Biaya STNK & BPKB naik.....Harga motor dipastikan juga akan mengikuti !. Byuhhh.....

80

Iwanbanaran.com – Ora ono judule dealer mau rugi pakde. Dibebani dengan kenaikan biaya pengurusan STNK dan BPKB berdasarkan ​Peraturan Pemerintah nomor 60 tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)…..dipastikan harga motor juga akan terkerek mengikuti. Konfirmasi ini datang dari beberapa pabrikan termasuk Kawasaki dan Suzuki seperti yang IWB kutip dari salah satu media online nasional berikut ini. Byuhhh….

Seiring dengan berlakukan PP nomer 60 tahun 2017 yang menaikkan beberapa komponen termasuk penerbitan STNK baru atau lama yang dilakukan 5 tahun sekali juga naik tarifnya baik roda 2 maupun 4 termasuk ada tambahan tarif baru untuk pengesahan STNK. Kondisi tersebut sudah cukup bagi dealer untuk menaikkkan harga jual motor baru. Contohnya Kawasaki….

Kawasaki GreenTech Riau yang dinahkodai Henry Suandi memastikan bahwa per Januari 2017, mereka akan menggunakan price list baru untuk merespon PP no. 60. Hal ini tidak bisa dihindari karena biaya pengurusan surat-surat naik. “Otomatis harga jual on the road akan mengalami kenaikan,” jelas Henry. Yang membuat IWB garuk-garuk alis, disana disebutkan nominal angka antara 500-600 ribu. Welehhh….koq gede juga yak naiknya cak….

Selain Kawasaki, dealer Suzuki seperti Mitraindo Tangerang konon juga tidak bisa menghindari kenaikan akibat PP baru. “Untuk motor baru, selain adanya kenaikan pengurusan surat-surat, biasanya di awal tahun ada kenaikan BBN. Adanya perubahan ini dipastikan berimbas langsung kepada harga jual ke konsumen..“seru Kusma Manager Area Suzuki Mitraindo. Namun Suzuki belum menyebut besaran angka kenaikan…..

Sementara untuk Honda dan Yamaha…IWB sendiri belum mendapatkan konfirmasi apakah dealer juga akan menaikkan harga motor on the road. Logis cak….walau off the road tidak naik namun ketika pengurusan surat-surat naik pasti mereka juga akan naik. Tinggal besaran persentase yang kita harapkan wajar dan tidak terkesan aji mumpung. Nah…untuk memberikan gambaran komponen apa saja yang masuk dan diatur dalam PP 60 Tahun 2016 jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia adalah sebagai berikut….

  1. Pengujian untuk penerbitan Surat Izin Mengemudi Baru;
  2. Penerbitan Perpanjangan Surat Izin Mengemudi;
  3. Penerbitan Surat Keterangan Uji Keterampilan Pengemudi;
  4. Penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor;
  5. Pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor;
  6. Penerbitan Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor;
  7. Penerbitan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor;
  8. Penerbitan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor;
  9. Penerbitan Surat Mutasi Kendaraan Bermotor ke Luar Daerah;
  10. Penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor Lintas Batas Negara;
  11. Penerbitan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor Lintas Batas Negara;
  12. Penerbitan Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor Pilihan;
  13. Penerbitan Surat Izin Senjata Api dan Bahan Peledak;
  14. Penerbitan Surat Keterangan Catatan Kepolisian;
  15. Pendidikan dan Pelatihan Satuan Pengaman;
  16. Pelatihan Keterampilan Perorangan;
  17. Pendidikan dan Pelatihan Penyidik Pegawai Negeri Sipil;
  18. Pendidikan dan Pelatihan Kepolisian Khusus;
  19. Pendidikan dan Pelatihan Kesamaptaan;
  20. Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan Motivasi;
  21. Penerbitan Kartu Tanda Anggota Satuan Pengaman;
  22. Penerbitan Ijazah Satuan Pengaman;
  23. Penerbitan Surat Ijin Operasional Badan Usaha Jasa Pengamanan;
  24. Pelayanan Penyelenggaraan Assessment Center POLRI;
  25. Pelayanan kesehatan yang berasal dari pembayaran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial;
  26. Jasa Pengamanan pada Obyek Vital Nasional dan obyek tertentu; dan
  27. Jasa Manajemen sistem pengamanan pada Obyek Vital Nasional dan obyek

