iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbro….wis Subuhan belum ki ?. Kalau belum segera ambil wudhu tiwas kebablasan ntar. Dipagi buta yang indah ini (haiyahhhh), IWB akan coba membahas perkara mesin Moto2 Triumph yang akan digunakan menggantikan mesin CBR600RR Honda. Dan siapa menyangka….dari bocoran speedweek, ledakan tenaga calon mesin Moto2 Triumph ini lebih besar dari engine Honda sekarang. Waahh…menarik ki !…

Seperti yang kita tahu, Moto2 sejak 2010 menggunakan mesin Honda CBR600RR. Mesin ini mengusung konfigurasi 4 silinder inline 600cc. Sejauh ini memang tidak ada informasi resmi dari pihak Dorna tentang letupan tenaga motor yang digunakan para rider di ajang ini…

iklan iwb

Namun via website resmi Honda bisa kita dapatkan konfirmasi bahwa horse power CBR600RR Moto2 engine masih dibawah 130HP dengan limiter bermain diangka 15,9-17,000 RPM. Artinya dengan ECU yang dimiliki Honda memberikan keleluasaan rider menyeting dengan batas rev cukup tinggi. Hanya saja maksimal power tetap dibawah 130HP….

Nah….setelah hampir 8 tahun menyuplai mesin Moto2, kontrak Honda akan habis permusim 2018 dan tidak berniat memperpanjang. Judule wis lelah koyone cak secara pabrikan sayap mengepak sudah menyetop produksi CBR600RR. Jadi emang klop wis. Dilalah Triumph masuk dan dipastikan mengganti posisi Honda setidaknya hingga 2021. Pertanyaannya…seberapa tangguh mesin yang akan mengusung silinder berbeda?…

Triumph dipastikan bakal menggunakan mesin triple silinder. Jadi jumlah silinder ada 3…tidak empat seperti Moto2 sekarang. Kelebihan 3 silinder dari pengalaman IWB adalah torsi bawah yang lebih spontan. Seperti halnya milik MV Agusta yang pernah IWB jajal, torsi bawah padat namun raungan atas memang tidak sekuat 4 silinder. Tidak heran untuk memberikan kompensasi….diplacement dikatrol…

Yup….Triumph sudah mengembangkan mesin Moto2 dengan kubikasi 765cc. Mesin ini dibangun di TechnoPark Motorland Aragon. Tapi beda dengan 3 silinder versi masal, untuk mesin yang akan di gunakan di Moto 2 dibekali katup (valve) material Titanium, silinder head baru, transmisi anyar sehingga torsi melonjak hingga 80Nm. Untuk power diperkirakan mencapai 133HP…wowww, lebih gede pakde. Ora kaget sih lawong kubikasi naik juga…

Tapi informasinya bukan itu yang dikejar Triumph melainkan lebih kepada reliability. Maklum pakde…motor digeber on limit terus, kudu tahan banting. Menurut Triumph lagi, pengembangan mesin ini sudah berjalan setengah tahun lalu dan dites Julian Simon (Moto3 rider). ” Mesin pertama Moto2 sidah dites 6 bulan lalu..” tukas Paul Stroud, Chief Commercial Officer of Triumph Motorcycles….

Last…Triumph adalah pabrikan Inggris yang memiliki pengalaman cukup baik meracik mesin 3 silinder dibalap dunia. Motor legendarisnya adalah Daytona 675 yang nyemplung dan sukses menjuarai Daytona, Isle Man of TT serta Northwest 200. ” Kami tidak sabar ingin mendengarkan mesin legendaris 3 silinder kami diMoto 2 untuk pertama kalinya..” tutup Steve Sergeant, Triumph’s Chief Product Manager. Akhir kata Triumph juga tidak menampik potensi di Motogp jika proyek Moto2 berhasil. Seru ki wis. Sayang sik 2019…suweeeeeee :mrgreen: ……..(iwb)

Video Suara 3 silinder Triumph Daytona 675

HP klik disini 

39 COMMENTS

  1. … ‘ Senengeee … angger balapan kuwi ? Ono sing jumpalitaaannn … salto bin ndlosooorrr … secara pecah fairinge ! He he … ( maafkan … )

    • Opo maneh cucuk2an sampek dlosor ??
      Remuk motor e gpp, seng pnting wong e Slamet?

      • … ‘ betuuulll … banget ! Kan … pake helm mahaaalll … super !!! Hi hi …

          • Jingkrak – jingkraaakkk … lantaran ono si Ulaaarrr … belang neng di jero omaaahhh … kah ? Gyiahahaha … ( ngeriii … yo ? : berbisa ! )

  2. Ayo lek adain kuis BERKAH RAMADHAN, wes tho hadiah manut sampean ?
    Sandal swallow yo hora popo, seng penting kui enek tanda tangan ne. Fans e sampean ngarep tenan iki??
    Mugi2 dadi BERKAH, amal ibadah e sampean, rejeki ditambah aamiin YRA???

    • Si mungkiiinnn … .com : kuisnya setelah or sehabis lebaraaannn … lho, kang July. P ? Ho ho … kini si Om – nya lagi kepepeeettt … money ? ( kabuuurrr … !!! )

  3. lebih gede 175sese, tenaga naik 3 deka aja, udah pake material titanium dkk, mending honda kemana2 ya, cukup pake mesin massal

  4. 3 cylinder torsi badak… Pasang aja engine MT-09 nk ga salah 3 silinder juga…hehee

  5. suara 3 silinder nya Street Triple itu lohh,, mama nahannnnn,, kayak mesin mobil2 mid engine macam ferari dkk… kayak F1 malah… hahaa.. jadi pengen..
    Dashboard/Speedometer nya juga cekep banget lagi.. hadeuh…

  6. Ga ngerti saya arahnya Dorna utk Moto2. WSS jelas lbh menarik utk jd acuan pasar sport 600cc, masak Moto2 sekedar “sekolah” utk ke MotoGP?
    Bukannya dulu CBR600 jd Moto2 krn pabrikan ga sempat bangun mesin khusus, dan WSBK & WSS ga mau jd pengganti 125 & 250? Skrng WSBK dikuasai Dorna, knp ga dijalankan rencana yg dulu?

  7. Maaf kang iwan, sejak kapan julian Simon moto3 rider?

    Kalo moto3 powernya berapa ya? Gap moto3 ke moto2 jadi jauh dnk

Comments are closed.