iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbro…kembali sebuah rekaman aksi curanmor atau begal terekam CCTV mini market dikawasan Karawang (Ulfamart depan Unsika). Pelaku berjumlah dua orang….tanpa takut melakukan aksinya walau ada orang disekitar. Yang parah…ketika pelaku diperingatkan wanita dalam mobil…sontak mereka mengancam dengan mengeluarkan pistol. Wah…bener-bener parah…

Rekaman yang sudah menjadi viral di FB ini memperlihatkan dua pelaku curanmor datang menggunakan skutik Honda Beat warna merah putih. Nampak doi turun dari boncengan lalu berjalan sangat tenang didepan halaman parkir mini market. Sekonyong-konyong doi melihat dari balik kaca mobil dan mereka tahu ada mbak-mbak disana. Mengurungkan niat ?. Ora cak…..

Mereka cuek tetap melanjutkan aksinya tanpa sungkan. Yang IWB salut adalah mbak yang berada didalam mobil. Doi masih berani membuka pintu dan teriak memperingatkan pelaku. Tapi apa daya….pelaku kriminal ini langsung mencabut pistol dari balik celananya dan memberikan isyarat agar wanita tersebut masuk kembali kemobil. Ngeyel?. Iso ditembak tenan…

iklan iwb

Mungkin banyak yang komen…kenapa sih nggak ditabrak saja?. Kenapa malah pergi?. Tentu saja resikonya sangat besar cak. IWB tahu betul ketika dihadapkan situasi demikian….pikiran jernih lebih diperlukan ketimbang emosional. Pelaku rata-rata ora waras dan nekad. Kejadian yang menimpa Italia dokter muda menjadi pelajaran berharga. Dibedil karena nekad nggebuk penjahat dengan sapu lidi……

Merasa mengancam jiwa dan diintimidasi, simbak akhirnya memilih pergi dari lokasi. Bisa ditebak…pelakupun kabur dengan santai. Speechless cak….IWB bener-bener ora iso ngomong. Geram, marah, ngeri, frustasi menjadi satu. Sedemikian parahnya negeri ini hingga para pelaku kriminal seperti diatas angin. Terus terjadi dan berulang-ulang. Praktis sekarang aksi Garong dan rampok menjadi makanan sehari-hari dan dianggap biasa. Aparat penegak hukumpun seperti tidak berdaya. Terbukti kejadian demi kejadian seperti akumulatif. Opo ora mumet cak….

Krimanalitas sebenarnya juga sempat menjadi isu dijaman 1980an ketika IWB masih kecil. Saat itu tren kejahatan luar biasa mengerikan. Penjahat juga berani dengan aparat…opo maneh sama warga, main bacok pakde. Garong, bromocorah, curanmor, pembunuhan dan perampokan tidak terkendali. Ibaratnya mati satu tumbuh seribu. Satu ditangkap..nongol lainnya dengan jumlah masif. Puncaknya kalau nggak salah aksi garong di daerah kencong Jember kisaran 1982….

IWB kutip dari Tempo, cerita itu bermula dari peristiwa perampokan di rumah H. Gaffar, penduduk Desa Kedunglangkap, Kecamatan Kencong, Jember, dinihari 27 Juni lalu 1982. Pada malam bulan puasa, seorang penduduk memergoki sekawanan perampok mendobrak pintu rumah H. Gaffar….

Penjahat yang baru berhasil menyabet uang Rp 35 ribu, berlari sembari merusak perabotan di rumah itu. Masyarakat, petugas Koramil dan Kosek setempat yang dilapori, segera mengejar. Kawanan penjahat itu rupanya sembunyi di daerah rawa di pedukuhan Jatisari….

Koptu M. Choiri dari Koramil yang lebih dulu tiba di daerah rawa, tiba-tiba diserang hingga tulang punggungnya patah dan perutnya kena clurit. Ia meninggal di tempat kejadian. Serka Pol. Meoji dari Kosek melepas tembakan peringatan. Tapi malah diserang hingga terluka di kepala dan lengan. Penduduk kencong yang berjumlah 120 ribu jiwa tertekan akibat kriminal. Hal ini karena konon penjahat diera itu rata-rata sakti dan kebal senjata kangbro….

Selain di Jember, secara nasional grafik kriminal juga meningkat. Aksi penjahat tanpa tedeng aling-aling…sikat korban disiang hari sering terjadi. Ngeri cak waktu itu. Namun insiden Kenconglah yang diduga membuat penguasa waktu itu berang luar biasa. Operasi celurit (sebutan waktu itu) hanya mencakup wilayah jabodetabek diperluas hingga nasional. Alhasil?….

