iklan iwb
Home Honda Bukan Karat !! Ini penjelasan AHM tentang eSAF yang viral !!

Bukan Karat !! Ini penjelasan AHM tentang eSAF yang viral !!

Iwanbanaran.com – Cakkk….akhirnya secara resmi AHM menjawab perihal kasus sasis eSAF yang viral. Mereka mengundang semua media dan jurnalis, Blogger serta Vlogger ke Astra Training center karena sekalian dengan event mekanik kontes. Dan dari sana bisa kita simpulkan dari konfirmasi AHM…..kuning yang viral berkat video membongkar body Vario 160 saat turun dari dealer. Dan fix…menurut AHM itu bukan Karat ! Ini penjelasan AHM tentang eSAF yang viral !!

Rangka ehanched Smart Architecture Frame (eSAF) Honda akhir-akhir ini ramai disosial media. Dengan gambar dan video yang masif….rangka ini disebut keropos dan gampang patah. Dari sana muncul narasi-narasi mengerikan seakan semua motor Honda dengan rangka eSAF mengalami hal serupa. Kondisi yang membuat para pemilik motor Honda dan juga calon pembeli Honda was-was karena AHM belum memberikan statement resminya…

Hingga kemarin cak, akhirnya kita diundang bersama semua jurnalis dan media untuk diberikan penjelasan resmi. AHM sendiri butuh waktu karena mereka masih berusaha mencari owner untuk mengumpulkan data perkara video yang viral. Kendati hingga detik ini belum mendapatkan para owner tersebut, akhirnya AHM menjawab video yang viral. Dan kesimpulannya sebagai berikut..

  1. Viral Karat pada sasis Vario baru turun truk

Video ini viral karena banyaknya kuning-kuning diarea pengelasan. Nah menurut presentasi dari Subhan, Technical Service Manager AHM….bahwa kuning pada sasis bukanlah karat. Dan mereka memberikan ilustrasi jika karat maka digosok dengan tisupun pasti akan terangkat. Kenapa ? sebab bercak kuning tersebut adalah silikat yang berfungsi mencegah karat…

” Bercak kuning yang terdapat pada las-lasan di rangka eSAF merupakan silikat (Silicate). Lapisan Silikat itu bukan karat, lapisan itu justru melapisi frame supaya enggak terjadi oksidasi,” serunya….

2. Sasis prothol, keropos dan kelipat yang viral

Untuk gambar-gambar tersebut masih menjadi bahan investigasi karena ownernya sendiri sulit dihubungi. Celakanya dari informasi yang kita terima, justru gambar rangka esaf yang viral…para pemiliknya tidak merespon ketika coba dikontak. Padahal AHM butuh untuk mendapatkan data dan ini penting secara teknis….

” Tentu kami akan berusaha proaktif, cepat dan sigap menangkap setiap keluhan konsumen yang disampaikan. Jika ada konsumen yang mengalami kendala atau keluhan terhadap motornya, jangan ragu-ragu datang ke jaringan bengkel resmi kami. Karena kami akan proaktif membantu dan memeriksa keluhan yang disampaikan konsumen di motornya,” Ahmad Muhibbuddin selaku GM Corporate Communication AHM…..

Last…perkarat karat sudah terbantahkan secara teknis bahwa ternyata itu adalah lapisan Silikat. Sedang masalah kedua, monggo bantu AHM bagi yang merasa motornya terjadi seperti diatas segera lapor ke nomer 1-500-989. Biar clear pakde. Nah…untuk memberikan gambaran kesampeyan berikut video lengkap penjelasan AHM perihal Karat Rangka eSAF, semoga berguna….(iwb)

62 COMMENTS

  1. Klarifikasinya cuma PEMBENARAN satu pihak .. dan solusinya ya beli rangka dengan hrg 1 jutaan… Dan lagi yg klarifikasi kog pake masker…???

