Iwanbanaran.com – Cakkkk…..ini adalah kabar yang bikin gegerrr. Asli…IWB sebagai pemerhati Motogp yang cukup lama mengamati Jorge Martin di Ducati, pembalap yang mengabdi pada tim merah selama 4 tahun….dihancurkan Marc Marquez yang baru gabung di Ducati satelit selama 6 bulan. Ada apa ini ?? kenapa Ducati yang seolah sudah menjatuhkan pilihan pada Jorge tiba-tiba berbalik arah ? Ini jelas menyakitkan sehingga dengan pasti Martin meninggalkan Ducati dan resmi gabung Aprilia. Pertanyaannya….ada apa ini ?????

Kemarin cak…secara resmi Aprilia mengumumkan bahwa Jorge Martin akan bergabung bersama mereka menggantikan posisi Aleix Espargaro. Ini adalah berita super mengejutkan disaat semua yakin Martin akan gabung ke tim Lenovo Aprilia. Kisah ini bermula dari MotoGP Mugello Test. Meskipun hanya sedikit pembalap yang berada di trek karena hujan saat test, Jorge Martin terlihat berdiri di dinding pit bersama Aleix Espargaro sepanjang hari. Mungkin mereka sedang membicarakan cuaca hujan. Namun kemungkinan besar soal Jorge yang akan menjadi suksesor Espargaro di Aprilia….

Pernyataan manajer Aprilia Romano Albesiano dalam sebuah wawancara pada hari Senin semakin memicu rumor tersebut. Dia ditanya apakah Martin akan tampil baik di RS-GP, yang dijawab oleh bos Italia itu dengan gembira seraya tersenyum… “Tentu saja. Dia adalah salah satu pembalap tercepat di lintasan. Pasti ya….” serunya saat itu…

iklan iwb

Aprilia memposting gambar pada pukul 17:44 di mana mereka mengumumkan pesan penting tepat pada pukul 6 sore. Spekulasi langsung muncul: Jorge Martin atau Enea Bastianini di Aprilia ? sebab Keduanya menginginkan motor pabrikan dan bergabung dengan tim pabrikan. Lalu puncaknya muncul isu disekitar Paddock sekitar jam 6 sore..kru dari Spanyol yang memiliki akses luas membisikkan bahwa Marc Marquez yang dipilih Ducati untuk tahun 2025 menggantikan Enea”. Konfirmasi resmi atas kesepakatan ini diharapkan segera terjadi…..

Nahhh…nggak lama cak, jam 6 lebih beberapa menit, Konfirmasi pertama dilayangkan bos balap Aprilia Massimo Rivola yang sedang duduk di trailer truk Aprilia (kantornya) mengatakan…“Biar aku tunjukkan pebalap baru Aprilia yang akan menggantikan Aleix Espargaro,” ujarnya. Dibelakangnya ketika pintu dibuka….tiba-tiba Jorge Martin masuk dengan pakaian netral dan menjabat tangan Rivola. Disini Motogp Gempar cak…..asli semua bengong….

” Aku tidak bisa menceritakan dengan detil, tetapi aku dapat memberi tahu kalian bahwa itu adalah kesepakatan yang cukup ‘cepat’, bahkan sangat cepat, dari tadi malam hingga hari ini. Sebenarnya, kami menandatangani kontrak pada pukul 17.30 dan kami mengumumkannya pada pukul 18.00. Jadi itu adalah keputusan dan langkah yang cukup cepat bagi kami. Memang Sejak Aleix memutuskan untuk pensiun… aku mulai memeriksa pasar pebalap di paddock dan sebenarnya banyak manajer yang mengetuk pintuku dan aku pikir kami mendapatkan solusi terbaik….

“Mari kita lihat apakah [Maverick] senang bertahan bersama kami. Kami akan mencoba melakukannya. Jika tidak, kami akan kembali melihat apa yang ditawarkan pasar. Tapi jelas memikirkan pasangan super seperti Maverick dan Jorge akan menjadi hal yang luar biasa,” seru Rivola…..