Bromocorah kondang di Kencong Jember bernama Mukti 45 tahun ditemukan menjadi mayat di sawah. Penduduk heboh karena Mukti memang sangat ditakuti dan terkenal sebagai pentolan bromocorah disana. Kehebohan belum berakhir, mereka kembali menemukan korban lain yakni Sunar 55 tahun. Garong ini sudah terapung disungai menjadi mayat….

” Presiden kedua RI H.M Soeharto dianggap melanggar HAM karena diduga memerintahkan operasi celurit/ Petrus. Tapi negara diakui atau tidak sangat aman karena operasi tersebut. Wong cilik terasa terlindungi cak…….”

Rentetan aksi kematian secara misterius para daftar hitam terus meluas. Rata-rata mayat ditemukan tergeletak diposkamling dalam kondisi dikarungi. Kehebohan nasional terjadi dikalangan para kriminalitas. Aksi penempak misterius ini ampuh menekan para penjahat terselubung sekalipun. Shock terapy membuat orang yang pernah atau merasa sempat melakukan kejahatan lari tunggang langgang kehutan. Pikiran…jangan-jangan nanti giliran saya membuat ketakutan luar biasa para preman. Kenapa ?…

Sebab aksi petrus ini tidak bisa ditebak. Tanpa ada sinyal mereka hanya datang menjemput….baik secara halus ataupun paksa. Rata-rata aksi mereka beroperasi dimalam hari. Hebatnya yang dibidik rata-rata sesuai target. Kayaknya mereka memiliki data tentang para daftar hitam yang masuk kualifikasi dimusnahkan. Diluar pro kontra, operasi ini sukses menekan kriminal dititik nol. Indonesia menjadi negara teraman didunia. Banyak preman dan garong yang selamat akhirnya memilih bertobat setelah 2-3 tahun mereka mengasingkan diri dihutan. IWB masih ingat…setelah itu negara benar-benar aman….

Saking amannya…..ada berita satu pembunuhan karena masalah warisan aja langsung menjadi hot topik. Akibat jarangnya aksi kriminal cak. Sampeyan jalan kaki dijalanan jam 1-2 malam tidak ada yang berani menyentuh (kisaran 1985-1997-an). Benar-benar luar biasa waktu itu. Rasanya tentram dan damai. Saiki ??. Siang bolong wae ditodong….opo ora ngelus dodo. Sebagai warna negara IWB memang tidak menyukai aksi petrus. Namun dengan aksi para penjahat yang makin kejam…kadangkala kita jadi berpikir, apakah petrus memang perlu dihidupkan??…

Last…para pelaku kriminal rata-rata bocah kemarin sore yang tidak tahu bahwa negeri ini pernah memiliki sejarah menghabisi preman tanpa pengadilan. Dan seharusnya mereka tahu kangbro. Walau tentu semua tidak mudah sebab aparat akan dihadang dengan yang namanya HAM. Dilema memang cak. Satu harapan kita…semoga negara ini bisa kembali aman dan tentram seperti saat IWB kecil dan muda dulu. Menjadi sosok yang sempat mencicipi dan melewati jaman dinegeri ini….jujur sekarang sangat miris dengan seluruh drama serta kejadian dinegeri ini. Makin menjadi, tak terkendali serta kejam. Waspadalah-waspadalah…..(iwb)

Rekaman aksi curanmor yang sangat tenang dan tidak kenal takut

 

77 COMMENTS

      • Hukum mati koruptor jg kang, dipenjara dpt fasilitas mewah podo ae hukuman jg ringan ???
        Maling pitek digebuki massa, untung2 nk ora dibong ????

    • Sistem HAM yang harusnya menjadi pelindung masyarakat awam , malah menjadi pelemah hukum dan terkesan melindungi penjahat.
      Kayaknya penggunaan HAM ini kurang pas. Harusnya digunakan untuk membela Hak Asasi untuk korban sebagai manusia dan memberatkan hukuman bagi pelaku. Tapi sekarang kesannya malah “sakno cak penjahate, iki yo manungso soale” heee… alah mbuh pak. Penjahat kok dikasihani

      • Begitulah gan
        Kerjaan para aktivis HAM yang cuma mengincar popularitas, meskipun g semua sableng kek beberapa oknum

      • Isu ham kui dr amrik,kang..
        Dan indo kiblat ham nya ksana..
        Kmrin areb berkunjung ke amrik..
        Dia minta ojo ngurusu ham di areb..
        Coba indo brani ngomong gitu ke amrik..
        Juoss tenan..???

