Iwanbanaran.com – Kangbro….reaksi beragam dilempar para pembaca pasca mendapatkan konfirmasi banderol new R15 V3 yang dilepas diangka 34,5 juta OTR Jakarta. Tudingan mahal disuarakan mayoritas biker yang sepertinya sudah menunggu kedatangan sang kuda besi. Nah….sebenarnya dari hitung-hitungan kasar…..betulkah angka yang dipasang Yamaha memang terlalu mahal untuk generasi terbaru ini ????….

Banyak yang mengaku kecewa dengan banderol yang dipasang Yamaha karena harapan mereka new R15 tidak akan lebih mahal dari angka 33 juta. Harapan yang sebenarnya cukup dimaklumi mengingat makin murah pasti makin terjangkau. Monggo sampeyan intip berbagai komentar dari Iwanbanaran FB fanspage ataupun kolom komentar….

Opini pedas dilayangkan sebagai tanda protes. Pertanyaannya….apakah banderol yang dipasang YIMM dengan kenaikan 4 juta dari harga sebelumnya terlalu mahal ?. Kenapa Yamaha tidak menjual diangka mepet kompetitor dekatnya yakni Honda new CBR150R ??. Kenapa YIMM tidak memanjakan konsumen dengan banderol yang terjangkau ??. Pertanyaan dan opini tersebut deras mengalir kangbro….

iklan iwb

Oke…IWB akan ajak sampeyan berpikir realistis dan tidak terburu nafsu. Yang pertama monggo intip sisi fitur. Ubahan yang dilakukan Yamaha pada gen 3 ini diakui atau tidak termasuk signifikan kalau tidak bisa IWB bilang radikal dan cukup berani. Sebut saja Up side down, assist dan slipper clutch. Dua komponen tersebut sudah merogoh biaya produksi cukup dalam….

Untuk membuktikan sampeyan bisa tanya pada teman-teman vendor supplier suspensi (kebetulan Yamaha pakai Kayaba). Bahkan kalau sampeyan sudi buka “primbon”, suspensi Xabre 150 saja dijual dikisaran 5,5 jutaan (disinyalir common part dengan new R15). Belum lagi assist dan slipper clutch yang jelas secara konstruksi lebih rumit dibandingkan transmisi model reguler….

Lalu ubahan lain ada pada lampu yang sudah LED, speedometer full digital dengan shifting light. Dari sini saja sudah ada perubahan ECU sebagai otak pengirim sinyal. Pasti beda secara kelistrikan sebab ada sensor yang membaca RPM saat mendekati red line. Ubahan lain sampeyan bisa intip ban yang naik satu tingkat dari versi lawas, 90-130 menjadi 100-140. Kuwi wae wis cost cak, biaya tambahan….

Revisi radikal lain ada pada mesin yang meningkat hampir 2 PS dari yang tadinya hanya 16,8 PS menjadi 19,3PS. Itu semua belum termasuk desain body yang berubah total. Artinya cetakan lawas dibuang dan tidak bisa dipakai karena menggunakan cetakan baru (kasarnya demikian). Plus printilan seperti panel stang yang sudah dibekali lampu hazzard. Lhoo…kuwi biaya lho cak…..

Justru IWB sendiri dari awal lumayan terkejut dengan keberanian Yamaha yang berusaha tampil total dengan hadirnya USD, assist slipper clutch, hazzard dan fitur-fitur lain. Kenapa ?. Sebab IWB prediksi akan menyulitkan mereka untuk memasang harga walau pada akhirnya mereka menjawab dengan angka yang cukup ideal di 34,5 juta OTR Jakarta. Lha terus kenapa terkesan mahal?. Kenapa banyak komen miring?….

Karena new R15 lahir pada saat yang kurang tepat. Maksude??. IMHO New R15 hadir disaat GSX-R150 menggebrak pasar dengan banderol yang sangat terjangkau. Iming-iming mesin yang sama-sama powerfull plus fitur safety keyless seakan menodai pricing new R15. GSX-R150 dengan banderol yang hanya dipasang 29,9 juta (normal) dan 27,9 juta (promo) membuat banderol new R15 terkesan tinggi. Padahal kalau kita berpatokan dari gen versi 2, kenaikan sudah sangat wajar dan cukup murah. Itung dewe wae kalau diprotolin satu-satu tambahannya…bakal jauh dari angka tersebut kangbro…

Last….kompetisi disegmen sport 150cc sekarang memang berdarah-darah. Apalagi Suzuki yang dulunya tidak pernah masuk dalam hitungan merangsek dengan hadirnya GSX-R150. Praktis lawan Yamaha sekarang tidak hanya Honda CBR150R namun juga GSX-150. Boleh saja fitur super lengkap dengan power terbesar dikelasnya. Namun gap 4-6 jutaan jelas tidak kecil dan bisa menjadi batu pengganjal serius jika tidak diantisipasi oleh tim strategi Yamaha. Sing jelas harus bekerja keras ki kangbro. Belum lagi kehadiran KTM dibawah Penta Jaya yang menjual Duke 200 34 jutaan dan RC 200 37 jutaan. Tapi kalo 34,5 juta terlalu overprice?. Sorry to say IWB rada kurang setuju cak opini ini. Piye menurut sampeyan, punya pendapat lain soal ini ??…(iwb)

