iklan iwb
Home Otomotif Beredar Surat larangan motor 2-Tak diperkotaan, moncrotttt tenan kieeee

Beredar Surat larangan motor 2-Tak diperkotaan, moncrotttt tenan kieeee

Iwanbanaran.com – Kangbro…..IWB sampe dlongop saat mendapatkan sebuah surat pelarangan mesin 2 Tak lalu lalang diperkotaan via FB. Surat yang sudah viral di Facebook dan dishare cak Syah Putra ke IWB ini memuat poin-poin penting yang cukup meresahkan. Disana tertuang poin dimana motor 2 Tak dilarang melaju diperkotaan dan hanya diperbolehkan dipedesaan. Waaahh meresahkan iki cak. Pertanyaannya apakah surat ini valid??

Surat yang beredar via sosial media ini memang cukup misterius sebab nomor depan terkesan belum lengkap dalam penerbitan surat. Namun konon surat yang dikeluarkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ini memang masuk rekomendasi serius yang isunya akan diketuk palu jika sudah disetujui pihak terkait. Isi surat sendiri juga cukup meresahkan khususnya untuk para 2Stroke Lover. Disana memuat beberapa poin yang bertujuan melarang mesin 2 Tak melintas dikota. Ada dua poin yakni 3 dan 4 yang secara khusus menyoroti mesin 2Tak. Berikut sekilas isinya…

3. Dengan dibuat surat-surat sebelumnya, dan ditindaklanjuti oleh produsen kendaraan bermotor berupa PENGHENTIAN PRODUKSI KENDARAAN 2 (DUA) LANGKAH BEBERAPA TAHUN KEBELAKANG maka dengan terbitnya surat ini menegaskan bahwa ini bukan WACANA semata.

Diharapkan kedepan untuk kendaraan 2 (dua) langkah, agar penggunaannya di kota secara BERTAHAP agar dibatasi dan dilarang penggunaannya serta diarahkan ke wilayah PEDESAAN berkaitan dengan polusi udara yang ditimbulkan kendaraan 2 (dua) langkah tersebut.

4. Laksanakan sosialisasi, pemberitahuan, dan teguran terhadap pelarangan kendaraan 2 (dua) langkah di wilayah kota serta memberikan tindakan penilangan terhadap pelanggaran aturan tersebut. Guna tercapainya Indonesia bersih dari polusi dan pencemaran lingkungan.

Nahhh….dari sini IWB cuma bisa mlongo. Apapun itu status surat memang masih belum valid. Saat IWB coba cari beberapa referensi ujung-ujungnya sama dengan IWB, masih sebatas pertanyaan belum jelas. Apalagi yang membingungkan surat ini ditanda tangani sektretariat tahun 2012. Namun Inspektorat tahun 2018. Hhhmm….membingungkan. Btw, sebagai bikers, jelas IWB sedih jika aturan ini bener-bener diimplemantasikan mengingat sejarah mesin 2 Tak terbuka akan mati jika itu terjadi….

Sampeyan bayangin wae, mesin Ninja 150 SKIPS hanya bisa digunakan didesa. NSR 150SP hanya bisa digunakan dipersawahan….lak yo moncrottt tenan kalau bener. Surat yang sudah ditanda tangani pejababat inspektorat dan sekretariat ini infonya akan ditembuskan kepada Menteri Sekretaris Negara, Menteri Perhubungan serta Kepala Kepolisian Republik Indonesia….

Last….jika kita sudah membicarakan masalah lingkungan, tentu saja kita harus dukung sepenuhnya. Hanya saja galaknya aturan pada mesin 2 Tak serasa tidak adil ketika kita melihat pekatnya asap dari angkutan umum yang seakan melenggang tanpa tindakan serius. Dari masa kemasa cak…nggak hanya sekarang. Untungnya surat edaran masih perlu dikonfirmasi mengingat tidak ada tanda tangan menteri didalamnya. Kita berharap surat ini tidak benar cak…..semoga saja tidak. Toh populasi mesin 2Tak dijalanan tinggal hanya segelintir dan biarlah menjadi saksi dari sisa kejayaan masa lalu tanpa perlu menekan lebih dalam. Kalau menurut sampeyan piye cak, apakah setuju dengan pelarangan diatas?…..(iwb)

301 COMMENTS

  1. Mesin diesel kayaknya ada yg 4 tak dan 2 tak juga. Tapi pernah dengar/ baca mesin diesel 4 tak lebih ramah karen asap kenalpot yg dihasilkan adalah jelaga yg kadar pulutannya rendah dibanding asap 2 tak bensin maupun solar.

  2. Secara nalar cak. Emisi gas buang yang di timbulkan oleh angkutan umum.bis. truk lebih parah polusi yang di timbulkan seperti banyak jelaganya. Klo sampe nglarang motor 2 tak yang tidak seberapa polusinya ini namanya sudah diskriminatif

  3. aku lbh setuju kl semua pabrik jg ditutup, jd adil, biar polusi di indonesia bs ditekan seminimal mungkin.
    dan kl butuh apa2 tinggal impor dr china.

