Iwanbanaran.com – Kangbro…..masih ingat artikel IWB sebelumnya tentang Motobot Yamaha?. Nah…sesuai dengan janji mereka akhirnya Yamaha membuka data hasil adu balap antara Motobot melawan Valentino Rossi diajang Tokyo Motorshow. Dan ternyata Motobot gagal kalahkan Valentino Rossi kangbro. Tapiiiii…..nah ini yang menarik !

Yamaha secara getol mengembangkan robot yang mampu mengendalikan motor. Diberi nama Motobot, project ini sudah berjalan sejak 2015. Setelah mengembangkan hampir 2 tahun lamanya, pabrikan garputala berani menunjukkan secara umum perkembangan sang Motobot diajang Tokyo Motorshow 2017. Dan testingpun tidak main-main cak…

Motobot diadu melawan Valentino Rossi diatas lintasan. Tidak jelas sirkuii mana yang dijadikan patokan. Namun yang pasti, adu antara robot melawan manusia diatas lintasan balap jelas luar biasa kenthirrrr. Artinya Motobot menggunakan banyak sensor untuk melakukannya cak…

iklan iwb

Yamaha sendiri di tahun 2017 memiliki goal sendiri yakni torehkan speed 200km/jam dengan Motobot tanpa melakukan kesalahan. Sebab angin kencang jelas membutuhkan skill mumpuni untuk Motobot mengendalikan motor. Direntang tersebut tidak ada ruang untuk kesalahan. Yang kedua adalah mengalahkan Valentino Rossi diatas lintasan…

Jelas target tersebut sangat sulit. Dan terbukti Motobot konon finish dibelakang Valentino Rossi dengan gap 30 detik. Namun yang patut menjadi catatan, Motobot masih mampu menyelesaikan dengan baik. Sebab melibas lintasan tidak mudah. Racing line harus bener dengan perhitungan yang sangat tinggi. Missed sepersekian detik sudah membuat lap time berubah banyak….

Apalagi yang paling edian cak, motor pada kondisi standart dan tidak dirubah dari spek pabrikan. Humanoid robot bisa mengendalikannya, melewati karena ada 6 aktuator yang memanipulasi kontrol seperti shifting, berakselerasi keluar tikungan dan banyak tindakan lain yang dibaca secara komputerize oleh Motobot. Bahkan Motobot tahu kapan harus ngerem dengan kecepatan yang diraih. Jarak titik pengereman ketikungan dibaca dan ini tentu tidak mudah bahkan bagi manusia biasa sekalipun. Superbike dul….besar lho ledakan tenaganya…

Last….kegagalan Motobot untuk mengalahkan Valentino Rossi bukanlah tolak ukur sesungguhnya. Namun keberhasilan Yamaha meracik humanoid robot yang pintar dan mampu menyelesaikan tugasnya ketika sepersekian puluh detik sangat berpengaruh. Yamaha sendiri berniat mencangkokkan kemampuan humanoid robot ini pada produk-produknya seperti snowmobile, personal watercraft atau bahkan motor dimasa depan. Welldone motobot ! (iwb)

 

78 COMMENTS

    • Kalahkan Rossi aja ga bisa,
      Apalg Marquez?

      Rossi pun kalahkan marquez pakai Tendangan Maut,
      Wkekekeek

    • Somplak emang yang bikin itu robot y*mm? Urusin aja jualan lu yang klotok2 + buochor

      Ngoahahaha

    • EKEKEKEKEKEKEK

      Berarti Motobot nya fekok,tolol dan goblok, sama seperti sales Fby tulen yang sukanya menyebarkan komen kebencian/negatit seperti BC dan Bully. #Fakta!
      berarti fix Motobot nya kurang canggih.

      Ada “Reply” komen ane fix Fans boy fekok,tolol dan goblok yang lagi mengamuk. Padahal dia duluan komen negatif.

      EKEKEKEKEKEKEK

    • ekekekek

      ngonda juga punya robot
      tapi vekok ..
      robot kemayu yg cuma bisa nari dan nyanyi ….. Asumo namanya

      brekekekekkek

      ????

    • Meninggalkan discus hanya untuk memelihara komentator seperti ninja turtle!
      Hadeh wan blogmu semakin jadi sara lebih baik bilang kamu amploper daripada komen rasisnya dia
      Ekkkkkkkm

    • Ente enggak sadar terhadap komen ente sebelumnya = @Salesmankeparat

      @Sadar Saya akui komen ente selalu rata? positif (Y), akan tetapi masih ada sebagian komen negatif oleh Fby walaupun itu malu-maluin Fby yang pemikiran positif dan itu target musuh ane yang sebenarnya yaitu komen Negatif bukan Positif.

      Saya ane buat Fby yang suka komen Negatif contohlah Fby yaitu @KOMENGTATOR?

