Iwanbanaran.com – Cakkk……dengan artikel ini IWB berharap sampeyan tidak akan ketinggalan karena ada update terbaru dari Motogp bahwa sirkuit Phillips Island akan dihantam cuaca ekstrim sehingga jadwal race Motogp dipastikan berubah. Dan inilah update yang bisa IWB share supaya sampeyan nggak missed nonton race hari ini….

Phillips Island memang beda cak. Pada tahun 2019, kualifikasi harus dibatalkan pada hari Sabtu karena kondisi cuaca (saat itu hembusan angin sekitar 50 km/jam)…

“Prakiraan untuk hari Minggu hempasan angin sangat mirip dengan empat tahun lalu. Seperti yang selalu kami tekankan…keselamatan pembalap adalah faktor terpenting. Setelah pertemuan dengan tim, diputuskan dengan suara bulat untuk menukar sprint dan balapan utama di akhir pekan. Kami telah menempuh perjalanan jauh ke Australia dan penting bagi para fans untuk melihat balapan utamanya….”

iklan iwb

“Tentu saja kami akan fokus juga untuk balapan sprint di hari Minggu. Kami akan mencoba menyelesaikan jadwal lengkap yang kini telah dipublikasikan seperti parade pebalap, Moto3, Moto2 dan sprint pada hari Minggu. Asalkan cuaca memungkinkan. Jika kami harus membatalkan, kami akan melakukannya dengan mempertimbangkan keselamatan….”seru Chief Sporting Officer Dorna Carlos Ezpeleta….

” Phillips Island diterjang banjir (13 Oktober 2022)..”

Memang cak….Kondisi cuaca yang berubah-ubah seperti badai hebat dan hujan terus-menerus telah menyertai Grand Prix Australia selama bertahun-tahun, karena musim gugur bertepatan dengan musim semi di Eropa, dengan cuaca bulan April berlangsung selama berminggu-minggu. Dan tidak peduli apakah race Kejuaraan Dunia dijadwalkan pada akhir September atau pertengahan atau akhir Oktober, selalu ada kejutan cuaca. Suatu hari suhunya bisa 27 derajat dan cerah, keesokan harinya bisa turun hujan selama lebih dari 20 jam….

Pernah juga dulu tiba-tiba Phillips Island mengalami suhu drop hingga 4 – 8 derajat dan angin sedingin es. Sebenarnya kondisi juga sudah jadi bahan perbincangan di antara tim. Sebab Banyak juga pembalap menginginkan race Aussie dipindah April. Namun hal itu tidak bisa tercapai karena tiga alasan….Pertama, GP Formula 1 digelar di Melbourne pada Maret. Kedua, pernah terjadi hujan lebat saat race Superbike di Phillip Island pada pertengahan April sehingga putaran kedua Kejuaraan Dunia hari itu harus dibatalkan karena banjir dan genangan air yang dalam. Dan ketiga, GP Australia tidak sesuai dengan konsep Dorna, yang secara tradisional dimulai dari Qatar….Amerika….Argentina dan Texas pada bulan April. Jadi memang stuck cak…

Last….perkiraan cuaca mengatakan bahwa hari minggu diperkirakan akan ada cuaca ekstrim dengan kecepatan angin sekitar 80km/jam dan ini cukup mengerikan cak. So…akhirnya bulat diputuskan race akan digelar hari Sabtu 21 Oktober jam 15:10 waktu atau sekitar jam 11:10 pagi WIB. Sedangkan balap Sprint dijadwalkan hari Minggu 22 Oktober dimulai pada pukul 14:00 atau jam 10:00 WIB. Ingat cak sampeyan catet jangan sampai meleset ki. Jadi race penuh jam 11 hari ini dan sprint besok jam 10….ojo lali, gazz !! (iwb)

Rain on track, Australian MotoGP, 13 October 2022