  4. slm ini kan fby byk ngekepin motor lama mcm rxkin
    kalo udah kyk gini kepaksa ganti motor baru
    Ms bisa naik

  5. diakui atau tidak, pabrik2 jg punya andil yg sangat besar thd pencemaran lingkungan, baik udara, tanah, dan air.
    kl brani tutup semua pabrik penghasil limbaj, jangan tebang pilih cm motor 2 tak aja.

  6. Guna tercapainya Indonesia bersih dari polusi dan pencemaran lingkungan. Tapi dipindakan ke desa? Ini org goblok apa tolol. Emengnya desa bukan bagian dari indonesia? Dasar sinting

  7. Yang tanda tangan surat kelihatan bodohnya gak ketulungan. Tidak tahu logika dan azas hukum. Aturan itu tidak bisa berlaku surut ke belakang. Pembeli motor 2 tak adalah legal pada zamannya. Jadi tetap legal sampe sekarang.
    Ilustrasi ini adalah orang sudah punya sertifikat hak milik tiba2 diputuskan sertifikatnya tidak berlaku lagi. Jadinya gak ada kepastian hukum.

  8. Kalau mesin 2 tak dilarang semestinya mesin diesel jadul yg banyak dipakai angkutan UmUm (Bis) dan kendaraan pribadi diesel tahun 2000 kebawah juga dilarang! kr mereka juga punya andil dlm pencemaran lingkungan.

  9. teknologi jaman old, wis gak wayahe maneh….
    yang seneng dan punya yo wis lah ikhlaskan aja masuk musium ae cak. ganti nmax opo pcx 🙂

  10. truk ngebul, penjual sate pingir jalan pas lagi macet ngebulin pengguna jalan.

    ah aturan harus 40-50 kpj & jaga jarak antar kendaraan di perkotaan aje ujung-ujungnya…zzzzz, . para contraflow & tengilers jalanan & penggunaan helm secara benar ….nihil.

  11. Seharusnya yang dilarang itu kendaraan yang tidak diurus sama pemiliknya. Harusnya ada uji KIR untuk R2.
    Ngebul gara-gara jarang ganti oli, kondisi ban yang tidak layak jalan, ketebalan kampas rem, lampu belakang yang menyilaukan dan tidak berfungsi.
    Motor kusam harap dimusnahkan, merusak pemandangan aja dijalan.

  12. Emang harus secepatnya di basmi motor 2tak.. Asepnya itu lho, sm suaranya bikin sepet..
    Semoga bisa secepatnya di sahkan Undang- undangnya…

  13. Harusnya dr dulu dilarang..bikin brisik, asapnya jg….
    Semoga secepatnya di sahkan undang undangnya..

  14. Nah bang Iwan, liat sendiri kan dr semua komen yg setuju dan tidak setuju brp byk?
    Saya rasa kl di polling di lapangan hasilnya jg sama.
    Tapi bang Iwan jgn di compare dengan bus/kendaraan besar, nanti malah ga ada progressnya.
    Yg penting ada progress dulu, step by step, setelah aturan pelarangan 2 tak, semoga bus/kendaraan besar menyusul.
    Agar tidak menyakiti hati biker 2 tak, ada baiknya pelarangan ini di terapkan pas indonesia menerapkan euro 4. Jadi ada masa peralihannya dan juga agar pemerintah ter-motivasi agar euro 4 tidak tertunda2 juga.
    Salam biker

  15. Setuju karo tulisane cak iwan, notabene saya biker 2 T tak pernak ganti mesin dari tahun 90. Selalu setia 2 t. Biarlah kami yg segelintir ini jadi saksi bahwa kami pernah ada …… Urusan polusi, 2 t, gak akan ada 0,1 persen….. Masih banyak yg lain

  16. Yang jadi pertanyaan kenapa harus menjelaskan dilarang di kota tp digunakan di desa. Kalau masalah melestarikan alam. Ya sudah di stop tidak ada kendaraan 2tak yang lewat. Jangan bawa bawa desa atau kotanya kalau masalah melestarikan lingkungan. Orang kendaraan angkutan umum juga masih ada yg ditemukan mengeluarkan asap.

    Seakan akan desa jd tempat kendaraan 2tak. Sangat disayangkan bila surat itu ada benarnya.

    Saya pribadi tidak membela motor 2taknya pemerintahnya maupun mana desa dan kota. Tp alamnya.

  17. mantap nih,,
    motor ngebul polusi, berisik, knalpot racing.
    memang WAJIB di Tilang, dan di larang masuk perkotaan..

  18. Udah waktunya di musnahkan… Karena 2 tak sangat ganggu buat lingkungan dan yg dibelakangnya motor 2 talk… Musnahkan narkoba !!
    Nb :
    Kecuali nanti ada 2 tak injeksi yg lebih ramah lingkungan.

