iklan iwb
Home Yamaha Kenapa Yamaha terlihat santai terhadap penjualan skutik entry levelnya ??…

Kenapa Yamaha terlihat santai terhadap penjualan skutik entry levelnya ??…

Iwanbanaran.com – Pakdeee…..diakui atau tidak, Yamaha saat ini terlihat sangat fokus pada scooter premium mereka. Baik Yamaha X-Max 250, NMax 150 ataupun Aerox 155. Untuk yang terakhir mungkin kategori sedikit berbeda sebab desain juga tidak bisa kita katakan seperti skutik Dek rata pada umumnya. Kesibukan mereka seolah melupakan eksistensi skutik low entrynya Mio. Pertanyaannya Kenapa mereka bisa begitu santai??…

Pertanyaan ini sebenarnya banyak dilontarkan beberapa pengunjung warung yang sepertinya berharap Yamaha mengeluarkan skutik entry level dengan desain lebih fresh. Bukan berarti sekarang buruk cak, akan tetapi Mio?seolah tanpa gaung ditekan oleh rival utamanya yakni Honda. Yang unik beberapa kanal iklan kita justru tidak banyak menemukan Mio ataupun Soul coba diangkat oleh Yamaha. Ada apa gerangan?…

Tentu saja jawabannya hanya Yamaha yang tahu. Namun jika kita mengintip pergerakan strategi yang berkembang sekarang, Yamaha sepertinya memang sengaja untuk fokus pada segmen yang tidak digarap serius oleh rivalnya yaitu maxi skuter atau premium skutik. Intip saja segmen Maxi Scooter di mana Honda saat ini masih belum banyak bergerak. Grup Astra hanya mengandalkan PCX 150 versi CBU yang notabene bukan lawan NMax karena terlalu mahal….

IWB sendiri melihat Yamaha seperti enggan menghabiskan energi bertarung di kelas? low entry skutik. Maklum cak, cukup berat melawan Honda di segmen ini. Pasar yang berdarah-darah dibutuhkan tenaga lebih. Untuk memukul posisi Honda yang saat ini mengandalkan Beat series dibutuhkan energy cukup besar. Tidak heran Yamaha begitu fokus di segmen Maxi scooter yang saat ini masih menjadi lumbung padi buat PT YIMM….

Tidak benar jika Yamaha santai terhadap penjualan skutik entry levelnya. Jelas mikir cak, dodolan kurang nendang koq santai. Yamaha sebenarnya tidak tinggal diam di segmen ini sebab dari beberapa rumor yang masuk pabrikan garputala sebenarnya sudah bergerak mengembangkan Mio baru sejak beberapa tahun yang lalu. IWB cukup yakin bahwa Yamaha akan coba menggedor pasar disegmen low skutik. Mungkin dari sisi marketing betul, akan tetapi jika yang kita bicarakan adalah departemen riset dan development, prediksi kita salah….

Yang justru menarik adalah….akan seperti apa new Mio nanti mengingat usaha Yamaha dimasa lalu seperti kandas ditengah jalan. Walau mereka sudah menggerojok berbagai varian mulai dari Mio J-Z hingga new Soul GT, usaha mereka seperti mentah ditengah jalan dalam upaya menggebuk musuh bebuyutannya, Honda. Nah…kalau dari sampeyan sendiri piye cak. Punya opini supaya pada segmen low skutik Yamaha bisa tajam kembali dan sisi apa yang perlu dibenahi oleh YIMM?. Monggo share opininya dikolom komentar. Siapa tahu komen sampeyan dibaca pabrikan. Geberrr cakkkk….(iwb)

Follow Iwan Banaran untuk dapat aktivitas terbaru segala tentang motor di Moladin, aplikasi pernak pernik motor

144 COMMENTS

  1. Mio itu jadul
    1. Velg nya itu lo…ini tahun berapa dari keluar pertama kali modelnya ngga berubah
    2. Mesin, sebenarnya buat mesin tarikan matic yamaha itu nampol sekali dibanding beta dan wario, cm suara knalpot dan pegas gasnya itu berat sehingga feel waktu betot kesannya tarikan berat
    3. Ban cungkring
    4. Knalpot sama tidak ada perubahan jadi mo tahun berapapun suaranya sama, tidak ada inovasi cuma ganti cover

  2. Mending yamaha balikan mio seperti yg dulu, desain simple dan sederhana, fitur standar aja jangan macam2 nanti jadi mahal, pasang diharga 12jt an pasti lariss

  3. Permasalahanne mung 2, Yamaha iki wes hrgane larang, diskonne mung sithik. Support leasing ora ono blas.

    Saiki klo blg AT LPM marketnya itu ngeliat hrga, gak terlalu ngebacot mslh fitur. Mio arepe digawe kyk opo lek hrgane / angs leasing e tdk iso bersaing yo samo sajo.

