iklan iwb
” Bahkan BR-V pun tidak mampu mengungguli penjualan Nissan Juke yang pada bulan Agutus terjual 7 unit. Fakta BR-V ini jelas mengejutkan”

Iwanbanaran.com – Kangbro…sebagai orang awam, IWB sangat terkejut saat menemukan fakta penjualan mobil Honda BR-V terpuruk. Bener-bener record buruk dan menorehkan sejarah cukup pahit di ajang persaingan roda empat nasional. Merk besar sekelas Honda ternyata tidak menjadi jaminan produk laku di pasaran ketika market melakukan resistensi. Seperti yang dialami oleh HPM yang harus menelan pil pahit karena low SUV andalannya yakni Honda BR-V terpuruk hanya terjual 1 unit pada bulan Agustus 2017. Sejarah kelam bagi HPM??…

Kalau melihat data, penjualan mobil nasional pada bulan Agustus 2017 sebenarnya mengalami kenaikan yang lumayan besar. Kenaikan tersebut sekitar 13% dibandingkan bulan Juli 2017. Jika pada bulan sebelumnya penjualan hanya mencapai 85 ribuan, maka di bulan Agustus terdongkrak hingga 96 ribuan. Data yang dirilis oleh Gaikindo untuk market SUV juga mengalami kenaikan…

Kenaikan sendiri berkisar sekitar 15% atau tembus 5.729 unit. Artinya secara potensi pasar SUV sebenarnya cukup bagus kangbro. Namun siapa menyangka kondisi tersebut tidak mampu membantu Honda BR-V bersaing di Pasar low SUV Tanah Air. Lha piye pakde….Honda BR-V terpuruk terjual hanya 1 unit pada bulan Agustus 2017. Catet cak…1 unit seIndonesia, opo ora kenthir jal. Ini betul-betul record luar biasa untuk ukuran merk sekelas Honda….

iklan iwb

Bahkan BR-V pun tidak mampu mengungguli penjualan Nissan Juke yang pada bulan tersebut terjual 7 unit. Nasib BR-V ini jelas mengejutkan karena seperti kita tahu Honda sebelumnya cukup optimis. Selain itu walau trennya terus menurun, di bulan Juli 2017 Honda Prospect Motor (HPM) masih mampu menjual pada kisaran 590 unit. Pertanyaannya, kenapa tren BR-V terus menurun dan malah makin terpuruk??…

Pastinya banyak hal cak. Tapi dari kacamata pribadi, BR-V memang kurang menarik. Selain kualitas material yang tidak sesuai dengan harga yang dipatok, secara desain Mobil ini terlihat terlalu “Mobilio”. Jadi lek boso gampange mekso banget. Designer berusaha memaksakan basis konstruksi yang mengambil dari Mobilio dan dipaksa ke low SUV. Walau mereka berusaha mendesain sedemikian rupa akan tetapi mata telanjang bisa menangkap bahwa BR-V memang tidak terlihat sebagai SUV. “ Elek mz, mending Mobilio timbang BR-V..” celetuk nyonya IWB. Lhooo, iki contoh kongret opini orang awam karena konsumen memiliki rasa dan mata telanjang untuk menilai….

Posisi ini berbeda dengan HR-V. Secara basis desain dari pertama murni memang diracik dan dipersiapkan menjadi pengisi di segmen low SUV dibawah CRV yang saat ini setia mengisi kelas middle SUV. Material juga lumayan bagus walau harga juga tidak murah. Tidak heran penjualan HR-V pun tetap cemerlang dan masih menjadi leader disegmen ini. Finishing jauh lebih baik dibanding BR-V. Sebagai informasi HRV terjual 2800 unit pada bulan Agustus 2017 atau naik sekitar 800 unit dibandingkan dengan Juli 2017…..

Dari opini pribadi, banyak hal yang menjadi batu pengganjal dan membuat Honda BR-V terpuruk. Selain positioning yang tumpah tindih, HPM seharusnya sudi membuka mata dan telinga atas masukan konsumen dengan memperhatikan kualitas material. Belum lagi garda terdepan yang memang butuh training. Pengalaman pribadi, IWB pernah masuk kedealer Honda Cibubur mentang-mentang pakai celana kolor dicuekin. SPG-nya jawab ogah-ogahan. Malah tetap dandan dimeja saat IWB nanya-nanya produk, opo ora cekot-cekot jal. Mungkin karena IWB datang pakai motor dan baju gembel….