Yup….Siapa menyangka Martin benar-benar tinggalkan Ducati. yaaaa, Marc Marquez telah menghancurkan Jorge Martin. Cita-cita dan harapannya gabung di tubuh tim Factory Lenovo musnah….

Sepertinya Martin sudah diberitahu Ducati soal keputusannya sehingga pada akhirnya Martin terpaksa meninggalkan tim yang dibelanya selama 4 tahun. Sejak awal dia ingin bergabung dengan tim pabrikan namun dia hanya diberikan tim satelit Pramac oleh Ducati. Dua tahun lalu, terjadi tarik menarik siapa penerus Danilo Petrucci yang dimenangkan Enea Bastianini. Ducati mengecewakan Martin, tetapi meredamnya dengan menjanjikannya dukungan penuh pabrikan di tim Pramac…

Ya…Martin kini dipastikan bergabung dengan Aprilia pada tahun 2025. Padahal Ducati dilaporkan memberi tahu Martin bahwa dialah yang terpilih, antara race Barcelona dan Mugello. Bahkan saat itu Seorang “eksekutif senior pabrikan Ducati” berjabat tangan dengan Martin, dan mengucapkan terima kasih atas kesabarannya, menjelang MotoGP Italia akhir pekan lalu. Saat itu sepertinya Ducati “yakin” bahwa Marquez akan menerima kepindahan ke Pramac, dengan material dan dukungan yang sama dengan pebalap pabrikan. Namun Marquez mengejutkan Ducati dengan secara terbuka menyatakan Pramac bukanlah pilihan…..

Pernyataan Marc tsb menggonjang manajemen Ducati. Mereka tidak menyangka Marc tegas menolak didepan media padahal itulah skenario yang sedang dirancang Ducati. Informasi menyebutkan Ducati panik mendengar Marquez menyatakan dirinya tidak akan bergabung dengan Pramac. Dari sana Ducati diyakini telah berubah pikiran memilih Marquez sebagai rekan setim Bagnaia pada tahun 2025. Alasannya satu cak…Marc Marquez, sebagai pendatang baru di Ducati, menunjukkan performa luar biasa dengan Ducati GP23 sejak awal. Karena itulah Ducati menaruh kepercayaan penuh pada Marc walau poin Martin unggul. Nyesek juga ya Martin cak….

Last….jika Jorge Martin berhasil meraih gelar juara dunia, ia akan menjadi pebalap pertama sejak Valentino Rossi, yang pindah dari Honda ke Yamaha pada 2003 hingga 2004, yang datang ke pabrikan baru sebagai juara dunia. Dengan diumumkannya kesepakatan Aprilia, Martin setidaknya harus menghilangkan beban pertanyaan terus-menerus tentang masa depannya. Kini dia bisa berkonsentrasi penuh pada perebutan gelar. So…selamat Martin atas tantangan terbarunya di APrilia….(iwb)

26 COMMENTS

  1. As alwayz…. Marc still mengguncyang…!!!
    Either on the track or out of the track gituh

  2. Hemm…….
    Semakin menarik nih musim depan
    Bisa cucuk cucukan antara MM93 dg Martin Aprilia yg membawa dendam membara

  3. Marc semakin menunjukkan kebergengsian-nya dahh…. Itu semua akibat atau buah dari kesabaran lagi ketawaqalan doi di masa-masa sulit

    Real Legend 🤩😍🇺🇸🔥💪♥️ 🙏 🇮🇩 Aamiin 🤲🤗

  4. Jujur saja secara sajian tontonan bakalan menarik karena ada barisan sakit hati (Martin yg selama ini mengincar kursi pabrikan Ducati namun terdepak demi Marc Marquez (yang secara punya banyak banyak sponsor).
    Lebih seru lagi Bastianini ke KTM. Sementara Yamaha dan Honda harus bersabar untuk mendapatkan talenta baru.

    Makin asik ketok e cak. 😀

  5. sudah ketebak sih.. biar bagaimanapun marc adalah magnet buat sponsor.. secara bisnis lebih menguntungkan buat ducati, gw kalo jadi petinggi ducati pasti pilih marc buat jualan ducati secara global secara marc lebih ngetop.. sedangkan martin walau berbakat tapi kurang diminati sponsor… ya sudahlah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here