Iwanbanaran.com – Pabrikan memang asyem tenan pakde kalau bikin produk. Walau pasti ada plus minusnya…..namun masing-masing kelebihan tersebut membuat sampeyan akan puyeng menjatuhkan pilihan. Sepertinya halnya spyshot new R15 serta kemunculan Suzuki GSX-R150 plus eksistensi new CBR150R. Ketiga produk IMHO adalah hot items yang memiliki advantage dan jelas butuh topo broto cari wangsit untuk menjatuhkan pilihan. Oke…sekarang yuk kita coba kupas satu persatu…

Suzuki GSX-R150

Mungkin banyak yang komen Suzuki GSX-R 150 memiliki desain yang paling biasa diantara kedua rival. Tidak terlalu agresif dan cenderung lebih mature. Lampupun single dengan stoplamp bohlam biasa disaat Yamaha sudah LED kecuali CBR150R. Namun jangan salah….desain model tersebut kadang malah membuat motor everlasting. Lek bosone simpelnya enak dilihat sepanjang masa…

Belum lagi hadirnya fitur keyless pertama dikelas sport 150cc. Ora usah nancepin kunci…..tinggal puntir “maksreeettt” mesin hidup, opo ora keren cak. Fitur ini sekarang baru disaingin oleh Aerox155 serta X-Max250 ditanah air. Dan itu semua belum seberapa sebab Suzuki GSX-R150 menawarkan sensasi fairing bike 150 yang paling berbeda dari sisi engine….

Yup, Power…ledakan tenaga. IWB sendiri awalnya agak terkejut ketika menerima spek resmi yang menyebut 19,1ps. Gede lho 19 ki untuk ukuran mesin 150cc. Dan spek ini melompat nyaris 1 HP lebih dari lawan-lawannya. Suzuki sendiri memang paling royal soal spek mesin. Masih ingat kan FXR150 yang memiliki spek power kisaran 21ps. So…bukan hal sulit buat mereka melakukannya. Artinya apa??…

Bargaining position GSX-R150 cukup kuat dikelas fairing 150cc khususnya untuk para speed freak. Suzuki mengambil cara berbeda dengan mencoba all out disisi dapur pacu. Dan ini penting pakde. Lawong saat IWB SMA dulu motor lelet diceng-ceng in. Ada rasa bangga dan special sensation (kuwi bener ora inggrise :mrgreen: ) jika motor kita sukses ngacangin motor lain. Yang penting Suzuki mampu mengkomunikasikan kelebihan tersebut dengan cara elegan. Contohnya….

Nggak usah koar-koar ngeshare gambar adu drag dengan menunjukkan lawan mereka tertinggal di “Merauke” lalu dibully dan dijatuhin habis-habisan. Cara-cara ini malah menciptakan image buruk bagi Suzuki sendiri. Yang jelas mayoritas biker juga malah muak dan tujuan mereka mencari referensi terpercaya luntur. Alih-alih berharap mendapatkan hasil positif, impact sebaliknya. Lawong dikira semua hanya rekayasa walau mungkin bisa jadi tidak demikian…

Dewasa dalam membeberkan kelebihan produk itu perlu. Jangan kayak kaset yang diulang-ulang padahal sudah tahu cara tersebut gagal total. Kedewasaan akan membuat produk juga disegani dalam arti sesungguhnya. IMHO…kekuatan Suzuki GSX-R150 disektor mesin akan menjadi nilai jual yang sulit kita tampik. 19,1 ps…..edian lho kuwi !!…

Honda all new CBR150R

Honda merilis varian terbaru penerus gen K45A dengan tipe G. Dibanding K45A, Mapping engine lebih ketorsi plus desain dirombak total. Dengan kelebihan mesin DOHC, Honda sukses terus mengkomunikasikan mesin DOHC-nya secara masif. Mereka tahu kompetitor memiliki kelemahan disisi ini. Walau IMHO dikelas 150cc DOHC vs SOHC hanya terpaut tipis soal performa (jangan samakan versi racing lho yo…emange sampeyan tuku motor soko dealer wis spek racing. Iki juga keblinger). Maklum kangbro…target Honda saat ini lebih ingin menggebuk eksistensi R15…..

