iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….dalam pengembangan dan penjualan, tidak semuanya berjalan mulus. Pasti ada yang sukses namun ada juga yang menderita dipasaran. Termasuk pabrikan Yamaha. Mereka sukses menggebrak pasar dengan Maxy series namun disaat yang sama matic kelas entry sangat sulit. Terbukti secara resmi Yamaha akhirnya menyuntik mati tidak produk sekaligus yakni Mio S, Mio Z dan Soul GT. Waahh…akhirnya rontok juga !!

Sebenarnya sudah 6 bulan yang lalu cak produksi ketiganya tidak diteruskan karena permintaan yang sangat terpuruk. Berawal dari Mio Z…kemudian diteruskan Soul GT dan puncaknya adalah Mio S. Untuk Mio Z….IWB nggak menyangka bahwa sepak terjangnya usai. Ya….ditahun 2016, Yamaha Mio-Z melengkapi kehadiran Mio M3 yang sudah dulu eksis….ingat pakde, melengkapi bukan menggantikan lho ya.Dari body memang nyaris tidak ada perbedaan. Namun penggunaan painting model matt atau doff sukses mengangkat aura Mio Z jadi lebih elegan…

Dari seluruh yang ditawarkan ban menjadi nilai jual bagi sang skutik. Saat itu YIMM menegaskan….ukuran pelk sendiri lebih besar dibanding Mio M3. Jadi tidak hanya ban yang diganti….size rim pun mengikuti ukuran ban yang kini melar menjadi 80/80-14 depan dan 100/70-14ich belakang. Secara spek, dipastikan Mio Z sama plek dengan Mio M3. Jadi nggak ada yang berubah signifikan kecuali karet bundar. Dan ternyata umur Mio Z usai ditahun ini..

iklan iwb

Yang kedua adalah Soul GT. Matic ini pertama kali dirilis tahun 2012…memang cukup lama cak. Kemudian Yamaha merilis versi facelift ditahun 2015 atau selang dua tahun setelah itu. IWB masih ingat…dari catatan pribadi, Yamaha kala itu sukses meluncurkan All New Soul GT pada hari Selasa 3 Maret 2015 bertempat di Jimbaran Resto Ancol Jakarta. YIMM menyebut varian terbaru ini sebagai “Gebrakan Desain Gagah”“Gebrakan Performa Tinggi” dan “Gebrakan Fitur Lengkap”. Yang paling mencolok dari desain teranyarnya adalah teknologi LED pada Headlight yang membuatnya lebih terang dan lebih awet. Sedangkan lampu seinnya terinspirasi Yamaha NMAX yang terletak pada panel depan….

Kapasitas mesin 125 cc All New Soul GT lebih besar dari Soul GT sebelumnya (113 cc). Beberapa kelebihan skutik ini adalah hadirnya Eco Lamp Indicator agar berkendara lebih hemat BBM, ban dan velg lebih lebar dengan ukuran ban depan 80/80 dan ban belakang 100/70, bagasi half face helmet in dengan luas daya tampung mencapai 14 liter….cukup lumayan mzbro. Dan yesss….skutik ini juga usai ditahun ini. Sepak terjangnya yang semakin meredup membuat YIMM memutuskan menghentikan produksi selamanya…

Dan yang terakhir adalah Mio S. Yup….ini adalah matic yang dirilis tahun 2017 dengan tujuan mengangkat lagi kedigdayaan Mio. Namun jujur cak…diawal rilis IWB sudah kaget dengan desain yang ditawarkan karena seperti keluar dari pakem Yamaha. ” Iki seriusss desain Mio kayak gini ??” batin IWB saat itu. So….sebelum diumumkan pertahun ini suntik mati….IWB sudah memprediksi nasibnya bakal sulit dipasaran. Dan akhirnya terbukti pula umurnya finish….selesai cak, tahun ini resmi Mio S tidak lagi diproduksi. Dengan konfirmasi diatas maka ketiganya masuk dalam daftar sejarah produk Yamaha yang stop produksi karena “suffering” soal penjualan. Selamat tinggal Mio S, Soul GT dan Mio Z…..(iwb)

2 COMMENTS

Comments are closed.