iklan iwb
Home Suzuki Mungkinkah power new Suzuki GSX-R250 akan tembus 40 PS ?

Mungkinkah power new Suzuki GSX-R250 akan tembus 40 PS ?

Iwanbanaran.com – Pakdeeee sugeng enjinggg…pokoke IWB dipagi hari harus menyapa sampeyan dengan sugeng enjing biar semangat. Cak….dipagi ini IWB ingin membahas perkara rivalitas para pabrikan besar Jepang dikelas seperempat liter yang makin ngeri bin sangar. Persaingan unjuk gigi seakan ingin membuktikan bahwa senjata mereka adalah yang terbaik. Ledakan power makin beringas dengan kehadiran new Honda CBR250RR vs Kawasaki Ninja 250 FI. Pertanyaannya…dengan fakta tersebut, mungkinkah power Suzuki GSX-R250 akan tembus 40 HP ?

Dulu…..power dikisaran 30-32PS sudah bisa dikatakan powerful. Pergeseran persaingan mesin 2 silinder mulai berdenyut ketika Yamaha merilis new YZF R25 dengan power melompat dari Ninja 250 FI yang hanya 32PS. Yamaha memberikan mesin dengan ledakan power hingga 36PS. Posisi Yamaha R25 ini sempat bertahan sebagai pemegang power tertinggi hingga hampir 1 tahun lamanya. Kendati tidak mampu menekan Ninja 250 soal penjualan namun perkara adu betot, fix Yamaha R25 terbaik dengan power 36PS…

Namun hal itu tidak berlangsung lama. Honda yang sebelumnya hanya mengandalkan CBR250R satu silinder yang memiliki power 25PS…tiba-tiba menggegerkan dunia dengan kelahiran all new CBR250RR. Menggunakan konsep mesin baru yang kompak, Honda merilis motor dengan ledakan power melejit hingga batas 28,5KW atau setara dengan 38,7PS. Terhenyak cak…semua terkejut sebab power berhasil mengungguli Yamaha R25 dengan cukup signifikan. Ketajaman makin sempurna dengan hasil kemenangan diajang balap ARRC. Dan pada akhirnya Kawasaki Ninja250 yang menyandang power mesin lawas akhirnya tidak mau kalah…

Diam-diam mereka mengembangkan mesin baru. Butuh riset cukup lama dengan revisi seluruh sektor khususnya dari dapur pacu untuk mengkatrol power sebelumnya yang hanya berkisar 32 ps. Dan pada akhirnya mereka berhasil dan Kawasaki secara resmi memperkenalkan New Ninja 250 FI yang memiliki power identik dengan CBR250RR yakni bermain di angka 28,5 KW atau secara psikologis dibulatkan menjadi 39 PS. Dari sini terlihat bahwa pergeseran ledakan tenaga semakin lama semakin besar….

Muntahan power mesin 250cc 2 silinder sudah mendekati tembok 40 PS. Artinya terjadi pergeseran yang cukup signifikan dari tahun ke tahun. Tidak mengherankan jika banyak pertanyaan menyoroti kiprah Suzuki dikelas ini nanti. Suzuki selama ini cukup terkenal sebagai pabrikan yang memiliki power di atas rata-rata. Apalagi bos PT SIS Seiji Itayama sudah memberikan konfirmasi bahwa mereka tidak tertarik untuk membawa GSX250R yang sekarang diproduksi di Cina karena menurutnya tidak cocok untuk pasar Indonesia yang suka perfoma…..

Itayama san waktu itu ingin membuat opsi lain. Jika sampeyan rutin mengunjungi warung ini pasti tahu sebuah selentingan yang mengatakan bahwa Suzuki Thailand sedang mengembangkan motor 250cc terbaru yang diprediksi nantinya mengusung nama GSXR250 (beda posisi R). Konon motor inilah yang akan menjadi senjata Suzuki di masa depan. Proses riset and development memang tidak singkat dan biasanya butuh bertahun-tahun.?Seperti halnya Honda ataupun Kawasaki dan Yamaha rata-rata mereka bisa menghabiskan waktu sekitar 3 hingga 4 tahun…

” IWB diskusi dengan perwakilan SMC Jepang Mr. Ohta dan menyarankan GSX-R250 power 40PS. Disambut tawa doi cak…”

Di rentang waktu tersebut IWB sendiri cukup yakin bisa saja Suzuki akan menjadi salah satu pabrikan yang berusaha keras untuk mengungguli para lawan atau setidaknya nempel jika mau berkompetisi. Apalagi tahun kemarin pada saat berdiskusi dengan salah satu perwakilan dari SMC (Suzuki Motor Corp) Jepang yakni Mr. Ohta….IWB sempat mengutarakan apa yang ada di dalam pikiran. Saran IWB saat itu “Kalau ingin menarik perhatian biker, suzuki harus bisa meracik motor 250cc Twin yang setidaknya bermain diangka 39PS minimal dan akan lebih baik tembus 40 PS”. Respon Ohta san langsung terbelalak cak. ” Hhhhaa…40ps ? ” serunya sambil tertawa…