Terbukti saat konsumen lain datang dengan baju rapih bak kantoran, mereka langsung menyambut dengan senyum mengembang dan rayuan maut. Asyemm…jaluk disampluk sandal swallow tenan pakde. IWB pun pergi dari lokasi tanpa sudi menoleh lagi. Dilalah mereka juga santai tidak berusaha memberikan brosur ataupun menahan kepergian IWB. Parah tenan. IWB tidak temui treatment ini pada brand mobil terbesar ditanah air. Kendati IWB hanya pakai sandal jepit, mereka luar biasa tetap ramah melayani. Ini fakta cak. Jadi buat para sales, IWB sarankan jangan pernah meremehkan orang dari casing. Lek boso kerennya “Dont judge a book by its cover”. Soale iso wae pakaian lusuh duite segepok lho. Layani semua sama rata sebab produk kurangpun bisa tertutupi dari pelayanan….

Last….kualitas adalah nomor satu. Sebab tanpa kualitas akan sangat sulit produk bersaing walau mengusung brand terkenal sekalipun. Apa lagi seperti yang kita tahu walaupun masuk pada segmen berbeda, kemunculan Mitsubishi Expander membuat pasar terpecah. Karena diakui atau tidak, positioning price Expander yang berada di rentang harga antara 189-245 jutaan pasti akan mengganggu Honda BR-V. Nah…kalau menurut sampeyan sendiri piye cak. Punya opini kenapa Honda BR-V terpuruk nggak laku? Monggo berikan pendapatnya…..(iwb)

Honda BR-V

HP klik disini

Follow Iwanbanaran di Moladin klik disini

164 COMMENTS

    • halah lebay….plg2 bulan ini jg naik lagi…!!! yakin…!! brv pasti naik coz musuh bebuyutannya blom ada yg baru…liat dong jualan dr jan-agustus…..!! jg menyimpulkan sesaat…..!!!

      kyk cbr250rr kmren memang 106 unit tp liat aja…bln ini..pasti naik!!!
      beda sm si rongsok 25 memang tuh motor ga laku.. stagnan di 100an unit berbulan2!!

    • jgn ngambil kesimpulan …dr 1 bulan jualan…!!
      dilihat beberapa bln br deh ketahuan…laku apa tidaknya bro.

    • La itu produk ngahahem ga berkualitas cat bulukan laku kang, apa karena logo sayap sama fbh yg fekok. Ngah ngah

    • Hehehe.. Akhirnya dibahas juga. Memang menyedihkan sih 1 unit saja mengingat kompetitornya secara langsung Rushter (Rush-Terios) yang jauh lebih jadul masih terjual ribuan unit. terus kalau mobil desain baru tapi a lebih laku dari yang lama (Rushter) gimana kalau di duo itu punya new model? Masalah di BRV ini memang build quality yang kurang sesuai harga even dibandingkan dengan Rushter.
      Panel gap besar, banyak bagian interior yang tidak rapi dan kualitas material interior berasa murah, peredaman tidak bagus, sementara banyak kesamaan dengan Mobilio yang lebih murah. Akhirnya daripada nanggung banyak yang lebih pilih HRV.

    • Iwb : Kalau menurut sampeyan sendiri piye cak. Punya opini kenapa Honda BR-V terpuruk nggak laku? Monggo berikan pendapatnya?..(iwb)

      Saya : Mungkin dikarenakan Honda Mobil tidak di pegang oleh Astra Groups dan 3S nya tidak sebanyak Toyota,Daihatsu dan Suzuki serta ada efek kehadiran Mitsubishi Xpander yang super keren (Design Futuristic). #IMHO :mrgreen:

    • Brio Rasa Suv toh, lawannya kan rusuh, sama teroris tuh, bukan lawan joke.
      Nisan Joke mah lawannya HR-V, Toyota CH-R, Matsuda CX-3

    • Setidaknya nggak separah cbr jomblo pernah kejual 0 unit ????
      Buat fbh sayap nggak usah ngaku ngaku punya mobil coz HPM nggak terima kridit 0% modal KTP + KK doang.