Pengujian untuk Surat Izin Mengemudi (SIM) Baru 

  1. SIM A Rp 120.000
  2. SIM B I Rp 120.000
  3. SIM B II Rp 120.000
  4. SIM C Rp 100.000
  5. SIM C I Rp 100.000
  6. SIM C II Rp 100.000
  7. SIM D Rp 50.000
  8. SIM D I Rp 50.000
  9. SIM Internasional Rp 250.000

Perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM)

  1. SIM A Rp 80.000
  2. SIM B I Rp 80.000
  3. SIM B II Rp 80.000
  4. SIM C Rp 75.000
  5. SIM C I Rp 75.000
  6. SIM C II Rp 75.000
  7. SIM D Rp 30.000
  8. SIM D I Rp 30.000
  9. SIM Internasional Rp 225.000

Surat Keterangan Uji Keterampilan Pengemudi (SKUKP) Rp 50.000
Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK)

1. Kendaraan bermotor roda 2 atau roda 3
a. Baru Rp 100.000
b. Perpanjangan Rp 100.000
2. Kendaraan bermotor roda 4 atau lebih
a. Baru Rp 200.000
b. Perpanjangan Rp 200.000

Pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK) 

1. Kendaraan bermotor roda 2 atau roda 3 Rp 25.000
2. Kendaraan bermotor roda 4 atau lebih Rp 50.000
Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor (STCK) 

1. Kendaraan bermotor roda 2 atau roda 3 Rp 25.000
2. Kendaraan bermotor roda 4 atau lebih Rp 50.000
Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB)

1. Kendaraan bermotor roda 2 atau roda 3 Rp 60.000
2. Kendaraan bermotor roda 4 atau lebih Rp 100.000

Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) 
1. Kendaraan bermotor roda 2 atau roda 3
a. Baru Rp 225.000
b. Ganti Kepemilikan Rp 225.000

2. Kendaraan bermotor roda 4 atau lebih
a. Baru Rp 375.000
b. Ganti Kepemilikan Rp 375.000

Surat Mutasi Kendaraan Bermotor Ke Luar Daerah

1. Kendaraan bermotor roda 2 atau roda 3 Rp 150.000
2. Kendaraan bermotor roda 4 atau lebih Rp 250.000
Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor Lintas Batas Negara (STNK-LBN)

1. Kendaraan bermotor roda 2 atau roda 3
a. Baru Rp 100.000
b. Perpanjangan Rp 100.000

2. Kendaraan bermotor roda 4 atau lebih
a. Baru Rp 200.000
b. Perpanjangan Rp 200.000

Tanda Nomor Kendaraan Bermotor Lintas Batas Negara (TNKB-LBN)

1. Kendaraan bermotor roda 2 atau roda 3 Pasang Rp 100.000
2. Kendaraan bermotor roda 4 atau lebih Pasang Rp 200.000

Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) Pilihan

1. NRKB Pilihan untuk 1 (satu) angka
a. Tidak ada huruf dibelakang angka (blank) Rp 20.000.000
b. Ada huruf dibelakang angka Rp 15.000.000

2. NRKB Pilihan untuk 2 (dua) angka
a. Tidak ada huruf dibelakang angka (blank) Rp 15.000.000
b. Ada huruf dibelakang angka Rp 10.000.000

3. NRKB Pilihan untuk 3 (tiga) angka
a. Tidak ada huruf dibelakang angka (blank) Rp 10.000.000
b. Ada huruf dibelakang angka Rp 7.500.000

4. NRKB Pilihan untuk 4 (empat) angka
a. Tidak ada huruf dibelakang angka (blank) Rp 7.500.000
b. Ada huruf dibelakang angka Rp 5.000.000

