Iwanbanaran.com – Cakkk….akhirnya resmi perkemarin Suzuki merilis new Suzuki New Burgman 125 versi 2023. Sebuah generasi yang disebut sebagai new Burgman 125 dengan ban yang lebih besar. Ini cukup mengejutkan cak karena disaat yang bersamaan jika sampeyan mencermati video IWB sebelumnya pasti tahu bahwa Suzuki Indonesia berniat membawa Burgman 125 dengan ban diperbesar. Jadi inikah calon yang akan masuk Indonesia ?

Perkemarin atau tepatnya tanggal 2 Desember 2022, Suzuki India resmi meluncurkan Burgman Street EX. Skutik ini mendapatkan beberapa ubahan dan fitur baru untuk mendongkrak daya tariknya di segmen tersebut. Beberapa contoh yang bisa IWB jabarkan adalah….New Burgman 125 mendapatkan mesin Suzuki Eco Performance Alpha yang diperbarui sehingga menawarkan efisiensi bahan bakar tinggi dan kinerja akselerasi yang lebih baik. Klaimnya ngono cak. Tidak hanya itu pada New Burgman 125 2023…Suzuki juga mencangkokkan Engine Auto Stop-Start (EASS)….

Jika dibahasa Honda adalah ISS atau Yamaha SSS maka Suzuki menyebutnya EASS. Sistem untuk mematikan mesin saat idle dan menyala kembali berdasarkan bukaan gas untuk menghemat lebih banyak bahan bakar. Kuwi tok ? oraa cakkk. New Burgman 125 juga mendapat Silent Starter System baru sehingga lebih senyap dan halus. Yahhh..kalau Honda-Yamaha menyebutnya ACG starter dan SMG Starter. Dan kini Suzuki sudah mulai mencangkokkan sistem starter ini. Lalu yang paling menarik perhatian adalah bannya cak…

iklan iwb

Yesss…pada gen baru Suzuki sudah merombak ban belakang. Jika sebelumnya komposisinya adalah 12 inch depan dan 10 inch belakang maka pada gan baru diperbesar menjadi 12inch. Artinya sekarang ukurannnya normal 12 inci depan belakang dengan  profil 100/80. Yess ini lebih besar dan lebih lebar dari roda 10 inci sebelumnya. Walau IMHO masih kurang gede sih size belakangnya seharusnya bisa 120….

Last…fitur lainnya termasuk Suzuki Ride Connect dengan konektivitas Bluetooth juga hadir pada New Burgman 125 2023. Fitur sinkronisasi antara ponsel dengan motor sehingga bisa untuk navigasi, telp masuk, notifikasi SMS dan WhatsApp, panggilan tidak terjawab, peringatan SMS yang belum dibaca, peringatan kecepatan, indikator baterai ponsel dan banyak lagi lainnya. Nah….dari semuanya IWB jadi sangat yakin bahwa inilah New Burgman 125 yang sedang digodok PT SIS untuk masuk di Indonesia, setidaknya itulah bocoran yang IWB terima. So…New Burgman 125 2023 ? yesss oraaa cakkk jika dibawa kesini, monggo berikan opininya…(iwb)

Burgman 360 – 520x420px

Burgman 360 – 520x420px

Print
Print

1 COMMENT

Comments are closed.