Iwanbanaran.com – Cakkk…tidak seperti R25, sepertinya Yamaha cukup agresif melakukan sentuhan terhadap adiknya yakni R15. Ini dibuktikan oleh pabrikan garputala yang baru sama merilis R15 Monster Energy 2023….ini baru garang !!

Baru-baru ini Yamaha merilis livery terbaru pada R15M versi 2023 dengan label Yamaha R15M Monster Energy Edition. Yamaha R15M dibekali desain terbaru dengan karakter R-DNA sehingga aliran bodinya tidak berbeda jauh dengan moge R seriesnya Yamaha. Namun kali ini, R15M tampil dengan grafik Monster Energy yang dipakai Fabio Quartararo di MotoGP. Dengan livery tersebut, motor ini tampil lebih keren nan gahar dengan warna dasar hitam dan corak biru khas Yamaha di beberapa bagian panel bodinya, pun logo monster energy yang membuat aura sangarnya makin kentara….

Nahh jika dibandingkan dengan gen sebelumnya ada perbedaan yang cukup mencolok khususnya coretan diarea fairing kiri kanan. Jika Monster energy sebelumnya memiliki tarikan horizontal maka untuk versi 2024 tidak sebab Yamaha lebih memiliki bentruk abstract campuran biru dan abu-abu. Selain itu area swing arm, beda dengan versi 2022…maka untuk gen 2023 Yamaha melabur dengan warna hitam (sebelumnya silver). Yahh memang hanya sentuhan livery atau striping cak sebab spek mesin dan fitur sami mawon…

iklan iwb

Dari segi mesinnya cak, Yamaha R15M Monster Energy Edition dibekali mesin 4 stroke single silinder SOHC VVA berkubikasi 155cc dengan sistem pendinginan cairan. Dengan mesin tersebut, motor ini mampu memuntahkan tenaga hingga 14,2 kW di 10000 Rpm dan torsi maksimal di angka 14,7 Nm di 14,7 Nm di 8500 Rpm. Fitur VVA tentu sangat bisa diandalkan karena torsi yang keluar merata di setiap putaran mesin. Performanya pun disempurnakan berkat penyematan Quick Shifter….

Last….Fitur yang tersemat di motor ini termasuk lengkap dan canggih cak diantaranya Speedometer model baru dengan opsi display mode, traction control, suspendi USD, sistem pengereman mengadopsi kaliper Bybre, dan sudah ABS dual channel. Sementara untuk banderolnya cak, Yamaha R15M Monster Energy Edition dijual untuk market Malaysia dengan banderol 14.998 ringgit atau jika dirupiahkan sekitar 50 jutaan. Sayang hingga detik ini belum tergali apakah YIMM tertarik membawa versi ini untuk pasar tanah air. Piye…kalau sampeyan tertarik ora cak ??….(RA iwb)