      • Disinilah hukum Islam mesti diterapkan, sistem liberal skrg ini udah trbukti gagal kan haha

    • Kalo ketangkep tinggal ditanya, “agamanya apa?” siarkan live, apapun jwban penjahatnya langsung tambah hukuman 2 thn karena dia mencoba menjelek2an agama yg dia sebut (penistaan agama).

    • idem nih, petrus dihidupkan lagi aja, persetan dengan HAM, itu orang HAM yang ngoceh2 tentang HAM belum aja dirinya atau keluarganya jadi korban, kalau udah kena baru mingkem itu orang hobi ngoceh2 HAM

      tapi Allah SWT itu maha adil kok, tunggu aja adzab Allah buat orang2 munafikkun, dzalim, dll nya

    • Tiap tahun ribuan personil baru direkrut om
      Dijadikan TNI,POLISI, dan aparat lainnya

  1. Dijaman pak harto aku masih ingusan cak.
    Tapi mendengar cerita dari mulut ke mulut membuat salut atas tindakan yang “mak bedunduk” ora abab2 thok.
    Apa lagi polisi sekarang kesannya kayak santai banget, asal absen nongkrong dipos maenan HP. Kalau sudah ada kejadian baru nongol. Lak yo telat to ngono iku.
    Last, walau kita tahu tentu para aparat penegak hukum sudah berusaha keras menjaga keamanan negeri ini, tapi kalau pelaku yang tertangkap cuma dihukum penjara 3-5tahun doang, ee.. alah yo podo wae cak. Ora ngefek. La piye? Bunuh orang 5tahun bebas. Rampok sambil bacok 2tahun bebas. Apa memang perlu massa yang bertindak sendiri? Semoga aparat dinegeri ini semakin sigap. Gawat iki cak gawat (komengtator)

  2. Jare jokower mendingan jaman saiki kok kang,luih aman,luih rejo,..jare hape murah kabeh wong isoh duwe motor..jaman mbiyen kan wong sugih tok sing duwe motor karo hape….koplak koplak

    • Eh cung, elu kalo kagak suka sama pemimpin negara ini gak suka aja. Gak usah melecehkan nama beliau. Sebut aja pak jokowi,gak usah dibikin jokower gitu. Kayak elu bisa mimpin negara aja lu cung. Mimpin rumah tangga lu aja paling masih amburadul

      • Aku wes ngrasakne golek butuh dewe mas.,dd wes ngrasakne pie nk pemasukan luih cilik sko pngeluaran,,jmn saiki ra kuat iman e gmpng dd kriminal,,,…ncen meler yn pas pilek karo flu…? ?

  3. Oalah lek. Artikelmu paragraph ke3 dari bawah ada yang perlu dikoreksi. Jiian. Saru tenan kata2ne

  4. setuju kang, hidupkan kembali petrus untuk syock terapy juga bagi yang coba2 untuk berbuat kejahatan.

  5. Filipin kmrin udah Lek,yg hbisin bndar/pengedar narkoba..
    Malah presidine dianggap sableng..
    Pokoe ora salah sasaran ngunu ae operasi clurit ane dukung..
    ???

    • Jempol kang Rodrigo Duterte, preman koboy dadi presiden ??
      Narkoba, tembak mati ditempat ????
      Ora urus kro HAM

  6. Polisi gak gak fungsi blas lek, cuma operasi tilang tok neng 86.
    Wong saiki maling/rampok di cekel di penjara iso ditebus, penjahat raono wedine blassss….
    Ning jember rampok sapi gowonane Bondet/mercon bantingan opo gak ngeri… kenek tembok iso ambrol opo maneh kenek awak jelas semburat isine
    Kudu piye jal?

      • Susah kang, dilema Petrus bangkit negara digoyang didemo dibenturin HAM??
        Tp klo mau contoh Duterte jls aman, narkoba, rampok, ranmor, pembunuhan dll sikat tembak mati ????
        Tmbh koruptor pisan

  7. Penak Jaman Harto kemana mana.

    Petani.. Bisa Hidup.

    Skarang Petani mung iso Dowoh.. Terutama petani bawang..

  8. Di saat – saat … bila mengingat si diri ini atau jasad ini ? Ketika hari setelah di kafani itu tiba … saja : sungguh takut serta mengerikannya ! Apa lagiii … si para maling – maling hina ituuu … !

