iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…pamor Motogp memang makin meredup sepeninggal Rossi dan suramnnya Marc Marquez. Namun kita tetap tidak pernah menyangka Dorna disebut sudah siap menjual Motogp ke pemilik F1 yakni Liberty Media. Dorna disebut sudah menyebutkan angka nilai tawar dari Liberty media diangka €4 miliar (Rp 68 triliunan). Betul cak….Liberty Media berminat untuk mengakuisisi saham mayoritas pemegang hak siar MotoGP, Dorna Sports. Waduhh….terus apa yang akan terjadi jika isu ini gol ??

Dari informasi yang dishare Finansial times, Pemilik F1 yakni Liberty Media sudah sukses mengalahkan saingannya TKO….perusahaan yang memiliki UFC dan WWE. Liberty Media isunya berhasil meluluhkan Dorna dengan angka tawar dikisaran €4 miliar (Rp 68 triliunan). Angka ini disebut untuk mengakuisisi saham Motogp, sebuah ambisi dari Liberty untuk menyatukan balap Motor dan mobil dalam 1 payung cak…

Informasi buat sampeyan…..sebenarnya jika melihat history masa lalu, kepemilihan F1 dan MotoGP dalam satu payung memang tidak mudah. Sebab sebelumnya Motogp dan F1 dimiliki oleh CVC Capital Partners dan ternyata dapat tekanan dari Uni Eropa dengan peraturan pelarangan monopoli. Alhasil CVC menjual MotoGP dan jatuh kepada Dorna sport. Dorna sport sendiri sebenarnya adalah gabungan dari beberapa perusahaan yakni 39 persen saham dikuasai Bridgepoint (perusahaan ekuitas swasta), 38 persen milik CPP (dana investasi Kanada), dan 20 persen dimiliki karyawan yang handle Dorna. Jadi kayaknya niat Liberty Media nggak akan mulus cak…..

iklan iwb

Sebab Komisi Uni Eropa pasti tidak menginginkan tayangan balap roda 2 dan 4 terpopuler jatuh ke tangan satu pemilik. Dikhawatirkan bakal terjadi monopoli kepemilikan yang berdampak pada berkurangnya persaingan dalam penjualan hak siar TV. James Killick, seorang pengacara persaingan usaha di White & Case, mengatakan kepada Financial Times bahwa penyelidikan terhadap kesepakatan antara Liberty Media dan Dorna “sangat mungkin terjadi”. “Aku akan sangat terkejut jika regulator persaingan usaha tidak melihatnya. Pertanyaannya adalah, apakah pasar telah berubah?” serunya….

Last…angka 68T bukanlah nilai kecil. Dan dengan basis pengalaman Liberty Media yang sukses mengangkat F1 dari keterpurukan sejak 2017 diduga akan membuat nafas baru di balap Motogp. Financial Times melaporkan bahwa laba F1 pada tahun 2023 mencapai $3,2 miliar. Sedangkan pendapatan Dorna adalah €483 juta pada tahun 2023. Jadi memang jauh cak. Dilaporkan dealing keduanya diduga akan kelar sebelum race Texas dan ini artinya pengambil alihan kepemilikan dari Dorna ke Liberty Media sangat mungkin dilakukan pada minggu-minggu ini. Kita tunggu saja….(iwb)

8 COMMENTS

  1. Hanya 68 Triliun, sebenarnya Indonesia bisa membelinya, bahkan masih banyak sisanya dari 271 Triliun korupsi timah. (Seharusnya)

  2. Wkwkwkwkwk malah pada kompare sama nilai rupiah yg dinikmati manfaatnya oleh koruptor negeri Paman grib band

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here