Iwanbanaran.com – Cakkk…Race MotoGP Le Mans, Prancis dimenangkan oleh Jorge Martin (Prima Pramac Racing). Marc Marquez (Gresini Racing MotoGP) secara mengejutkan sukses kalahkan Pecco padahal start dari posisi 13…ediann. Dan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) melengkapi podium…

Jorge Martin tampil sempurna pada balapan Sprint dan tak tersentuh sejak start hingga finis. Kemudian Marc Marquez tampil heroik mengamankan podium kedua pasca comeback dari posisi ke tiga belas. Sementara podium ketiga ditutup oleh Maverick Vinales (Aprilia Racing).

Lanjut cakkk..Race dimulai pukul 14.00 waktu setempat dengan durasi 27 Laps. Front Row ditempati Jorge Martin, Francesco Bagnaia dan Maverick Vinales.

iklan iwb

Selepas start, Francesco Bagnaia langsung memimpin diikuti Jorge Martin, Aleix Espargaro, Fabio Di Giannantonio dan Maverick Vinales. Marc Marquez naik ke posisi delapan.

26 Laps To Go, Lima besar belum ada perubahan. Jorge Martin menempel ketat Francesco Bagnaia begitu juga dengan Fabio Di Giannantonio yang membidik posisi ketiga dari Aleix Espargaro.

25 Laps To Go, Pedro Acosta cetak fastest lap dengan catatan waktu 1 menit 31.877 detik dan kini doi naik ke posisi lima. Apesnya saat bertarung berebut posisi ketiga doi dlosorr. Marc Marquez naik ke posisi enam.

24 Laps To Go, Francesco Bagnaia cetak fastest lap dengan catatan waktu 1 menit 31.808 detik. Tidak lama kemudian Marco Bezzecchi dlosor saat bertarung memperebutkan posisi ketujuh dengan Enea Bastianini.

23 Laps To Go, Fabio Di Giannantonio cetak fastest lap dengan catatan waktu 1 menit 31.651 detik. Doi kembali membidik posisi tiga dari Aleix Espargaro.

22 Laps To Go, Aleix Espargaro cetak fastest lap dengan catatan waktu 1 menit 31.447 detik. Sementara itu Francesco Bagnaia masih memimpin diikuti Jorge Martin dengan gap yang cukup tipis yakni 0.2 detik.

21 Laps To Go, Marc Marquez rebut posisi lima dari Maverick Vinales. Namun dengan sigap kembali direbut lagi oleh The Top Gun. Enea Bastianini bergabung dalam pertarungan ini cakk.

20 Laps To Go, Fabio Di Giannantonio salip Aleix Espargaro. Namun ia melebar dan doi kembali ke posisi empat, posisi tersebut mulai terancam oleh Maverick Vinales yang mulai mengancamnya.

18 Laps To Go, Francesco Bagnaia dan Jorge Martin mencoba kabur dari kejaran Aleix Espargaro dengan gap 0.6 detik. Beberapa saat kemudian Fabio Di Giannantonio rebut posisi tiga dari Aleix Espargaro.

17 Laps To Go, Battle perebutan posisi empat kian menarik. Maverick Vinales sodok ke posisi empat pasca Aleix Espargaro melebar dan kemudian Marc Marquez naik ke posisi lima.

15 Laps To Go, Francesco Bagnaia sedikit membuka celah dari Jorge Martin menjadi 0.5 detik. Sementara itu Fabio Di Giannantonio mulai mengejar Martin. Perebutan posisi ketiga menarik kie kang bro.

14 Laps To Go, Marc Marquez rebut posisi empat dari Maverick Vinales pasca pembalap Aprilia Racing tersebut melebar. Marquez kini membidik posisi ketiga dari Fabio Di Giannantonio.

12 Laps To Go, Jorge Martin tempel kembali Francesco Bagnaia dengan gap 0.2 detik. Pun begitu dengan Marc Marquez yang mulai melakukan serangan kepada Fabio Di Giannantonio.

11 Laps To Go, Marc Marquez rebut posisi kedua dari Fabio Di Giannantonio. Sayangnya doi melebar dan turun lagi ke posisi lima. Namun tidak lama berselang doi kembali ke posisi empat.

10 Laps To Go, Marc Marquez rebut posisi tiga lagi dari Fabio Di Giannantonio. Pembalap Italia tersebut melebar dan turun ke posisi lima. Sementara itu Jorge Martin mulai menggencarkan serangan kepada Francesco Bagnaia.

