iklan iwb

Iwanbanaran.com – Pakde……rangkaian peluncuran motor listrik dari Viar akhirnya mencapai puncaknya. Bersama Bosch….mereka merilis Q1 dengan jaminan teknologi tinggi. Bahkan dalam rilisnya…Viar-Bosch menjamin keamanan baterei yang tahan air walau dalam kondisi ekstrim sekalipun. Waaaa ikiiiii….menarik ki !….

Viar-Bosch resmi memasarkan motor listrik berlabel Q1. Secara produk mereka menjamin legalitas dijalan raya sehingga Q1 sudah dibekali dengan STNK. Presiden Direktur PT Triangle Motorindo, Ignatius Kartiman mengungkapkan bahwa hadirnya Viar Q1 merupakan inovasi terbaru PT Triangle Motorindo berperan serta mendukung program pemerintah mengurangi dampak pemanasan global…..

Sebagai informasi…e-Scooter driving system dari Bosch yang diaplikasikan dalam unit skuter listrik Viar Q1 terdiri atas Electronic Control Unit (ECU) dan e-Motor. Biasa juga disebut controller, ECU merupakan peranti lunak yang berfungsi mengontrol performa komponen penggerak motor listrik (power train) ? termasuk eMotor dan baterai….

iklan iwb

President and Head of Business Unit e-Scooter, Bosch Automotive Products, Co., Ltd., Joerg Kretzschmar menjelaskan keunggulan ECU Bosch diperkuat teknologi intelligent recuperation yang melindungi baterai menjadi lebih aman dan awet, juga water protection hingga standar IPx4 (baca: IP four), dan memiliki ketahanan yang mumpuni….

E-Motor Bosch sebagai penggerak skuter listrik Viar Q1, diklaim mempunyai daya tahan tinggi dengan tingkat efisiensi mencapai 88% sehingga performa optimal tetap terjaga dan pemakaian baterai lebih tahan lama. ?Dengan demikian, jarak tempuh Viar Q1 bisa menjangkau 10% lebih jauh, sedangkan baterai memiliki ketahanan bisa menambah usia pakai hingga 20%….

” SPLU PLN untuk sarana pengisian motor listrik…”

Kelebihan lainnya, e-Motor Bosch memiliki torsi 10% lebih tinggi sehingga laju kendaraan tetap bertenaga saat menanjak dengan akselerasi prima. Kombinasi dari kinerja ECU dan e-Motor menghasilkan performa yang maksimal,? papar Joerg. Ketua Innovation Center for Automotive (ICA) Universitas Gadjah Mada, Dr. Jayan Sentanuhady menjelaskan….

Proses pengembangan dan pengujian sepeda motor Listrik Viar Q1 melalui serangkaian pengujian struktur, on road test dan kelistrikan termasuk didalamnya rekomendasi desain kelistrikan dibawah pengawasan Dr. Eka Firmansyah, ahli controller motor listrik di Innovation Center for Automotive UGM….

Kedepan, ICA UGM akan melakukan upaya untuk mendorong lokalisasi komponen terutama pada bagian frame structure dan sistem kelistrikan” ujar Dr. Jayan Sentanuhady. Leo Basuki, Commerce & Customer Service Manager PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya mengutarakan dukungannya dari segi penyediaan listrik dan infrastruktur pengisian baterai motor listrik Viar Q1….

PLN Disjaya meluncurkan inovasi dalam rangka menyediakan kebutuhan listrik ditempat umum dengan meluncurkan Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) yang akan memberikan solusi demi memfasilitasi pengguna motor listrik Viar Q1 khususnya dan masyarakat pada umumnya dalam mendapatkan sumber listrik yang legal dan aman di tempat umum….

?Saat ini di DKI Jakarta saja sudah ada sekitar 369 titik SPLU dan sudah beroperasi dimanfaatkan untuk usaha kecil dan akan terus ditambah untuk menampung kebutuhan motor listrik Viar? ujar Leo Basuki. Weleh-weleh…kayaknya bener-bener serius ki cak gebrakane. Emang kelebihan Q1 opo sihhh ??….

Skuter listrik Viar Q1 konon mengusung desain konsep ?smart urban scooter?. Motor listrik ini sudah dilengkapi soket USB, bagasi dengan kapasitas besar, baterai tipe Lithium-Ion berkapasitas 60V 20Ah yang mampu memuntahkan daya sebesar?800 watt. Pengisian daya baterai hingga terisi penuh memerlukan waktu kurang lebih 5 jam yang bisa dipakai dengan jarak 70 km. Top speed motor mencapa 60 km/jam. Lumayan cak emang….