Surat Keterangan Catatan Kepolisian Rp 30.000

Yup…itulah detil isi dari Peraturan Pemerintah nomor 60 tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Apapun keputusan pemerintah jelas akan tetap kita dukung dengan catatan bahwa kenaikan betul-betul digunakan untuk meningkatkan pelayanan khalayak umum. Nah pakde…..jadi jangan kaget kalau mulai pertengahan Januari 2017 mungkin akan ada perubahan banderol motor baru kangbro. Piye maneh….jenenge wae wong cilik. Lek ora gelem kon ngonthel wae ki omonge. Suwek tenannn rekk-rekkk :mrgreen: …..(iwb)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
10411

80 COMMENTS

  1. 1
    Agunk says:

    Iyakah

    • Mas Susah says:

      Nais inpoh cak…. wes lah miara motor bodong aja.

    • Mastur Mantri(pekok) says:

      Ganti garam sama bumbu dapur yg naik hrganya ganti micin yg murah kang
      Makanya skrg bnyk pekok krn mereka kebanyakan M I C I N kang

    • Mastur Mantri(pekok) says:

      Lombok / cabe naik harga kang , bawang jg
      Tp jgn ganti sama MICIN kang , nnti bnyak yg pekok kbnyakan MICIN

    • Den says:

      Ebeha tiap makan cuma nasi di micinin
      Makanya pekok pekok

    • Paidi says:

      tar klw beras mahal paling juga mkn micin doang….ekekekekkk

    • Pitsa hatsihoax says:

      Bukan urusan saiyah, begitulah dulu bunyinya si raja kodok. Makan tuh kodokcrοοtt

      crοοtt

    • Pitsa hatsihoax says:

      Dananya Ada,
      Ngerampokin rakyat yg kebanyakan makan micin

      crοοtt

    • Stevanie says:

      Artikel sak munu dowo-e di dikongkon moco kabeh…..??????

    • Stevanie says:

      Artikel kayak begini masih ada yg BC….? , ayan para sales kumat gegara obat ngeyel gk tersedia di apotik……???

    • Stevanie says:

      Terimalah kenyataan…. Cibier 150 dohc klotok-klotok, erlimolas v.3 ngebul rompal rpm 8k.
      Pilihan tinggal ” THE REAL DOHC ” perfect motorcycle GSX R150 .
      Realistis #gk oleh protes….cuma maho yg protes

    • Mastur Mantri(pekok) says:

      Lombok naik , ganti pedas pake merica
      bumbu dapur naik , ganti pakai micin

      Makanya skarang bnyk orang pekok kang krn kebanyakan MICIN

    • oklik says:

      Bon cabai wae masbero.. hehehe

    • Sontoloyo says:

      Salah siapa.

      Salahkan Habib riziq.. Wkwkwk..

      Lawak pisan jaman ini..

      Moso Saling tanya.. Siap yg Menaikan Pajak..

      Hadeh Aneh lek.. Pajake udah lejeg jadi suka naik naik sendiri.

      Asli lawak.

  2. 2
  3. 3
    Esbatu says:

    Ngeriihh

  4. 4
    Gunwis says:

    Jadi hitung ulang punya motor atau mobil seperlunya saja..

    • Mastur Mantri(pekok) says:

      Jgn kasih micin kang walaupun seperlunya lama lama micin bahaya kang

  5. 5
    panastak says:

    Pkb tahunan dan swdkllj nya gak naik yo kang ?

  6. 6
    dnwb says:

    bukannya yg naik cuman biaya admin nya aja ya bukan pajaknya? dibayar juga 5 tahun sekali

  7. 7
    winanto says:

    lha kadung butuh kendaraan je kang…yo piye2 ttp nerima jadi rakyat ki…protes mlh ndak kerja..celaka kelaparan judul e…

  8. 8
    Harry Hidayat says:

    Hahhhahahaaha….kenaikan nya ga seberapa, dibandingkan dengan Pungli yg selama ini dilakukan Aparat Busuk…contoh nyatanya Perpanjangan SIM C, yg cuma Rp. 75.000,- tapiiiii kenyataannya Bulshit….!!!

