iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkkkk……sepertinya ambisi Toprak Razgatlioglu untuk naik ke Motogp bakal semakin sulit setelah diprediksi bahwa pembalap Turki tersebut dianggap gagal yakinkan Yamaha. Prediksi tersebut dilontarkan pengamat Motogp Simon Crafar yang menyebut Toprak tidak cukup berhasil untuk meyakinkan Yamaha. Waahh….

Seperti yang sudah kita share sebelumnya…waktu terbaik Razgatlioglu saat Tes Motogp adalah 1,4 detik di belakang KTM Dani Pedrosa (sebelumnya 1,7 detik) sebagai pembalap tercepat saat tes Jerez. Lap time Toprak ini terpaut 1,0 detik dari pembalap tes resmi Yamaha Cal Crutchlow. Razgatlioglu (dan Jorge Martin dari Pramac Racing) telah banyak dikaitkan untuk menjadi rekan setim Fabio Quartararo dalam susunan pebalap MotoGP 2024, menggantikan posisi Morbidelli yang berada di bawah tekanan. Namun Yamaha sendiri masih mengungkapkan harapannya agar Franky bisa tetap di Yamaha

Tapi, mantan pembalap WorldSBK dan cendekiawan MotoGP Crafar tidak terkesan dengan kecepatan Razgatlioglu – yang dipahami Crash.net sebagai 1,0 detik di belakang test rider Yamaha Cal Crutchlow dan 1,4 detik di belakang test rider KTM Dani Pedrosa….

iklan iwb

“Skenario ideal bagi kami, sejujurnya pilihan nomor satu adalah melanjutkan Franky [di Yamaha 2024]. Jika tidak, kami akan mencari kandidat lain dan itu juga mengapa kami tertarik untuk melihat Toprak. Aku rasa setiap pembalap pada akhirnya memiliki minat untuk mencoba dan melihat bagaimana mereka di atas mesin MotoGP, jadi ini adalah kesempatan bagi Toprak untuk mulai memahami kebutuhan MotoGP dengan lebih baik dan bagi kami untuk melihat kecepatannya…..” seru Lin Jarvis. Terus gimana kesan-kesannya ?

” Kami tidak bisa mengatakan banyak dari dua hari testing. Tidak istimewa tapi boleh juga. Apalagi ada perbedaan sangat besar atau nunggang R1 dengan ban Pirelli dan mengendarai MotoGP M1 dengan Michelin. Yang pasti dia membutuhkan lebih banyak waktu untuk beradaptasi. Dan jika aku menyimpulkannya, mungkin tidak mudah baginya untuk benar-benar merasakan motornya….

“Jika kamu melihat Toprak mengendarai superbike dia mampu melakukan keajaiban, dia memiliki feeling yang sangat baik di area front end khususnya. Kami telah melihat itu dari cara stoppies dan pengereman saat masuk tikungan yang luar biasa. Namun gaya itu tidak mudah diterapkan pada M1. Motornya jauh lebih kaku daripada superbike, jadi menurutku untuk mendapatkan kecepatan di motor MotoGP dia perlu merubah gayanya secara signifikan….” tutup Jarvis saat itu..

Nah…dari semua penuturan tersebut memang tersirat Yamaha nggak terlalu impress dengan hasil lap time Toprak. Dan ternyata Simon Crafar juga memiliki opini yang sama soal ini…

“Semua orang tahu bakat Toprak. Bakat yang nyata, kemampuan alami, etos kerja. Tapi apa yang aku lihat tidak cukup untuk membuatku, jika aku adalah Yamaha, mengontraknya. Biasanya pembalap muda tidak lebih lambat dari mantan pembalap yang sekarang menjadi pembalap tester. Itu yang terjadi pada kami dimasa lalu. Pabrikan ingin sesuatu yang istimewa maka mereka akan segera merekrutnya. Apalagi Yamaha hanya memiliki dua pembalap. Mereka membutuhkan seseorang yang langsung memberikan perubahan. Aku yakin Toprak dapat melakukan pekerjaan itu, tetapi dia membutuhkan waktu karena ban, mesin, dan cara berkendara berbeda. Aku rasa disitulah Yamaha tidak ingin menunggu….” seru Simon

Last…Lin Jarvis mengakui bahwa pilihan No1 mereka untuk susunan pebalap 2024 mereka adalah mempertahankan Franco Morbidelli bersama Fabio Quartararo, tetapi hanya jika yang pertama dapat mempertahankan performa cemerlangnya dari tiga putaran pertama musim ini. “Jika Franky dapat terus tampil dengan sangat baik, lebih baik bagi kami secara otomatis memperpanjang kontraknya,” tutup Jarvis….(iwb)

16 COMMENTS

    • Lah…kan waktu Sepang tes udah kencang katanya .
      Yahampass masih belum punya kepastian 2024 cak .
      Taro udah pliga plingo ,
      Yang bersaing cuma Hnd vs duc
      Mueeeehehehehhehehe 😂

  1. Ngah ngah ngah ngaaaahhh nga nga nga
    Rasain noh…. Akibat kriminalisasi u-cepat di negeri ini 😂

  2. Nunggu besok 2024, tepat 100 tahun keruntuhan Khalifah Turki 3 Maret 1924, akan muncul seorang mujaddid, pembaharu yang akan membawa reliji ke masa keemasan kembali?

    • Bukan keemasan yahampass pastinya cak , karena 2024 yahampass gulung tikar.
      Mueeeehehehehhehehe 😂

  3. Bukan Toprak yg gagal cak , Yahampasss nya yang ketakutan… Jika gagal , pabrik langsung Tutup
    Mueeeehehehehhehehe 😂

  4. Marc sudah siap menggila. Kombinasi antara psikologi, filosofi dan DNA sudah kembali ke usia 20 tahun. Memang crash akan masih sering terjadi. Tapi kemenangan bahkan dengan balapan seri yang minim pun sangat mudah untuk meraih trofi juara dunia lagi.
    Karena usia kembali ke satu dekade lalu. Dan itu hanya dirasakan oleh rider sekaliber Marc Marquez. Rider lain tidak mungkin bisa seperti itu

  5. Yamaha tahu n paham mayoritas warga+62 sudah support MM93, baik lahir maupun batin, dengan segala doa upayanya, dzikirullah, iktikaf di masjid selama puasa kemarin, tahajud serta amalan2 yang lain.
    Support dari masyarakat yang relijius itu sangat diperlukan oleh pabrikan dan elite team.
    Jadi Toprak rogastioglu diyakini tidak akan membawa keberuntungan bagi Yamaha

Comments are closed.