409 COMMENTS

  1. Kalo menurut aq cak, 90% yang komen negatif itu pasti ga beli nih motor. 10% masuk kategori membandingkan kompetitor, fitur, keunggulan. Nah apa ini nanti yg akan menentukan apakah mempengaruhi yh 90% ? Belum tau juga.

    Kalo pendapat pribadi dari segi price itu udah motor wajar(bahkan murah) dibanding kompetitor. Knapa? Karna org baru liat spintas dr sosmed,blog, dan media online. Belum membandingkan scara perform, dan sbgainya.
    Knapa org menilai mahal? Krna byk pembanding sprt gsx(pendatang baru), ktm duke punya penta yg beda gopek, model sdikit fales di sisi depan dibanding cbr150. Trus juga melihat dari blok mesin yang dianggap ga akan ada perubahan signifikan. Andai yamaha mau merubah blok mesin biar kliatan ada penyegaran disisi dapur pacu bukan ga mungkin yg 10% tadi meningkat skitar 20-30%.

    Itu sih cak

    • Saya yg salah satu org yg urung beli
      Ngarep ??? Banget
      Motor keren ?? Pasti keren lah r15 v3 ini ga muna.
      Tp semua kembali ke kemampuan dan pilihan bijak mo..di hargai 40 juta aja ga masalah hak2 pabrikan mo matok harga…semua kembali konsumen. Jika ada yg mengkritik itu wajar karena ini sebuah produk yg akan dipasarkan.
      Ambigu sekali rasany jika ada yg sales yg teriak2 yg komennya org negatif thinking ama produk ini ga kan beli kwkwwkkw

  2. Harga segini mending KTM RC 200, menang kmna2, nambah dkit dpt motor yg ga pasaran,
    Utk VVA, gw udah pake nmax 1,5 thn, msh ga brasa apa bedanya motor ud pke vva/blm, ga ada yg wah gmn2 gtu,

  3. Perbandingan harga GSX R dan R 15 selisih 6,5 jt,mending pilih GSX R,yg pasti mesin DOHC lebih bringas dibanding SOHC,yg 6,5 juta nya bisa buat modifikasi sesuai keinginan,pasti lebih keren,ya gak bro,,,?

  4. yup R15,5 ini memang wajar dijual paling mahal…
    yang laen kan cuman R15… hua ha ha ha

  5. Tak pikir2 ternyata memang lebih value sizuki tak bolak balik maneng sparepart bil up mahal harga jual turun ntar kejadian lagi dealer suzuki kabur lagi
    Klo 250 cc bekas pajak tangan ke2 tinggi 2x lipat dri 150cc belum sparepart mahal cuy memang kebo bin gudel yamaha lebih value money bungkus 1
    Klo soal penjualan motor biar saya fans yamaha
    Honda tetap nomer 1
    Hanya dalam mimpi yamaha bisa menang lebih baik terima kenyataan belajar ikhlas
    Tapi ane suka yamaha biar kalah market tetap bankit dan berinovasi melakukan perlawanan gak sperti suzuki kalah langsung gulung tikar mukso
    Tetap pilihan saya yamaha selalu didepan tu hapus ganti( terbaik )aja
    Bentol tak pikir2 bolak balik ambek topo yamaha lebih value money fiturnya banyak usd dll
    ????? @#$%

  6. Udah murah lahbtu , daripada ente semua harus buat sendiri atau kita udah bersyukur di kasih banyak pilihan , daripada kek di Cina atau Korut , gak ada pilihan ??

    • bnyk pilihan tp harganya puol kemahalan, ente iya orang tajir (mungkin) tp bagi orang yg ngerasa cari duit itu susah pasti pilih yg lebih kompetitif lah, secara GSX-R150 jg ga kurang kurang fitur.
      13.000 rpm, DOCH Ober Bore, Kaliper Ream Brembo, SCEM dan Keyless juga tak dimiliki di R15 vva

  7. Kayak nya pabrikan buat motor serba salah aja..
    Sblmnya udh buat R15 v1 dan v2 dgn fitur yg msih biasa2 aja pada protes gak ada fitur yg wahh dan desainnya jadul.
    contohny old r15 gk pke USD pada dimodif cover shock atau gnti asli USD, tangki nya kecil smpe di kondomin. Lampunya kirang sipit dan blom LED juga smpe dimodif sipit krna ada yg lbih sipit.
    Skrg pabrikan buat motor yg sesuai keinginan konsumen yg pengen itu ini dan fitur lebih dri pabrikan sebelah skrg udah terkabul juga tu ANR15 v3 di brojolin.. Laa skli tau hrga agak mahal dri tetangga sebelah kebanyakan protes.. maunya dpt barang yg bagua dgn segudang keunggulan tpi hrga murah..!!! Dasarrr anehh.. Buat aja sendiri sono.