  9. Wa STUJU BGR POLISI G FUNGSI.

    MALAH POLISI JUALAN NARKOBA PISAN.

    BISANYA PENCITRAAN..

    HARAM Bro Keluarga sy mengHARAMKAN jadi POLISI.

    • Hati hati bro ber komen.. Bukan polisi nya jual narkoba,,, tapi oknumnya…ingat oknum….

      Dan masi banyak oknum polisi yg bener….

      Kalo Polisi G fungsi. Gk kebayang uda jadi apa ini negara…

    • Ga semua kaya gitu kali Om, lagian masih makan subsidi kn ente. Masih bnyk yg lebih parah Dr negara kita . Yang diliat dan di dengar tak selamanya benar, hargai orang yg masih mau jujur di atas sana, kemajuan dan kesejahteraan dlm segala bidang perlu proses. Omongan dan tulisan no 2, sikap dan usaha kita sebagai wnkri lh no 1 nya..

  10. Ngurusi kasus Rizik.. Aja G bejus..

    Smw salah POLISI.. sakitt Hati gw ma Polisi.. MATAE IJO KAYA LALAT IJO..

    smoga BAPAK-BAPAK POLISI PADA TOBAT..

    • Ente kaya nya pernah bermasalah dengan 1 atau 2 polisi, namun perkataan ente menyalahkan semua polisi. Pantaskah? Lucu, ntar kalo kena kriminal minta tolong nya juga sama polisi, maaf ya bro ente termasuk orang yg memecah belah kesatuan negara.

  11. Sy PENGEN JADI WARGA NEGARA YANG BAIK.. GA BOLEH SAMA PEMERINTAH.

    CONTOH SIM: gw bikin SIM resmi ikut Test ini itu DUIT DIPOROTIN.. gagal terus.. Habis BANYAK.

    Ahirnya Gue nyerah juga.

    KASIH 500.000 duduk manis. 30menit SIM jadi.

    Klo tau sejak Awal MENDING LANGSUNG NEMBAK SIM. Itu ilegal.. Dan itu sy bisa jd TERSANGKA PEMALSUAN SIM.

  12. BEBANYAKAN POLISI MATINYA BUNUH DIRI.

    KLO GA KENA PENYAKIT ANEH.. YANG NGURAS HARTA.

    BAPAK-BAPAK POLISI.. BERTOBATLAH.

    MOHON AMPUN PD TUHAN YG MAHA ESA.

    DUNIA INI CUMA SESAAT.. DAN AZAB TUHAN SANGATLAH PEDIH.

    BUAT SELURUH POLISI RI.. SY INGATKAN KEMBALI.. BERTOBATLAH.. JANGAN KALIAN NAFKAHI KELUARGA KALIAN DG DUIT HARAM.

    JANGAN KALIAN KASIH MAJAN BARA API YANG MENYALA NYALA ANAK ISTRI KALIAN DARI DUIT HARAM.

  13. Alasannya HAM , lah koruptor emang ga ngelanggar HAM
    kayanya negara ini membutuhkan Pak Harto lg

  14. Cuma bisa ngelus dada,,sebenarnya pengen bgt ngelus kepala tuh penjahat pake blandar…..

  15. hoalah lek lek,, demo berjilid2 mau dilarang aja warga Indo wes heboh,, melanggar HAM lah,, gak menjunjung asas demokrasi…
    apa lagi mau mengaktifkan petrus… bisa2 dianggap mau jadi rezim yg gak mau dikritik kayak jaman pak harto… serba salahh

  16. Dulu jaman gw SD-SMP aman2 aja… saat masih ada panji manusia milenium, saras 008, dan gerhana… sekarang jamannya anak jalanan dan anak langit kejahatan merajalela

  17. Ngerik.. dulu rx king dijulkui motor copet… sekarang cukup honda beat aja bisa jadi modal kriminal..
    Kwkwkwkkwkw

  18. Polisine bukane tdk berdaya lek, tp iseh sibuk ngurusi politik karo sibuk nggoleki riziek, saiki nyowo ora ono regone, Indonesia dadurat kejahatan rakyat harus minta perlindungan ke siapa lagi