    • Makanya Mobilio yg laku… Lha BRV cuma mobilio ditinggiin dikit, harga dinaikin gak kira”. BRV itu “SUV feminin” makanya dikit org yg lirik ! SUV kok feminin … Nyalahin kodrat !!!

    • September 2017 BRV laku 2490 unit bro. Ini terlalu membesar2kan berita. Ya jelas agustus sepi kan hbs beli di gaikindo ini datanya m.detik.com/oto/mobil/3671021/honda-jual-15112-mobil-di-bulan-september

    • Dibayar berapa ini Iwan banaran untuk nyebar Hoax? w sendiri di bulan agustus penjualan khusus Honda Brv 2 unit Dealer Honda Tendean? Mau taruhan berapa w berani buktiin faktur dan stnk nya Bos!!!
      Baru 1 orang doank lho dari Honda Tendean, wew sereem Iwan Banaran

    • @mugen J
      tp tahun ini di depak mClaren kan vrohh??
      gara gara mesinnya yg selalu bermasalah sejak tahun 2016 hehehe sampai sampai si Alonso frustasi ngah ngah ngah

    • @naruto
      Mslah prusahaan pmbuat mesin F1 yg berganti tim sudah biasa di dunia moto F1 racing GP bro
      Ada dulu tim jordan honda , mclaren honda , wiliams honda
      Kecuali tim ferrari / mercedez

    • Walah,, gak mobil ga motor,, sama aja kualitas downgrade,, gak malu apa,,
      Woi para FBH ,, jangan cuma beli mbit sama pario aja,, tuh mobil mya dibeli,, katanya kaum hedonis kaya raya ,,, hhahahahahhahahahahahahahahah

      Memalukan

    • Coba pake strategi ahm.
      Bikin BRV special edition
      Velg di cat gold
      Kasih striping atraktif
      Sapa tau jadi laku
      Namanya juga usaha…hehe

    • Kl nggk beli peralatan mugen racing honda bro
      Yg roda mugen racing,ban racing mugen,knalpot mugen racing,spoiler mugen racing

  1. Fbh gak tahu harus komen apa..tahunya cuma honda beat mentok cb.
    Jadi mau bc apa ya gak akan nyambung.
    Kalo artikel ginian yakin deh sepi dari fbh berotak secuil cak.

  2. Artike ini kayanya intinya dibuat sebagai bahan curah lek IWB dipandang sebelah mata sama sales Honda mobil….. Tegar lek

  3. Biasa itu…pake kaos, celana pendek, dan sandal gunung atau swallow ya ente dicuekin..
    Lha wong yg Chinese bersih ky teman ane aja gak dianggap koq, tetep dicuekin.
    Kecuali ente punya ilmu ssi level dewa..baru deh tu spg songong bs melting..
    Penampilan rapi meski jabatan sopir atau salesman bahkan tukang tipu kadang malah lebih dihormati spg songong..
    Ini fakta, bukan asal jeplak.
    Sori curcol..

    • Jangankan d showroom mobil. Ane kdang beli baju atau apa karena penampilan biasa cuman kaos celana pendek dan pke sendal gunung kok rasanya gak dianggap ya wkwkwkwk..
      Mungkin sales mesti nonton youtube orang beli mobil pake jaket goku di IMS

  4. Halo mas IWB. Saya silent reader blog sampeyan. 100% setuju sama opini sampeyan, BR-V ga punya unique selling point seperti kompetitor. Sejak 2 bulan lalu HPM emang lagi normalisasi stok BR-V secara ada penumpukan stok di dealer jd mereka ga produksi BR-V sementara, ini mereka sampein di monthly supplier meeting.

  5. Honda di Indonesia dipegang HPM Build Qualitynya payah harga mahal, facelift setengah setengah, ganti dong ATPMny

  6. Harga sama barang nggak pantas, nggak sesuai.
    Kualitasnya sama modelnya nanggung.
    Makanya masuk kategori overprice, lagi.
    #lirikprodukhondayanglain

  7. Ini mobil gak senyaman penampilannya lek.

    Peredaman kabin masih tergolong buruk, gak beda sama duo kaleng punya sebelah.