Secara umum Honda mampu membuat CBR150 diterima pasar dengan baik. Revisi desain jauh melompat dari gen sebelumnya, desain makin agresif dengan meninggalkan ciri Honda yang terlalu elegan. Secara spek mesin motor ini juga diatas rival. Dan diakui atau tidak nama besar Honda ikut membantu kesuksesan CBR150R. Belum lagi strategi marketing yang super masif serta pintar dari segala lini. Honda juga dianggap mampu serta peka meracik motor yang lebih friendly use untuk ukuran motor fairing. Intip wae split seat yang cukup nyaman untuk ukuran sport fairing dikelas ini. Tidak heran sekarang CBR150R menjadi penguasa pasar dikelas sport fairing 150 cc ditanah air untuk penjualan bulanan…

Yamaha new R15 V3

Percayalah…soal desain Yamaha memang jagonya. Bahkan untuk New R15 ini dari pandangan pribadi juga demikian. Pabrikan Iwata merombak total gen R15 V2 yang sudah memasuki fase paripurna. Mereka juga berani mendobrak pakem desain dikelas ini lewat tangki kondom. Nilai plus tetap dipertahankan seperti sasis delta box, swing arm banana style diecast almu plus desain super agresif. Yang mengejutkan, Yamaha juga berani menawarkan posisi riding racy. Bisa dilihat dari posisi stang model clip on under yoke….

IMHO….mereka berusaha tampil total pada sisi desain untuk memukul balik rival. Harapan IWB akan ada perbaikan untuk masalah engine. Isunya pabrikan garputala sudah menjejali tekhnologi VVA sehingga power seharusnya makin besar. Yamaha mengambil cara berbeda lewat desain maksimal untuk menutupi isu perkara mesin single campnya. Soal ini memang perlu kita tunggu lebih jauh….

Last…akan menjadi persaingan yang cukup menarik antar ketiga pabrikan secara masing-masing menawarkan keunggulan spesial. Suzuki ledakan power, Honda ditengah-tengah dan Yamaha sisi desain. So…IWB yakin sampeyan akan puyeng jika ingin membeli motorsport fairing 150cc. Bagi yang suka engine kencang…..jelas GSX-R 150 rajanya. Dan Yamaha-Honda….nahhh, ini yang harus kita tunggu dulu mana yang unggul secara spek mesin new R15 masih belum tergali. BTW…kalau sampeyan sendiri piye cak?. Kalau punya uang lebih tertarik yang mana?? (iwb)

 

434 COMMENTS

  1. Klo saya pribadi…sangatttt tidak sulit….!!! Walaupun saya ada dana buat Beli skrg…tapi ga minat blassss sama ketiga motor itu….!! Lain Cerita Klo yg dijual itu WR125X VS DR200S VS CRF150…!!!

  2. Kalo saya sih alhamdulilah udah kebeli Ancbr150r…kalo ada duit lagi pengen yang cbr250rr biar lengkap gen CBR nya…semoga kebeli amin.

  3. Makin sulit, ketika ra nduwe duit ????????????

    Isone mung ngomong ngalor ngidul, sing klotok lah, sg ngebul lah, sg muka sempak lah.. Palanya pasti anget tu bocah ????????????

  4. Tetep pilih GSX-R150 Kang. Memang desainnya ga terlalu wah, tapi nih motor punya mesin yang paling jelas power-nya dan material bodi di atas R15 dan CBR150. Jadi untuk pemakaian jangka panjang, GSX-R150 seharusnya lebih durable. Mudah2an aja Suzuki cepet membenahi 3S-nya biar cari sparepart lebih gampang.

  5. fairing bukan untuk saya, lebih demen retro klasik maka gelatik dan kz200 yg ada di garasi. nunggu ke3 pabrikan ini kasih motor retro klasik dgn harga masuk akal drpd estrella overprice.
    tapi kalo disuruh milih doang, GSX lowprofile dgn mesin oke ada kesenangan sendiri bisa ngasepin motor pesolek.