  19. jaman pakHarto emang horor kang,yg penjahat/preman di petrus,rakyat yg coba mengkritik pemerintah diculik dan hilang tinggal nama,daerah yg yg coba melepas diri (Aceh,Tim-Tim,Papua) dijadikan DOM,pokoknya jaman itu rakyat cuma diminta duduk manis,diam,gak perlu khawatir karna semua disubsidi.kalau ada liat kroni2nya melorotin kekayaan negara,ya diam,kalau nekat protes ya siap2 aja diculik.jaman itu jg gak ada yg berani berdemo,yg nekat dibantai (ingat tragedi priok)

    • Ya sih itu salah satu efek negatifnya, karna sistem manusia itu ga akan pernah sempurna, semodern/semutakhir apapun itu, sudah saatnya kita kembali kepada sistem yg dibuat oleh Tuhan Semesta Alam

  20. Mana nih para cebong, kasian tuh yg milih presiden mu pada nangis semua, politik ga stabil, ekonomi ga stabil, ehhh yaa imbasnga keamanan ga stabil

    • Maaf gan,,presiden saat ini tdk membuat kavling pendukung atau tidak,,jd sebagai warga negara seharusnya memberikan dukungan..terkait berbagai permasalahan saat ini,,tentu tdk semudah membalikkan telapak tangan,,jd tolong hentikan hujatan..mari bersama2 membangun..dimulai dari yg terkecil dulu (kluarga,,lingkungan)…

    • Ga ada korelasinya bos sama presiden ! ente kalau malu punya presiden sekarang silahkan minggat aja dari negri ini. kerja yang baik, siapa tau ente bisa jadi Presiden panutan nanti. Siapa tau lho..

      • Aamiin mugi” wae indonesia bisa berubah. Dri rakyat ampe pemimpinnya, ku doain lah, tpi kasihan jg ya bro, tuh si mbak mbak kan udah kerja kerja kerja sampai capek tpi ujung” e kena todong hehe, mungkin bukan rezekinya ya, sama kayak indonesia skrg, blm rezekinya jdi negara yg berkah

    • Byk cebong anti kritik, awas ente entar dituduh makar, selamat datang di Indonesia rasa Korea Utara

      • Cukup Allah lah sebagai pelindung ane bro, ane cuma nyampein kenyataan, biar yg msh ketutup mata hatinya pada sadar, lah kan ga selamanya kita ini ada diatas, psti ada saatnya kita dibawah, mungkin yg msh blm sadar lgi pada di posisi atas kali, jdi blm ngerasain perihnya ekonomi mereka yg ada dibawah

      • Hahaha dri yg bales komen ane, ada 2 itu tuh para fanatik buta. Ane kan cuma nyampein kenyataan. Mungkin bagi kalian fanatiknya, lgi berada di posisi yg diatas, monggo silahkan bela dia, inget kalau roda ini berputar, dah banyak kok yg milih die kemarin pade kecewa berat

  21. Lha piye cak,,,,polisine sibuk garap habib rizieq, masalah sak upil sing penting iso penjarakan habib, oalah nasib bangsaku di tangan rezim “wong cilik” malah gak karuan.

    • Whahahaha, hebat e polisi ngaku bisa jebol keamanan chatting wa, padahal ga ada satu pun hacker dunia yg bisa bobol enskripsi wa, wkwkwkwkw zaman oh zaman, yah biarin lah itu urusan mereka sama Allah, Allah ga akan ridho jika agamanya trus menerus dipojokin, lihat aje ujung”ny mereka bakal jatoh sndiri, dimulai dri ah*k kmren, mungkin next antek”nya bakal tumbang sendiri karna ga ada skalipun yg bisa ngalahin kekuatan Allah SWT

  22. sekalian kritik buat produsen motor jg kang, supaya diupdate untuk kunci motor. Jangan cm bisa bikin motor keliatan bagus aja tapi dari segi keamanan motor ga diperbaiki. dari tahun ketahun motor-motor skutik baik moped kuncinya hanya kaya gitu aja dan rawan dibobol maling. Kalau hanya produksi motor bisa jalan saja saya yakin anak smk juga bisa !

    • Doain aja lah bro, moga khilafah Islam bangkit lgi, biar hukum Islam akan tegak di bumi nya Allah ini

  23. Polisi sibuk urus fake chat mesum sehingga lalai tentang keamanan masyarakat & peredaran senjata api

  24. Jaman sekarang jangan bicara HAM lah, terus gimana dengan nasib diantara para korban yang ditembak sampai meninggal … seperti Italia contohnya.
    maling nembak para korban aja gak mikir HAM, hukum islam sudah jelas hutang nyawa dibayar nyawa……. dukung operasi petrus dihidupkan kembali

Comments are closed.