  4. Intinya… Secara keseluruhan, skutik entrylevel honda lebih baik dibanding kompetitor.
    Itu fakta…!!!

  5. 1.ban lebih besar
    2. keyless
    3. tangki minimal 5 liter (orang awam bukan berdasar berapa km/ liter tapi kalo isi full tahan berapa hari….
    4. desain yang ever lasting aja lah kang iwan….:-$

    • Setuju ama tengki yg perlu agak gede.
      Emang bener, yg penting tahan berapa har tengkinya. Soal keiritan, 1 :45 rasanya gak beda ama 1 :50.

  6. Lek mo nanya..
    Aerox ane masuk banjir…(ane di samarinda yg kota sering banjir) dan kena water hammer… turun mesin.. yg ane heran ECU kok kena juga ya..?? Mohon di kasih penjelasan..

  7. Simple aja sih… kalo mau main low end, jangan pake shock breaker yang keras.

    Dari dulu masalahnya cuma itu, shock yamaha low end selalu keras. Getaran sampe stang, kena polisi tidur rasanya kaya dibanting dari ketinggian satu meter.

    Orang kecil butuhnya motor yang murah dan nyaman. Nggak perlu yang kenceng atawa cc besar.

  8. Ya harus gila promo dan iklannya bwt maen di kelas low…kayak jaman Yamaha pake Komeng n Dewa 19 dulu maka di jalanan penuh dgn Mio dan Jupiter series jaman itu. Kayaknya itung2 an Yamaha lebih untung saving biaya iklan + fokus di kelas lain daripada jor2an biaya iklan yg emang gede.

  9. inyong kan sudah bilang, strategi bisnis ngahaem iku super ngeri kang. dalam hal bisnis, inyong seneng dg sistem bisnis e ngahaem. selagi market masi ada slotnya, hajar bleh. bisnis is money. money is profit. bisnis kok sante, yo ending e bangkrut. ngah ngah ngah

  10. Saya adalah pemakai honda beat,dulu sebelum pakai honda beat saya memakai yamaha mio 2 kali ganti,sebagai pemakai saya hanya cari yang simpel dengan teknologi simpel,baju boleh ganti tetapi honda spare partnya masih sama mulai dari generasi beat karbu hingga sekarang beat fi sebenarnya sebagai orang yang tinggal di daerah perkampungan lebih banyak memilih honda karena kemudahan perawatan dan spareparnya,berbanding terbalik dengan yamaha setiap mereka ganti baju maka mereka menggunakan teknologi baru dan spare part berbeda,akhibatnya beda tahun beda jenis beda spare part.orang kampung seperti saya lebih suka yang simpel mudah perawatannya.mungkin itu menurut opini pribadi saya tapi mungkin berbeda dengan opini mereka yang lebih suka teknologi terbarukan

  11. Buat petinggi Yamaha: Kalo yamaha mau serius lawan beat dan vario, BUATLAH matic dengan jok empuk, lebar, panjang, mesin irit pake radiator, velg ganti model masa kini dan lebar, ban lebar, lampu all led, bagasi lapang, harga wajar

    • Jok lebar jg ga nyaman kang(maaf ngangkang).tadinya ane mw ngambil new scoopy tp gajadi,ditolak proposalnya mentah2 ama menkeu.

  12. Suspensi dibikin empuk. Matic itu kan nyaman yg dicari. Bukan kl yg ditikungan itu stabil banget makanya shock dibikin keras.
    Kl nyaman kyaknyablaris daah

  13. Yamaha buat MATIC MURAH PEKERJA 10 juta yg IRIT POOL dan NYAMAN EMPUK DUDUKNYA.. untuk ibu ibu yg jualan sayur.. Buka lahan baru OKE!!

  14. Kekurangan di skutik entry level Yamaha dibanding punya honda menurut saya:
    1. Suspensi nya yg jauh lebih stiff
    2. Sensasi stang yg geter saat kena jalan tdk rata, kurang nyaman
    3. Engine masih kalah halus dibanding honda
    4. Saat start awal akselerasi tdk sespontan honda
    5. Entah, desain skutik entry level nya kalah keren, tdk sperti desain utk motor sportnya
    6. Area bagasi menggunakan plastik yg menurut sy gak OK
    7. Velg nya dan ban tdk pernah berubah, tdk mendukung tampilan

    Tapi untuk handling dan kualitas jok sy masih tetap suka Yamaha.

