Iwanbanaran.com – Cakkkk…Shakedown Sepang Test akhirnya dimulai hari ini. Dani Pedrosa (Redbull KTM Factory Racing) melesat sebagai yang tercepat, disusul Pedro Acosta (GASGAS Factory Racing) dan Pol Espargaro (Redbull KTM Factory). Dan dilalah cak saat IWB intip….weladalahhhh, Honda jajal Aero belakang bergerigi…edian makin anehh !!

Sebelum berlangsung tes pra-musim yang akan diikuti oleh semua pembalap dan test rider masing-masing pabrikan pekan depan. Beberapa pembalap mulai disibukkan dengan Shakedown yakni tes resmi yang dikhususkan untuk Rookie, Test Rider dan pabrikan yang mendapatkan konsesi kang bro.

Regulasi baru yang telah diluncurkan Dorna Sport untuk musim 2024 tentu membuat Honda dan Yamaha berhak mendapatkan jatah konsesi yang artinya semua pembalap reguler berkesempatan mendapatkan ‘extra time’ dua hari turun dalam shakedown.

iklan iwb

Shakedown sendiri berlangsung selama tiga hari, perhari ini hingga Sabtu esok cakk. Untum para Test rider dan Rookie bebas mengakses 3 hari jatah test Shakedown namun untuk pembalap reguler mendapat batasan 2 hari saja.

Pada hari pertama ini, tercatat baru masing-masing test rider dan satu-satunya Rookie di MotoGP 2024 wae yang turun, yakni Pedro Acosta dan nama baru hadir sebagai test Rider pasca posisinya di depak oleh Acosta di tim GASGAS Tech3, Pol Espargaro kini menemani Pedrosa untuk pengembangan RC-16 cakkk.

Selain mencoba Prototype terbaru, para test rider disibukkan dengan pengujian banyak part baru dan poin pada shakedown di hari pertama ini adalah Aero. Yupss pakdee, aero sangat penting dan semua pabrikan kini mengalihkan fokus mengimprove area tersebut.

Perubahan yang nyata terlihat dari kubu Honda yang hanya turun dengan Stefan Bradl. Test rider asal Jerman tersebut sangat sibuk menguji dan mengumpulkan banyak feedback dengan fairing baru yang dihadirkan oleh HRC. Baik dari depan hingga belakang, sangat berbeda jika dibandingkan musim lalu cakk. Yang paling aneh area belakang..model sayap banyak sehingga terkesan bergerigi cak. Asli butuh waktu buat kita untuk mencerna bentuk sayap ini…

Pun begitu dengan Aprilia, Lorenzo Savadori yang terpantu menguji variasi baru aero buritan yang terpasang pada RS-GP versi 2024 cakk. Selain itu beberapa part lainnya tidak jauh berbeda dari yang pernah diuji pada saat Valencia Test November lalu.

Sementara KTM yang menguasi tiga besar test lewat ketiga pembalapnya terpantau fokus dengan paket badu RC-16 versi 2024 yang sebelumnya sudah hadir pada Test Valencia.

Yamaha yang turun dengan Cal Crutchlow fokus untuk memantabkan mesin M1 versi terbaru yang dinilai Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP) sudah lebih baik namun beberapa detail masih perlu ditingkatkan.

Sedangkan pabrikan Ducati mengandalkan Michele Pirro tetapi masih minim informasi apa saja yang diuji pada kesempatan kali ini, terlebih Desmosedici GP24 tahap awal masih dalam penyempurnaan dan hari ini motor Pirro juga nampak dipasang Aero baru cakkk….(CB iwb)

2 COMMENTS

  1. Bentuk Motor udah gak jelas, lama2 roda tertutup winglet wakakakakak. Bikin mual liat motoGp skrg wisss wisss

Comments are closed.