    • Sedari dulu BC an para Fby yang semakin Semaput udah tak Manjur Pak Dhe , kaga ngaruh blasss… Tiap hari sampe 10 pick up jualan Sultan Hnd d tiap dealer masih Lancar Jaya 😂
      Itu kerjaan para Fby yang kemaren2 berafiliasi jadi tukang copet yang gagal , kemudian pindah haluan jadi tukang cuci motor yang sengaja pake air aki buat Cui motor2 Sultan buat bahan video 😂

      • Ekekekek……
        Semakin di BC semakin kuat wibawa sang sultan
        Jadi ingat waktu pilpres yg lalu
        MuuuuUUUuuuuehehehe……..

    • sekarang sy tdk mau beli motor yg rangkanya esaf, mau yg sudah pasti2 aja mendingan rangka besi bulat sebelah sudah terbukti

  2. kalau memperhatikan video klarifikasi bahwa noda kuning itu silikat,, ada yg aneh cak, bagian pertama body dibersihkan dl pakai air/tisu basah baru tisu kering, jelas debu pasti keangkat,, sedangkan bagian kedua, pakai contoh plat besi karatan yg sdh parah dan g dibersihkan dl pakai tisu basah/air, jd debu karat jelas masih ada.

      • Kalaupun bukan karat telah membuktikan catnya tipiiiiiisssss
        Dan pastinya jorok proses produksinya
        Weldingannya belepotan ga lurus

  3. Silikat atau Silikon itu sisa pengelasan, dalam bidang welding disebut juga “silica island”. Terjadi pada pengelasan MIG, tapi BUKAN BERFUNGSI UNTUK MELAPISI supaya tahan karat.
    Sisa silikon dari alloy atau paduan kawat las itu ya kudu dibersihin/dibrush dulu sebelom lanjut proses coating dan pengecatan.

    • Karena sifatnya non-conductive sehingga bikin coat gak bisa nempel di silikat.
      Kalau bekas silikat hilang, ya otomatis coat dan cat bisa menempel sempurna dan tahan lama di rangka. Tapi kalo lapisan cat mengelupas ya udah pasti hitungan bulan akan jadi titik awal korosi/karat dan bikin besi keropos.

        • Orang awam yang bisa mikir aja gagal paham sama video “yang dibilang klarifikasi” itu bang. Bandingin aja sama rangka motor harga lebih murah dari merk lain contoh Nex II atau Gear 125, adakah bagian cat ngelupas? Kan gak ada toohh.

          Salam mikir bang.

    • Ajuin Opini lu langsung om 😂 dicari d google juga banyak jawabannya , tapi bukan itu…fby harus tau proses dari a hingga z buat nemuin jawaban biar bisa Ngeles .
      Tapi ingat…. Motor Sultan selalu diminati dan akan semakin dinikmati , Black Campaign an para Fby dan hater yang semakin terjepit sudah kaga manjur.
      Siapkan materi berikutnya untuk bahan BC

      Mueeeehehehehhehehe 😂
      Mueeeehehehehhehehe 😂

    • Anehnya yg punya warrung seperti ikut2an hodob gak menjelaskan gimana seharusnya cuma nyampaikan dari junjungan jasjesjos tok dapat persenan!

  4. Klo klarifikasi dari pihak produsen ya mbuh cak. Keluhan dari pihak user ya mbuh jg. Mungkin paling afdol ya pake pihak ke-3 macam lab atau lembaga uji independen buat ngetes itu rangka motor beneran gampang karatan atau engga, itu beneran silikat atau engga, kekuatan rangkanya, dsb..
    Yg diuji ga cuma 1-2 biji.. tapi boleh lah sampling 5-10 unit, tapi variatif.. unit yg sudah dipake user, unit brand new dari pabrikannya sendiri, unit brand new beli dari dealer, dsb..

  5. Ah influencer skrg money oriented bgt
    Bukannya bantuin konsumen buat menyuarakan produk bermasalah
    Kacau kacau

    • Itu d himbau buat buat pemilik yang merasa punya masalah dengan rangka untuk datang klarifikasi agar tak salahin produsen atau konsumen… masih kurang ? 😂 Justru kalau yang bikin BC pingin menghilang ngumpet2 yang bakal dicari kayak buronan.
      Makanya jangan asal bikin konten
      Mueeeehehehehhehehe 😂

      • Harusnya Ada itikad baik dari perusahaan kalo ada indikasi ingat indikasi yg bisa memnahayakan konsumen ya harus diambil langkah baik untuk mencegah atau menunggu korban semakin banyak!?!?!