Last…..Q1 diklaim tidak membutuhkan perawatan berkala seperti motor konvensional. ?PT Triangle Motorindo (Viar) memberikan garansi?motor penggerak, controller dan battery selama 12 bulan sejak tanggal pembelian. Harga Q1 dijual pada kisaran angka 14 jutaan dan tentu banderol akan berbeda mengikuti BBN daerah. So….Viar Q1 ??. Iki baru Zero emission alias ora usah Euro-euro-an :mrgreen: …….(iwb)

53 COMMENTS

    • Motor kyag tuyul gtu nasib desain indihe ,,motor listrik gesits 100 tingkat lebih kece bwatan anak negri lagi smoga teknologi juga kece …

        • Motor gesits milik Garansindo dan ITS memiliki merek sendiri bkan merk jepang ,, punya basis produksi, menguasaiteknologi dan pusat riset motor listrik di indonesia ,,ini motor asli karya anak negri indo sendiri

    • Artinya gesits artinya garasindo dan ITS bkan merk honda haha bwatan anak negri sendiri ,, gesits asli motor indo

      • Bro itu kan ada kata “dan”nya,berarti saya ga bilang gesits buatan honda hahaha

  1. Meskipun motor ini menggunakan baterai/listrik, dia tidak bisa dibilang zero emission pak. Kenapa? karena untuk chargingnya masih pakai listrik dr PLN, sedangkan listrik tsb mayoritas diproduksi oleh PLTU berbahan bakar fosil spt batubara, solar, gas bumi, dan PLTU batubara/diesel/gas masih menghasilkan emisi untuk setiap kWh yg diproduksi.
    So…motor ini akan benar2 zero emission kalau sumber listrik chargingnya murni berasal dr green energy juga seperti solarcell, panas bumi, tenaga angin, PLTA, dsb. Karena green energy tidak menimbulkan emisi atau zero emission.

    • Hehe lah skrg sudah banyak plta sama pltn kan bro, bukannya pemerintah udah ngurangin produksi lewat bahan bakar fosil???

      • pltn blm ada bro, plta jg porsinya sangat kecil dan hanya beroperasi selama musim hujan (selama debit air tinggi)…mngkin >80% msh PLTU. malahan skrng pemerintah mau bikin proyek 35rb MW yg mayoritas dr PLTU.

          • yap…ngontel lebih sehat gan…good advice, kita galakkan bike for work nya ?

        • Siapa bilang bro, di Sulsel-sulteng justru yg supply utama PLTA Bakaru(75%), sedang PLTU Barru dan PLTU Jeneponto cuma membantu.

          • itu kan cm didaerah mas bro aja, cb browsing website pln, disana ada list pembangkit seindonesia, bs kita liat prosentasi pltu pltg thd pembangkit jenis lain. kl gak nemu nanti ane kasih deh…?

        • ada yang mengadakan penelitian, ternyata plta menyebabkan global warming lebih banyak dari perkiraan. karena sedimentasi organik yang membusuk di dasar menghasilkan gas kaca yang akan mengurangi lapisan ozon.

    • Kejauhan ente mikirnya, sudut pandangya sebatas motor listrik yg nol emisi, klo kya gtu jatuhnya sumber listrik yg bikin emisi, bukan motornya, yg dimaksud nol emisi itu konversi listrik jadi tenaga gerak yg gak menghasilkan emisi bos, belajar dh lagi, klau smua mikir kya ente kapan majunya,

      • Justru ane berpikir ke depan, cb ente belajar ISO 50001 Energy Mangement System…pasti ente bakal paham. emisi yg keluar dijalan emng NOL, tp karna ente charging lewat listrik PLTU, maka emisi jg meningkat…intinya cm mindah emisi aja, sepertinya ente yg harus belajar lg ??

        • Terlalu ribet pemikiran ente, maksudnya zero emision yaitu kendaraan itu sendiri. Bukan runtutan ke sumbernya, paling tidak memutus mata rantai emisi.

          • itu bukan memutus gan, tp memindah porsi emisi dr jalan ke pembangkit, tp setidaknya jalan jd lebih bersih lah ?

          • Enggak lah bro, kan gak semua pembangkit listrik punya emisi? Contoh ada yg membeli di daerah Sengkang, di sana kan sumber listrik dr gas alam. Atau Ok lah pembangkit punya emisi, apa berbanding lurus emisi dari PLTU ke emisi produk yg memakai, (diukur dengan motor konvensional standar euro3)

    • Dongok amat ni orang ,,ni motor ngk ada asep nya jadi ngk buwat polusi itu yg di maksud malah urusin pltu ,plta dongok amat ya, lampu ,kulkas ,tv juga pake tenaga listrik apa termasuk menghasilkan polusi ??? Tepok jidat liat ni orang

      • Ane tau kalau otak ente gak akan nyampe buat diskusi teknologi macem ini…secara isinya cm kata2 kotor aja, ngabisin waktu aja ?

        • Anda juga belum nyampe otaknya bung, nek dilihat dari argumen Anda, salah Anda bilang solar Cell zero emisi..hahaha

          • saya gak salah kok bilang itu zero emission, kl menurut anda ada emisinya, apa dong emisi dr solar cell? GHG? CO?

  2. Ayo pertamina buka spbl dong, biar terjangkau, biar ga ktrgantungan ama fosil yg buat bumi makin panas

  3. Salut dah, gandeng Bosch..uda kayak Mobil Mercedes Benz wae, yg komponen nya buatan Bosch ???

  4. sepertinya kakak gak baca komentar saya dg seksama ya…yg saya bahas adalah sumber listriknya bkn motornya ?

  5. Viar berani first mover nih..meski desainnya mirip Gogoro Taiwan…but keren!!

  6. belajar lg ya om, kl menurut anda ada, emisi apa yg dikeluarkan solar cell? CO atau CO2, atau yg lain…

Comments are closed.