Iwanbanaran.com – Cakkkk….sebuah kabar mengejutkan datang dari FIM Steward yang memutuskan menghukum Pecco dengan start mundur 3 posisi. Keputusan ini diambil karena Pecco dianggap menghalangi jalur dan berkendara lambat diracing line dan ini membuat Alex Marquez hampir nabrak Pecco. So…secara safety, tindakan Pecco dianggap sangat berbahaya !! Yang unik cak…respon Pecco justru mengejutkan sebab menurutnya Alex adalah pemain sandiwara yang handal. Weladalaahhh….

Francesco Bagnaia mendapat penalti grid karena menghalangi Alex Marquez saat latihan Jumat di MotoGP Italia. Alex Marquez memberi isyarat dengan marah kepada Pecco setelah hampir nabrak Pecco yang tiba-tiba melambat. Insiden tersebut segera diselidiki oleh FIM Stewards. Bagnaia kemudian sukses leading, dengan Alex Marquez di posisi kedelapan, yang berarti keduanya langsung melaju ke Kualifikasi 2 hari Sabtu….

Namun pada Jumat malam, FIM Steward MotoGP mengumumkan keputusan mereka bahwa Bagnaia menerima penalti mundur 3 grid saat start Race grand prix hari Minggu setelah ‘berkendara lambat dan mengganggu pebalap lain #73 di Tikungan 12’. Berdasarkan ‘protokol penalti’ yang dikeluarkan untuk tim, hukuman 3 tempat mencerminkan bahwa insiden tersebut terjadi selama 20 menit terakhir latihan (ketika pebalap ingin maju ke Q2) namun juga merupakan pelanggaran pertama Bagnaia….

iklan iwb

Ducati sempat banding dengan hukuman tersebut. Namun Banding terhadap penalti tersebut ditolak oleh FIM Appeal Stewards, yang ‘mengkonfirmasi keputusan panel MotoGP Stewards. Soal ini Alex sebelumnya sudah mengungkapkan rasa kesalnya kepada Pecco….

 “Dia lambat di lini tengah disaat aku meningkatkan waktu putaranku. Jadi bagiku, itu sangat jelas. Dia tiba-tiba melambat disaat aku melakukan hot lap dan dia sepenuhnya berada di tengah [trek]. Penalti atau tidak adalah urusan FIM Steward. Tetapi setelah kejadian itu, dia masuk ke dalam PIT. Dan ketika kalian masuk ke dalam PIT kalian harus berhati-hati terhadap pembalap yang datang dengan cepat di belakangmu…” seru Alex…

Yang unik cak, Pecco tidak merasa ada sesuatu yang harus dipermasalahkan. Bahkan Pecco menyebut Alex sebagai pemain sandiwara yang hebat sehingga mencuri perhatian FIM Steward….

“ Tidak ada apa-apa, itu hal biasa… Aku hanya mengerem keluar dari racing line. Aku rasa dia pemain sandiwara yang hebat. Percuma melakukan [isyarat] tangan seperti itu. Tapi harus akui itu adalah pertunjukan yang bagus. Kalau aku di penalti gara-gara itu… [itu akan] konyol. Aku menunggu tetapi aku rasa tidak akan menerima penalti.”...” tutup Pecco. Dan ternyata Pecco benar-benar di penalti. Keputusan tersebut keluar dimalam hari setelah sesi usai ! FIM Steward nampaknya meneliti rekaman insiden tsb dan memang dianggap berbahaya karena bisa saja terjadi crash. Walaahhh…. (iwb)

Detik-detik insiden ALex vs Pecco

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here