    • Ingat cak… puluhan juta ditangan konsumen , bukan BC murahan fby Semaput yang sudah tak manjur
      Mueeeehehehehhehehe 😂

  6. Kalo kuning itu buat penguat las lasan, kenapa di rangka kompetitor ga ada? malah rapi ketutup cat.

    klarifikasi atau pembelaan kesalahan ini???

  7. Pernah liat langsung di jalan dan juga di videorekaman cctv jalan raya insiden kecelakaan hebat tabrakan sepeda motor gk pernah rangkanya sampe patah klo bengkok iya, makanya video2 viral yg beredar sangat aneh masa iya motor cm dinaikin doang tau2 patah udh gitu dicariin gk ketemu orangnya baik yg punya kendaraan atau yg bikin konten viralnya

    • Kerjaan fby sedari dulu itu cak , mereka semakin Semaput jualan cuma 50 60 sebulan , makin kalah jauh sama jualan Mbeat doang 😂

    • Mainnya kurang jauh berarti. Tuh di tw*tter konsumen langsung kasi video motornya yg dah karatan baru turun dealer. Counter langsung video klarifikasi a**.

      Dah ga kebendung, dua bulan lebih di t*ktok ga dianggap serius.

      Makin banyak yg speak up pake video. .
      Tembus tw*ter . Makin banyak aja testimoni dari user. Baru dah bejibun berita di media mainstream.

      Konsumen ga bodoh.

  8. Hahaha motor kualitasnya jelek aja kok dibela mati2an. Sampai direply setiap komen.. 😆😆😆 tapi ya gak juga tau kalo situ nyari nasi dari situ 😆😆😆

  9. Waduh, jelas² karat kok masih ngeles, gawat iki honda cakk.. bisa ambrol iki uang konsumen

  10. Kalau mau HND melalui jaringan servisnya bisa uji sampling user secara acak (khusus tipe dan tahun produksi tertentu) di jalan untuk pemeriksaan fisik rangka esaf-nya …
    User diminta menunggu sambil menikmati nasi bungkus dan teh botol. Hasilnya itu baru disebut data

  11. Sekarang saya tau arti jargon #Cari_Aman ..
    Ya krna produknya kagak aman… akuin aja.. klo rangka esafnya emang tipis dan pengecetan juga asal2an… Demi Efisiensi cost produksi…

  12. Hah? Sulit dihubungi? Gak respon?
    Itu di tiktok ada yg sampe didm sama astrahonda care loh. Dia jg jwb, dan solusinya disuruh bawa ke ahass doang. Ini gmn sih? Honda cuci tangan atau pembuat video yg brengsek?
    Tp yg apes ga dikit sih gw liat. Cuci tgn nih honda? Smg engga, krn klo cuci tangan abislah, konsumen bs kabur semua

  13. Ayok yg semangat klarifikasinya. Kalau baik katakan baik, kalau buruk katakan buruk. Jgn ada dusta diantara konsumen dan produsen

  14. Ayok yg semangat klarifikasinya. Kalau baik katakan baik, kalau buruk katakan buruk. Jgn ada dusta di antara konsumen dan produsen

    • Harusnya dg statusnya sebagai salah satu yg tertua dan panutan bisa cari data lain dan referensi bukan hanya menyampaikan dari satu sisi apalagi ada indikasi gak punya itikad baik atau lepas tangan memanfaatkan konsumen indonesia yg pemaaf gak mau cari ribet!
      Tapi ingat konsumen yg cerdas banyak!

    • Gada orang n dana buat bersihin palagi gosok pakai gerinda. Buang waktu n dana . Bikin rugi tauk. Busss uk luh

  15. ditanya nya apa nya …jawab nya apa…… jaka sembung bawa golok……

    masalah nya material nya bukan soal las-lasannya ..kudu di perjelas aja ni ..ga mudeng mudeng….

  16. Pemerintah apapun rejimnya bakalan bela ngahahem yang syudaghh sangatlah berjasa tinggi membuka pintu lapangan pekerjaan bagi warga negara Indonesia tercyintah hini para sahabat sekalian

Comments are closed.

Exit mobile version