iklan iwb
Home Serba serbi Selamat jalan Didi Kempot !!

Selamat jalan Didi Kempot !!

Iwanbanaran.com – Cakkkk…asli hari ini IWB bak disamber geledek ketika mendengar seniman legendaris asal kota Solo yakni Didi Kempot meninggal dunia. Seniman dari tanah Jawa yang berusaha keras dan berhasil melestarikan campur sari Jowo tersebut hari ini dipanggil yang maha Kuasa. Sedih dan sangat kehilangan. Sebuah nama yang sekarang begitu terkenal diantero tanah air. Selamat jalan Didi kempot !

Hari ini 5 Mei 2020 mungkin akan menjadi hari berkabung buat kita semua penyuka lagu-lagu Jawa yang diracik dengan begitu apik oleh tangan seorang seniman legendaris terkenal Didi Kempot. Sayang namanya yang justru sedang naik daun ternyata tidak mampu merubah takdir Ketika sang Khalik sudah menghendaki. Didi Kempot penyanyi campursari adik dari pelawak terkenal Mamiek Prakoso ini menyerah hari ini pada jam 7.45 waktu indonesia barat. Didi Kempot meninggal dunia di Rumah Sakit Kasih Ibu Solo….

Tidak tergali gamblang sakit apa yang menimpa sang seniman. Dari beberapa rumor dikatakan sakit jantung namun hingga detik ini pun masih simpang siur. Menurut informasinya Didi masuk rumah sakit baru pagi ini. Siapa menyangka di usianya yang baru 53 tahun seniman kenamaan asal Solo ini menyerah. Sebuah nama yang secara garis keturunan memang memiliki darah seni yang sangat kental. Didi Kempot merupakan adik kandung dari pelawak kenamaan mendiang Mamiek Prakoso yang juga meninggal muda…

Entah kebetulan atau tidak yang mengejutkan almarhum Mamik juga meninggal di usia yang sama dengan adiknya yakni 53 tahun. Saat itu pelawak yang tersohor dan sempat menjadi bintang iklan Suzuki Shogun pada tahun 2001 hingga 2004 tersebut mengalami sakit liver dan meninggal tahun 2014. Memiliki orang tua yang juga terkenal dan memiliki darah seni yakni Ranto Edi gudel (grup srimulat) tentu kita semua merasa kehilangan dengan kepergian Didi Kempot yang begitu cepat. Kepergian yang sangat mendadak apalagi sehari sebelumnya Didi Kempot diinformasikan masih melakukan aktivitas seperti biasa….

Dionisius Prasetyo atau yang dikenal sebagai Didi Kempot Rencananya akan dimakamkan di makam keluarga kota Ngawi. Sempat menjadi pengamen jalanan di tahun 1984 hingga 1989 Didi Kempot saat ini dijuluki sebagai Bapak Loro Ati nasional, bapak patah hati Indonesia ataupun ke Godfather of Broken Heart. Lagunya fenomenal karena tidak jarang lagu-lagu ciptaannya melejit termasuk sebuah lagu berjudul pamer Bojo yang dirilis tahun 2016 dan meledak di tahun 2019….

Last…. nyawa mungkin sudah tidak lagi di dalam raga. Namun nama dan karyamu akan selalu kami Kenang. Lirik yang tajam diciptakan dari hati yang paling dalam membuat setiap lagu campursari ciptaannya memang sulit dilupakan. So diartikel ini…saya, IWB memberikan penghormatan yang setinggi-tingginya terhadap karya, jasa serta perjuangan beliau yang sangat luar biasa untuk melestarikan budaya bangsa khususnya tanah Jawa. So Selamat jalan Didi Kempot…. Semoga husnul khotimah dan amal ibadahnya diterima Allah subhanahu wa ta’ala serta diberikan tempat yang setinggi-tingginya disana. Amin YRA. Innalillahi wa inna ilaihi rojiun…(iwb)

19 COMMENTS

  1. Mulai Jaman aku SD th 96 aku wis nyanyi2 lagune pakde didikempot.
    Umur emang tdk ada yg tau. Innalilahiwainalillahi rojiun. Mungkin si arda dadi peneruse campursari. Semakin ke seni semkin langka budayawan, berlomba2 modernisasi di kalangan muda, alhasil regenerasi madeg.

  2. Innalillahi wa inna ilaihi rojiun..
    Smoga almarhum khusnul khotimah
    Karya beliau sebagai cagar budaya jawa khususnya dan cagar budaya bangsa Indonesia pada umumnya

  3. Selamat jalan sang maestro, semoga amal ibadahnya di terima dan keluarga yg di tinggalkan di berikan ketabahan, banyak lagu2nya jaman dulu yg mewakili perasaan ketika patah hati, terutama lagu sewu kuto

  4. Ga ada meninggal mendadak cak, semuabsudah ada jadwalnya cuma kita saja yg ga tau kapan dan bagaimana.
    saya juga kaget tadi baru buka WA liat status temen Didi Kempot semua.
    semoga khusnul khotimah apalagi ini bulan ramadhan.
    aaamiiin …

  5. RIP buat Mas Didi Kempot, anda luar biasa bisa menghibur Indonesia, Salut.
    Semoga mendapat tempat yg baik sesuai dg pahalamu, AMin

  6. Setelah sebelumnya kita kehilangan pelopor campursari Manthous, kini kita kehilangan Didi Kempot. Jasa almarhum sangat luar biasa besar dalam mempopulerkan tembang campur sari/tembang pop berbahasa jawa. Ingat ketika tahun 1993 merantau ke Sulawesi, dibela belain beli VCD dan kaset Didi Kempot dan Manthous, kanggo tamba kangen. Selamat jalan Pak De, semoga husnul khotimah. Aamiin

  7. “Innalillahi w.r. Mengucapkan duka cita sedalam-dalamnya atas wafatnya almarhum Didi Kempot. Insya Allah almarhum husnul khotimah,”?

  8. Habis ngumpulin n donasikan Rp. 7M lewat konser amal sobat ambyar caakkk…… Di Suriname udah melebihi presiden kepopulerannya caakkk…….

  9. Dionisius Prasetyo adalah fana namun Didi Kempot tetap abadi. Selamat jalan terimakasih atas karya2 mu, tenang di sana Lord Didi

  10. Ambyarr lg booming..itulh kita gk tau kpn kita dipanggil ilahi sang pencipta.. turut berduka cita

  11. Tonggo kecamatan cak.aku jogorogo.ojobe kendal.bangga sekaligus berduka.pernah ketemu pas jaman KKL nek Lor In solo.soting klip jln tembus.humble.ora sok ngartis.

  12. turut berduka dan mendoakan buat Lek Didi, cak

    Dan sekaligus pengingat, manusia siapapun bakal meninggal, hanya soal kapan
    Makanya tebar kebaikan secara konsisten, sehingga saatnya dipanggil setidaknya sedang berbuat baik, atau minimal tidak berbuat keburukan

    Mugi Gusti paring pangapura kagem Lek Didi Kempot

Comments are closed.

Exit mobile version