Iwanbanaran.com – Cakkkk….pada test Shake Down Malaysia Yamaha kini boleh tersenyum cak karena Cal menjadi pembalap terkencang di Sepang. Selain sisi lap time ditemukan bahwa Yamaha kini makin kencang secara top speed…..ngeriii cakk peningkatannya. Belum lagi beberapa aero bagi dimana Yamaha kini sudah dijejali buntut yang berbeda termasuk swing arm baru. Seperti apa ? simak detil rekapnya dibawah ini…

YAMAHA

Pabrikan garputala seperti biasa mengandalkan Cal cak. Pemenang balapan Grand Prix tiga kali Crutchlow tercatat jajal tiga YZR-M1 yang di bawa Yamaha Jepang yakni dua motor spek 2023 dan satu mesin spek 2022. Fokus utama tertuju pada mesin baru Yamaha yang lebih agresif yang menjadi topik pembicaraan hangat di Valencia. Namun, jika dilihat dari timesheets, sepertinya masalah yang muncul di penghujung tahun lalu telah terdiagnosis. Yuppp…..langsung dari Sepang ternyata top speed Yamaha makin ngeriiii cakkkk….

iklan iwb

Crutchlow torehkan waktu tercepat 330 km/jam. Dan menurut waktu langsung sirkuit, top speed ini hanya terpaut beberapa km dari kecepatan puncak yang dipegang Ducati ?? Selain itu, melihat kembali Tes Sepang 2022, top speed Yamaha saat itu adalah 327km/jam – Yup….indikasi awal kemajuan telah dicapai cak. Kenaikan top speed jelas akan membuat Fabio Quartararo dan rekan setimnya di Monster Energy Yamaha MotoGP™, Franco Morbidelli tersenyum senang jelang Tes Resmi Sepang…..

Selain itu Cal juga jajal fairing belakang baru, sangat berbeda dari versi Fabio Quartararo yang diuji di Valencia setelah final Kejuaraan Dunia. Termasuk munculnya desain baru swing arm yang diduga adalah untuk tetap menjaga kestabilan dengan engine yang lebih reaktif. Wowww.. seruu kiiiee…

HONDA

Nahhh iki yang menarik pula cak. Karena tidak seperti Yamaha yang begitu menarik perhatian karena menempati posisi terkencang pada penutupan test shake down, Honda dengan mengandalkan Stefan Bradl terkesan anteng. HRC hanya mengerahkan dua RC213V di dalam paddock. Jika kita intip Bradl menggunakan mesin baru Honda…mesin yang didesain ulang posisinya (lebih maju kedepan)…

Pengaturan ulang posisi tersebut untuk mengatur ulang distribution weight agar front end membaik. Termasuk meningkatkan cooling system serta down force. So….Bradl nunggang RC dengan aero yang didesain ulang, knalpot baru, dua sasis berbeda, dan mesin 2023. Waktu terbaik Bradl adalah 2 menit 01.605 detik dan membuatnya nangkrong  di posisi keempat dalam daftar waktu. Menjanjikan ? kurang cak kayaknya….

KTM dan Gas-gas

Pada tes ini KTM mengandalkan Dani Pedrosa dan Folger. Namun khusus untuk Dani doi fokus pada Miller…lek boso enaknya menjadi tim Miller. Tidak tergali apa saja yang dijajal KTM pada tes namun yang jelas Test rider Red Bull KTM memutuskan untuk tidak memasang transponder. Dan ternyata kabarnya Dani malah menorehkan best lap 2:00,4 menit. Dani Pedrosa sendiri bakal turun balap karena doi mendapatkan wild card di Jerez 26 hingga 28 April. Dia ingin membiasakan diri dengan konsep baru MotoGP yang tanpa FP4, tetapi langsung balapan sprint baru pada hari Sabtu pukul 3 sore….

Sedang Gas-gas, tidak banyak yang bisa digali mengingat basis motor adalah sama yakni RC16….

Ducati

Michele Pirro kembali dipercaya Ducati jajal GP23. Dan ternyata tim Ducati jajal fairing baru. Sampeyan akan menemukan desain berbeda di area fairing bawah yang disebut sebagai down wash duck. Pirro jajal dua unit GP23 dan membukukan waktu putaran terbaik 2 menit 02.115 detik. Dengan suhu yang melonjak di Malaysia, ditambah  permukaan trek membuat Pirro lebih lambat tiga detik dari yang kita lihat di GP Malaysia 2022.

Aprilia

Ini yang gilaaa dan termasuk ekstrim cak. Aprilia mengandalkan Lorenzo Savadori  memberikan kejutan pada Aprilia RS-GPs 2023 karena buanyaakkkk yang berubah cak. Hampir semua bodynya berubah. Bahkan down wash duct….fairing area bawah makin ekstrim. Aprilia juga bekerja pada pelepasan panas mesin lewat peracikan ulang area fairing samping sisi atas dekat tanki. Jiann kayak sirip hiu tenan, Asli cak….itu adalah hari yang sibuk bagi pembalap Italia yang memiliki enam motor untuk di test. Sayang diakhir sesi Aprilia mengalami masalah engine…

Last…dalam test shake down ini bisa kita simpulkan para tim bekerja keras untuk unjuk gigi di tahun ini. Kita inti saja seperti apa next test Sepang yang bakal menjadi ajang test langsung dengan pembalap Motogp. Yamaha M1 ? kayaknya makin ngacirrr cakk…seruuu nihhh….(iwb)

6 COMMENTS

    • Ngondey lagi sibuk jualan Mbeet,,, Buat modal riset Recik-Vi dan gaji ridernya si raja Ndlosor
      Wkwkwk,,,

Comments are closed.