      @Ninja Turtles Vs komen Negatif Fby plus komen Negatif lainnya! Ingat itu.

    • Intinya saya ane enggak suka komen? negatif dari Fby, kecuali komen yang rata? positif seperti @KOMENGTATOR? sebagai contoh buat Fby yang lainnya.

      Semoga mengerti!

    • Lah om ninja turtle emang ane ngomong sama om?

      Ngerasa ya ente pas ane bilang sales sijuki sinting?

      Kalo emang ga suka komen2 negatif, ga usah maen internet tong, maen barbie aja sana

      Orang punya hak buat kebebasan berpendapat, inget itu!

    • @Somplak
      Yang harus kita contoh mereka orang jepang sering berinovasi bekerja keras menciptakan sesuatu, bukan kayak orang indo kyk kamu bisanya kritik doang inovasi kagak ada! Contoh lain Org luar bekerja keras berinovasi akhirnya bikin kapal induk, pesawat siluman lah indonesia? Klo cuma bisa kritik banga lain juga bisa wkwkkw

  1. Ciptaan Allah memang tiada duany.. manusia itu makhluk sempurna. But so far.. jenius utk yamaha.. smart.. absolutely cool

  2. Mengangkat citra vale yg dah mulai redup.

    Ayo move on sy udah hijrah dari 46 ke 93 kadang diselingi ke 29

  3. Comment:semakin robot bisa mendekati perilaku manusia, semakin banyak manusia pengangguran d muka bumi ini, dan klau semakin banyak manusia pengangguran d muka bumi ini semakin kacau lah dunia ini,…

    • ngga usah ngomong gitu, klo ngga ada teknologi robotik, beban beban berat yang harus di angkat mau ente angkat sendiri? semua ada plus minesnya. ambil sisi positif, pebaiki negatifnya, kamu punya O kan, jngn pakai D.

      O (otak)
      D ( dengkul)

    • Manusia sekarang banyak nuntutnya daripada kerjanya bro buruh buruh banyak demo minta ini itu, gaji naik, tp minta harga barang murah ya perusahaan pusing, lebih baik milih pake robot lah kerjanya lebih efisien

  4. ntar klo udah bisa ngalahin rossi bakal di beli dorna buat motobot gp dan grab.bot dan botjek online ekekekek

  5. Jika robot kecerdasannya sdh melebihi manusia.. Akankah ada masanya dimana robot2 memberontak pd manusia dan menimbulkan kekacauan???

    • sepertinya tidak, karena manusia tetap yang paling sempurna, dan manusia menciptakan robot, di imbangi dengan teknologi untuk menghentikan robot, gelombang magnet ataupun virus digital pelumpuh sistem, karena semuanya pasti ada induk dari sistem tersebut.

    • semua pasti ada antisipasinya mas bro. jngn berpikir telalu jauh. penemuan batre untuk robot independen pun belum secanggih yang di bayangkan, batre robot sekarang hanya mampu menyuplai 5 – 6 jam untuk aktifitas setandart. setelah itu harus di isi ulang. mAti ngga robot nya kalo ga ada suplay listrik, logika nyata ajha bro. semua ada pada kehendak-Nya

    • Kebanyakan nonton film sci-fi ente .kalopun memberontak atau merusak,robot hanya alat ,yg memberontak sebenarnya orang yg mengendalikan robot itu.

    • EKEKEKEKEKEKEK

      Kalau Batre nya pakai tenaga Nuklir gimana? alamat Manusia semakin cepat punah?

      Robot buat Robot Vs Robot buatan Manusia yang hanya cuma 1 unit, ingat Flim “Terminator” ??

      EKEKEKEKEKEKEK

  6. di simyalir pihak honda hrc sedang
    research buat robot yg paling sempurna buat dlosor,crash & jungkir balik

  7. yamaha pabrikan suling n gitar emang benar,bukan berarti gk bs bikin robot meski teknologi blm bs selevel honda

    • Apapun perusahaannya, mereka juga mendapat dukungan dari supplier. Sebenarnya apapun yang mereka buat juga didukung oleh perangkat yang dikembangkan oleh pihak ketiga.

      Yang Patut di Apresiasi adalah ide-ide “Gila” baik itu datang dari Honda, Yamaha, Suzuki dll yang mereka kerjakan dan berhasil menyatukan Puzzle (part dari Supplier) menjadi sebuah karya.

      Kalau anda pecinta film fiksi ilmiah, maka ada pergeseran alur cerita mengenai sebuah penemuan-penemuan yang diceritakan dalam film. kalau di era 80-90 dalam sebuah film, 1 orang profesor mempunyai Lab dengan peralatan lenkap tanpa dibantu siapapun dapat menciptakan berbagai penemuam tapi pernah ga terfikir bagaimana profesor tersebut melakukan fabrikasi komponen, dari mana material didapat, dari mana dananya? yups itu memang hanya film.