Last…..Suzuki sudah berhasil membuktikan kemampuan mereka meracik mesin powerfull lewat GSX-R150. Meraung 13,000RPM dan mesin masih rileks…sebuah fakta yang akan sulit kita jumpai pada mesin lain. Dan rasanya memang nggak lucu ketika lainnya sudah bermain angka 39PS tiba-tiba new produk ini hadir dengan power 36PS contohnya. Pasti nggak diambus (dilirik) cak. Lawong datangnya belakangan koq power makin menciut…logikanya begitu pakde. Kenapa? Sebab dikelas ini prestige power sangat penting. Kendati dijalanan nggak akan kepakai (lawong macet cak), namun jika diatas kertas power unggul…rasanya beda kangbro. Gayane ki wis muarem seneng tenan. Nah….Mungkinkah power Suzuki GSX-R250 akan tembus 40 PS ? Semoga saja diusahakan. IWB berharap Suzuki Indonesia serta Jepang membaca artikel ini bahwa percuma datang jika power masih dibawah kompetitor karena akan sulit bersaing sebab akan terkesan lebih inferior. Piye cak soal opini ini. Setuju dengan IWB ora kiii ? (iwb)

173 COMMENTS

  1. Menurut aku mungkin nanti suzuki bakal tembus diangka 42 hp atau 45 hp, dan all new r25 yang bakal tembus 40 hp atau bahkan tembus 42 hp kayak R3 wkwk, jagat persilatan motor makin seru cak, bayangin aja motor yamaha sama suzuki nanti sebengis apa performanya, honda dan kawasaki pun udh segini powernya wkwk

  2. Suzuki itu Identik dengan Motor Kencang di seantero jagat.
    Motor Massal yang kencang itu ya rata-rata Motor Suzuki, jadi seperti sudah Prinsip Pabrikan S ini kalo bikin Produk harus diatas yang lain terutama urusan dapur pacu soal laris atau tidak sepertinya prioritas kedua.
    Makanya hampir semua produk Suzuki baik yang cc kecil sampe yang cc besar semuanya Indentik dengan Kecepatan dan Kakuatan, bahkan nama-nama Motornya pun sama nama-nama Kekuatan dan Kecepatan :
    Crystal, Shogun, Tornado, Satria, Smash, Skydrive, Skywave, Lets, Nex, Bandit, Hayabusa, V-Stroom, Gladiu, GSX-R, B-King, dll. Pokoknya namanya mana KUAT dan CEPAT, kuat dan cepat….
    Filosofi Motor Suzuki Terkuat dan Terkencang
    Klo soal Design supaya bisa jualan laris manis itu merek sebelah yang lambangnya jg sebelah

  3. Dari Sekian Motor Prouksi Suzuki itu memang rata-rata di Design Melebihi lainnya terutama dapur Pacu, Sezaman dan Sekelas Suzuki itu rata-rata diatas Merek lain kekuatan dan kecepatannya.
    Bahkan Produk saingan Suzuki yang datangnya belakangan saja cenderung dibawah Suzuki dapur Pacunya.
    Contoh terbaru antara Satria, Mx King dan Sonic jelas Satria diatas segalanya baik kekuatannya maupun kecepatannya.
    GSX-R 150 jg sama, mungkin GSX-R250 jg akan sama.
    Disisi lain mungkin SMC Jepang sedang merancang mengguling Kawasaki H-2 dengan meracik Mesin baru untuk Hayabusa guna merebut tahta yang telah lama disandangnya yg beberapa thn belakangan di rebut Kawasaki H-2.
    Pokoknya Klo soal Kekuatan dan Kecepatan Filosofi Suzuki itu Wajib diatas merek lain.

    • Tp kenyaatanya power tdk bicara banyak..pabrikn butuh uang..uang datang dr penjualan kl jualan seret..power jd iming2 produk semata..apalgi desain,suzuki krg sreg jg…

  4. Kl 40 ps..mngkin bisa,tp kl desain n fitur kynya pikir2…deh apalagi melawan nama besar ninja..
    Mnding fokua matic aja skrng eranya motor matic gambot…lht aja penjualan motor fairing turun terus..

  5. mungkin dibikin 2 versi,gsxr250 cc street legal 39ps & gsxr250r race only minus lampu,spion dll utk sirkuit 45ps

  6. Power 40Hp,Usd,Swing Arm Banana, Design keren/cool minimal seperti big bike GSX-R1000R 2018 dan di banderol dengan harga paling murah dikelasnya.

    Sepertinya menarik tuh.

  7. greetings from malaysia.
    in my point of view, soon 250cc motorcycle will reach or break 40bhp. Now existing bike like cb500 series have 47bhp. In future 250 motorcycle will have 40+bhp figure. As I can see it not affecting cb500 series bcos those bike was targeting for A2 license in europe. I was hoping Honda will release or do R&D for next supersport ie CBR500RR for the product replacement discontinued model CBR600RR. Let see whose gonna be the first game changer.
    P/S – not Fan boy honda, Fan boy Yamaha , Fan boy kawasaki or Fan boy suzuki just guy love two wheel. ?

  8. Selain fitur & performa, 1 lg Cak, timing..
    Krn pasar sport 250cc 2 silinder agak mulai lesu dihantam deretan sport 150 & skutik, sdngkan mereka kan ktnya mau bangkit. Yg jelas utk bangkit lg dari jatuh butuh “mlintir gas” lebih..(cepat rilis, fitur/performa ok, murah, dll)
    Ato mungkin ada kode etik utk antri rilis produk dari lingkungan big 4?

Comments are closed.

Exit mobile version