  6. kapan ya ada spyshoot dari depan?
    kok feeling tampilannya kayak r1m 2017 cuma lampunya lebih besar ya.
    apalagi kalo warnanya biru kayak r1 my 2017 beigh sadis.

  7. buyers kebanyakan desain no1
    gsx jeleeeeel<
    cbr jeleel< kurang gizi
    r15 sedikiit jelel< mglook+feature tp wajib mugholadhoh/kredit .kamfreet

    • ingin desain buagus?, ya r15..tapi jgn tengsin kalau diasepin beat di lampu merah. desain tidak ada gunanya tanpa power. CBR150R solusinya.

      • Muke gile lu tong embit dibawa kemari hahahaha…
        Kerja yg rajin ya nak.. th depan buat rumah yg ad kolam renang nya
        Ngahngahngahngah…

  8. Ngomong2 adu drag….
    Dulu ada blog yang adu drag new CB gress versi pabrikan lawan vixie versi konsumen yg udah bulanan dipake….
    Tell me tell me tell me

  9. untuk sisi buritan nya r15 v.3 bagus juga kang, jok boncenger sepintas ky menyatu gitu sama body blkng, jd kliatan ky pake sigle seat… imho
    kita tunggu tampak dari segala sisi nya..

  10. Ane lebih pilih r15,usd,swing arm banana,moge look,i dont give a fuxk soal mesin dohc atau sohc, toh cuma 150cc (apalagi kaya dohc sebelah)

      • Selama ini ane pake r15 current,ga pernah ada ceritanya ane diasepin di lampu merah ama embit bro, secara kubikasi mesin aja udah beda, ente kalo mau ngarang kira2 ya bro

      • LORENJO ini nyerang terus, penggiringan opini, pembodohan publik..Awas konsumen, mau H, Y, S, K dan yang lainnya dibeli mangga, tapi jangan percaya sama makhluk Black Campaign macam LORENJO ini. Nyari duit sampe ngebohong gitu sih

  11. Masih terlalu cepat untuk memutuskan mana yg paling kece antara gsx, cbr, dan r15. secara r15 masih jadi sosok misterius baik dr segi bentuk, performa, kenyamanan, fitur dll..
    Ditunggu berita selanjutnya om iwan biar makin jozzzzzz

  12. special sensation (kuwi bener ora inggrise)

    this right…
    but I think incredible sensation
    when I look naked girl on the wall 😀

    haiyyaaa cilaka luwa welas waaa

  13. Pgen erlimolas kang, awet pertama metu tp drong keturutan, sampek ngiler” ????ki
    Hehehehe
    Nasib e wong gak nduwe kang

  14. Penasaran sama mesin Gsx-r..
    soal muka yg aneh, itu tantangan buat nunjukin kreatifitas modif kita, jika modifnya berhasl pasti lebih puas dan bangga, beda dengan modif motor yg tampilannya udah ok, pasti gak terlalu dilirik..

  15. Nunggu IWB posting komparasi ketiganya, berharap ada foto ke3nya di jejer semua, seperti review antara supra gtr vs mx king.

    Btw celengan iki wes tak pecah lho mas, wes cekelan kursi pisan… hehehe…

    • Nunggu iwb compare gsx/gsr vs cebe/ce be er vs calon nva/r15…di atas dyno dan sirkuit.
      Hasil klasmen
      Group motor belagu vs motor ber lagu

  16. Ya Cabay ,emak emak emang gila+ngeri klo naik bebek apalagi emmbuit
    Disodok sampai bolong kaki,helm jadi2,otak overhead
    -beli desain jelek bikin enek + sakit mata seumur hidup
    -beli mesin kasar bikin darah tinnggi,budeg menahun ngilu sebadan
    -kalo mesin cukup halus + cukup ef bikin nyes

  17. Kalo mau kenceng pilih lah dohc real sijuki
    Kalo mau sohc vva +styil gaya mobil pilih lah r15
    Kalo mau dohc nanggung pilih cber

  18. Kang mohon sarannya dong, sport fairing 150cc kira2 yg paling bagus mana? Menurut pengalaman kang iwanbanaran?

    • Gausah bertele?….sport fairing 150cc yg layak di sebut motor sport ya cuma motor? legendaris macem NSR 150 SP…TZM 150…RG150 II…KRR 150 PDK…selain itu ga ada….ada mungkin ya custom cbr150 karbu fxr150 sama gsx r 150… tiga motor ini juga lbh cocok disebut motor komuter….sedangkan sisanya??? cuma lelucon jelek yg ga lucu ala pabrikan jepang.