  15. Coba jual di harga yang murah cak!! #Imho!

    Varian warna baru All New Suzuki All New Satria F150 facelift versi 2018.
    Harga :
    Rp 22.200.000,-
    Untuk varian Standard.
    Rp 22.500.000,-
    Untuk varian (High Grade) yg juga dilengkapi fitur seperti :
    “Security Alarm System”
    Pict : intip.in/mPRo
    Rp 22.650.000,-
    Untuk All New Satria F150 Black Predator Special Edition.
    dilengkapi tambahan fitur seperti :
    “USB Charger” Dan “Security Alarm System”
    Pict : intip.in/ESsh
    Harga : OTR JKT, (On The Road DKI Jakarta).
    ?
    Pilihan Varian warna All New Satria F150 Injeksi (Fi) Facelift 2018.
    Pilihan varian warna klik-> : intip.in/Rrbo
    Galery Pict klik link : intip.in/xEdG
    Klik juga link pictures berikut :
    : intip.in/RQJK : intip.in/nDBz : intip.in/demC
    : intip.in/cUUX : intip.in/pr0s : intip.in/BGRU
    : intip.in/JZNf : intip.in/4nTM : intip.in/uRcL
    : intip.in/8hkX : intip.in/eaRh : intip.in/42t6
    : intip.in/1Ou6 : intip.in/LcaC : intip.in/zwnh

  16. Honda ini berjaya berkat trio (3) produk andalannya, tapi type lainnya tak semoncer ketiga type tersebut. Beat, Vario series dan Scoopy memang sangat digdaya makanya Y, S dan K cari jalan lain untuk menarik konsumen jangka panjang.
    Selain 3 type tersebut Honda tidak begitu digdaya kok, tengok saja, persaingan GSX-R150, R15 VVA dan CBR150 (11-12), Persaingan Sonic, Satria FUFI, GTR dan MXking (juga) nyaris berimbang, CBR250RR dan Ninja250 jg R25 jg ga signifikan.
    3 type milik Honda (Beat, Vario series dan Scopy) itu bisa dikatakan MS-nya lebih dari 60% pasar motor Nasional kok, lha piye dari 450 ribuan kok tiga type itu bisa diangka : 320’an ribu….kenthir tenan.
    Tidak hanya Yamaha, Suzuki dan Kawasaki juga melakukan langkah yg sama.
    Yamaha bergerak dijalan yg berlainan dgn mendahuluinya di Maxi Skutik (Xmax, NMax dan Aerox), lalu Suzuki juga konon akan bangkit dari Segmen yg mirip dengan Yamaha, Motor Sport dicoba untuk memberikan pilihan tersendiri.

  17. 1 yang pasti lek,,,ilmu marketing berperan juga,,5P,,salah satunya place : blog,web,,,,kaya blog sampeyan,kang taufik,yogas,petromax,,,liat iklan sapa yg nempel,,,jadi modal yimm kalah ama astra buat marketingnya,,

  18. kalau saya kok pada flexibilitas penjuala e yang harus diperbaiki, penyakit sebagian besar dealer yamaha adalah kalau bisa kredit kenapa harus cash :D,
    konsumen yang anti kredit akhirnya memilih brand sebelah…,
    pengalaman saya di honda kamu mau model apa saja pokoknya barang keluar dari dealer, cash, kreit, cash tempo pokoke barang keluar…, teman saya cari Nmax dari wonosobo cash gak dapat akhirnya dibelani cari di temanggung, itupun karena tidak ada barag substitusi yang sekelas, kalau yang entri level pilihannya tidak hanya toko sebelah, tapi sebelahnya lagi juga ada…

  19. Design velg nya mohon di rubah, percuma design motor baru tapi design velg nya masih yang lama, al hasil seperti bukan motor keluaran terbaru.

  20. Mahalin harganya, jgn murah…jadi harga bekasnya masih mahal..<< pikiran bapak-bapak mo beliin istri ato anaknya motor, simple

  21. Iya si anda mau ny ngrcokin psar org…..mntg2 pbrikny bnyak….yg klihtan lku djual…pcx g lku gnti pil pcc ntar yg djual wkkkkk

  22. Karna maxi scooter sangat laku di jual ekspor… Dan konsumen luar negri lebih obyektif terhadap merek….engga cinta buta merek kaya disini…..

  23. Masa sih kang iwan…..? Tu buktine si pino di upgrade ban gede R12 kyo scoopy……artine yamaha ga tinggal diam cuman emang kalah pamore karo mbit

  24. 2 Minggu lagi yamaha akan meluncurkan Mio S.. Fiturnya sudah ban tubles dan kunci AKS

  25. Gampang Cak … Pecat2in org2 designer dan marketing Yamaha yg skarang. Bajak n rekrut org2 designer dan marketing Honda.

  26. yamaha pelit ke komunitas atau club motor….dan servicenya itu kalu ke dealer…beda banget lah sama HxxxA…..itu aja

  27. Mestinya yamaha pecat desainernya, ganti dgn desainer ahm jd bisa buat skutik yg kekinian, ganti vendor velg, body+striping beda, velg nya dr generasi kapan2 kok gitu aja desainnya

Comments are closed.

Exit mobile version