Iwanbanaran.com – Cakkk…seperti yang sampeyan semua tahu Manajer Toprak Razgatlioglu, Kenan Sofuoglu mengatakan Toprak Razgatlioglu ingin ‘meninggalkan WorldSBK pada akhir tahun ini dan pindah ke MotoGP’. Konfirmasi ini jelas mengejutkan dan membuat kita bertanya…tim mana gerangan ? sebab diduga tidak hanya Honda, Toprak berpotensi juga gabung tim lain selain HRC. Siapa saja ? berikut beberapa tim yang masuk analisa….

Repsol Honda

Repsol Honda masih memiliki satu kursi kosong bersama Luca Marini untuk musim depan. Karena pengumuman dan keputusan terhadap Joan Mir masih belum pasti. Dengan kekuatan finansial untuk memenuhi biaya apa pun, rasanya Honda adalah pabrikan yang punya prospek. Walau RC213V saat ini merupakan motor yang paling tidak kompetitif di grid, namun HRC tentu memiliki sumber daya untuk mengubahnya. Sementara akses terhadap konsesi berarti Razgatlioglu akan dapat mengambil bagian dalam test private

Yamaha Monster

Monster Yamaha masih belum mengumumkan siapa rekan setim Fabio Quartararo di tahun 2025. Razgatlioglu memenangkan gelar WorldSBK untuk Yamaha, tetapi dua private pada M1 tahun lalu berakhir dengan kekecewaan sehingga meninggalkan Yamaha ke BMW. Mungkinkah reuni yang mengejutkan akan terjadi?

iklan iwb

Yamaha masih selangkah di belakang pabrikan Eropa tetapi, seperti Honda, Yamaha dapat menawarkan private test dari konsesi dan mengambil langkah nyata untuk meningkatkan peruntungannya melalui kesepakatan dengan Dallara, Luca Marmorini dan insinyur-insinyur terkenal Ducati.

Pramac Ducati

Pramac membawa Jorge Martin ke posisi kedua di kejuaraan dunia tahun lalu, memenangkan gelar tim dan memimpin klasemen poin saat ini. Pertanyaan besarnya adalah apakah mereka akan tetap bersama Ducati, atau beralih ke mesin Yamaha? Pramac Yamaha mungkin juga menjadi pilihan untuk Razgatlioglu, tetapi kursi satelit M1 (dengan Petronas) pernah ditolak Toprak. So….jika Yamaha ingin rekrut Toprak maka Rins harus dibuang. Mungkinkah ini terjadi ? kecil sih cak tapi tetap masuk potensi…

VR46/Gresini Ducati

Bisa saja tetapi jika Pramac pindah ke Yamaha dan sepasang GP25 didistribusikan kembali ke VR46 dan/atau Gresini, mungkinkah itu cukup untuk menggoda Razgatlioglu? Kedua tim terbukti menjadi pemenang MotoGP dalam beberapa musim terakhir, dengan Marco Bezzecchi dan Fabio di Giannantonio. Bahkan dengan motor berusia satu tahun. Marc Marquez saat ini sedang dalam perebutan gelar tahun 2024. Artinya semua masuk kalkulasi dan tentu kita mending pantau saja seperti apa rumor yang dilempar manajer Toprak….(iwb)

3 COMMENTS

  1. klo yamaha nggak mungkin toprak mau, waktu test aja yamaha ogah2an service toprak

    waktu itu toprak minta posisi duduknya disesuaikan jadi dia nggak nyaman di M1, tapi yamaha diam aja

Comments are closed.