itu. Ninja 150 pertama kali diperkenalkan Kawasaki pada tahun 1996. Kehadirannya saat itu diracik untuk menantang eksistensi Suzuki RGR150, Honda NSR150 serta Yamaha TZM150. Dibekali mesin 2 tak 150cc….Ninja 150 mampu memuntahkan tenaga hingga 30,1 [email protected] torsi 21.6NM@9000RPM. Tidak heran…..dengan bobot hanya 124 kg…..Ninja 150 langsung menjadi favorit para speed freak. Apalagi dibanding NSR150, RGR150R serta TZM….Ninja 150 lebih fleksibel akibat desain naked yang disandang…..

iklan iwb

Sayang…..setelah hampir 19 tahun lamanya bertahan, SKIPS engine akhirnya menyerah melawan regulasi ditahun 2015. Walau penjualan tetap laris….tuntutan dunia pada motor ramah lingkungan membuat semuanya tidak memungkinkan. Produsen berusaha….tapi jaman memang sudah berubah brosis. Dan inipun diamini Kawasaki saat IWB mencoba bertanya ke pak Michael C. Tanadi (PT KMI) apakah mungkin Kawasaki Indonesia memproduksi NInja 2Tak kembali? jawabannya hanyalah gelengan kepala…” Regulasi cak…” serunya sambil tersenyum…

Yup….dari obrolan fix, mesin 2Tak dipastikan tidak akan pernah kembali hidup akibat regulasi emisi gas buang. Apalagi sekarang Euro 5+ sudah mengintai didepan mata. Jangankan mesin 2Tak, sekelas Yamaha R1 wae nyerah cak. Jejak yang sudah dialami Yamaha R6. Padahal mesin yang disandang adalah mesin 4tak yang seharusnya jauhhh lebih ramah lingkungan. Artinya dengan segala kondisi diatas maka….biarkanlah Ninja 2Tak akan tetap menjadi legenda mengikuti RX-King. Menjadi motor yang akan tetap diburu sebagai kolektor item. So…Mungkinkan Kawasaki menghidupkan kembali Ninja 150 2 Tak ?? jawabannya zero possibility cak. Semoga berguna…(iwb)

7 COMMENTS

    • yzf pun masi 2tak. ttap d produksi tp off the road ga bisa d sahkan on the road.. jd cma d peruntukan untuk kebutuhan khusus. seperti balapan gras track, enduro, dll. harganya pun terbilang fantastis utk kelas 2tak 80cc (yamaha yz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here