Beli helm bekas?. Tidak direkomendasi cak. Berikut alasannya.....

45
Markas KYT bersama mz Mugi

Iwanbanaran.com- Kangbro….helm dewasa ini sudah menjadi tren. Kaum hobby bertebaran dan begitu mengidolakan pelindung kepala tersebut. Apalagi bagi yang demen koleksi….wis pasti disikat cak walau harganya selangit. Nah…untuk yang duitnya pas-pasan, biasanya kita akan hunting mencari helm bekas branded. Harapannya jelas…gengsi naik dan safety meningkat. Tapi tahukah sampeyan membeli helm bekas sebenarnya tidak direkomendasikan?. Lhoo….emange kenapa??…

Ngobrol dengan kang Mugiyono sebagai tim ahli dari KYT helmet dimarkasnya Cibitung, IWB banyak konsultasi soal helm pada doi. Pria kalem dan sabar ini menuturkan tentang kegunaan masing-masing komponen lapisan helm. Seperti yang pernah IWB bahas diartikel sebelumnya…helm terbagi atas cangkang luar (bisa ABS atau karbon kevlar)…dilapisan kedua EPS Shell baru foam atau kain busa dilapisan ketiga.¬†EPS termasuk komponen inti kedua. Dan ini yang paling vital cak….

Pada helm…density atau tingkat kekerasan EPS sudah diukur. Dan ini sangat vital karena dua komponen inti yakni cangkang luar serta EPS-lah yang akan menyerap besarnya gaya benturan. “Saat terjadi benturan ekstrim….shell akan berusaha memecah gaya benturan, lalu EPS akan menyerap gaya tersebut agar tidak sampai otak. Dan ketika itu terjadi….kepala dalam aman sebab gaya kinetik sudah diserap EPS. Dan saat terjadi benturan density EPS bakal berubah dan kalau diperiksa akan ada crack micro. Alhasil jika ada benturan ekstrim kedua, daya serap tidak akan sebagus diawal…“seru kang Mugi. Artinya apa??….

Resiko kerusakan akan jauh lebih besar mengancam kepala pada benturan kedua dibanding benturan pertama. Oleh karena itulah sebenarnya sangat tidak disarankan bagi biker membeli helm bekas kecuali sampeyan tahu history helm tersebut. “Bisa saja selama kita yakin helm yang kita beli tidak pernah jatuh. Tapi jika tidak, mending jangan karena resikonya besar...”seru kang Mugi. Wealahhh…ngono to. Infonya mantap ki. Nah…tambahan informasi lain adalah…helm ideal maksimal 2 tahun. Diluar itu lebih baik kita beri baru lagi untuk kinerja dan proteksi maksimal….

Last….helm bekas cukup sulit melacak apakah helm sudah pernah atau jatuh atau belum. Hal ini dikarenakan mudahnya helm direstorasi agar pernish atau vinyl seperti baru lagi. Hal inilah yang harus kita perhatikan dengan seksama khususnya jika ada jual beli helm bekas. Intinya cak…pastikan helm nggak pernah jatuh sama sekali. Ngono wae. Piye..dari sini wis mudeng ? (iwb)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1622

45 COMMENTS

  1. 1
    mundir says:

    Unggul lagiii

  2. 2
    Supralovers says:

    Joss

  3. 3
    mundir says:

    Ak tau tuku helm loakan..apik murah..tp tibake ws bentet kang.. tulngagung

  4. 4
    si adit says:

    Hmmm… Tpi bekas mm93. Vr46. Ai29 dll gpp toh hehehe

  5. 5
    Mocin_Lovers says:

    Kalo begitu bisa dibilang kalo helm sudah jatuh sekali (meskipun cuma jatuh dari jok motor) berarti sudah tidak layak pakai?

    • Iwanbanaran says:

      Monggo ditelaah yang teliti artikelnya. Jatuh atau benturan ekstrim….

    • Mex says:

      Kapok koe di amuk i lek iwan….baca disek lek…tas takok..btw helm lek di gae ngaplok ndas e maling secara keras termasuk be turan ekstrem ga ya lek?

    • tyo says:

      helmku mari dicokot mbah darmo termasuk ga lek

  6. 6
    Diki says:

    Pertalite

  7. 7
    aspal says:

    lek umur e helm cuma 2 tahun, iso” duek entek gawe tuku helm tok iki

  8. 8
    Tululalitamit2 says:

    Helm mau awet
    Anti pecah
    Anti peluru
    Jatoh extrim 1000x aman

    Beli helm marinir wae….

  9. 9
    Free1 says:

    Mantap lek

  10. 10
    bastol says:

    sales hndo, ymoh mana nih?coment kalian ta tunggu2.soale itu yg bikin seru,,

    • si adit says:

      Lagi pada tidur kali oom…
      Lgi nyiapin bc buat ntar subuh…
      Kan biasanya lek IWB post berita baru pas dini hari..