  19. Pdhal lg wae mau smashku meh tak ijolke fiz r, untung wae wonge ngmg “tak tampung sik mas”

  20. kalau bener… memang ide kementrian Lingkungan Hidup sangat “brilian”. biar orang desa saja yang terkena pencemaran…. janagn orang kota… kasihan… bener tho para orang ndeso?

  21. safety first.ada yg lebih penting,
    plat nomor yg se gede papan tulis itu klo mw d musnahkan.atau ganti m yg lbih minimalis.2 tak paling 5 thn kedepan jg udh punh.g perlu berkiblat ke eropah.orang jalan aja masih banyak yg jauh dr kata layak pakai.klo masalah jalan raya kiblat nya kemana.?????mikir

  22. Kita orang nggak masalah lek, secara naeknya mobil jadi sejuk sejuk zaza
    Gak kayak fbyeekkk hujan panas naeknya rompall recall, ekekeke

  23. Sebetulnya, motor 2T tidak terlalu bermasalah di jalanan, yang jadi masalah itu, kalau ada motor dengan knalpot non standar, yang moncongnya mengarah ke atas. Walah, itu kalau pas macet dan kita di belakangnya, serasa ditampolin muka atau leher kita

  24. Knp meresahkan..? Memang sdh bukan jamannya lg motor 2 tak dan indonesia hrus ikut jg dngn atauran2 sprti ini jng primitif trus dengan harapan kdepannya bkn hnya motor 2tak yng d tindak tp jg bus2 dan truk2 rongsok ngebul jg d tindak tegas.

  25. motor dua tak memang harusnya dah buat hobi aja. jangan dipake harian. negara tetangga sudah pake hybrid dan listrik, disini masih aja pake motor coming. persis kayak premium ; di bumi ini cuman tinggal 2 negara yg jual bensin Ron 88 yakni Indonesia dan satu negara di afrika. apa nggak kebangetan kita??

  26. Benar lek di buang aja motor 2tak.SUARA +ASAP nya itu ngganggu banget.Kalau kita pas tepat di belakang motor 2tak wis kayak nyamuk kena FOGGING..piye gak MRONGOOOZ TENAN lek kenek fogging motor 2tak.YAMAHA MOTORNYA YAMALUBE OLINYA.YAMAHA TOUCHING YOUR HEART.

  27. boleh dilarang, asalkan aturannya jelas, misalkan aturan mengacu euro 3. nah, masalahnya, jika hanya 2 tak yang dilarang itu namanya diskriminasi yang bertentangan dengan hak. misal peraturan euro 3, ya semua kendaraan, entah 2 tak, 4 tak, 6 tak, bertak2 yang tidak lolos (berarti motor jadul) juga harus ikut dilarang. termasuk itu angkutan umum, angkot, dll. krn polusi dari angkot ini lumayan juga, jika uji emisi, kadar co dari angkot bensin karburator yang sudah gk bener bakal mengerikan. co jauh lebih berbahaya daripada asap.
    intinya adalah keadilan. kenapa yang ini dilarang, itu dibiarkan? saya rasa jika peraturannya adil dan konsisten tanpa pandang bulu, semua masyarakat bisa menerima.

    harusnya lebih efektif jika motor dan mobil yang dianggap sudah tidak sesuai aturan ambang batas polusi tidak diperkenankan memperpanjang pajak tahunan (bukan hanya 2 tak), dalam arti motor jadi ilegal di jalan, tapi masih legal dimiliki (ada BPKB). jika mau turun ke jalan (misal acara khusus seperti turing atau jambore) harus ada perijinan. tapi sekali lagi blunder, pemerintah masih butuh pajak dari jutaan motor/mobil lawas itu.

  28. Gak setuju sy lik iwan, karena toh masih buuaaannyaaaak buanget mobil/truk/bis diesel yg asapnya item2 bikin muka ikutan item jg. Klo mau dilarang 2 tak, sekalian yg diesel2 asap item itu dilarang jg biar adil

  29. Gk setuju 2 tak dilarang di perkotaan, truk dan bis diesel asepnya item pekat hrsnya skalian dilarang, sama motor 4 tak jadul brarti hrs dilarang krna mreka juga gas buang gk sebagus motor skarang, jadi harus adil jgn cuma 2 tak yg dilarang.lagian kalo brisik 4 juga bisa ganti knalpot racing jauh lebih brisik dari 2 tak, 4 tak bisa berasap juga kok (kalo ga dirawat). Kalo mau naik ontel aja sehat, ekonomis, gak polusi juga, g bayar pajek tinggal goes

  30. La nik mobil solar jaman bien sing aseppe hitam kui rak mlah mrai polusi parah to

  31. Dulu dijogja juga sempat dilarang 2 tak melintasi kawasan malioboro, tapi cuman sebentar.

  32. Ora setuju, aq ngopeni KIPS 1ng omah, mh tak wariske anak ku ssuk mben.
    Salam tren teng teng teng teng…

Comments are closed.

Exit mobile version