    • Mastur Mantri(pekok) says:

      Mngkin kbnyakan M I C I N kang

    • mico says:

      nukan.masalah.50ribuan naik.tapi efeknya yg akan.mengerek.harga laiinya ikut naik.dan ini menggambarkan pemerintah panik gak.bisa urus negara

    • respek says:

      apalagi ada istilah nembak KTP. hubungan nya apa mau bayar pajak dg nopol A koq harus pakai KTP segala? ?? padahal bayar pajak di kantor pajak (bukan samsat) tdk pake KTP.

  9. 9
    Dennis says:

    Untung kemaren pajak motor saya belum kena peratran baru hehehe
    Btw, spg ne geerrrr wkwkwk

  10. 10
    Bang herman says:

    Banyak yg mengira pajak tahunan yg naik
    Padahal itu untuk STNK bukan pajaknya to
    Apa saya yg kurang teliti bacanya.
    .
    Klo misal dealer naiknya sampai 500rb jelas itu ambil untung sendiri
    Max 300rb udah cukup semoga yg lain gk ikutan

  11. 11
    akangdjiban_ says:

    Lebih mahal punglinya daripada biaya aslinya lek

  12. 12
    sekali sekali says:

    Ditrimak trimakke wae…lha kita mah apa atuh?..

  13. 13
    Bos donat says:

    Membaca sekilas judule,,
    lek iwebe kok koyo wong susah sing seneng sambat…. Opo wis lali jare mbiyen arep tuku motor wae kdu adol gabah sak lumbung… Msok saiki biaya mundak sitik ae kabotan..??? Hahahaha.. Istighfar lek….

  14. 14
    Bos donat says:

    Membaca sekilas judule,,
    lek iwebe kok koyo wong susah sing seneng sambat…. Opo wis lali jare mbiyen arep tuku motor wae kdu adol gabah sak lumbung… Msok saiki biaya mundak sitik ae kabotan..??? Hahahaha.. Istighfar lek..

  15. 15
    bebek hitam says:

    semoga gak menurunkan niat fby buat beli all new R15. kasian liat YIMM ms nya cuman 20%

  16. 16
    rdy says:

    ekekekekekke

    gak usahhhh Bertele tele

    Plodukkkk Plodukkk MaHOonnda Bertumbuh operpretttt
    contohhhnya mBeat Mbing Mentokkk 110 CC gak nyampe mesin jadul gonta ganti kemben kualitas body kiwirr kiwir cat kusam Shokbreker Goyang dombret tapi harga naik melambung tinggi brooo maluuuu broooo naik Motor MaHHonnda

    hayayayayayayaya

  17. 17
    rdy says:

    ekekekekek

    gak cuma STNK aja yg naik

    Plat Nomer pun juga ikut Naik di Jidat

    apa kate FBmaHOoNnda

    hayayayayaya

  18. 18
    rdy says:

    ekekekkeke

    btw,
    kang boleh bawa pulang Xabre150 sama bonceng mbak2 nya disebalahnya gakk kang ???

    hayayayayayayya

  19. 19
    Ultras says:

    Habis itu pabrik nya pada tutup!! Daya beli menurun

  20. 20
    hania says:

    Hanya satu kata: asssyuuuuuu

  21. 21
    hania says:

    badjidud

  22. 22
    hania says:

    badjindul

  23. 23
    hania says:

    badjilakkk

  24. 24
    Abidin-X says:

    naik terus

  25. 25
    Paidi says:

    maka bagi para konsumen…berpikir yg realistis,gunakan dana anda dengan bijaksana….dng harga yg sama namun fitur yg lebih itu layak untuk di miliki….jadilah konsumen yg smart…

    • Den says:

      Makanya kata mastur mantri (pekok) diatas jangan kebanyakan micin nanti jadi tidak smart

      ekek

  26. 26
    Wong ino says:

    3kado awal tahun dari pemerintahan JW:
    1.TDL naik
    2.BBM naik
    3.kayak yg di artikel iwb sekarang.