      Maaf lho lek IWB.. Bukannya ngenyek.. Tpi respect.
      Demi reader kyk kami.. Lek IWB sampe nyiapin bahan berita sampe pagi..

      Salam juoz gandooz

  11. 11

    Wow gmn nasib penjaul helm second hand yaks?

  12. 12
    Rider senja says:

    Alhamdulillah beli helm baru terus
    Wah iki racun mas iwan iki
    Helmku wes umur 2 tahun,
    Wayah e ganti
    Peh ngidam kyt vendeta ???

  13. 13
    PREDATOR VI_ says:

    haiyyaaa hari gini beli helmet second…??? hellaaaw

    by owner Z900

  14. 14
    ebokgs says:

    Satu lagi cak, tkutny helm second barang ilegal (curian) wkwk

  15. 15
    kayakcoy says:

    Kalo helm yg simpenan lebih sering ga dipakenya cuman ditaro didalem sarungnya aja tapi umur dah 3 tahunan, masih direkomendasikan dipake atau kudu diganti?

  16. 16
    Bang herman says:

    Wwaduh 2thun sekali beli helm.
    Beli KYT c5 2jutaan ???

  17. 17
    Widyoistanto says:

    Lek jane C5 itu materialnya beneran fiber atau tri composite atau abs? Lumayan tertarik buat nemenin arrow tp agak ragu. Nunggu thunderflash lama kali muncule

  18. 18
    Yogha says:

    helm bekas rossikin 46 bwt koleksi ga recomended ya bang, krn pasti mahal n ga kebeli….

  19. 19
    gentong in says:

    Orang ini lagi.. ngomong mencla mencle susah dipercaya.. waktu itu bilang helm terlalu keras ga bagus, artikel berikutnya pamer kekerasan anti pecah.. mau demo tentang kekuatan sampe ga jadi..payah

  20. 20
    Su'eb says:

    Helm trx Joss lek saya punya umurnya udah 10th di ketok palu masih kinyis2 udah jatuh dari lantai 2 rumah pas njemur tapi tetap kokoh sampe sekrg ,
    Helm TRX tiada dua nya krna berteknologi canggih punya sistem AR (auto rotation) klo bawa motor ngebut otomatis fitur AR berfungsi maksimal .
    NB ; harus ngebut klo ingin membuktikan Kecanggihan fitur AR helm TRX
    Sudah itu saja
    Saya tunggu cerita dari teman2 sesama pecinta helm TRX .
    God bless u all

  21. 21
    rdx says:

    2 tahun harus di ganti baru,, hmmm startegi bisnis aja itu

  22. 22
    gepeng says:

    Ambrol dwek e nak mben 2 thn tku helm,nyugehno pavrikan kang,pisssss

  23. 23
    Iron Byson says:

    Helmku … kang – akang bin mas – mas bro ? KYT Vendetta 2 sing regane ora opo – opo larang ? Lantaran aku seneng ? Tapi, sewaktu parkiran neng rumah sakit ? Duh, kesedihanku di mulai teko kuwi ? Yakni, komponen / alat buat lubang anginne sing neng atas helm ? Copot or ngilang entah kemanooo … ? Wwaaa … ngertine wes tekan [email protected] … ! Sedih aku …

  24. 24
    Tarjo Putra says:

    Sing jelas nek helm bekas ora ngerti riwayat pemakai sblmnya. Sopo ngerti akeh kutu rambute utawa boroken kan repot wkwkwk

  25. 25

    dulu pernah ikut seminar dri pt tarakusuma indah katanya helm sekali jatuh walaupun dari atas motor sudah merubah susunan eps, helm yang ditaruh diatas tangki motor jg rusak krn uap bbm, dan byk lagi..

  26. 26
    Bhendjol says:

    Apaan sih helm TRX?

  27. 27
    Katemin says:

    Lha kalau helm hadiah, gimana ya, yang ringan sekali, dengan gabus yang tipis,…. Jadi ragu,… “Murah njaluk slamet”,….

  28. 28
    Sepoi-Sepoi says:

    Terus gmn kalo kita beli helm baru tp ternyata itu stok mangkrak di toko udh 2th?

  29. 29
    Hans says:

    Sama aja ,taktik dagang ente cek kain busa lapisan eps masih bagus ndak berubah luntur robek pecah retake goyang terus kaca cat normal dach aman garansi, elu jamin beli tiap 2thn jatoh pala lu aman ? Sama aja

  30. 30
    NDORO BEI says:

    Gawe helm rossi jatuh ke kolong truk tetep ae yo tewas… sing penting numpak speda ora pecicilan akeh slamete…

  31. 31
    Parthasya says:

    Bener cak, masio gawe helm apik ra usah kemaki nok ndalan nek wes di ambong ban’e tronton meh ngomong piye jal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here