  19. Assalamualaikum wr wb

    Sore mas Iwan saya mau berbagi opini dr sisi saya seorang pegawai kroco dilapangan.

    Semua motornya bagus mas Iwan, tp balik ke aftersales kalau yg seperti saya ini. Perjalanan dari rumah ke kantor kurang lebih 50km. PP tiap hari. yang penting part fast moving tersedia. Tapi kalau motornya mendukung tp ketersedian parts tdk mendukung ya pek pok wae.

    Ow iya suzuki gsx r150 memang betul setuju saya kalau desainnya ga bakal kemakan usia. Td saya baca juga yg komen sebelumnya tinggal ganti kaki kaki moge sudah kekar ini motornya. Tp konsekuensinya power jd korban. Untuk R15 V3/”fitri” (sebut saja begitu hehe) desainnya melompat dr pakem motor sport 150cc yg ada skrg USD (selai xabre)+ behel belakang atau ada lubang angin yg terkesan moge look (sepertinya memang Yamaha ingin membawa aura mogenya ke cc yg lebih kecil). Untuk CBR150 yg baru ini saya suka dr belakang buritannya. Tp saya kurang sreg dr sisi windshieldnya yg saya kira terlalu rendah. Mungkin honda punya alasan kenapa dibuat seperti itu :).

    Overall 3 motor ini bagus semua kok dr sisi desain..soal tenaga saya ga terlalu pusing (balik lagi pendapat pribadi lho yo) mau SOHC/DOHC mau LED atau Bulb mau Arm Banana/konvensional. Penting satu, irit, service mudah(parts dan service), harga jual itu terakhir. Tuku ae durung kok wes arep didol maneh (dibeli aja belum kok mau dijual lagi) 😀 realistis saja.

    Gak apa apa kan mas saya ngelantur kasi opininya? Hehe

    Salam dr pembacamu mas iwan
    Wassalamualaikum wr wb

    • Ya Kowe komen dowo tuku pora lee???
      Karepe pengin irit mlaku ae to leeeee leee.
      Service mudah,irit wis indikasi Kowe iku efbeha lee

      • Tuku opo ora yo dudu urusanmu leee.. Koyok kowe arep nukokno wae..
        Wong arep komen dowo nulis opini yo ora usah mbok celathu.. Wong Isomu mung BC an wae..
        Komenmu jelas indikasi wong IQ jongkok
        Ekekeke

  20. aq lbh suka suzuki gsx r 150,secara mesin lebih mumpuni.tapi…..kalo power cbr 150 setara gsx yo pilih cbr ae lah

  21. kalau saya pilih gsx r150
    kala dijaln ketemu r15 atau cbr 150 saya jejerin terus
    lama lama pasti mereka mundur…

    muehehehe

  22. Yg paling susah tentu yg tengah2 lek, ibarat seseorang yg setengah2..pinter tidak, bodoh pun tidak..hal seperti ini biasanya model2 org samin, kalah menang nggundang…susah untuk dibentuk kharakternya…dari tampilan nanggung blm usd, banana arm dll, dari mesin nanggung dohc tpi bengek…adu geber setelah dikorek pun njeblug di sirkuit..

    Pilih n beli R15 aku lek…
    Perawatan n sparepart mudah!!

  23. Pilihan paling logis ya GSX R150 Atau R15v3 sih menurut ane. CBR150R yg paling inferior dari segi detail oleh R15v3 dan mesin oleh GSX R150.
    imho

Comments are closed.