  27. 27
    Nurdin says:

    itu yang nunggang gesek er tolong di blur bang admin ,, sungguh mengganggu estetika motor tersebut …

    ekekeke

  28. 28
    Nurdin says:

    ono bernard bear naik susu ,,eh suzuki …
    hihihi

  29. 29
    Dion says:

    Tantangan berat buat suzuki yg mau bangkit, produk blm sampe konsumen aja udah diteror soal harga dr pemerintah

  30. 30
    Johan says:

    BPKB kang, udu BKPK
    Jabang bajul tenan

  31. 31
    loekman says:

    Biyuhh

  32. 32
    iwakbeneran says:

    klo harga pd naik kira2 yg jualan y gk laku mau makan apa y……?????
    eeemmm…….gak bisa bayangin….!!??

  33. 33
    samsul says:

    tenang aja cuma naik max 50 ribu

  34. 34
    samsul says:

    pengurusannya yg naik bkan sub total pajak nya ,saya kira itu wajar

  35. 35
    NEUTRAL says:

    Wkwkwkw indonesia memang bodoh, mau tertipu dua kali oleh yang katanya partai wong cilik tapi menyengsarakan wong cilik itu sendiri, lucu ya

  36. 36
    Wong ino says:

    Itu kado awal tahun dari pmerintahan JW,sbelumnya TDL dan BBM sdah naik.
    bro dan sis,2018 akhir kayaknya sdh ga ada knaikan lgi,soalnya 2019 tahun politik.

    • Rakyat jelata korban php says:

      Makanya jgn salah pilih 2019 nanti…jgn pilih yg cengengesan dwg…jago pencitraan…kek wayang golek ga becus urus negara…gmn dalang

  37. 37
    mico says:

    kowi.kowi..raimu tok sing lugu.ngurus negoro kok padake ngurus warung

  38. 38
    Hansel says:

    Harusnya kenaikan tarif stnk dan bpkb ini untuk motor di atas 125cc..
    Karena di untuk kelas 125 dan kebawah kebanyakan hanya utk keperluan rumah tangga atau kerja sedangkan di atas itu sudah berbeda lagi keperluannya

  39. 39
    dwi says:

    kemarin aku baru nyambangin dealer PSM honda kediri… katanya SPG untuk motor perakitan 2016 naek 150rb dr harga taun kemaren… tp untuk motor perakitan 2017 harga naek 400rb dr taunkemaren

  40. 40
    KGRM Adipati Minak Jinggo XX says:

    Yang paling ngenes tuh sujuki..udah jualan seret ditambah sekarang harga motor makin naek..
    Makin prihatin ama nasib sales sujuki bnyak yang mati kelaparan di jalanan..

  41. 41
    dewa says:

    hidup jokowi

  42. 42
    andra says:

    Sing sabar lek …, Negorone lagi paceklik..

  43. 43
    Adul says:

    Intinya 1 kalo ngikutin biaya aja masih dikatakan “memberatkan” yo wes jangan pake kendaraan dulu berarti memang masih belum bisa di katakan sanggup. Jangan di paksain dulu mending dapur tetep ngebul dari pada maksain punya kendaraan

    • eiscell says:

      bener kata yg diatas td klo maks kebanyakan micin ya jd gini mikirnya.

      orang kecil beli kotor apalagi beli motor cuma seken …
      itu bukan bust gaya2an tp buat bikin daour tetap ngepul ..

      lhawong mereka beli motor bust usaha cari maksn .. ojek pedagang sayur …suruh pake sepeda onthel gitu?? mikir ..jgn banyakin micin biar gak pekok…

  44. 44
    becks says:

    emang tuku motor bendino?? biaya stnk mundhak ae sambat.
    ra sah tuku motor ben sales podo ngaplo ga ada duit buat pulsa dadi warung sampeyan bersih teko BC

    • eiscell says:

      lha ini sama aja bilang emamg tiap hari sampeyan beranak?? kenapa ada program pembatasan jumlah penduduk??