    Oe sih pake kakaknya, yaa meskipun beli second hand tahun 2013. Masih lebih nyaman timbang ini mobil.

  8. Ini pertanda low SUV tahun depan bakal dipegang xpander, apalagi duo kaleng malah lepas konde dan penampilannya jadi… Pufffftttt…. Mbuh.

  9. pajero seporet tetumpakane blogger kondang papan atas iw_nb_n_ran , kalah ma fortuner toyota
    1950 vs 2847
    wkkkkkkkkkk
    mirisssss….

    • Mirisss emang, mobil cakep nan joss kalah sama Inova ganti kemben harga setengah EM, lihat, rem belakangnya zaza masih tromol kek picex ,tapi malah lebih laris.

      Orang indonesia emang unique, beli mobil nyang dipikirin resale value

  10. Andai saja
    Mitsubishi,Toyota juga bikin motor dan yamaha
    Pasti seru. (Yg komen)
    Kan musuh bebyutan honda vs yamaha ????

  11. Harganya udh mepet sama HRV kali… shg orang mungkin berpikiran, drpd beli brv tinggal nambah dikit udh dpt HRV.

    • Opini ane sih emang salah kodrat.
      lcgc di panjangin, di tinggiin, di bedakin, dijual mahal2 sebagai low suv.

      Ya orang tau sebenernya yg dijual itu apa. Tempe dijual seharga ayam kfc, ya orang emoh beli mas.

  12. secara saya pendukung bos i one,,,,sedikit esmosi bos w di perlakukan spt itu,,,ekekekkkk apa jng2 SPGnya tau klw yg dateng blogger roda dua jadi paling kuatnya tumbas mongtor,,,semena mena itu,,,ekekekkk

  13. Pengalamana pribadi, IWB pernah masuk kedealer Honda Cibubur mentang-mentang pakai celana kolor dicuekin cak. Malah SPG-nya jawab ogah-ogahan tetap dandan dimeja saat IWB nanya-nanya produk, opo ora cekot-cekot jal. Mungkin karena IWB datang pakai motor dan baju gembel?

    untung ga dikarungin yo Lek… ekkekekeke

  14. piye to kang,,opo tiap ada bocoran motor atawa mobil terbaru,,atau sekedar difacelift saya harus beli ataw nabung dulu iso iso aku cuma jual barang lama tukar baru,,kira kira begitu seterusnya,,,,

  15. Kl bisa di facelift saja dan buat body nya lebih lebar atau boxy pasti lebih laku.
    Dgn keluarnya mitsubshi Xpander semua pabrikan kena imbas penurunan di segmen low MPV.

  16. haiyyaaa tu SPG perlu tabok duit 1m waaa trus suruh cium kaki owe

    tp kita ouwlang jg kgk minat brv
    coz ni mo beli lamborghini APREDATOR LP1000?

  17. Setuju, bulan maret lalu saya masuk ke dealer honda bintaro, tapi salesnya ogah2an mentang2 saya pakai baju santai ala kerja di toko. Hanya satpam parkirannya saja yang ramah, akhirnya melipir ke dealer sebelah buat spk.

  18. Benar… desain seperti mobilio yang pke roda dan bemper SUV…
    Dan yang utama kualitas honda versi mobil dan motor sama2 dibawah kompetitor…
    Kalo petinggi Honda kagak baca2 komen dil nih warung, bakalan gulung tikar…

  19. Mobilio saja gak enak dipandang dari samping apalagi ini, bentuk kacanya aneh gak symetris dengan body, apalagi lekuk body sampingny terlalu rame.

  20. mobilio di dandanin trus harga di katrol abis2an….

    laku 1 unit mungkin karena udah abis orang yg bisa di kibulin…..

  21. 259 juta dapet kualitas mobilio yang ditinggiin, mending ambil bekasnya aja varian prestige 2016 udah 210-220an

    Awal tahun kalo menteri keuangan approve bakal jual GE8 mau ganti BR-V prestige/Outlander PX seken aja

Comments are closed.