Iwanbanaran.com – Cakkk…iki emang edian bin kenthirrr tenan. Lhaa piyeee…sebuah ungkapan dilemparkan tim KTM yang mengakui bahwa mereka memasukkan opsi mesin 4 silinder segaris untuk menghadapi Ducati. Pernyataan ini jelas sangat mengejutkan cak. Sebuah pernyataan yang jauh dari angan-angan kita mengingat Yamaha aja seperti goyang pengen banting stir ke mesin V4. Ediannn ikiii….

Sejak memasuki Kejuaraan Dunia MotoGP, KTM mengandalkan mesin berkonfigurasi V. Konstruksinya sukses. Meski demikian, siapa menyangka pabrikan Austria mereka tidak menutup kemungkinan menggunakan generasi mesin empat silinder segaris pada engine 850cc nantinya. Konfirmasi ini dilayangkan Sebastian Risse, Manajer Teknis KTM MotoGP via speedweek dan ini dia interviewnya cak…

Q : Yang membuat semua orang tertarik – seberapa besar tenaga yang bisa diharapkan dari mesin 850cc MotoGP?

iklan iwb

Sebastian Risse: Jika kita menggunakan parameter yang sekarang ditetapkan sebagai dasar penghitungan, maka 850 akan menghasilkan tenaga turun sekitar 30-40 hp

Q : Bisakah pengurangan perpindahan disamakan dengan berkurangnya jumlah bensin?

Sebastian Risse: Memang benar mulai tahun 2027 masih tersedia 20 liter untuk GP dan 11 liter untuk sprint. Topik tentang bahan bakar pada umumnya bukanlah topik yang membosankan. Juga karena kita menggunakan bahan bakar non-fosil murni. Dan belum teruji sejauh mana perubahan konsumsi bahan bakar dengan spesifikasi bensin baru.

Q : Peraturannya hanya mensyaratkan mesin empat silinder 4 stroke. Apakah ada diskusi mengenai hal ini?

Sebastian Risse: Sejujurnya tidak. Semua orang sepakat bahwa kita harus mempertahankan basis empat silinder yang digunakan semua pabrikan, namun tetap memungkinkan adanya diferensiasi. Yang tidak diinginkan semua orang yang terlibat adalah konsep yang berubah seperti masa lalu (ketika Honda menggunakan mesin V-lima silinder atau Aprilia menggunakan mesin tiga silinder segaris).

Q : KTM saat ini menjalankan mesin empat silinder dengan konfigurasi V. Apakah ini juga berlaku untuk mesin KTM 850cc?

Sebastian Risse: Sangat masuk akal untuk melihat versi lain dari mesin empat silinder. Aku juga tidak akan mengesampingkan mesin empat silinder segaris.

Q : Artinya KTM masih ragu apakah akan memiliki mesin in-line atau V?

Sebastian Risse: Yang bisa aku katakan adalah kami sudah memutuskan konsep mesinnya, tapi aku  tidak bisa mengungkapkannya hari ini.

Yesss…kuwi cak interviewnya. Ini bakal makin hot sebab isunya KTM juga melibatkan Kurt Trieb, seorang desainer mesin balap yang kompeten dan berpengalaman. Trieb, yang juga bertanggung jawab bersama atas rancangan awal superbike BMW baru yang terkenal memiliki mesin empat silinder segaris powerful sejak tahun 2008. Dia mengetahui semua kelebihan dan kekurangan dari desain tersebut. Maka tak heran jika RC16 mendatang bisa saja tidak lagi menggunakan konfigurasi V. Kekuatan inline adalah cornering speed dan sepertinya KTM berharap dengan power turun drastis mereka akan mengail cornering speed sekuat-kuatnya dan ini baru bisa dicapai secara optimal dengan konfigurasi inline….(iwb)

6 COMMENTS

  1. Bayangkan cakkk 4 piston berjajar rapih
    Tapi naek turunnya kaga bareng-bareng cak

    Mark turun semuanya mak cuwok kecuwok kecuwok…..gitu budhe gitu pakdhee….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here