      Tapi, Lihat film fiksi ilmiah hari ini, semua penemuan hebat baik yang diniatkan untuk perang atau apapun selalu dikerjakan oleh sebuah tim yang di danai oleh sebuah perusahaan besar dan juga mendapat dukungan baik secara terbuka/tertutup dari pemerintah.
      artinya ada pergeseran cara berfikir bahwa untuk sesuatu yang hal yang bersifat fiksi saja mereka ingin sebuah pendekatan yang real.

    • EKEKEKEKEKEKEK

      Nama nya juga Dunia ini nyata, ya hasil kerjanya harus nyata juga. jangan bermimpi mulu! enggak bangun? ntar dikira sudah mati.

      EKEKEKEKEKEKEK

    • Seperti jawaban Batman di justice league ketika ditanya flash apa kekuatan supernya?? Dan jawabannya adalah “kaya”

  8. Ya iyalah …. Mana mungkin suling modif bisa ngalahin ka’ Ross …

    Kkkk

    • Kabarnya baik baik aja…
      Kamu gimana udah minum obat rabies ama ayan nya..
      Jangan lupa obat anjing gilanya di minum juga..biar gk kumat denger pabrikan sayap somplak bikin pesawat jet..
      #salam satuhatisemakindidepan#

    • Kabar nya baik..
      Kamu gimana..udah minum obat rabies ma ayan nya..
      Jangan lupa obat anjing gilanya di minum juga..biar gk kumat nanti pas liat pabrikan sayap somplak bikin pesawat jet.
      #salamsatuhatisemakindidepan#

  9. Hebat hei Yamaha, Yamaha awalnya bikin piano. Setelah Di bom atom oleh USA thn 45, penjualan piano Yamaha nya turun. Effect radiasi bom atom (?) Lalu boss Yamaha bingung, tiba2 dapat wangsit untuk membuat Sepeda Motor!!! Hebat euy !! Gila dari bikin piano jadi bikin motor!!! Padahal ngga nyambung yaa!!! Bangsa Indonesia bikin gamelan kecapi suling tapi ngga punya pabrik motor dari dulu!!!

    • EKEKEKEKEKEKEK

      Biasa aja, jangan lupa! lihat juga sejarah pabrikan “H” “K” dan “S”.

      EKEKEKEKEKEKEK

    • Indonesia itu bukan individunya mas yang gak bisa… tapi sistemnya yang gak mendukung… dari industri nasionalnya.. perlindungan pemerintahnya.. sampe investornya…. dipikir kalo kita bikin mobil apa motor lokal terus memiliki kualitas seperti mereka2.. apakah mereka akan diem aja pasarnya digoyang…?
      Bukutinya banyak individu2 anak bangsa yang hebat.. kaya pak habibi.. paten dibidang pesawat dah banyak.. terus pak siapa itu yang bikin radar di perusahaan jepang.. mas ricky elson… dan yang masih tersembunyi… kalo sistemnya mendukung saya pikir untuk ukuran bikin motor apa mobil.. ya bisa lah.. pesawat aja bisa kok… ??

  10. ekekekek

    robot bikinan ngonda cuma
    bisa gedek2 doang ….
    mentok menari dan menyanyi
    persis kayak kaum kemben fbh

    akakakak

    ?????

    • EKEKEKEKEKEKEK

      Kita juga harus akui ternyata “H” bisa bikin Pesawat Jet. jikapun mau bikin Robot seperti Motobot gampang! selagi punya dana yang sangat besar bila dibandingkan “Y”, bisa untuk dikabulkan atau wujudkan.

      Btw laku Motobot nya? laris?

      EKEKEKEKEKEKEK

    • Itu motobotnya di siram air,makanya kalah 30 detik menjelang finish,,,

      Motobotnya korslet,,,

      ??????

  11. Bikin eR 15 aja swing arm gampang Patah,,
    Bikin eR 25 2 kali di Recall,
    Bikin M one kalah terus,
    Mau bkin motobot ??

    Wkwkwkwkwk

    • Lah masih ketimbang orang indonesia macam kamu bisanya cuma kritik doang? nyiptain sesuatu yang berguna kagak ada! Mau indonesia maju dengan orang-orang isinya kayak kamu bisanya kritik doang? MIMPI!

  12. honda udah buat robot ko bro, robot SEX buat fbh, tapi ya jelas ga mampu beli lah, paling mampu kebeli cibo150ker, kredit lagi 10 thn !

  13. Cak IWB harus disaring tuh yg komenya pakai kata2 kotor dan jorok,masa gara2 ngefans ama motor tertentu jadi pada berantem

  14. Sayang msh pk roda kecil bwt jg keseimbangan motor…honda kn pny motor anti jatoh bisa tuh asimo suruh balapan lawan marques…

Comments are closed.