8 Laps To Go, Battle mulai berlangsung. Jorge Martin salip Francesco Bagnaia, kemudian direbut kembali oleh Pembalap Ducati. Sementara itu Fabio Di Giannantonio di ganjar long lap penalty dan Enea Bastianini naik ke posisi lima.

7 Laps To Go, Jorge Martin ambil alih pimpinan balapan. Sedangkan Marc Marquez mulai mendekat dengan gap 0.4 detik dari Francesco Bagnaia. Marquez terus memberikan tekanan kepada Pecco.

5 Laps To Go, Tiga besar kini hanya di pisahkan 0.4 detik. Makin seru cakkk. Jorge Martin masih anteng di depan, Marc Marquez memiliki catatan yang sangat baik di lap terakhir dari pada dua pembalap di depannya.

3 Laps To Go, Jorge Martin sedikit menjauh dari Francesco Bagnaia, gap mereka menjadi 0.5 detik. Namun kembali rapat karena Martin sedikit melakukan kesalahan. Tiga besar hanya terpaut 0.3 detik sekarang cakk. Wow..

Last Lap, battle terus belanjut cakk. Francesco Bagnaia pantang menyerah dan terus membidik posisi pertama dari Jorge Martin. Sementara itu Marc Marquez bertahan di posisi ketiga dan masih berjuang menempel Martin dan Pecco, Enea Bastianini dan Maverick Vinales melengkapi lima besar.

Hingga finis Jorge Martin keluar sebagai pemenang diikuti Marc Marquez, Francesco Bagnaia, Enea Bastianini, Maverick Vinales, Fabio Di Giannantonio, Franco Morbidelli, Brad Binder, Aleix Espargaro dan Alex Marquez….(CB iwb)

2024 French MotoGP, Le Mans – Race Results
Pos Rider Nat Team Time/Diff
1 Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP24) 41m 23.709s
2 Marc Marquez SPA Gresini Ducati (GP23) +0.446s
3 Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP24) +0.585s
4 Enea Bastianini ITA Ducati Lenovo (GP24) +2.206s
5 Maverick Viñales SPA Aprilia Racing (RS-GP24) +4.053s
6 Fabio Di Giannantonio ITA VR46 Ducati (GP23) +9.480s
7 Franco Morbidelli ITA Pramac Ducati (GP24) +9.868s
8 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16) +10.353s
9 Aleix Espargaro SPA Aprilia Racing (RS-GP24) +11.392s
10 Alex Marquez SPA Gresini Ducati (GP23) +13.442s
11 Raul Fernandez SPA Trackhouse Aprilia (RS-GP23) +24.201s
12 Johann Zarco FRA LCR Honda (RC213V) +26.809s
13 Augusto Fernandez SPA Red Bull GASGAS Tech3 (RC16) +27.426s
14 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V) +30.026s
15 Alex Rins SPA Monster Yamaha (YZR-M1) +30.936s
16 Luca Marini ITA Repsol Honda (RC213V) +40.000s
Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1) DNF
Jack Miller AUS Red Bull KTM (RC16) DNF
Miguel Oliveira POR Trackhouse Aprilia (RS-GP24) DNF
Joan Mir SPA Repsol Honda (RC213V) DNF
Marco Bezzecchi ITA VR46 Ducati (GP23) DNF
Pedro Acosta SPA Red Bull GASGAS Tech3 (RC16)* DNF

14 COMMENTS

  1. Rossi akan sakit hati selama hidupnya melihat kehebatan Marquez, itu lebih suram dari semua kesuksesan yg di raih Rossi.
    MM 93 best of the best

  2. Rossi akan sakit hati selama hidupnya melihat kehebatan Marquez, itu lebih suram dari semua kesuksesan yg di raih Rossi.
    MM 93 best of the best

  3. Knp ya di mari koment2nya canggih2 semua..beda ama warga di warung sebelah gag sekolah semua..wakaka top lah warga di mari dan page nya..

  4. Nice … seneng liat MM93 sumringah lagi, baru 5 seri sudah nangkring di P3 klasemen. Apalagi liat statusnya sebagai rider terbaru Ducati dgn spek motor lama dan masih nyari setup terbaik. Semoga bisa konsisten podium dan cetak poin. Gak harus P1.

Comments are closed.