  45. 45
    surya says:

    Gak pa pa… Naik aja terus..
    Itu akan semakin mempercepat siklus perputaran arus cara berfikir dan trend kembali ke titik awal lagi..
    Sebagaimana bumi yang berputar,
    Begitulah dalam banyak hal kehidupan..
    Nanti paling ujung ujungnya trendnya balik lagi..
    Orang akan kembali memilih fungsionalitas dan kesederhanaan, gak lagi mementingkan image mesin yg seolah olah hy tech, elektronik bla bla bla, dengan radiator bla. bla bla, bisa lari sangat kencang bla bla bla.
    Namun mementingkan fungsionalitas yg bisa di lakukan oleh motor tersebut sesuai dengan kebutuhan saja, gak perlu repot ganti air radiator, kecepatannya yg penting sudah mencukupi untuk kebutuhan bertransportasi di jalan raya maximal 110-120 kpj udah cukup (karena nanti akan banyak orang berfikir apa yg akan dibuktikan kalupun menang balapan dijalan raya ? Kalaupun menang yg mau ngasih hadiah siapa ? ),lalu yg penting irit, kualitas bagus, gak perlu tehnologi elektronik dll yg seolah olah terlalu gimana gimana tetek mbengek, yg penting pengabut bahan bakarnya injeksi sehingga irit dan harga terjangkau.
    Harga yg terlampau tinggi akan membuat manusia semakin logis,
    Gak penting bawa kabel semerawut dan elektronik yg seolah olah gimana gitu, gak penting bawa- bawa kotak air di depan alias radiator, gak penting motor pake baju kayak mega zord power ranger alias fairing, yg mana hal2 tsb lah yg membuat harga melambung tinggi.
    yg penting nyaman, aman, tentram, sampai di tujuan dengan tepat waktu n selamat, irit dan berkualitas keras tahan banting sehingga bersahabat dengan dompet.

    Walaupun hanya prediksi, namun ane dasari dengan pengamatan di kalangan masyarkat mayoritas negeri ini yaitu menengah ke bawah…
    Kemungkinan nanti ke depannya penjualan sepeda motor untuk jenis sport adalah sejenis verza yg akan terus mengalami peningkatan, entah itu sedikit demi sedikit ataupun drastis, cepat atau lambat akan di mulai.

    Semua akan bosan pada waktunya. Yezzzz

  46. 46
    komeng says:

    Ojo larang2 toh mengko aku ora iso tuku

    • Tono says:

      Salah seharusnya yg di naikan yg type semi sport – super bike 150 keatas.klo di takkan semua kasian yg motornya buat ngojek, dagang gmn ni endonese udh kbnykn utng x y bingung buat bawarnya y pke taktik surat2 motor

  47. 47
    UGee says:

    Naik kamg iwb
    Buat motor keluaran 2016 kena 250
    Kalo 2017 kena 500rb d dealer honda cibinong bilangnya buat BBN pdhl itu ngambilnya sebelum tanggal 6

  48. 48
    satria ludiraseta says:

    gak mikiri nemen” aku lek…wayah perpanjang gableg duit yo perpanjaaaang…ora duwe duit yo perpanjange d tunda…rejeki wis ono sing ngatur..
    hidup itu sudah di penuh dgn kerepotan jadi ngapain ditambah repot dengan hal hal
    sepele yg direpot repotkan..

  49. 49
    febby says:

    naik naik semuanya naik

  50. 50
    febby says:

    kang up date history motogp dong kang.

  51. 51
    Era Blogger says:

    Terima Kasih untuk informasinya

  52. 52
    Kobayogas says:

    tetep aja yang berantem dua kubu itu wkwkwkkw

  53. 53
    Abraham misbah salim says:

    Ada simulasinya gak kang

  54. 54

    Kira-kira berapa persen

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here