  8. Hmm benar2 harga kartel, sdh tdk percaya lagi sama yg namanya honda dan yamaha, kerjaannya hanya ngerek harga terus mentang2 monopoli. 150cc plg masuk akal ya gsx, 34,5 ya mending sekalian ktm rc200, mudah2an suzuki ga tergoda ikut masuk grup kartel. Goodbye yamaha & honda

  9. mending Beli yg R nya dikit….. R3 lebih kenceng adem g ke hujanan…..biar punya g pake usd n slipper chluth….. wkwkkwk

  10. Saya mencoba tanya lek iwan, mahal mana riset DOHC mulai nol dengan riset mencangkokan VVA pada mesin SOHC R15 v2.
    Secara saat ini yamaha belum punya mesin 150cc DOHC??
    Masalah overprice sih tergantung dari sudutmana lihatnya

  11. Mending GSX toooooch, model kereeen… Liat nang Pluit.. Macet2 Jakarta tanggung gak minggir… liat Satria waeeelaah. Ngaciiiir kayak GP..

  12. harga segitu kalo dijejerin sama allnew cbr 150r sih udah wajar. lagian sohc atau dohc bukan masalah yg serius. bxk kok mtor honda yg pke sohc yaitu mtor trail. jujur suka banget sama model nya allnew r15. lebih bagus dr versi lamanya yg terlalu nungging buritannya. jujur sya bukan fb. smua mtor ad kelebihan n kekurangan. secanggih apapun motor itu fungsinya sama yaitu narik rantai roda. sednagkan irit n kencang iku inovasi para insinyur masing2 pabrikan. sebel juga sama orang yg bisanya cuma mengejek2. sedangkan dia sendiri blm tentu bisa buat itu motor. boro2 mau buat mungkin beli aja gk sanggup.sekarang sya sendiri pengguna allnew cb150r n dulu pernah 2 x pake vixion. banyak sih kekurangannya tp ya inilah rejeki yg kita punya. meski banyak kekurangan tp si new cbsf slalu setia nemenin kerja mau panas ato hujan. skali lagi gk boleh saling ejek. smua ad kekurangan n kelebihan. insinyur pabrikan lebih mengerti untuk apa motor itu diproduksi n di gunakan. klo sohc ato dohc itu bukan masalah. smua sudah diperhitungkan. tinggal kita mau pilih apa sesuai kebutuhan n selera. salam satu aspal. adiisa

  13. Dengan segala kelebihan R15 V3, USD,Assist n Slipper Clutch, Banana Swingarm, ban gambot,VVA.

    Fix ane ngambil KTM RC 250,,,setan alas tarikan nya kata IWB

  14. Wajar harga duo kartel yg menentukan ya 2 pabrikan biar ga frontal bertabrakan. Ada dana 30jt atau kurang dikit jelas ambil GSX150, ada dana 35jtan atau lbh sedikit jelas sekalian ambil KTM RC200. Yamaha dan Honda kerjaannya hanya ngatrol harga dg produk2 overprice mereka.

  15. ayo jng cma adu debat doank klo emank ngefans ya beli buat ap sling menjatuhkan produk lain. .
    apakah anda sales kalo iya ya silahkan kumpulin duit anda untk bli brang mtor yg anda promosikan. .

  16. Laaah kagok atuh 34.5 Jt mah nambah dikit lagi udah dapet KTM RC200 mau ngapain..hayo????

    Secara power RC200 lebih gede, USD dapet..ngapain coba

    paling si sales koar-koar ngejelekin CBR doang, bener lah ane dukung komen-komen yg mending milih RC200

  17. Halo,
    Apakah Anda memiliki uang tunai atau Anda membutuhkan dana untuk membayar tagihan, Apakah Anda memerlukan pinjaman pribadi atau bisnis tanpa stres dan dengan persetujuan yang cepat? Jika iya, hubungi kami hari ini karena kami saat ini menawarkan cash loan dengan bunga luar biasa sebesar 2%. Modal kami aman dan aman, kebahagiaan pelanggan kami adalah kekuatan kami, Kami adalah penyedia asuransi Reputasi, Sah & Terakreditasi. Kami memberikan pinjaman kepada individu dan perusahaan yang membutuhkan bantuan tunai. Hubungi kami via

    Email: [email protected]

  18. Rp 34 juta rugi ambil R15 vva.mending ambil Kawasaki Ninja 150rr.lebih powerfull.tampilan pun gak kalah cantik.

Comments are closed.